Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

10 Pilihan Jenis Atap yang Digunakan di Emporio Architect (Part 1 / 2)

10 Pilihan Jenis Atap yang Digunakan di Emporio Architect (Part 1 / 2)
  16 Desember 2019
Ditulis oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Dalam ranah arsitektur, atap memiliki peranan yang penting. Jika sebuah rumah diibaratkan sebagai manusia, maka atap adalah perwujudan kepala. Oleh sebab itu, fungsi atap tidak hanya sebagai penutup dan peneduh dari cuaca dan iklim, tapi juga mampu menambah estetika. Oleh karena itu, perlu pertimbangan yang baik saat memilih jenis dan bentuk atap yang tepat pada rumah.
Berikut adalah 10 pilihan bentuk atau jenis atap yang digunakan di Emporio Architect.

1. Atap Mansard

Desain Rumah Classic 2 Lantai Bapak Gusti di Jakarta

Desain rumah bergaya klasik tropis milik Bapak Gusti di Jakarta ini memiliki bangunan seluas 701 m2 yang berdiri di lahan berukuran 25,6 x 10,45 meter. Jenis atap yang digunakan pada desain rumah ini merupakan atap mansard. Berdasarkan daftar istilah di KBBI, atap mansard merupakan atap dengan empat sisi yang kemiringannya terbatas di puncak dan curam di dasar. Penggunaan jenis atap mansard umumnya ditemukan pada bangunan di Eropa dan paling banyak dipakai di Perancis. Keunggulan atap mansard adalah bentuk yang unik sekaligus fungsional karena dapat menyediakan ruang di bawah atap. Oleh sebab itu, desain rumah beratap mansard dinilai lebih mampu memaksimalkan penggunaan lahan. Pada desain rumah Bapak Gusti tersebut, ruangan di bawah atap (loteng) berfungsi sebagai perpustakaan. Dengan demikian, desain rumah dengan atap Mansard ini tampak estetis dan unik sekaligus dinilai lebih fungsional dari segi pemanfaatan ruang.

2. Atap Pelana

Jenis atap pelana

Desain rumah bergaya modern tropis milik Ibu Yunita di Bintaro ini memiliki bangunan seluas 86 m2 yang berdiri di lahan berukuran 18 x 6,8 meter. Jenis atap yang digunakan pada desain rumah ini merupakan atap pelana. Berdasarkan daftar istilah di KBBI, atap pelana adalah jenis atap dengan sudut puncak yang sangat tajam kemiringannya. Jenis atap ini tersusun atas dua bidang miring dengan bagian tepi atasnya bertemu pada satu garis pertemuan sehingga terlihat menyerupai pelana kuda. Jenis atap ini mudah ditemui di Indonesia. Kelebihan atap pelana adalah proses pengerjaan lebih singkat karena konstuksi yang sederhana, kecilnya resiko bocor, serta lebih hemat biaya dibandingkan jenis atap lainnya.

3. Atap Limas

Desain Rumah Classic 2 Lantai Ibu Diana di Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur

Desain rumah bergaya modern tropis milik Ibu Diana di Jakarta Timur ini memiliki bangunan seluas 1761 m2 yang berdiri di lahan berukuran 64 x 36 meter. Jenis atap yang digunakan pada desain rumah ini merupakan atap limas. Atap limas merupakan penyempurnaan dari bentuk atap pelana. Atap limas memiliki 4 buah bidang miring dengan 2 bidang berbentuk segitiga dan 2 bidang berbentuk trapesium. Sama seperti atap pelana, jenis atap limas ini juga mudah ditemui di Indonesia. Kelebihan atap limas adalah mampu memberi perlindungan dari terik sinar matahari dan hujan dengan lebih merata di tiap sisi bangunan.

4. Atap Datar

Jenis atap datar

Desain rumah bergaya modern tropis milik Ibu Fanny di Kalimantan Barat ini memiliki bangunan seluas 350 m2 yang berdiri di lahan berukuran 40 x 23 meter. Jenis atap yang digunakan pada desain rumah ini merupakan atap datar. Atap datar yang digunakan sebenarnya tidak 100% datar. Permukaan atap datar dibuat sedikit miring sehingga mampu menyalurkan air hujan ke lubang talang. Atap datar umumnya ditemui pada bangunan bergaya modern. Penggunaan atap datar memungkinkan adanya taman maupun kolam renang di bagian atas bangunan. Oleh karena itu, bangunan yang menggunakan atap datar dinilai mampu memanfaatkan lahan dengan lebih optimal disamping memberikan kesan modern pada bangunan.

5. Atap Tongkonan

Jenis atap tongkonan

Desain rumah bergaya villa bali tropis milik Bapak Pong Gaby di Sulawesi Selatan ini memiliki bangunan seluas 556 m2 yang berdiri di lahan berukuran 23 x 12 meter. Jenis atap yang digunakan pada desain rumah ini merupakan atap tongkonan. Rumah adat masyarakat Toraja yang dikenal dengan sebutan Tongkonan memiliki keunikan tersendiri pada bentuk arsitekturnya. Keunikan Tongkonan dapat langsung terlihat dari bentuk atapnya. Atap tongkonan memiliki bentuk melengkung menyerupai perahu. Umumnya, pada atap tongkonan terdapat ornamen dan motif tertentu berwarna merah, putih, kuning dan hitam yang menyiratkan makna cara hidup masyarakat Toraja. Pada desain rumah Bapak Pong Gaby di Sulawesi Selatan tersebut mengaplikasikan kombinasi bentuk atap tongkonan dengan atap limasan. Bentuk atap ini digunakan karena request dari Bapak Pong Gaby yang menginginkan desain rumah dengan perpaduan antara style Villa Bali Tropis dengan Tongkonan. Dengan demikian, lahirlah sebuah karya desain rumah yang tak hanya nyaman, unik dan berestetika, tapi juga mampu melestarikan budaya Toraja.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Selain rutin membuat tulisan untuk blog Emporio Architect dan Emporio Interior tempatnya bekerja kini, Fairus juga beraktivitas sebagai content creator, content writer, arsitek dan interior desainer secara freelance. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi. Temui Fairus di akun Instagramnya: @fairusrizn
BACA JUGA:
10 Pilihan Jenis Atap yang Digunakan di Emporio Architect (Part 2 / 2)
10 Pilihan Jenis Atap yang Digunakan di Emporio Architect (Part 2 / 2)
  16 Desember 2019
5 Variasi Perletakan Tanaman dalam Ruangan versi Emporio Architect
5 Variasi Perletakan Tanaman dalam Ruangan versi Emporio Architect
  16 Desember 2019
Mengapa Anda Memilih Emporio Architect?
Mengapa Anda Memilih Emporio Architect?
  03 Mei 2014
DESAIN INTERIOR:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta
Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali
Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl. Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung
Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Antologi Collaboractive Space Tawangsari CT II, Gg. Gayamsari II No.9C, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta
Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India
Google Map Emporio Architect India

Ikuti Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6288809690854
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

           
Chat Konsultasi

  Chat Jabodetabek  

  Chat Luar Jabodetabek