Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

Siap Membangun Rumah? Ketahui Dulu Masalah Umum dalam Proses Pembangunan Rumah dan Solusi Mengatasinya!

Siap Membangun Rumah? Ketahui Dulu Masalah Umum dalam Proses Pembangunan Rumah dan Solusi Mengatasinya!

  31 Maret 2021
Ditulis oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Yakin sudah siap membangun rumah? Eits, jangan terlalu percaya diri. Bila Anda telah mempersiapkan dana, memilih kontraktor dan lain sebagainya, Anda juga perlu mempersiapkan segala kemungkinan buruk yang mungkin terjadi nantinya saat proses pembangunan berjalan, bukan? Karenanya berikut ini Emporio Architect akan membagikan beberapa permasalahan umum yang sering muncul saat proses pembangunan rumah sedang berlangsung beserta solusi mengatasinya. Yuk scroll ke bawah!

Material dan alat terlambat datang

Salah satu masalah klasik yang umum terjadi saat proyek berlangsung adalah terlambatnya material atau alat yang disewa. Material atau alat yang datang terlambat tentu bisa menghambat rencana pekerjaan yang telah disusun sehingga jadwal kerja berantakan, progress mengalami kemunduran dan tenggat waktu penyelesaian bangunan pun jadi tidak sesuai dengan rencana awal.

Untuk masalah ini, ada beberapa solusi yang mungkin dilakukan. Pertama, para pekerja bisa diarahkan untuk menyelesaikan pekerjaan lain sembari menunggu alat atau material tiba. Cara lainnya, gunakan alat seadanya untuk menyelesaikan pekerjaan sembari menunggu alat datang. Namun jika material atau alat yang ditunggu mengalami keterlambatan dalam waktu yang cukup lama padahal perannya krusial, mau tak mau Anda dan para pekerja harus rela menunggu dan memundurkan jadwal.

Material tidak sesuai keinginan karena salah beli

Material tidak sesuai keinginan karena salah beli

Hal ini cukup umum terjadi terutama saat proses finishing bangunan. Ada kalanya Anda menginginkan marmer dengan warna dan type A namun ternyata yang datang adalah marmer dengan warna dan type B. Kejadian seperti ini pastinya akan membuat Anda merasa kesal karena jika material di pasang pasti akan tampak kentara karena type dan warna yang berbeda sehingga tampilan akhir tak sesuai harapan. Namun bila tidak dipasang tentu Anda sebagai owner akan merasa sangat merugi.

Solusi masalah ini sebenarnya susah-susah gampang. Anda bisa membicarakan baik-baik kepada pemilik toko bangunan tempat Anda membeli material dan meminta penukaran atau pengembalian. Jika tidak bisa, maka Anda terpaksa menggunakan material tersebut dan mengakalinya sedemikian rupa sebagai ‘transisi’ atau digunakan pada ruangan lain seperti gudang atau area servis sehingga tak jadi masalah besar jika warna dan corak material finishingnya tampak kurang senada.

Kerusakan peralatan

Kendala lain yang sering terjadi adalah rusaknya peralatan. Bukan tak mungkin walau semua peralatan tersedia lengkap, namun saat akan dipakai tiba-tiba saja peralatan tidak bekerja dengan baik sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memperbaikinya. Sama halnya dengan ketiadaan alat, problem seperti ini bisa membuat jadwal pekerjaan pembangunan menjadi kacau.

Untuk mengatisipasi permasalahan seperti ini, ada baiknya Anda menyiapkan lebih dari satu alat untuk jenis yang sama. Dengan begitu jika satu alat rusak, pekerja yang Anda sewa bisa memakai alat lainnya yang sejenis sembari menunggu alat yang rusak berhasil diperbaiki.

Kerusakan kondisi site

Kerusakan kondisi site

Kondisi lahan atau site yang akan dibangun juga bisa mengalami kerusakan atau perubahan. Hal itu dapat terjadi bila pada area sekitar lahan terjadi longsor, badai atau bencana alam lain yang membuat kontur dan kepadatan tanah berubah. Problem jenis ini mengakibatkan pembuatan konstruksi rumah perlu diubah untuk menyesuaikan kondisi lahan sehingga gambar desain rumah perlu dibuat ulang.

Jika hal ini terjadi, solusi termudah adalah dengan membuat kondisi lahan kembali ke bentuk semula. Dari pada menghabiskan uang, waktu dan tenaga untuk membuat ulang gambar desain rumah, Anda bisa mengambil alternatif lainnya yaitu membersihkan dan melakukan pematangan lahan. Anda tetap mengeluarkan uang untuk melakukan hal ini namun setidaknya Anda tak perlu menunggu terlalu lama.

Ketiadaan tempat pembuangan

Tidak adanya tempat pembuangan atau disposal area bisa memunculkan masalah yang cukup serius. Limbah proyek perlu dikelola dan dibuang pada tempatnya karena jika dibuang sembarangan, nanti bisa menimbulkan efek yang tidak bagus pada lingkungan. Namun jika dibiarkan, maka limbah proyek akan menumpuk dan menjadi sampah yang menghambat pekerjaan lapangan.

Karenanya jika tidak ada tempat pembuangan limbah di area pembangunan, Anda perlu menyewa jasa untuk membersihkan, menyortir mana material yang perlu dibuang dan mana bisa digunakan kembali, membayar truk pengangkut puing pembangunan untuk diserahkan atau dijual ke pengepul dan ke proyek lain yang membutuhkan limbah pembangunan rumah Anda.

Karyawan mogok kerja

Karyawan mogok kerja

Mengontrol para pekerja untuk selalu produktif, bekerja efektif dan kompak memang tidak mudah. Walau jarang terjadi pada proyek pembangunan rumah, ada kalanya pekerja konstruksi yang Anda sewa melakukan mogok kerja. Hal ini tentu bisa membuat progress pekerjaan jadi terhambat karena kurangnya pekerja lapangan dan membuat suasana kerja di proyek jadi lebih suram.

Solusi masalah ini adalah dengan memperhatikan kesejahteraan pekerja/tukang, menjaga semangat kerja, menjalin hubungan baik dan memenuhi standar kebutuhan pekerja secara lebih manusiawi. Anda perlu berbicara secara baik-baik dengan tukang yang melakukan mogok kerja untuk mengetahui keluhan mereka. Setelahnya, Anda bisa memenuhi keinginan mereka dan mencapai kesepakatan.

Kesalahanan pesanan khusus

Saat memesan khusus suatu perabot atau artwork, bisa jadi pesanan Anda tidak sesuai ekspektasi. Entah salah ukuran atau modelnya tidak sesuai harapan, yang pasti pesanan tidak sesuai keinginan. Untuk mengatasi hal ini, Anda dan kontraktor perlu merinci semua hal secara detail dan spesifik agar tidak terjadi miskomunikasi dan kesalahan. Berikan gambar desain lengkap dengan ukuran, material, warna dan lain sebagainya kepada kontraktor untuk meminimalisir kesalahan.

Namun bila Anda sudah memberi gambar teknis yang spesifik dan detail namun pesanan khusus Anda tetap tak sesuai harapan, maka ada beberapa opsi yang bisa dilakukan. Anda bisa menerima pesanan yang salah dan melakukan improvisasi saat pemasangannya agar tetap tampil estetik. Anda juga bisa meminta kontraktor membuat ulang pesanan dengan resiko mundurnya jadwal kerja. Ingatlah untuk meminta kompensasi diskon atau hal lainnya kepada kontraktor karena telah mengecewakan Anda.

Kesulitan dalam menerjemahkan gambar teknis

Kesulitan dalam menerjemahkan gambar teknis

Saat memakai jasa tukang untuk membangun rumah, ada kalanya tukang yang disewa kebingungan menerjemahkan gambar teknis sehingga jadwal penyelesaian proyek rumah pun tertunda dan gambar desain yang ada terasa percuma karena pengerjaan disesuaikan sesuka hati para tukang berdasarkan interpretasi mereka sendiri. Alhasil bangunan pun tidak sesuai dengan gambar desain yang diinginkan.

Untuk itu Anda perlu menyewa jasa pengawas yang berpengalaman. Pengawas inilah yang nantinya menerjemahkan gambar teknis, mengarahkan dan memeriksa hasil pekerjaan kontraktor. Dengan begitu hasil pekerjaan proyek rumah Anda akan berjalan lancar sesuai dengan gambar desain.

Penundaan jadwal penyelesaian proyek

Salah satu permasalahan yang sering terjadi saat melakukan pembangunan adalah penundaan jadwal atau bahkan terhentinya proyek karena masalah biaya. Hal ini biasanya terjadi karena kurangnya perencanaan anggaran biaya, jadwal pengerjaan proyek yang berantakan karena suatu hal, bencana alam, iklim dan cuaca serta banyak lagi alasan lain yang melahirkan problem ini.

Untuk mencegah masalah terjadi, ada baiknya Anda meminta jadwal proyek berisi blok waktu untuk tiap pekerjaan yang lebih mendetail pada pihak kontraktor. Dengan begitu, Anda bisa mengawasi dan memastikan apakah progress pekerjaan sesuai dengan jadwal. Jika penundaan jadwal terjadi karena ketersediaan alat dan material atau permasalahan iklim dan cuaca, maka hal itu masih bisa diterima. Komunikasikan saja dengan kontraktor dan sepakati solusi terbaik bagi Anda.

Membengkaknya biaya pembangunan

Banyaknya kondisi tak terduga saat pengerjaan rumah berlangsung seperti kerusakan kondisi site hingga penundaan jadwal pekerjaan bisa menyebabkan biaya pembangunan membengkak. Hal paling parah terjadi bila Anda sebagai owner sudah tidak memiliki dana untuk melanjutkan pembangunan. Jika sudah seperti itu, apa yang bisa Anda lakukan?

Solusi paling aman untuk permasalahan ini adalah dengan menghentikan proyek atau menunda pekerjaan proyek untuk sementara waktu hingga Anda sudah memiliki cukup dana untuk melanjutkan pembangunan. Jika pembengkakan biaya terjadi karena kesalahan kontraktor, Anda bisa menggugat dan meminta kompensasi kepada pihak kontraktor sesuai perjanjian atau kontrak kerja yang ada. Itulah mengapa kontrak kerja, manajemen konstruksi dan rancangan anggaran biaya pembangunan penting sekali diperhatikan sebelum memulai pembangunan rumah.

Demikian masalah umum dalam proses pembangunan rumah dan solusi mengatasinya. Agar semua permasalahan tersebut tidak terjadi pada Anda, persiapkan segala hal terkait pembangunan sebaik dan sematang mungkin. Gunakanlah jasa desain dari konsultan arsitek untuk mendapatkan gambar teknis serta rancangan anggaran biaya dan gunakan juga jasa pengawas agar hasil jadi rumah Anda sesuai dengan rencana awal. Tak perlu pusing mencari partner arsitek dan pengawas yang professional dan berpengalaman karena Anda bisa mendapatkan keduanya di Emporio Architect. Bersama Emporio Architect, wujudkan hunian yang mewah, estetik dan nyaman yang selama ini Anda impikan.

Baca Juga:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta
Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali
Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl. Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung
Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Antologi Collaboractive Space Tawangsari CT II, Gg. Gayamsari II No.9C, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta
Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India
Google Map Emporio Architect India

Ikuti Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6288809690854
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

          Chat