Jabodetabek : +6282146645837
  Luar Jabodetabek : +6282219788877

Ketahui Dulu Masalah Umum dalam Proses Pembangunan Rumah dan Solusi Mengatasinya!

Ketahui Dulu Masalah Umum dalam Proses Pembangunan Rumah dan Solusi Mengatasinya!
19 Januari 2022    Edukasi, Tips, dan Trik
Ditulis oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Yakin sudah siap membangun rumah? Eits, jangan terlalu percaya diri! Bila telah memyiapkan dana serta memilih kontraktor dan sebagainya, Anda juga perlu mempersiapkan diri untuk kemungkinan buruk yang mungkin terjadi nantinya. Tak ada salahnya sedia payung sebelum hujan, kan? Karenanya Emporio Architect akan membagikan beberapa permasalahan umum yang sering muncul saat proses pembangunan rumah sedang berlangsung beserta solusi mengatasinya. Yuk scroll ke bawah!

Material dan alat terlambat datang

Salah satu masalah klasik yang umum terjadi di proyek adalah terlambatnya material atau alat yang disewa. Material atau alat yang datang terlambat tentu menghambat rencana pekerjaan yang telah disusun sehingga jadwal kerja berantakan, mengalami kemunduran dan tenggat waktu penyelesaian bangunan pun jadi tak sesuai rencana awal.

Untuk masalah ini, Anda bisa mengarahkan para pekerja untuk menyelesaikan pekerjaan lain atau memanfaatkan alat dan material yang tersedia sembari menunggu alat atau material yang dipesan tiba. Bila material atau alat yang ditunggu mengalami keterlambatan dalam waktu yang cukup lama padahal perannya krusial, maka mau tak mau Anda dan para pekerja harus rela sabar menunggu.

Material tidak sesuai keinginan karena salah beli

material tidak sesuai keinginan

Hal ini umum terjadi terutama di tahap finishing. Ada kalanya Anda menginginkan marmer dengan warna dan type A namun ternyata yang datang adalah marmer dengan warna dan type B. Kejadian i ini pasti membuat Anda kesal karena jika material di pasang maka tampak kentara karena type dan warna yang berbeda sehingga tampilan akhir tak sesuai harapan. Namun, bila tidak dipasang tentu Anda sebagai owner akan merasa rugi karena sudah terlanjur membeli

Solusi masalah ini sebenarnya susah-susah gampang. Anda bisa berbicara baik-baik kepada pemilik toko bangunan tempat Anda membeli material dan meminta penukaran atau pengembalian. Jika tidak bisa, maka Anda dapat memakai material itu dan mengakalinya sebagai ‘transisi’ atau digunakan pada gudang atau area servis sehingga tak jadi masalah jika warna dan corak finishingnya kurang senada.

Kerusakan peralatan

Kendala lain yang sering terjadi adalah rusaknya peralatan. Bukan tak mungkin walau semua peralatan tersedia lengkap, namun saat akan dipakai tiba-tiba peralatan rusak sehingga butuh waktu yang cukup lama untuk memperbaikinya. Sama halnya dengan ketiadaan alat, problem seperti ini bisa membuat jadwal pekerjaan pembangunan menjadi kacau.

Untuk mengatisipasi permasalahan seperti ini, ada baiknya Anda menyiapkan lebih dari satu alat untuk jenis yang sama. Dengan begitu jika satu alat rusak, para pekerja Anda bisa memakai alat lainnya yang sejenis sembari menunggu alat yang rusak selesai diperbaiki.

Kerusakan kondisi site

Kerusakan kondisi site

Kondisi lahan yang akan dibangun bisa mengalami kerusakan atau perubahan bila terjadi longsor, badai atau bencana alam yang mengubah kontur dan kepadatan tanah. Problem ini mengakibatkan konstruksi rumah perlu diubah untuk menyesuaikan kondisi lahan sehingga bila Anda sudah memiliki gambar desain, maka gambar desain rumah tersebut terpaksa perlu dibuat ulang agar sesuai.

Jika hal ini terjadi, solusi termudah adalah dengan membuat kondisi lahan kembali ke bentuk semula. Dari pada menghabiskan uang, waktu dan tenaga untuk membuat ulang gambar desain rumah, Anda bisa mengambil alternatif lainnya, yaitu membersihkan dan melakukan pematangan lahan. Anda tetap mengeluarkan uang untuk melakukannya, namun setidaknya Anda tak perlu menunggu terlalu lama.

Ketiadaan tempat pembuangan

Tidak adanya tempat pembuangan atau disposal area bisa memunculkan masalah yang cukup serius. Limbah proyek perlu dikelola dan dibuang pada tempatnya karena jika dibuang sembarangan, bisa menimbulkan efek yang tidak baik bagi lingkungan. Tapi jika dibiarkan, limbah proyek akan menumpuk dan menjadi sampah yang menghambat pekerjaan lapangan.

Karenanya jika tidak ada tempat pembuangan limbah di area pembangunan, Anda perlu menyewa jasa untuk membersihkan, menyortir material yang perlu dibuang dan yang bisa digunakan kembali, lalu membayar truk pengangkut puing pembangunan untuk diserahkan ke pengepul atau ke proyek lain yang memerlukan limbah pembangunan rumah Anda.

Karyawan mogok kerja

Karyawan mogok kerja

Mengontrol para pekerja untuk selalu produktif, bekerja efektif dan kompak memang tidak mudah. Walau jarang terjadi pada proyek pembangunan rumah, ada kalanya pekerja melakukan mogok kerja. Hal ini tentu bisa membuat progress pekerjaan jadi terhambat karena kurangnya pekerja di lapangan.

Solusi masalah ini adalah dengan memperhatikan kesejahteraan pekerja/tukang, menjaga semangat kerja, menjalin hubungan baik dan memenuhi standar kebutuhan pekerja secara lebih manusiawi. Anda perlu berbicara baik-baik dengan tukang yang mogok kerja agar tahu keluhan mereka. Lalu, Anda bisa memenuhi keinginan mereka dan mencapai kesepakatan yang win-win solution.

Kesalahan pesanan khusus

Saat memesan khusus perabot atau artwork, bisa jadi pesanan Anda tidak sesuai ekspektasi entah salah ukuran atau modelnya tidak sesuai harapan. Untuk mengatasinya, Anda dan kontraktor perlu merinci semua hal secara mendetail agar tidak terjadi miskomunikasi. Berikan gambar desain lengkap dengan ukuran, material, warna dan sebagainya kepada kontraktor untuk mencegah kesalahan.

Bila Anda sudah memberi gambar teknis yang detail namun pesanan Anda tetap tak sesuai harapan, maka ada beberapa opsi yang bisa dilakukan. Anda bisa menerima pesanan yang salah dan melakukan improvisasi saat pemasangannya agar estetik dan fungsional. Anda juga bisa meminta kontraktor membuat ulang pesanan dengan resiko mundurnya jadwal kerja dan pengeluaran berlebih. Ingatlah untuk meminta kompensasi, diskon atau hal lain kepada kontraktor karena mengecewakan Anda.

Kesulitan dalam menerjemahkan gambar teknis

Kesulitan dalam menerjemahkan gambar teknis

Saat memakai jasa tukang untuk membangun rumah, ada kalanya tukang yang disewa kebingungan menerjemahkan gambar teknis sehingga jadwal penyelesaian proyek rumah pun tertunda dan gambar desain yang ada terasa percuma karena pengerjaan disesuaikan sesuka hati para tukang berdasarkan interpretasi mereka sendiri. Alhasil bangunan pun tidak sesuai dengan desain yang ada.

Untuk itu, Anda perlu menyewa jasa pengawas yang berpengalaman. Pengawas inilah yang nantinya menerjemahkan gambar teknis, mengarahkan dan memeriksa hasil pekerjaan para tukang. Dengan begitu proyek rumah Anda akan berjalan lancar sesuai dengan gambar desain yang direncanakan.

Penundaan jadwal penyelesaian proyek

Salah satu permasalahan yang sering terjadi saat melakukan pembangunan adalah penundaan jadwal atau bahkan terhentinya proyek karena masalah biaya. Hal ini biasanya terjadi karena kurangnya perencanaan anggaran biaya pembangunan, jadwal pengerjaan proyek yang berantakan karena suatu hal, bencana alam, iklim dan cuaca serta banyak lagi alasan lain yang melahirkan problem ini.

Untuk mencegah masalah terjadi, ada baiknya Anda meminta jadwal proyek berisi blok waktu untuk tiap pekerjaan yang lebih mendetail pada pihak kontraktor. Dengan begitu, Anda bisa mengawasi dan memastikan apakah progress pekerjaan sesuai dengan jadwal. Jika penundaan jadwal terjadi karena ketersediaan alat dan material atau permasalahan iklim dan cuaca, maka hal itu masih bisa diterima. Komunikasikan saja dengan kontraktor dan sepakati solusi terbaik bagi Anda.

Membengkaknya biaya pembangunan

biaya pembangunan

Banyaknya kondisi tak terduga saat pengerjaan rumah berlangsung seperti kerusakan kondisi site hingga penundaan jadwal pekerjaan bisa menyebabkan biaya pembangunan membengkak. Hal terburuk yang bisa terjadi adalah bila Anda sudah tak punya dana untuk melanjutkan pembangunan.

Agar Anda tak sampai habis-habisan dan hutang sana-sini, maka hentikan atau tunda proyek untuk sementara hingga Anda punya dana untuk melanjutkan pembangunan. Jika pembengkakan biaya terjadi karena kesalahan kontraktor, Anda bisa menggugat dan meminta kompensasi kepada pihak kontraktor sesuai kontrak kerja yang ada. Itulah mengapa kontrak kerja, manajemen konstruksi dan rancangan anggaran biaya penting sekali diperhatikan sebelum memulai pembangunan rumah. Cara lainnya adalah dengan memakai sistem cost and fee serta menyewa jasa manajemen konstruksi.

Ketiadaan akses listrik dan air

Keberadaan air dan listrik sangat penting bagi berlangsungnya proyek. Tanpa adanya akses listrik dan air, proses pembangunan rumah akan sulit dijalankan. Untuk itu lokasi lahan sangat menentukan ada tidaknya akses listrik dan air. Karenanya bila pada lokasi proyek belum ada akses listrik dan air, Anda bisa meminjam listrik tetangga dan membayar token listriknya atau menggunakan diesel. Untuk masalah air, Anda bisa membuat sumur bor atau membeli jerigen air.

Akses jalan yang buruk

akses jalan buruk

Tak hanya ketiadaan listrik dan air yang menjadi masalah, buruknya akses jalan menuju lokasi proyek juga bisa mendatangkan masalah. Keberadaan proyek yang terletak di gang yang terlampau kecil, jalan pedesaan yang rusak hingga pembangunan di tebing dan pegunungan bisa mempersulit masuknya material dan alat berat ke lokasi proyek karena akses jalan yang tidak muat dilewati truk.

Untuk itu sebagai solusinya, Anda bisa memakai pick up, bentor atau motor roda tiga untuk mengakut material. Namun jika akses jalan tidak cukup lebar untuk kendaraan tersebut, maka Anda bisa membayar tenaga manusia untuk mengangkut material menggunakan arco.

Permasalahan KIPEM para tukang

Bila Anda menyewa jasa tukang dari luar daerah untuk bekerja di proyek Anda, maka ada kalanya Anda berurusan dengan permasalahan KIPEM. Pasalnya tak semua tukang mempunyai KIPEM atau Kartu Identitas Penduduk Musiman. Untuk menghindari adanya permasalahan registrasi dangan pemerintah dan warga setempat, maka Anda bisa mengurus KIPEM tenaga kerja, disertai Surat Keterangan Pindah Sementara bila diperlukan (misalkan proyek berjalan untuk waktu yang lama).

Tidak ada tempat penyimpanan material

Saat pembangunan rumah, kebanyakan orang akan membeli banyak material bangunan sekaligus agar mendapat harga yang lebih murah (menghindari kenaikan harga di masa mendatang). Namun hal ini bisa menjadi masalah bila pada proyek tidak ada tempat untuk menyimpan material. Karenanya agar material tidak rusak karena cuaca, Anda bisa mengatasinya dengan menyewa lahan atau bangunan di dekat lokasi proyek untuk dijadikan tempat penyimpanan material maupun tempat tinggal tukang. Alternatif lainnya adalah dengan mencicil jumlah pembelian material dengan resiko kenaikan harga.

Kurangnya keahlian para tukang

kurangnya kehlian para tukang

Tak jarang hasil jadi pembangunan berakhir buruk dan tak sesuai ekspektasi walau sudah ada gambar teknis dikarenakan kurangnya keahlian tukang. Hal ini tentu akan sangat mengecewakan, terlebih karena Anda sudah menghabiskan banyak uang, waktu dan tenaga demi terwujudnya hunian idaman. Untuk itu disarankan membangun rumah menggunakan jasa kontraktor disertai jasa pengawas atau manajemen konstruksi (MK). Pasalnya, MK dapat menunjuk atau membantu Anda memilih kontraktor profesional dengan para pekerja yang berkualitas sehingga hasilnya pun tak mengecewakan.

Demikian beberapa masalah umum dalam proses pembangunan rumah dan solusi mengatasinya. Sebenarnya ada banyak sekali permasalahan dalam proses pembangunan yang bisa terjadi pada Anda, seperti permasalahan izin pembangunan, hasil kerja kontraktor yang mengewakan dan tak sesuai kontrak, masalah pembayaran, masalah tanah, dan lain sebagainya. Karenanya persiapkan segala hal sebaik dan sematang mungkin agar pembangunan rumah Anda berjalan lancar sesuai harapan.

Sesungguhnya, permasalahan pembangunan yang berhubungan dengan proteksi, keuangan, SDA, kedisiplinan jadwal kerja hingga kualitas hasil jadi pembangunan bisa diselesaikan dengan menyewa jasa pengawas atau manajemen konstruksi (MK) dan memakai sistem cost and fee. Jangan hadapi semua masalah seorang diri, terlebih bila Anda adalah orang awam. Bijaklah dan cari langkah aman dengan menyewa jasa pengawas atau manajemen konstruksi (MK) serta memakai sistem cost and fee. Akan lebih baik lagi bila Anda memakai Bank Garansi untuk keperluan proteksi.

Kabar baiknya, Anda bisa mencari partner arsitek dan pengawas/ manajemen konstruksi (MK) yang profesional dan berpengalaman di Emporio Architect. Bersama Emporio Architect, wujudkan hunian mewah dan berkualitas yang selama ini telah Anda impikan tanpa banyak rintangan.

Anda bisa mengetahui informasi lengkap mengenai Bank garansi, Cost and Fee, manfaat menyewa pengawas, pentingnya tes sondir dan lain sebagainya pada artikel Emporio Architect terdahulu.

Klik  Edukasi Tips dan Trik untuk melihat artikel terkait.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi.

Apabila Anda ada pertanyaan silahkan konsultasikan dengan kami.

BACA JUGA:
21 Januari 2022  
25 Januari 2022  
blog POPULER
kegiatan TERBARU
desain PILIHAN
DESAIN INTERIOR:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

QR Code WA Jabodetabek:
QR Code WA Luar Jabodetabek:
Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta

Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

PERUM Piakan Indah Mesari No. 18A, Jalan Piakan I, Batubulan, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582
Jasa Arsitek Bali

Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Lt. 01 Greko Creative Hub, Jl.Ahmad Yani No.136, Malabar, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40262
Jasa Arsitek Bandung

Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Jl. E1 No.08, Kledokan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Jasa Arsitek Yogyakarta

Google Map Emporio Architect Jogja

Layanan Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, dan Bali, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek: +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek: +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama: +6282145535172
Kritik, Saran dan Pengaduan: +6282146847758
Lowongan Pekerjaan: +6281236811006

Konsultasi: infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran & Kerja Sama: partnershipCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Lowongan Pekerjaan: hrdCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

Ikuti Kami
           
  Konsultasi & Order
Free Konsultasi Awal
Melayani Seluruh Indonesia

    WA Jabodetabek    

    WA Luar Jabodetabek    

    Pesan Desain Sekarang    

QR Code WA
Jabodetabek:
QR Code WA
Luar Jabodetabek:
  Membagikan

      Bagikan ke Whatsapp    

      Bagikan ke Facebook    

      Bagikan ke Twitter    

      Bagikan ke Linkedin    

      Bagikan ke Telegram    

  Ikuti Kami
  Video & 360 VR