Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

Gaya Arsitektur Bangunan di Kota Bandung, Indonesia

Gaya Arsitektur Bangunan di Kota Bandung, Indonesia

  19 Juli 2018
Ditulis oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Kota Bandung disebut juga Sunda merupakan kota terbesar dan sekaligus ibu kota dari Provinsi Jawa Barat. Kota Bandung disebut juga kota kembang karena pada zaman dulu banyak terdapat bunga-bunga yang tumbuh di kota ini. Karena keindahannya itu pula Kota Bandung disebut juga Paris Van Java. Saat ini kota Bandung merupakan salah satu kota tujuan utama pariwisata dan pendidikan di Indonesia.

Gaya arsitektur di Kota Bandung banyak dipengaruhi oleh arsitektur kolonial bekas penjajahan Belanda. Banyaknya karya arsitektur kolonial di Bandung adalah akibat dari kebijakan Gubernur Jenderal J.P. de Graaf van Limburg Stirum yang ingin memindahkan ibu kota Hindia Belanda dari Batavia ke Bandung karena lebih nyaman untuk ditinggali. Gaya arsitektur Indo-Eropa pun muncul berkat banyaknya arsitek dari Belanda yang mendesain tata Kota Bandung.

Gaya Arsitektur Bangunan di Kota Bandung, Indonesia

Akulturasi budaya yang harmonis pun terjadi dalam karya-karya arsitektur Indo-Eropa di Kota Bandung karena dirancang melalui tangan dingin arsitek-arsitek besar Hindia-Belanda. Para arsitek ini selalu berupaya memadukan unsur budaya timur dan barat yang terlihat dari bentuk atap khas dari rumah-rumah tradisional Indonesia. Selain itu bangunan-bangunan di Kota Bandung memiliki orientasi ke arah pegunungan karena mengambil filosofi landscape tradisional Jawa dimana bangunan harus berorientasi ke arah sesuatu yang dianggap suci/sakral.

Saat ini Kota Bandung memiliki bangunan dengan gaya arsitektur Art Deco dalam jumlah banyak. Gaya Art Deco adalah gaya arsitektur yang mengekspresikan kekaguman manusia terhadap kemajuan teknologi dengan ciri memiliki elemen dekoratif geometris yang tegas dan keras. Walaupun Art Deco banyak dibangun pada masa Kolonial Belanda, saat ini juga banyak dibangun bangunan yang bergaya Art Deco dan bahkan sudah menjadi ciri khas desain bangunan di Kota Bandung.

Gaya Arsitektur Bangunan di Kota Bandung, Indonesia

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Selain rutin membuat tulisan untuk blog Emporio Architect dan Emporio Interior tempatnya bekerja kini, Fairus juga beraktivitas sebagai content creator, content writer, arsitek dan interior desainer secara freelance. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi. Temui Fairus di akun Instagramnya: @fairusrizn
Baca Juga:
DESAIN RUMAH TERBAIK:
DESAIN INTERIOR:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta
Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali
Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl. Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung
Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Antologi Collaboractive Space Tawangsari CT II, Gg. Gayamsari II No.9C, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta
Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India
Google Map Emporio Architect India

Ikuti Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6288809690854
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

           
Chat Konsultasi

  Chat Jabodetabek  

  Chat Luar Jabodetabek