Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

Begini Cara Mempersiapkan Data Kebutuhan Ruang untuk Desain Rumah

Begini Cara Mempersiapkan Data Kebutuhan Ruang untuk Desain Rumah
  05 Februari 2021
Ditulis oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Sudahkan Anda siap merencanakan desain rumah? Jika Anda sudah membeli lahan kosong, melakukan pematangan lahan dan menyiapkan data topografi beserta luasannya, maka sebelum menghubungi jasa arsitek ada baiknya Anda terlebih dahulu mempersiapkan data kebutuhan ruang sebelum mendesain. Sayangnya, tak banyak yang tahu cara mempersiapkan data kebutuhan ruang. Karena itu Emporio Architect akan membagikan cara mempersiapkan data kebutuhan ruang untuk desain rumah.

Agar bisa mempersiapkan data kebutuhan ruang untuk keperluan desain, maka terlebih dahulu Anda perlu mengetahui ruangan dan fasilitas apa saja yang dibutuhkan oleh Anda beserta anggota keluarga di rumah baru Anda nantinya. Untuk bisa mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh Anda sekeluarga di rumah baru nanti, maka cara termudah adalah dengan mengajukan beberapa pertanyaan berikut kepada diri Anda serta anggota keluarga Anda. Simak pertimbangan dan pertanyaan di bawah ini.

  • Pertimbangkan kebutuhan mengenai carport dan garasi

Apakah Anda sekeluarga memiliki kendaraan pribadi seperti mobil dan motor? Dan berapa jumlah kendaraan pribadi yang dimiliki? Dengan menjawab pertanyaan itu dan menginfokannya kepada jasa arsitek yang Anda gunakan, maka arsitek dapat memperhitungkan dan merencanakan adanya carport dan garasi pada desain rumah serta besaran luasan carport dan garasi yang dibutuhkan.

  • Pertimbangkan kebutuhan mengenai kamar tidur untuk pekerja

Apakah Anda memiliki pekerja di rumah Anda seperti pembantu, satpam atau supir? Dan berapa jumlah pekerja di rumah Anda? Apakah pekerja tersebut menginap di rumah Anda? Pertanyaan ini akan membantu Anda beserta arsitek untuk mendata apakah diperlukan adanya kamar tidur dan kamar mandi untuk pembantu, satpam dan supir di kediaman Anda serta berapa jumlahnya.

  • Pertimbangkan kebutuhan mengenai fasilitas hiburan

Jika Anda memiliki lahan yang luas dan berencana membangun rumah berukuran besar dan mewah maka Anda bisa mempertimbangkan adanya fasilitas hiburan di rumah Anda untuk keperluan manajemen stress. Coba tanyakan pada anggota keluarga Anda apa hobi yang mereka miliki atau apa saja aktivitas bersama yang mereka sukai.

Dengan data tersebut, arsitek bisa merencanakan adanya fasilitas hiburan seperti ruang karaoke, home theatre, studio musik, ruang bermain, ruang gym, bar, kolam renang, kebun/taman & ruang lainnya pada desain hunian sesuai request Anda. Nantinya arsitek yang akan memperhitungkan dan merencanakan besaran fasilitas hiburan dan dimana fasilitas tersebut diletakkan, apakah di dalam rumah, di ruang terbuka seperti di halaman belakang ataukah di atap sebagai rooftop.

  • Pertimbangkan kebutuhan kamar tidur, walk-in-closet dan kamar mandi

Fungsi terpenting sebuah rumah adalah tempat untuk tidur dan beristitahat dengan nyaman dan aman. Karenanya, penting untuk mempertimbangkan adanya kamar tidur, kamar mandi hingga walk-in-closet pada desain rumah. Berikan informasi mengenai jumlah keluarga Anda serta gender mereka kepada jasa arsitek yang Anda gunakan. Tanyakan juga pada anak Anda apakah mereka menginginkan kamar tidur terpisah serta apakah mereka membutuhkan kamar mandi dan walk-in-closet di dalam kamar mereka. Arsiteklah yang nantinya merancang desain sesuai data yang ada.

  • Pertimbangkan kebutuhan ruang bersama seperti ruang keluarga, ruang makan, dapur

Tiap rumah pasti memiliki ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan dan dapur. Walau ruangan tersebut pasti ada pada tiap rumah tanpa perlu diminta, namun agar desain rumah Anda nyaman dan sesuai untuk Anda sekeluarga, maka beritahu arsitek tentang jumlah anggota keluarga Anda, apakah Anda sekeluarga senang mengundang tamu untuk berkumpul dan makan bersama, dll. Dengan informasi itu, arsitek bisa merencanakan desain ruang bersama yang besarannya sesuai, tidak terlalu besar atau kecil dengan jumlah kursi makan serta sofa yang pas untuk keluarga Anda.

  • Pertimbangkan kebutuhan ruang belajar/ruang baca/perpustakaan

Bila ada anggota keluarga Anda yang gemar membaca atau masih ada di usia sekolah, maka tak ada salahnya menghadirkan ruang belajar/ruang baca/perpustakaan di rumah. Dengan memberi informasi mengenai kegemaran membaca yang dimiliki keluarga Anda, usia anak serta kebiasaan belajarnya (misal apakah anak Anda belajar bersama guru les privat atau tidak), data ini kemudian akan digunakan oleh arsitek untuk merancang ruang belajar/ruang baca/perpustakaan yang sesuai.

  • Pertimbangkan kebutuhan ruang lainnya seperti tempat ibadah atau tempat kerja

Jika Anda memiliki lahan yang luas dan berencana membangun rumah tinggal yang megah, tak ada salahnya mempertimbangkan adanya tempat ibadah serta tempat kerja di rumah. Misal bila Anda adalah seorang dokter dan beragama muslim, maka kehadiran musholla serta ruang praktik dokter diperlukan di rumah. Dengan merequest adanya ruang kerja dan tempat ibadah kepada arsitek, maka arsitek bisa memperhitungkan posisi dan besaran tiap ruangan pada desain rumah sehingga hunian Anda jadi tempat yang nyaman bagi Anda sekeluarga untuk tinggal, beribadah dan bekerja.

Demikian cara mempersiapkan data kebutuhan ruang untuk desain rumah ala Emporio Architect. Dengan mempersiapkan data kebutuhan ruang lalu mendiskusikannya bersama tim arsitek yang Anda percayai, maka arsitek akan lebih mudah dalam merancang karena telah mengetahui dengan pasti apa yang Anda inginkan sehingga nantinya Anda mendapatkan desain rumah tinggal yang nyaman, sehat, aman dan berfasilitas lengkap serta benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda sekeluarga. Bila Anda perlu berkonsultasi mengenai hal ini lebih lanjut bersama arsitek professional, segeralah hubungi konsultan jasa desain Emporio Architect dan mendapat layanan konsultasi gratis.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Selain rutin membuat tulisan untuk blog Emporio Architect dan Emporio Interior tempatnya bekerja kini, Fairus juga beraktivitas sebagai content creator, content writer, arsitek dan interior desainer secara freelance. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi. Temui Fairus di akun Instagramnya: @fairusrizn
BACA JUGA:
Fakta Seputar Pengertian, Jenis-Jenis Serta Cara Memilih Style Bangunan Ini Perlu Anda Ketahui!
Fakta Seputar Pengertian, Jenis-Jenis Serta Cara Memilih Style Bangunan Ini Perlu Anda Ketahui!
  06 Februari 2021
75 Istilah Arsitektur yang Perlu Dipahami dalam Desain Rumah
75 Istilah Arsitektur yang Perlu Dipahami dalam Desain Rumah
  02 Februari 2021
Mengapa Anda Memilih Emporio Architect?
Mengapa Anda Memilih Emporio Architect?
  03 Mei 2014
DESAIN INTERIOR:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta
Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali
Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl. Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung
Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Antologi Collaboractive Space Tawangsari CT II, Gg. Gayamsari II No.9C, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta
Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India
Google Map Emporio Architect India

Ikuti Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6288809690854
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

           
Chat Konsultasi

  Chat Jabodetabek  

  Chat Luar Jabodetabek