Jabodetabek : +6282146645837
  Luar Jabodetabek : +6282219788877

Cara Mempersiapkan Data Kebutuhan Ruang untuk Desain Rumah

Cara Mempersiapkan Data Kebutuhan Ruang untuk Desain Rumah
06 Januari 2022    Edukasi, Tips, dan Trik
Ditulis oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Siap merencanakan desain rumah? Jika Anda sudah membeli lahan kosong, mengurus legalitas lahan, dan menyiapkan data lengkap terkait lahan, maka kini saatnya Anda mulai menghubungi Jasa Arsitek Profesional untuk memulai proses desain. Tapi sebelum itu, ada baiknya Anda mempersiapkan data kebutuhan ruang terlebih dahulu.

Agar bisa mempersiapkan data kebutuhan ruang untuk keperluan desain, Anda perlu mengetahui ruangan dan fasilitas apa saja yang dibutuhkan oleh keluarga Anda di rumah baru nantinya. Untuk mengetahuinya, cara termudah adalah dengan mengajukan beberapa pertanyaan berikut kepada diri Anda serta seluruh anggota keluarga Anda. Simak pertimbangan dan pertanyaan di bawah ini.

  • Pertimbangkan kebutuhan mengenai carport dan garasi

Apakah Anda punya kendaraan pribadi seperti mobil dan motor? Berapa jumlah kendaraan pribadi yang dimiliki dan apa saja type beserta jenis kendaraan Anda? Dengan menjawab pertanyaan itu dan menginfokannya kepada jasa arsitek yang Anda pilih, maka arsitek dapat merencanakan adanya carport dan garasi pada desain rumah Anda serta menghitung luasan carport dan garasi yang dibutuhkan.

  • Pertimbangkan kebutuhan kamar tidur, walk-in-closet dan kamar mandi

Fungsi terpenting rumah tinggal adalah tempat untuk tidur dan beristitahat dengan nyaman dan aman. Karenanya, penting untuk mempertimbangkan jumlah kamar tidur, kamar mandi hingga walk-in-closet pada desain rumah. Berikan informasi mengenai jumlah anggota keluarga Anda beserta gendernya pada jasa arsitek yang Anda gunakan. Tanyakan juga pada anak Anda apakah mereka menginginkan kamar tidur terpisah serta apakah mereka butuh kamar mandi dan walk-in-closet. Arsitek nantinya akan merancang desain rumah sesuai data yang ada.

  • Pertimbangkan kebutuhan ruang bersama seperti ruang keluarga, ruang makan dan dapur

Tiap rumah perlu memiliki ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan dan dapur. Walau ruangan tersebut pasti ada di tiap rumah tanpa perlu diminta. Namun, agar desain rumah Anda nyaman dan sesuai, beritahu arsitek tentang jumlah anggota keluarga Anda, apakah Anda sekeluarga senang mengundang tamu untuk berkumpul dan makan bersama, dan lain sebagainya. Dengan informasi itu, arsitek bisa merencanakan desain ruang bersama yang besarannya sesuai.

  • Pertimbangkan kebutuhan mengenai kamar tidur untuk pekerja

Apakah Anda berencana mempekerjakan pembantu, satpam atau supir di rumah baru Anda nanti? Berapakah jumlah pekerja di rumah Anda? Apakah pekerja tersebut menginap di rumah Anda? Pertanyaan ini membantu arsitek mendata apakah perlu adanya kamar tidur dan kamar mandi untuk pembantu, satpam dan supir di kediaman Anda serta berapa jumlahnya.

  • Pertimbangkan kebutuhan mengenai fasilitas hiburan

fasilitas hiburan

Jika Anda memiliki lahan yang luas dan berencana membangun mansion mewah, maka Anda bisa mempertimbangkan adanya fasilitas hiburan di rumah untuk manajemen stress. Coba tanya pada keluarga Anda, apa hobi yang mereka miliki dan apa saja aktivitas bersama yang mereka suka.

Dengan data tersebut, arsitek bisa merencanakan adanya fasilitas hiburan seperti ruang karaoke, home theatre, studio musik, ruang bermain, ruang gym, bar, kolam renang, taman & ruang lainnya pada desain rumah sesuai request Anda. Nantinya arsitek-lah yang akan memperhitungkan dan merencanakan luasan fasilitas hiburan dan dimana fasilitas tersebut diletakkan, apakah di dalam rumah, di halaman belakang ataukah di rooftop.

  • Pertimbangkan kebutuhan ruang belajar/ruang baca/ruang kerja

Bila ada anggota keluarga Anda yang gemar membaca, masih bersekolah atau senang bekerja, tak ada salahnya menghadirkan ruang belajar/ruang baca/ruang kerja di rumah. Dengan memberi informasi mengenai kegemaran membaca yang dimiliki keluarga Anda, usia anak serta kebiasaan belajarnya (misal apakah anak Anda belajar bersama guru les privat atau tidak), hingga profesi dan kebiasaan Anda saat bekerja, data ini bisa dipakai arsitek untuk merancang ruang belajar/ruang baca/ruang kerja yang sesuai di rumah baru Anda nantinya.

  • Pertimbangkan kebutuhan ruang lainnya seperti ruang ibadah

desain ruang ibadah

Saat merencanakan desain rumah, tak ada salahnya mempertimbangkan adanya ruang ibadah. Bagi umat muslim, kehadiran musholla tentu diperlukan di rumah. Dengan merequest adanya ruang ibadah kepada arsitek, maka arsitek bisa memperhitungkan letak dan besaran ruangan sehingga hunian baru Anda nantinya bisa jadi tempat yang nyaman bagi Anda sekeluarga.

Selain kebutuhan ruang, Anda juga perlu menginformasikan jumlah lantai yang diinginkan pada rumah baru. Beberapa Jasa Arsitek Profesional seperti Emporio Archietct juga akan mengirimkan form kebutuhan ruang pada Anda sebagai patokan dalam merancang desain rumah. Dengan menyiapkan data kebutuhan ruang lalu mendiskusikannya bersama arsitek, akan mempermudah arsitek dalam merancang hunian karena mengetahui apa yang Anda inginkan. Anda pun bisa mendapatkan desain rumah tinggal yang nyaman dan berfasilitas lengkap serta benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda sekeluarga. Setelahnya, Anda siap menghubungi Jasa Arsitek Profesional seperti Emporio Architect untuk merencanakan desain rumah idaman.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi.
BACA JUGA:
21 Januari 2022  
25 Januari 2022  
blog POPULER
kegiatan TERBARU
desain PILIHAN
360 VR
DESAIN RUMAH TERBAIK:
DESAIN INTERIOR:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

QR Code WA Jabodetabek:
QR Code WA Luar Jabodetabek:
Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta

Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

PERUM Piakan Indah Mesari No. 18A, Jalan Piakan I, Batubulan, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80238
Jasa Arsitek Bali

Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Lt. 01 Greko Creative Hub, Jl.Ahmad Yani No.136, Malabar, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40262
Jasa Arsitek Bandung

Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Jl. E1 No.08, Kledokan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Jasa Arsitek Yogyakarta

Google Map Emporio Architect Jogja

Layanan Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, dan Bali, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek: +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek: +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama: +6282145535172
Kritik, Saran dan Pengaduan: +6282146847758
Lowongan Pekerjaan: +6281236811006

Konsultasi: infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran & Kerja Sama: partnershipCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Lowongan Pekerjaan: hrdCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

Ikuti Kami
           
  Konsultasi & Order
Free Konsultasi & Online Meeting
Mohon Sabar Antri

    WA Jabodetabek    

    WA Luar Jabodetabek    

    Form Order    

QR Code WA
Jabodetabek:
QR Code WA
Luar Jabodetabek:
  Membagikan

      Bagikan ke Whatsapp    

      Bagikan ke Facebook    

      Bagikan ke Twitter    

      Bagikan ke Linkedin    

      Bagikan ke Telegram    

  Ikuti Kami
  Video & 360 VR