Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

Desain Rumah Minimalis Nyaman dengan 5 Rahasia dari Sang Ahli

Desain Rumah Minimalis Nyaman dengan 5 Rahasia dari Sang Ahli

  15 November 2018
Oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Desain rumah minimalis yang nyaman tetap bisa Anda miliki meski lahan yang dimiliki terbatas. Meski rumah kecil, tidak lantas berarti rumah tidak enak ditempati. Selama Anda tahu trik dan rahasianya, tidak sulit membuat hunian lebih menarik dan membuat semua anggota keluarga betah. Adapun berikut diberikan beberapa rahasia dari sang ahli agar rumah minimalis yang kecil tampak lebih lega, modern, dan nyaman yaitu:

  1. Optimalkan Semua Ruang yang Ada

Hindari kebiasaan menata barang-barang yang tidak dibutuhkan di dalam ruang. Hal tersebut hanya akan memberi kesan rumah yang sempit. Salah-salah ruangan yang sempit akan terlihat makin sempit karena kebiasaan keliru tersebut.

Oleh karenanya, dalam pemilihan perabot Anda juga perlu memperhatikan ukurannya. Utamakan perabot berukuran sedang atau kecil. Misalnya memilih TV layar datar yang lebih hemat ruang dibanding TV tabung model lama. Akan lebih baik jika memiliki perabot multifungsi. Sebagai contoh ranjang kasur yang bisa digunakan sebagai lemari baju atau lemari penyimpanan sekaligus.

  1. Memilih Warna Tepat

Pemilihan warna rumah minimalis tidak boleh asal. Dimana warna dinding yang lebih terang lebih direkomendasikan. Seperti warna putih dan warna-warna terang lain yang akan memberi kesan ruangan lebih luas.

Desain Rumah Minimalis Nyaman dengan 5 Rahasia dari Sang Ahli 1

Selain itu, dalam desain rumah minimalis yang dibuat Anda boleh melakukan kombinasi warna. Misalnya mengombinasikan warna putih dengan warna abu-abu terang. Dewasa ini aksen kayu juga tengah menjadi hits seperlu menghadirkan kesan asri di dalam rumah. Pemilihan warna ini bisa Anda terapkan bagi Anda yang tengah membangun rumah minimalis baru ataupun sedang merencanakan renovasi rumah.

  1. Hindari Pembatas Ruang Berlebihan

Saat Anda ingin membatasi dua ruangan, maka Anda harus mempertimbangkan konsep terbaik. Pasalnya keberadaan pembatan ruang yang salah hanya akan memberi kesan rumah semakin sempit. Sebagai trik rahasianya Anda bisa menggabungkan beberapa ruang menjadi satu tanpa sekat pembatas.

Desain Rumah Minimalis Nyaman dengan 5 Rahasia dari Sang Ahli 2

Bila ingin memberi sedikit privasi, Anda bisa menempatkan perabot dengan fungsi sama seperti pembatas. Sebagai contoh rak sederhana multifungsi. Rak bisa Anda gunakan sebagai rak buku atau rak barang pajangan sekaligus sekat pembatas ruangan yang tidak akan memakan banyak ruang.

  1. Menempatkan Cermin Besar

Ingin ruang di rumah minimalis terlihat lebih lega? Anda bisa mengakalinya dengan menempatkan sebuah cermin besar. Semakin besar ukurannya, maka akan semakin baik. Untuk bentuk cermin bisa memilih cermin persegi panjang.

Adapun cermin yang Anda pasang berfungsi sebagai pemantul bayangan. Cermin akan menghadirkan ilusi optik yang mengesankan ruangan seolah lebih besar. Rahasia ini tentu Anda butuhkan agar ruangan di dalam rumah minimalis terasa lebih lega dengan adanya kesan seolah ada ruangan baru di dalam rumah.

  1. Pencahayaan dan Sirkulasi Rumah Optimal

Bila rumah minimalis Anda menghadap arah terbit matahari, maka hal itu adalah nilai lebih. Dengan demikian rumah Anda akan mendapat paparan sinar matahari yang mengoptimalkan pencahayaan di rumah. Hal ini tidak hanya membantu menghemat biaya listrik tetapi juga menyehatkan anggota keluarga. Seperti yang Anda tahu, cahaya matahari pagi bagus untuk kesehatan.

Di sisi lain sirkulasi udara di rumah juga harus dioptimalkan. Yakni dengan menyediakan ventilasi udara agar sirkulasi udara keluar dan masuk lancar. Hal ini ide terbaik agar rumah tidak lembab atau pengap. Desain rumah minimalis memang wajib memiliki sirkulasi optimal agar bisa menjadi rumah sehat idaman.

Baca Juga:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta
Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali
Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl. Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung
Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Antologi Collaboractive Space Tawangsari CT II, Gg. Gayamsari II No.9C, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta
Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India
Google Map Emporio Architect India

Ikuti Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6288809690854
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

          Chat