Jabodetabek : +6282146645837
  Luar Jabodetabek : +6282219788877

Tips Merawat Lantai dan Dinding Kayu

Tips Merawat Lantai dan Dinding Kayu
Dipublikasikan 21 Januari 2022    Edukasi, Tips, dan Trik
Ditulis oleh: Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  

Rumah dengan finishing kayu di lantai dan dindingnya memang banyak digemari karena punya nilai estetika tersendiri. Tak hanya estetik, penggunaan kayu pada lantai dan dinding juga bisa membuat rumah terasa lebih hangat, nyaman, dan bersahabat. Tidak heran bila kayu banyak dipilih sebagai bahan penutup lantai dan dinding, baik indoor maupun outdoor. Bagi Anda yang memakai finishing kayu pada lantai dan dinding rumah, ini tips merawat lantai dan dinding kayu ala Emporio Architect.

Lantai dan dinding kayu tentu memiliki cara perawatan yang berbeda dari lantai dan dinding marmer maupun dari lantai dan dinding motif kayu dengan material yang berbeda. Berikut cara merawat lantai dan dinding kayu asli di rumah Anda, baik indoor maupun outdoor agar tampilannya tetap prima.

Dinding Kayu

  1. Bersihkan dinding dan lantai kayu (parket) dengan vacuum cleaner beberapa kali dalam seminggu. Lakukan dengan lembut agar kayu tidak tergores dan rusak. Anda juga bisa menyapu lantai setiap hari menggunakan sapu dengan bulu-bulu yang lembut.
  2. Kemudian pel/lap lantai dan dinding kayu dengan kain lembut seperti kain microfiber. Anda bisa mengepel/mengelap kayu menggunakan kain basah dengan campuran air dan cuka yang sudah diperas. Setelahnya pel atau lap kembali dengan kain kering agar kayu tidak lapuk karena lembab.
  3. Jika ada makanan atau minuman yang tumpah, jangan didiamkan dan segera bersihkan pakai tisu, lap atau kain kering yang lembut. Segera pel jika makanan/minuman itu meninggalkan noda.
  4. Agar anti rayap, lantai dan dinding kayu juga perlu diberi dengan bahan kimia anti rayap. Suntikkan bahan kimia anti rayap atau anti serangga ke beberapa potongan kayu dan ulangi tiap beberapa bulan sekali. Dengan begitu, lantai dan dinding kayu jadi lebih awet, anti keropos dan tahan rayap.
  5. Anda juga bisa melapisi permukaan kayu dengan coating setiap 2 tahun sekali agar warna kayu selalu segar dan tidak pudar. Coating juga membuat tampilan dan warna kayu lebih fresh, glossy dan terjaga. Dengan begitu rumah Anda tidak akan tampak seperti rumah tua.
  6. Untuk menjaga warna kayu, disarankan untuk memindahkan letak perabot dan pajangan di dalam rumah secara berkala. Hal ini disebabkan warna kayu yang sering terpapar sinar matahari akan lebih cepat pudar. Warna kayu yang memudar di satu area saja pasti akan terlihat jelek. Alternatif lainnya, lakukan steam tiap 6 bulan sekali agar warna kayu tetap apik dan tidak belang.
  7. Agar lantai dan dinding kayu tidak rusak, patah atau tergores, sebaiknya lapisi kaki perabot dengan bantalan karet dan hindari memindahkan barang dengan cara menggeser. Anda juga bisa melapisi lantai dengan karpet sehingga lantai tidak mudah tergores dan ruangan pun tampil lebih estetik.
  8. Terakhir, poles lantai secara rutin minimal setahun sekali untuk mengisi goresan pada permukaan kayu agar kayu tampak mulus dan membuat warna serta permukaan kayu lebih kinclong.

Rumah Dinding Kayu

Demikian tips merawat lantai dan dinding kayu agar pesonanya tidak pudar dan tampil prima. Parket kayu memang cukup populer dipakai sebagai penutup lantai dan dinding karena mampu menciptakan nuansa hangat dan nyaman. Karenanya, finishing kayu pada ruangan sangat direkomendasikan pada kamar tidur. Jika Anda memakai kayu di lantai dan dinding rumah, ingatlah untuk merawat kayu mengikuti cara di atas. Dan bila Anda butuh jasa desain rumah, hubungi saja Emporio Architect.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi.

Apabila Anda ada pertanyaan silahkan konsultasikan dengan kami.

BACA JUGA:
desain rumah MINIMALIS
desain rumah CLASSIC
desain rumah MODERN
desain rumah MEDITERAN
blog POPULER
DESAIN INTERIOR:
         
KONSULTASI DENGAN CS KAMI
Syahrul Dwi Andrian, Amd
Andrian
Dwi Pratiwi, S.Ars
Tiwi
I Gusti Agung Ayu Chandra Devi, S.Ars
Devi
Ida Ayu Wisma Anggaritha Pathni, S.Kom., MTA
Dayu
Aarles Sumarten, S.S.
Aarles

Telp. Jabodetabek:
+6282146645837

Telp. Luar Jabodetabek:
+6282219788877

QR Code WA Jabodetabek:
QR Code WA Luar Jabodetabek:
Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940

Google Map Emporio Architect Jakarta

Kantor Bali

PERUM Piakan Indah Mesari No. 18A, Jalan Piakan I, Batubulan, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582

Google Map Emporio Architect Bali

Kantor Bandung

Menara Asia Afrika Lantai 9 Regus Office No. 918, Jalan Asia Afrika No. 133-137, Bandung 40112

Google Map Emporio Architect Bandung

Kantor Yogyakarta

Jl. Sagan Kidul No.14, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

Google Map Emporio Architect Jogja

Kantor Surabaya

Pakuwon Center Lantai 23, Jl. Embong Malang 1-5, Surabaya, Jawa Timur 60261

Google Map Emporio Architect Surabaya

Kantor Semarang

Gedung Menara Suara Merdeka Lt. 11, Jalan Pandanaran No. 30, Pekunden, Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah 50241

Google Map Emporio Architect Semarang

Kantor Balikpapan

Panin Tower Floor 8th, Jl. Jendral Sudirman No.7, Balikpapan, Kalimantan Timur 76113

Google Map Emporio Architect Balikpapan

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek: +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek: +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama: +6281353353909
Kritik, Saran dan Pengaduan: +6282146847758
HR & Lowongan Pekerjaan: +6281236313868

Konsultasi: infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran & Kerja Sama: partnershipCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Lowongan Pekerjaan: hrdCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

Ikuti Kami