Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

Kiat Membangun Rumah Minimalis Modern

Kiat Membangun Rumah Minimalis Modern

  13 November 2018
Oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Membangun rumah tentu membutuhkan konsep yang matang. Dengan pemilihan konsep yang benar, maka Anda pun bisa mengetahui jenis rumah yang akan dibuat. Adapun salah satu desain atau konsep rumah yang banyak digemari orang saat ini ialah desain rumah minimalis. Untuk membangun rumah bergaya minimalis, Anda harus mengetahui hal-hal dasar yang harus dipersiapkan supaya nantinya bisa dibangun rumah bergaya minimalis yang khas dan sesuai konsep yang Anda inginkan.

Tips Membangun Hunian Minimalis Modern

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat hunian dengan desain rumah minimalis, seperti berikut ini :

  1. Pilih Tanah atau Lahan yang Akan Dibangun

Untuk memilih tanah atau lahan kosong yang ingin dibeli untuk mendirikan sebuah rumah minimalis, Anda bisa menyesuaikannya dengan kondisi finansial, luas tanah, dan letak rumah yang strategis. Dalam membangun hunian minimalis, luas tanah atau kondisi tanah umumnya bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan.

Kiat Membangun Rumah Minimalis Modern 1

Prinsip luas lahan yang terdapat pada rumah minimalis umumnya ialah dengan memanfaatkan lahan yang minim supaya bisa terbentuk bangunan dengan berbagai fungsi maupun fasilitas, serta penampakan rumah yang rumah yang leluasa. Intinya, Anda bisa memaksimalkan lahan yang terbatas. Tapi bukan berarti Anda tak bisa memilih lahan bangunan yang besar.

  1. Perkiraan Budget Untuk Membangun Rumah Minimalis

Sesudah Anda mempunyai tanah atau lahan kosong, sebelum membangun sebuah rumah sebaiknya perlu memperkirakan jumlah budget yang digunakan untuk mendirikan sebuah rumah. Anda juga bisa mematoknya dengan budget tertentu, Anda bisa memperkirakan rumah seperti apa yang akan dibangun nantinya. Pada dasarnya konsep rumah bergaya minimalis berarti bahwa Anda bisa membangun rumah yang dananya tak terlalu besar, tapi bisa membuat rumah dengan tampilan yang bagus dan nyaman berdasarkan budget yang ada.

Kiat Membangun Rumah Minimalis Modern 2

Jadi intinya dengan rumah minimalis, Anda bisa menyesuaikan keadaan finansial Anda atau bisa mempergunakan budget yang tak terlalu besar saat membangun sebuah hunian. Akan tetapi, bukan berarti konsep rumah bergaya minimalis harus memakai bahan maupun biaya yang minimalis juga. Jika ingin memperoleh hasil terbaik dengan menggunakan bahan-bahan berkualitas. Maka Anda juga dapat membuat pengeluaran lebih besar.

  1. Membuat Desain Rumah

Sesudah Anda menetapkan kondisi keuangan dan luas lokasi, maka Anda bisa membuat bentuk desain rumah minimalis sesuai keuangan dan kondisi lokasi rumah tersebut. Anda dapat menciptakan desain ruangan yang mengutamakan ruangan-ruangan yang dianggap vital di dalam rumah. Seperti menempatkan kamar menyesuaikan jumlah anggota penghuni rumah. Anda juga dapat menempatkan ruang dapur dan ruang tamu untuk sehari-hari. Adapun luas kedua ruangan ini bisa disesuaikan dengan aktivitas sehari-hari Anda. Untuk rumah berkonsep minimalis, ruangan-ruangan tersebut biasanya dibuat lebih sederhana dan tidak terlalu luas.

  1. Meminta Bantuan Arsitek

Untuk mendesain rumah bergaya minimalis, biasanya kita yang awam di bidang arsitek akan kesulitan mengaplikasikan rumah bergaya minimalis. Hal ini dikarenakan selain dari biaya, rumah bergaya minimalis juga harus memaksimalkan ruang serta fungsi furniture yang ada di dalam rumah. Maka dari itu, jika Anda kesulitan mengembangkan desain rumah minimalis, alternatif paling tepat ialah dengan meminta bantuan jasa arsitek.

Biasanya para arsitek mempunyai alternatif desain rumah minimalis tertentu agar terlihat lebih modern. Di samping itu, Anda juga dapat meminta arsitek agar menyesuaikan dasar desain sesuai keinginan. Keunggulan lainnya ialah kita bisa meminta ahli arsitek sekaligus untuk merancang sketsa desain interior maupun eksterior rumah minimalis.

Baca Juga:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta
Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali
Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl.Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung
Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Jl. Sadewa No.58E, Tegal Rejo, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta
Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India
Google Map Emporio Architect India

Ikuti Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6288809690854
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

      Chat