Jabodetabek : +6282146645837
  Luar Jabodetabek : +6282219788877

Gambaran Awal Tentang Budget Pembangunan yang Perlu Anda Ketahui!

Gambaran Awal Tentang Budget Pembangunan yang Perlu Anda Ketahui!
08 Januari 2022    Edukasi, Tips, dan Trik
Ditulis oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  

Tak sabar punya rumah baru? Sejauh apa persiapan Anda? Sudahkah Anda mengetahui gambaran awal dari budget pembangunan? Tenang, tak mengapa jika Anda masih bingung menjawab pertanyaan-pertanyaan tadi. Karenanya di artikel kali ini Emporio Architect hendak menginformasikan hal-hal yang harus Anda ketahui terkait budgeting pembangunan serta faktor apa saja yang mempengaruhi besar kecilnya budget pembangunan dalam desain rumah tinggal.

1. Berdasarkan style bangunan yang digunakan

style bangunan

style bangunan

Seperti yang telah dibahas di artikel sebelumnya, pilihan style bangunan bisa mempengaruhi mahal tidaknya budget pembangunan. Dengan besaran yang sama, rumah bergaya modern bisa punya biaya pembangunan yang lebih rendah dibandingkan rumah bergaya klasik. Ada kalanya rumah bergaya modern lebih mahal dari rumah bergaya klasik jika terdapat banyak bukaan kaca yang besar.

Hal yang sama berlaku pada rumah bergaya villa Bali minimalis, dimana biaya pembangunannya lebih murah dari rumah bergaya villa Bali mewah dengan banyak ornamen dan pilar pada eksteriornya. Semakin mewah dan megah fasadnya, biaya pembangunan yang dikeluarkan tentu semakin mahal.

2. Berdasarkan pilihan material pada bangunan

Biaya pembangunan sangat dipengaruhi dengan pilihan material yang digunakan. Rumah tinggal yang eksteriornya hanya difinishing dengan cat tentu biayanya jauh lebih murah daripada rumah tinggal yang eksteriornya difinishing dengan batu alam dan kayu.

Jenis dan kualitas material menentukan besar tidaknya budget pembangunan. Umumnya, travertin lebih mahal daripada marmer dan granit. Rumah dengan banyak bukaan kaca berukuran besar juga jelas punya biaya pembangunan yang lebih mahal dibandingkan dengan rumah yang minim bukaan.

3. Berdasarkan tingkat/lantai bangunan

lantai bangunan

lantai bangunan

Jumlah tingkat atau lantai bangunan juga mempengaruhi budget pembangunan. Dengan besaran atau luas bangunan yang sama, rumah dengan 3 lantai tentu biaya pembangunannya lebih mahal daripada rumah 1 lantai atau rumah tanpa tingkatan.

4. Berdasarkan pilihan alat transportasi vertikal

Selain tingkat/jumlah lantai bangunan, alat transportasi vertikal yang digunakan pada bangunan juga mempengaruhi besarnya biaya pembangunan yang harus dikeluarkan. Dengan luasan dan tingkat bangunan yang sama, rumah yang memiliki lift jelas membuat pemiliknya mengeluarkan kocek yang lebih banyak dibanding rumah yang difasilitasi tangga saja. Jikalau sama-sama menggunakan tangga, biaya pembangunannya juga bisa berbeda tergantung bentuk, desain dan finishing tangga.

5. Berdasarkan kelengkapan fasilitas pada bangunan

fasilitas bangunan

fasilitas bangunan

Murah mahalnya biaya pembangunan juga tergantung pada kelengkapan fasilitas yang ada. Rumah dengan kolam renang dan rooftop membutuhkan budget yang lebih banyak daripada rumah tanpa kolam renang. Tak hanya itu, rumah dengan kolam renang berukuran besar juga tentu mengeluarkan biaya yang berbeda dengan rumah yang memiliki kolam air mancur atau kolam ikan.

6. Berdasarkan kerumitan struktur dan konstruksi

Makin rumit struktur dan konstruksi bangunan, maka makin besar pula biaya yang perlu dikeluarkan. Rumah tinggal dengan basement, mezzanine hingga split level tentu biaya pembangunannya jauh lebih mahal daripada rumah yang biasa-biasa saja.

Penyebabnya, rumah dengan basement, mezzanine dan split level punya tingkat kerumitan struktur dan konstruksi yang lebih tinggi dimana jenis dan cara pemasangan pondasi, dinding dan lantainya pun berbeda. Bangunan yang dalam pembuatannya menghabiskan banyak material jelas lebih mahal.

7. Berdasarkan besaran bangunan

besaran bangunan

besaran bangunan

Satu hal yang pasti, besaran atau luasan total bangunan jelas berpengaruh pada biaya pembangunan. Bangunan dengan luas diatas 1000 m2 tentu biaya pembangunannya jauh lebih mahal dibanding bangunan seluas 600 m2. Tak hanya biaya pembangunannya saja, biaya desainnya juga pasti berbeda.

8. Berdasarkan ketersediaan material

Selain faktor internal seperti yang telah dijelaskan di atas, faktor eksternal seperti ketersediaan material atau jauh dekatnya letak toko bahan bangunan juga mempengaruhi biaya pembangunan. Pasalnya, biaya pembangunan akan melonjak naik apabila material sulit dicari atau letak toko bahan bangunannya cukup jauh dari lahan sehingga ujung-ujungnya Anda perlu merogoh kocek lebih dalam hanya untuk membayar biaya jasa angkut material.

9. Berdasarkan akses transportasi menuju lahan

Akses transportasi ke lahan juga mempengaruhi biaya pembangunan. Bila jalan menuju lahan sulit diakses oleh truk yang mengangkut material, maka biaya mobilisasi bahan jelas jadi lebih mahal karena Anda mungkin akan mengeluarkan biaya tambahan untuk membayar jasa angkut material dengan tenaga manusia dan semacamnya.

10. Berdasarkan fasilitas pendukung

Fasilitas pendukung disekitar lahan yang kurang memadai seperti minimnya akses listrik, air tanah dan sebagainya secara tidak langsung juga akan membebani biaya pembangunan karena Anda jadi perlu menyewa mesin diesel, membeli air bersih dan sebagainya sepanjang masa pembangunan.

11. Berdasarkan kondisi tanah

Kondisi dan jenis tanah pada lahan juga mempengaruhi biaya pembangunan yang perlu dikeluarkan. Jika pada lahan kedalaman tanah kerasnya lebih dari 1,5 meter maka pondasi bore pile atau tiang pancang-lah yang mungkin digunakan, dimana proses pemasangan pondasi bore pile ini akan memakan biaya yang lebih besar ketimbang pondasi batu kali.

Tak hanya itu, jika kondisi tanahnya miring (lereng curam), sistem cut and fill perlu dilakukan untuk mendapat tanah datar, dimana biaya pembangunan akan membengkak akibat menyewa alat berat.

12. Berdasarkan wilayah atau daerah

Sama halnya dengan poin nomor 8, 9 dan 10, pembangunan di wilayah tertentu seperti Kalimantan, Maluku, Papua, dan daerah terpencil seperti di pedalaman hutan atau di pegunungan jelas akan memakan biaya yang lebih mahal karena biaya distribusi material pembangunan, akses menuju lahan, dan sebagainya dibandingkan dengan pembangunan yang dilakukan di kota besar dengan sarana prasarana yang memadai.

Demikian gambaran awal terkait budgeting pembangunan serta factor-faktor yang mempengaruhi besar kecilnya budget pembangunan dalam desain rumah tinggal yang perlu Anda ketahui. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi besar kecilnya biaya pembangunan.

Karenanya bila Anda ingin membangun rumah dengan budget yang relatif hemat, maka perhitungkan semua aspek dan rencanakan sebaik mungkin. Namun, bila Anda ingin fokus membangun rumah tinggal berkualitas yang estetik, eksklusif dan bisa dijual lagi dengan harga tinggi, maka desain rumahnya tentu harus baik, dimana biaya pembangunan akan jadi lebih besar.

Kembali lagi kepada Anda, apakah Anda tipe yang mengutamakan biaya murah ataukah Anda pribadi berselera tinggi yang mementingkan kualitas agar rumah bisa dijual dengan harga tinggi? Bila Anda bingung dalam memperkirakan biaya pembangunan, hubungi saja konsultan arsitek professional seperti Emporio Architect. Nantinya, Emporio Architect akan membuatkan konsep beserta rancangan anggaran biaya pembangunanya sehingga Anda pun mendapat gambaran yang lebih jelas. Kini, saatnya Anda merencanakan desain rumah idaman dan menghubungi Arsitek Profesional, yaitu Emporio Architect.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi.

Apabila Anda ada pertanyaan silahkan konsultasikan dengan kami.

BACA JUGA:
21 Januari 2022  
25 Januari 2022  
desain rumah MINIMALIS
desain rumah CLASSIC
desain rumah MODERN
desain rumah MEDITERAN
blog POPULER
26 September 2022  
kegiatan TERBARU
desain PILIHAN
DESAIN INTERIOR:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI
Syahrul Dwi Andrian, Amd
Andrian
Dwi Pratiwi, S.Ars
Tiwi
I Gusti Agung Ayu Chandra Devi, S.Ars
Devi
Ida Ayu Wisma Anggaritha Pathni, S.Kom., MTA
Dayu
QR Code WA Jabodetabek:
QR Code WA Luar Jabodetabek:
Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta

Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

PERUM Piakan Indah Mesari No. 18A, Jalan Piakan I, Batubulan, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582
Jasa Arsitek Bali

Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Lt. 01 Greko Creative Hub, Jl.Ahmad Yani No.136, Malabar, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40262
Jasa Arsitek Bandung

Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Jl. E1 No.08, Kledokan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Jasa Arsitek Yogyakarta

Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor Surabaya

Regus Pakuwon Center Lantai 23, Jl. Embong Malang 1-5, Surabaya, Jawa Timur, 60261
Jasa Arsitek Surabaya

Google Map Emporio Architect Surabaya

Layanan Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, dan Bali, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek: +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek: +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama: +6282145535172
Kritik, Saran dan Pengaduan: +6282146847758
Lowongan Pekerjaan: +6281236811006

Konsultasi: infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran & Kerja Sama: partnershipCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Lowongan Pekerjaan: hrdCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

Ikuti Kami
           
  Konsultasi & Order
Melayani se-Indonesia, Bisa 100% Online
Mohon sabar antre, Hubungi CS Kami:
Syahrul Dwi Andrian, Amd
Andrian
Dwi Pratiwi, S.Ars
Tiwi
I Gusti Agung Ayu Chandra Devi, S.Ars
Devi
Ida Ayu Wisma Anggaritha Pathni, S.Kom., MTA
Dayu

    WA Jabodetabek    

    WA Luar Jabodetabek    

    Pesan Jasa Arsitek Sekarang    

QR Code WA
Jabodetabek:
QR Code WA
Luar Jabodetabek:
  Membagikan

      Bagikan ke Whatsapp    

      Bagikan ke Facebook    

      Bagikan ke Twitter    

      Bagikan ke Linkedin    

      Bagikan ke Telegram    

  Ikuti Kami
  Video & 360 VR