Jabodetabek : +6282146645837
  Luar Jabodetabek : +6282219788877

Cara Agar Rumah Minimalis Bisa Menjadi Luas

Cara Agar Rumah Minimalis Bisa Menjadi Luas

  23 Juni 2022
Ditulis oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  

Desain rumah minimalis yang kecil tentunya membuat rumah ini menjadi lebih mudah sempit jika menggunakan furniture, hal ini tentunya menjadi permasalahan sendiri sebab jika rumah sempit maka akan mengurangi kenyamanan. Oleh sebab itu terdapat beberapa cara agar rumah minimalis Anda menjadi luas, hal ini bertujuan agar Anda nyaman ketika tinggal nanti. Mengingat kenyamanan merupakan hal yang diutamakan ketika tinggal nanti.

  1. Menggunakan warna cerah

Ada baiknya jika Anda menggunakan warna cerah untuk setiap ruangan di dalam rumah, sebab warna cerah tidak hanya membuat suasana ruangan menjadi hidup dan segar namun juga membuat ruangan menjadi lebih luas. Hal ini juga sudah diakui oleh para ahli dimana ruangan yang berwarna cerah atau yang didominasi dengan warna putih akan terlihat luas karena memantulkan cahaya sehingga akan membuat Anda nyaman, sebab terdapat alasan mengapa Anda harus menghindari warna gelap. Sebab walaupun warna gelap juga akan terlihat lebih nyaman namun akan membuat ruangan menjadi semakin kecil karena cahaya yang masuk akan diserap sehingga akan membuat ruangan terlihat semakin kecil dan suram. Apalagi saat ini sudah banyak pilihan warna untuk ruangan sehingga ada baiknya menghindari warna gelap.

Cara Agar Rumah Minimalis Bisa Menjadi Luas

  1. Menghindari meletakkan furniture dempet di dinding

Umumnya jika seseorang menempatkan furniture di sebuah ruangan pastinya akan didempetkan di dinding, hal ini bertujuan agar furniture tidak akan memakan banyak ruangan sehingga akan terlihat sempit. Akan tetapi hal ini tidak sepenuhnya benar sebab ada baiknya jika Anda memberikan ruangan sedikit di antara furniture dan dinding. Hal ini bertujuan ketika cahaya masuk ke dalam ruangan maka akan menimbulkan bayangan yang memberikan ilusi bahwa ruangan menjadi lebih luas walaupun sebenarnya ruangan tersebut tidaklah terlalu besar.

  1. Menggunakan furniture fungsional

Karena ukuran ruangan kecil tentunya tidak semua furniture dapat ditempatkan di ruangan, sebab apabila dipaksakan akan membuat ruangan menjadi sempit. Oleh sebab itu karena terbatasnya menggunakan furniture maka ada baiknya jika menggunakan furniture yang memiliki banyak fungsi sehingga ruangan tidak akan penuh dengan furniture. Contohnya jika Anda membeli tempat tidur maka ada baiknya jika Anda memilih tempat tidur yang ada laci penyimpanannya di bagian bawah maupun depannya, hal ini tentunya akan membantu Anda tidak menggunakan meja kecil untuk menempatkan barang Anda. Dengan cara ini pastinya furniture yang digunakan juga lebih terbatas, serta gunakan furniture yang difungsikan dan hindari furniture yang digunakan untuk sekedar hiasan saja karena akan membuat penuh ruangan saja.

Cara Agar Rumah Minimalis Bisa Menjadi Luas

  1. Menggantung alat elektronik di dinding

Apabila Anda ingin ruang keluarga tidak sempit maka ada baiknya untuk menggantung barang elektronik seperti TV di dinding, sebab hal ini bertujuan untuk mengurangi menggunakan furniture seperti meja untuk meletakkan TV sehingga ruangan tidak akan menjadi sempit. Pastinya sesuaikan juga dengan TV sebab hanya TV yang berlayar datar bisa digantung di dinding, tentunya hal ini juga tidak kalah aman. Tidak hanya TV saja namun konsol game bahkan pemutar DVD bisa Anda digantungkan di dinding juga bahkan terdapat beberapa furniture yang bisa digantung di dinding yang bisa dijadikan alas untuk meletakkan barang elektronik tersebut sehingga akan terhindar dari menggunakan meja. Oleh sebab itu jangan lupa untuk menggunakan cara ini dalam desain rumah minimalis agar terlihat lebih luas.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi.
BACA JUGA:
21 Januari 2022  
25 Januari 2022  
DESAIN RUMAH TERBAIK:
DESAIN INTERIOR:
         
KONSULTASI DENGAN CS KAMI
Syahrul Dwi Andrian, Amd
Andrian
Dwi Pratiwi, S.Ars
Tiwi
I Gusti Agung Ayu Chandra Devi, S.Ars
Devi
Ida Ayu Wisma Anggaritha Pathni, S.Kom., MTA
Dayu
Aarles Sumarten, S.S.
Aarles

Telp. Jabodetabek:
+6282146645837

Telp. Luar Jabodetabek:
+6282219788877

QR Code WA Jabodetabek:
QR Code WA Luar Jabodetabek:
Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940

Google Map Emporio Architect Jakarta

Kantor Bali

PERUM Piakan Indah Mesari No. 18A, Jalan Piakan I, Batubulan, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582

Google Map Emporio Architect Bali

Kantor Bandung

Menara Asia Afrika Lantai 9 Regus Office No. 918, Jalan Asia Afrika No. 133-137, Bandung 40112

Google Map Emporio Architect Bandung

Kantor Yogyakarta

Jl. Sagan Kidul No.14, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

Google Map Emporio Architect Jogja

Kantor Surabaya

Pakuwon Center Lantai 23, Jl. Embong Malang 1-5, Surabaya, Jawa Timur 60261

Google Map Emporio Architect Surabaya

Kantor Semarang

Gedung Menara Suara Merdeka Lt. 11, Jalan Pandanaran No. 30, Pekunden, Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah 50241

Google Map Emporio Architect Semarang

Kantor Balikpapan

Panin Tower Floor 8th, Jl. Jendral Sudirman No.7, Balikpapan, Kalimantan Timur 76113

Google Map Emporio Architect Balikpapan

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek: +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek: +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama: +6281353353909
Kritik, Saran dan Pengaduan: +6282146847758
HR & Lowongan Pekerjaan: +6281236313868

Konsultasi: infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran & Kerja Sama: partnershipCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Lowongan Pekerjaan: hrdCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

Ikuti Kami