Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

Tips Merawat Lantai dan Dinding Marmer

Tips Merawat Lantai dan Dinding Marmer
  03 April 2021
Ditulis oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Rumah mewah umumnya menggunakan marmer pada lantai dan dindingnya. Dikenal sebagai material batu alam berkualitas premium, marmer seringkali digunakan pada lantai dan dinding properti mewah seperti rumah mewah, resort, villa hingga hotel. Berharga mahal dengan tampilan berkelas, lantai dan dinding marmer tentu juga perlu dirawat dengan baik agar selalu kinclong dan memesona. Karenanya bagi Anda yang memakai marmer sebagai penutup lantai dan dinding rumah, Emporio Architect akan membagi tips merawat lantai dan dinding marmer di rumah agar tampilannya senantiasa seperti baru.

Berbeda dari keramik, terdapat cara khusus dalam merawat lantai dan dinding marmer. Berikut cara mengepel, mencegah kerusakan dan merawat lantai dan dinding marmer agar selalu kinclong.

marmer

  1. Agar lantai dan dinding marmer senantiasa kinclong, pel mermer secara berkala menggunakan air suling yang dipanaskan dan dicampur dengan detergen khusus marmer ber-pH netral. Lalu pel lantai dan lap dinding marmer dengan kain microfiber berisi perasan campuran air tadi.
  1. Setelahnya, pel dan lap kembali lantai dan dinding marmer menggunakan air dingin yang bersih untuk menghilangkan sisa air suling dan detergen pada permukaan marmer. Sering-seringlah mengganti air yang kotor dengan air yang bersih dan baru agar tak ada pola garis pada marmer.
  1. Jika semua area sudah di pel dan di lap dengan baik, ambil handuk kering yang lembut untuk mengeringkan lantai dan dinding marmer. Jangan biarkan lantai dan dinding marmer mengering dengan sendiri karena dalam jangka panjang hal ini bisa mengubah warna dan tekstur marmer.
  2. Agar lantai dan dinding marmer selalu tampil prima, segera pel, lap dan bersihkan permukaan marmer jika ada makanan atau minuman yang tumpah. Jangan dibiarkan terlalu lama agar sisa tumpahan tidak membekas dan meninggalkan noda warna pada lantai dan dinding marmer.
  1. Untuk membersihkan marmer, pakai larutan ber-pH netral atau larutan yang tidak mengandung asam. Jauhi bahan pembersih seperti cuka atau pembersih berbahan jeruk. Lindungi permukaan marmer dengan sealant/sealer secara berkala untuk mencegah noda agar tidak menempel. Cari produk sealant/sealer (penyegel) khusus marmer dan aplikasikan tiap beberapa bulan sekali.
  1. Jika ada lecet pada permukaan marmer, gunakan felt pad untuk menghilangkan jejaknya. Anda bisa mencelup bantalan kain flannel (felt pad) pada campuran air suling hangat dan detergen kemudian digosok pada marmer dengan lembut mengikuti arah pola serat marmer. Jangan menggosok dengan gerakan melingkar jika tak ingin merusak lantai dan dinding marmer Anda.
  1. Untuk perawatan lantai dan dinding marmer agar terbebas dari debu dan retakan, bersihkan lantai marmer memakai sapu dengan bulu yang lembut. Banda boleh mengggunakan vacuum cleaner namun berhati-hatilah agar permukaan marmer tidak tergores atau terpukul olehnya.
  1. Agar permukaan marmer lebih aman dari goresan, hadirkan permadani, karpet atau keset pada lantai agar permukaan marmer tidak bersentuhan langsung dengan benda-benda yang keras. Beri bantalan atau pelindung karet pada tiap kaki perabot agar tidak menggores marmer.

marmer

Demikian tips merawat lantai dan dinding marmer versi Emporio Architect. Jika Anda menggunakan material marmer pada lantai, dinding atau kitchen set di ruma Anda, ingatlah selalu untuk merawat dan menjaga marmer dengan mengikuti cara di atas. Baca juga artikel lainnya dari Emporio Architect untuk mendapat informasi mengenai desain dan konsep hingga tips dan trik seputar arsitektur. Bila Anda memerlukan jasa desain rumah, segera hubungi Emporio Architect – konsultan jasa arsitek terbaik dan terpercaya di Indonesia dengan 15 tahun pengalaman dan ribuan desain rumah eksklusif.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Selain rutin membuat tulisan untuk blog Emporio Architect dan Emporio Interior tempatnya bekerja kini, Fairus juga beraktivitas sebagai content creator, content writer, arsitek dan interior desainer secara freelance. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi. Temui Fairus di akun Instagramnya: @fairusrizn
BACA JUGA:
Tips Merawat Lantai dan Dinding Kayu
Tips Merawat Lantai dan Dinding Kayu
  06 April 2021
Tips Merawat Batu Alam Outdoor
Tips Merawat Batu Alam Outdoor
  01 April 2021
Mengapa Anda Memilih Emporio Architect?
Mengapa Anda Memilih Emporio Architect?
  03 Mei 2014
DESAIN INTERIOR:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta
Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali
Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl. Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung
Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Antologi Collaboractive Space Tawangsari CT II, Gg. Gayamsari II No.9C, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta
Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India
Google Map Emporio Architect India

Ikuti Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6288809690854
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

           
Chat Konsultasi

  Chat Jabodetabek  

  Chat Luar Jabodetabek