Jabodetabek : +6282146645837
  Luar Jabodetabek : +6282219788877

Tips Merawat Lantai dan Dinding Marmer

Tips Merawat Lantai dan Dinding Marmer
Dipublikasikan 20 Januari 2022    Edukasi, Tips, dan Trik
Ditulis oleh: Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  

Bagi Anda yang ingin punya rumah mewah, cobalah gunakan marmer pada lantai dan dindingnya. Ya, rumah mewah umumnya menggunakan marmer pada lantai dan dindingnya. Dikenal sebagai material batu alam berkualitas premium, marmer sering digunakan sebagai finishing lantai dan dinding properti mewah seperti rumah mewah, resort, villa hingga hotel. Berharga mahal dengan tampilan yang berkelas, lantai dan dinding marmer tentu perlu dirawat agar selalu kinclong dan mempesona. Karenanya bagi Anda yang memakai marmer sebagai penutup lantai dan dinding rumah, berikut tips merawat lantai dan dinding marmer ala Emporio Architect agar tampilannya selalu gres.

Berbeda dari keramik, terdapat cara khusus dalam merawat lantai dan dinding marmer. Berikut cara mengepel, mencegah kerusakan dan merawat lantai dan dinding marmer agar selalu kinclong.

marmer

  1. Agar lantai dan dinding marmer senantiasa kinclong, pel marmer secara berkala menggunakan air suling yang dipanaskan dan dicampur dengan detergen khusus marmer ber-pH netral. Lalu pel lantai dan lap dinding marmer dengan kain microfiber berisi perasan campuran air tadi.
  2. Setelahnya, pel dan lap kembali lantai dan dinding marmer menggunakan air dingin yang bersih untuk menghilangkan sisa air suling dan detergen pada permukaan marmer. Sering-seringlah mengganti air yang kotor dengan air baru yang bersih agar tak ada pola garis pada marmer.
  3. Jika semua area sudah di pel dan di lap dengan baik, ambil handuk kering yang lembut untuk mengeringkan lantai dan dinding marmer. Jangan biarkan lantai dan dinding marmer mengering dengan sendirinya karena dalam jangka panjang hal ini bisa mengubah warna dan tekstur marmer.
  4. Agar lantai dan dinding marmer selalu tampil gres, segera pel, lap dan bersihkan permukaan marmer jika ada makanan atau minuman yang tumpah. Jangan dibiarkan terlalu lama agar sisa tumpahan tidak membekas dan meninggalkan noda warna pada lantai dan dinding marmer.
  5. Untuk membersihkan marmer, pakai larutan ber-pH netral yang tidak mengandung asam. Jauhi bahan pembersih seperti cuka atau pembersih berbahan dasar jeruk. Lindungi permukaan marmer dengan sealant/sealer secara berkala untuk mencegah noda agar tidak menempel. Cari produk sealant/sealer (penyegel) khusus marmer dan aplikasikan setiap beberapa bulan sekali.
  6. Jika ada lecet pada permukaan marmer, gunakan felt pad untuk menghilangkan jejaknya. Anda bisa mencelup bantalan kain flannel (felt pad) pada campuran air suling hangat dan detergen kemudian digosok pada marmer dengan lembut mengikuti arah pola serat marmer. Jangan menggosok dengan gerakan melingkar jika tak ingin merusak serat lantai dan dinding marmer di rumah Anda.
  7. Untuk perawatan lantai dan dinding marmer agar terbebas dari debu dan retakan, bersihkan lantai marmer memakai sapu dengan bulu yang lembut. Anda boleh mengggunakan vacuum cleaner namun berhati-hatilah agar permukaan marmer tidak tergores atau terpukul.
  8. Agar permukaan marmer aman dari goresan, gunakan permadani, karpet atau keset pada lantai agar permukaan marmer tidak bersentuhan langsung dengan benda-benda yang keras. Beri bantalan atau pelindung karet pada tiap kaki perabot agar tidak menggores permukaan marmer.
  9. Untuk mempertahankan kilau di permukaan marmer, Anda bisa memoles marmer dalam beberapa bulan sekali. Gunakan jasa ahli untuk melakukannya agar hasil polesan marmer lebih maksimal.

marmer

Demikian tips merawat lantai dan dinding marmer versi Emporio Architect. Jika Anda menggunakan material marmer pada lantai, dinding atau kitchen set di rumah Anda, ingatlah untuk merawat dan menjaga tampilan marmer dengan mengikuti cara di atas. Baca juga artikel lain dari Emporio Architect untuk mendapat informasi mengenai desain hingga tips seputar arsitektur. Bila Anda memerlukan jasa desain rumah profesional, hubungi saja konsultan arsitek Emporio Architect.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi.

Apabila Anda ada pertanyaan silahkan konsultasikan dengan kami.

BACA JUGA:
desain rumah MINIMALIS
desain rumah CLASSIC
desain rumah MODERN
desain rumah MEDITERAN
blog POPULER
DESAIN INTERIOR:
         
KONSULTASI DENGAN CS KAMI
Syahrul Dwi Andrian, Amd
Andrian
Dwi Pratiwi, S.Ars
Tiwi
I Gusti Agung Ayu Chandra Devi, S.Ars
Devi
Aarles Sumarten, S.S.
Arles

Telp. Jabodetabek:
+6282146645837

Telp. Luar Jabodetabek:
+6282219788877

QR Code WA Jabodetabek:
QR Code WA Luar Jabodetabek:
Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940

Google Map Emporio Architect Jakarta

Kantor Bali

PERUM Piakan Indah Mesari No. 18A, Jalan Piakan I, Batubulan, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582

Google Map Emporio Architect Bali

Kantor Bandung

Menara Asia Afrika Lantai 9 Regus Office No. 918, Jalan Asia Afrika No. 133-137, Bandung 40112

Google Map Emporio Architect Bandung

Kantor Yogyakarta

Jl. Sagan Kidul No.14, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

Google Map Emporio Architect Jogja

Kantor Surabaya

Pakuwon Center Lantai 23, Jl. Embong Malang 1-5, Surabaya, Jawa Timur 60261

Google Map Emporio Architect Surabaya

Kantor Semarang

Gedung Menara Suara Merdeka Lt. 11, Jalan Pandanaran No. 30, Pekunden, Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah 50241

Google Map Emporio Architect Semarang

Kantor Balikpapan

Panin Tower Floor 8th, Jl. Jendral Sudirman No.7, Balikpapan, Kalimantan Timur 76113

Google Map Emporio Architect Balikpapan

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek: +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek: +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama: +6281353353909
Kritik, Saran dan Pengaduan: +6282146847758
HR & Lowongan Pekerjaan: +6281236313868

Konsultasi: infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran & Kerja Sama: partnershipCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Lowongan Pekerjaan: hrdCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

Ikuti Kami