Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

Desain Rumah Ala Skandinavia

Desain Rumah Ala Skandinavia

  06 November 2018
Ditulis oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Mungkin belum banyak orang yang menerapkan desain rumah Skandinavia di Indonesia. Style rumah Skandinavia terinspirasi dari negara Eropa Timur, seperti Norwegia, Swedia, Denmark, Filandia dan Islandia. Gaya ini lebih menekankan pada keindahan, kesederhanaan, bersih, fungsional dan bisa diakses oleh semua kalangan.

Bahkan, style ini bisa digunakan untuk desain rumah minimalis. Intinya, gaya Skandinavia lebih mengunggulkan fungsionalitas tanpa menghilangkan unsur keindahan dan keanggunan rumah tersebut. Ada beberapa ciri khusus akan gaya Skandinavia, seperti berikut ini.

Penggunaan kayu

Material kayu adalah material utama dalam membangun rumah ala Skandinavia ini. Bukan hanya bangunannya saja, furnitur di dalamnya juga lebih didominasi oleh material kayu. Kebanyakan desain rumah Skandinavia menggunakan kayu pada dinding dan atap rumah. Penggunaan kayu akan memberikan suasana, alami, hangat dan homey.

Bahkan, kayu yang digunakan tidak melakukan finishing dan dibiarkan secara alami. Kebanyakan kayu yang digunakan oleh Skandinavian akan dipadukan dengan warna monokrom, lembut serta tidak mencolok.

Bahkan, Skandinavia menggunakan material kayu pada lantainya. Hal ini didasarkan karena Iklim di negara asalnya yang memiliki dingin sepanjang tahun. Sedangkan kayu mampu memberikan rasa hangat pada penghuninya.

Desain Rumah Ala Skandinavia 1

Jendela besar untuk pencahayaan

Desain rumah Skandinavia selalu menggunakan jendela besar. Pasalnya, negara asalnya style Skandinavia cukup sedikit mendapatkan sinar matahari di musim dingin. Bahkan, jendela besar yang diaplikasikan dari lantai hingga atap rumah. Hal ini dilakukan agar sinar matahari bisa masuk dengan maksimal. Penggunaan jendela besar juga memungkinkan Anda menghemat energi. Selain itu, kesan bersih, mewah dan megah bisa ditampilkan dari penggunaan jendela besar.

Desain Rumah Ala Skandinavia 2

Menyatu dengan alam

Orang – orang Skandinavia sangat menyukai alam. Maka tidak heran, mereka juga menyukai kegiatan alam, seperti berenang, hiking, atau bersepeda. Bahkan, sebagian waktu mereka dihabiskan di luar rumah. Namun, saat musim dingin berlangsung mereka tidak bisa melakukan aktivitas seperti itu. Maka dari itu, desain rumah Skandinavialebih banyak memasukkan unsur alam di dalamnya. Salah satunya memberikan ornamen serat kayu.

Selain itu, penggunaan jendela besar juga merupakan cara terbaik untuk membuat alam menyatu dengan desain rumah. Di tambah lagi dengan penggunaan tirai tanpa dekoratif yang tipis sehingga cahaya bisa masuk lebih baik.

Menekankan pada fungsi

Desain rumah Skandinavia selalu menekankan pada fungsi. Maka tidak heran, desain Skandinavian lebih banyak diaplikasikan pada desain rumah minimalis. Di mana, rumah yang nyaman adalah rumah yang sejuk, terbuka dan membuat penghuninya bisa hidup dengan mudah. Kebanyakan rumah Skandinavia memang menekankan fungsi sebagai kenyamanan. Salah satunya, penataan furnitur agar penghuni bisa bergerak dengan bebas dan nyaman di dalam rumah.

Pengaplikasian warna netral

Penggunaan warna pada desain rumah Skandinavia adalah putih, biru, krem, dan abu – abu. Bahkan, saat ini penggunaan warna – warna netral nan cerah lebih banyak dipilih. Hal ini dilakukan agar ruangan terlihat lebih cerah, luas dan menghidupkan suasana. Bahkan warna ini merupakan treadmark tersendiri untuk rumah Skandinavia.

Ramah lingkungan

Desain rumah Skandinavia merupakan gaya arsitektur yang ramah akan alam sekitar. Pasalnya, negara asalnya memang lebih memperhatikan perubahan iklim yang sering terjadi. Terlebih lagi, negara Eropa Timur lebih banyak mengalami musim dingin. Maka dari itu, mereka sangat menghemat dalam menggunakan energi yang ada di dalam rumah. Bahkan desain rumah modern Skandinavia menggunakan green technology yang cukup terkemuka.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Selain rutin membuat tulisan untuk blog Emporio Architect dan Emporio Interior tempatnya bekerja kini, Fairus juga beraktivitas sebagai content creator, content writer, arsitek dan interior desainer secara freelance. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi. Temui Fairus di akun Instagramnya: @fairusrizn
Baca Juga:
DESAIN RUMAH TERBAIK:
DESAIN INTERIOR:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta
Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali
Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl. Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung
Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Antologi Collaboractive Space Tawangsari CT II, Gg. Gayamsari II No.9C, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta
Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India
Google Map Emporio Architect India

Ikuti Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6288809690854
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

           
Chat Konsultasi

  Chat Jabodetabek  

  Chat Luar Jabodetabek