Jabodetabek : +6282146645837
  Luar Jabodetabek : +6282219788877

Tips Mengurangi Suhu Ruang pada Bangunan

Tips Mengurangi Suhu Ruang pada Bangunan
23 Januari 2022    Edukasi, Tips, dan Trik
Ditulis oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Apakah rumah Anda terasa gerah sehingga harus selalu menyalakan kipas angin atau AC? Jika ya, berarti ada yang salah dengan desain rumah Anda. Pasalnya, rumah yang didesain dengan baik oleh arsitek profesional seharusnya terasa nyaman, sejuk dan estetik karena segalanya sudah direncanakan dengan baik. Oleh sebab itu bila Anda berencana membeli, merenovasi atau membangun rumah, perhatikan beberapa hal agar rumah terasa lebih adem. Karenanya Emporio Architect hendak berbagi tips untuk mengurangi suhu ruang pada bangunan secara alami agar ekonomis dan ramah lingkungan.

Sering terkejut melihat tagihan listrik karena rutin memakai pendingin ruangan? Padahal, Anda bisa menghemat banyak uang bila sejak awal sirkulasi dan desain rumah dirancang dengan baik agar lebih sejuk. Alhasil, selain lebih nyaman, rumah Anda juga jadi lebih ramah lingkungan dan hemat energi. Untuk itu bila Anda ingin rumah senantiasa sejuk, nyaman, ekonomis dan ramah lingkungan, ikuti tips mengurangi suhu ruang pada bangunan ala Emporio Architect.

Mengurangi Suhu Ruang

1. Perbanyak bukaan

Agar rumah lebih sejuk, perbanyak bukaan dan ventilasi di rumah Anda. Rancang dan di tempatkan bukaan sesuai dengan sistem cross-ventilation. Dengan sistem cross-ventilation, sirkulasi udara di rumah bisa ‘mengalir’ keluar-masuk rumah dengan lebih baik sehingga rumah jadi lebih sehat. Disarankan untuk meletakkan bukaan dan ventilasi di sisi utara dan selatan rumah Anda. Dengan arah bukaan dan ventilasi yang saling berhadapan seperti ini, udara bisa bergerak lebih lancar dan bagian dalam rumah jadi tidak terpapar panas matahari di pagi dan sore hari. Alhasil, suhu ruangan dalam bangunan bisa lebih rendah dan rumah jadi lebih adem, sejuk dan nyaman.

2. Hadirkan void

Agar rumah tetap sejuk, cobalah menghadirkan void. Tak hanya membuat rumah terasa lebih lega dan mewah, adanya void mampu memperlancar sirkulasi dan mendistribusikan udara dari lantai bawah ke lantai atas sehingga tersebar merata serta membuat suhu ruangan jadi lebih rendah.

3. Tinggikan plafon/langit-langit

Punya konsep yang serupa dengan void, meninggikan plafon bisa mengurangi suhu ruangan pada bangunan. Jika rumah Anda tak bertingkat, Anda bisa meninggikan plafon agar suhu ruangan lebih rendah. Itulah mengapa gereja, basilica, masjid dan bangunan di abad ke-17 hingga abad-19 terasa sejuk walau tak ada pendingin ruangan. Semua itu berkat langit-langitnya yang tinggi menjulang.

4. Penebalan dinding

Tahukah Anda, ketebalan dinding mempengaruhi suhu ruangan pada bangunan. Dinding yang tebal mampu memperpanjang lama waktu transfer panas dari bagian luar bangunan dan melindungi suhu serta temperatur di bagian dalam bangunan. Dengan begitu, ruangan jadi terasa lebih adem.

5. Material bangunan

Material bangunan yang dipakai juga mempengaruhi suhu ruangan, misal dinding batu/tanah bisa membuat ruangan terasa lebih adem dibanding dinding dengan material lainnya. Tak hanya itu, atap berbahan batu/tanah juga membuat suhu ruangan lebih dingin dibanding rumah dengan atap seng. Karenanya, pakai bahan bangunan yang mampu menyimpan panas dengan baik seperti batu, tanah, keramik dan lainnya. Dengan begitu bagian dalam rumah akan terasa lebih dingin.

6. Tambahkan elemen air

Berbeda dari kebocoran atau kebanjiran, keberadaan elemen air seperti kolam ikan maupun kolam renang nyatanya bisa membuat rumah terasa lebih sejuk. Keberadaan elemen air bisa menurunkan suhu ruang sekaligus menciptakan nuansa liburan pada hunian dan menaikkan harga properti. Karenanya tambahkan elemen air berupa kolam demi menciptakan rumah yang sejuk dan nyaman.

7. Perbanyak tanaman hijau

Cara mudah untuk membuat rumah lebih asri dan sejuk adalah dengan memperbanyak tanaman hijau di dalam dan di luar ruangan. Jika Anda punya cukup budget, coba ciptakan taman indoor di ruang tengah. Sertakan juga vertical garden dengan menginstall tanaman pada dinding sebagai aksen. Namun bila budget Anda terbatas, cukup letakkan beberapa tanaman hijau di dalam rumah. Ingat, gunakan tanaman asli! Tak hanya itu, hijaukan juga taman, teras atau balkon di rumah Anda.\

8. Ada Secondary Skin

Menambahkan secondary skin juga bisa membuat ruangan jadi lebih sejuk. Tak hanya secondary skin, adanya kerai dan tirai tebal juga dapat menurunkan suhu ruangan dan menghalau silau. Meski begitu, keberadaan secondary skin, kerai hingga tirai baru akan terasa lebih efektif dan optimal dalam menurunkan suhu ruangan bila Anda mengaplikasikan beberapa cara di atas terlebih dahulu.

Mengurangi Suhu Ruang

Demikian tips mengurangi suhu ruang pada bangunan yang hemat energi ala Emporio Architect. Ada banyak cara lainnya untuk mengurangi suhu ruang pada bangunan, seperti tinggal di ruang bawah tanah atau ‘menimbun’ atap dengan tanah berisi rerumputan seperti di Norwegia. Namun begitu, ke-7 tips di atas-lah yang dapat diterapkan di Indonesia pada era sekarang. Bila Anda ingin punya rumah yang sejuk, asri dan nyaman, ikuti tips di atas dan gunakan jasa desain arsitek yang berpengalaman seperti Emporio Architect. Bersama Emporio Architect, miliki rumah bernuansa villa di tengah kota.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi.
BACA JUGA:
21 Januari 2022  
25 Januari 2022  
blog POPULER
kegiatan TERBARU
desain PILIHAN
DESAIN INTERIOR:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

QR Code WA Jabodetabek:
QR Code WA Luar Jabodetabek:
Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta

Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

PERUM Piakan Indah Mesari No. 18A, Jalan Piakan I, Batubulan, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80238
Jasa Arsitek Bali

Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Lt. 01 Greko Creative Hub, Jl.Ahmad Yani No.136, Malabar, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40262
Jasa Arsitek Bandung

Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Jl. E1 No.08, Kledokan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Jasa Arsitek Yogyakarta

Google Map Emporio Architect Jogja

Layanan Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, dan Bali, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek: +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek: +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama: +6282145535172
Kritik, Saran dan Pengaduan: +6282146847758
Lowongan Pekerjaan: +6281236811006

Konsultasi: infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran & Kerja Sama: partnershipCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Lowongan Pekerjaan: hrdCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

Ikuti Kami
           
  Konsultasi & Order
Free Konsultasi & Online Meeting
Silahkan Booking Lebih Awal

    WA Jabodetabek    

    WA Luar Jabodetabek    

    Booking Sekarang    

QR Code WA
Jabodetabek:
QR Code WA
Luar Jabodetabek:
  Membagikan

      Bagikan ke Whatsapp    

      Bagikan ke Facebook    

      Bagikan ke Twitter    

      Bagikan ke Linkedin    

      Bagikan ke Telegram    

  Ikuti Kami
  Video & 360 VR