Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

Perawatan Rumah & Pencegahan Masalah: Tips Mengurangi Suhu Ruang pada Bangunan

Perawatan Rumah & Pencegahan Masalah: Tips Mengurangi Suhu Ruang pada Bangunan
  03 Mei 2021
Ditulis oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Sering merasa rumah Anda terasa panas sehingga harus selalu menyalakan kipas angin atau AC?  Jika ya, berarti ada yang salah dengan bangunan rumah Anda. Pasalnya, jika rumah Anda dibangun oleh arsitek professional seperti Emporio Architect pastilah segalanya sudah direncanakan dengan baik sehingga rumah tak hanya estetik dan fungsional, tapi juga terasa lebih sejuk sehingga lebih ekonomis dan hemat energi. Karenanya jika Anda hendak membeli, merenovasi atau membangun rumah, perhatikan beberapa hal agar suhu ruang pada bangunan lebih rendah dan rumah lebih adem. Untuk itu berikut ini Emporio Architect akan berbagi beberapa tips mengurangi suhu ruang pada bangunan.

Pernahkah Anda terkejut melihat tagihan listrik yang tinggi karena penggunaan pendingin ruangan? Padahal Anda bisa menghemat banyak sekali uang tiap tahunnya bila sejak awal rumah Anda sudah dirancang dengan baik agar suhu ruangannya lebih dingin dan sejuk. Tak hanya menghemat uang dalam jangka panjang dan membuat rumah lebih nyaman, Anda juga turut mencegah terjadinya pemanasan global atau global warming karena pemakaian pendingin ruangan bisa jauh berkurang. Untuk itu bila Anda ingin rumah senantiasa sejuk dan nyaman, lebih ekonomis dan ramah lingkungan, ikuti cara di bawah mengenai tips mengurangi suhu ruangan pada bangunan ala Emporio Architect.

Mengurangi Suhu Ruang

  1. Perbanyak bukaan

Agar rumah lebih sejuk dan adem, maka perbanyaklah bukaan dan ventilasi di rumah Anda. Tak sembarang banyak bukaan di sana-sini, ada baiknya bukaan dirancang dan di tempatkan agar sesuai dengan sistem cross-ventilation. Dengan adanya sistem cross-ventilation di rumah, maka sirkulasi udara bisa ‘mengalir’ keluar-masuk rumah dengan lebih baik sehingga rumah jadi lebih sehat. Disarankan untuk meletakkan bukaan dan ventilasi di bagian utara dan selatan rumah Anda. Dengan arah bukaan dan ventilasi yang saling berhadapan seperti ini, udara bisa bergerak lebih lancar dan bagian dalam rumah jadi tidak terpapar panas matahari di pagi dan sore hari. Alhasil, suhu ruangan dalam bangunan lebih rendah dan rumah jadi lebih adem dan nyaman.

  1. Hadirkan void

Cara lain untuk menjaga rumah tetap sejuk dan adem adalah dengan menghadirkan void. Tak hanya membuat rumah jadi terasa lebih lega, keberadaan void mampu memperlancar sirkulasi dan mendistribusikan udara ke seluruh rumah dengan lebih baik serta membuat suhu ruangan yang terletak di bawahnya jadi lebih rendah.

  1. Tinggikan plafon/langit-langit

Memiliki konsep yang serupa dengan kehadiran void, meninggikan plafon juga bisa mengurangi suhu ruangan pada bangunan. Jika rumah Anda tak bertingkat, Anda bisa meninggikan plafon agar suhu di area yang lebih rendah (yang berdekatan dengan lantai) jadi lebih dingin, adem dan sejuk. Itulah sebabnya gereja, basilica, masjid dan bangunan di abad ke 17 hingga 19 terasa sejuk walau tak menggunakan pendingin ruangan berkat langit-langitnya yang tinggi menjulang.

  1. Penebalan dinding

Tak banyak yang tahu, ketebalan dinding berpengaruh pada suhu ruangan di dalam bangunan. Dinding berukuran lebih tebal mampu memperpanjang lama waktu transfer panas dari luar bangunan dan melindungi suhu serta temperatur bagian dalamnya. Dengan demikian, bagian dalam bangunan pun jadi lebih sejuk dan adem.

  1. Material bangunan

Material bangunan yang dipakai juga bisa mengurangi suhu ruangan, seperti misal dinding batu atau dinding tanah bisa membuat ruangan lebih adem dibanding dinding dengan material lainnya. Tak hanya itu, atap berbahan batu atau tanah juga membuat rumah terasa lebih dingin dibandingkan rumah dengan atap seng. Karenanya Anda bisa menggunakan material bangunan yang mampu menyimpan panas dengan baik saat membangun rumah seperti batu, tanah dan lain sebagainya untuk membuat bagian dalam rumah terasa lebih dingin, sejuk dan nyaman.

  1. Tambahkan elemen air

Berbeda dari kebocoran atau kebanjiran, keberadaan air seperti kolam ikan maupun kolam renang di rumah mampu membuat rumah terasa lebih adem dan sejuk. Keberadaan air bisa menurunkan suhu ruang sekaligus menciptakan nuansa liburan dan menaikkan harga properti. Karenanya tambahkan elemen air demi menciptakan rumah yang adem, sejuk dan nyaman.

  1. Perbanyak tanaman hijau

Cara termudah untuk membuat rumah lebih asri dan sejuk adalah dengan memperbanyak tanaman hijau baik di dalam maupun luar ruangan. Jika punya cukup budget dengan ruangan yang luas, coba ciptakan taman indoor dengan pohon di tengah ruangan. Sertakan juga vertical garden dengan menginstall tanaman hijau pada dinding sebagai aksen. Bila budget dan ruangan terbatas, cukup letakkan beberapa tanaman hijau di dalam rumah, bisa dimasukkan di dalam pot, vas, maupun dijadikan tanaman gantung. Ingat, sebisa mungkin gunakan tanaman asli, ya! Satu lagi nih, hadirkan tanaman di dalam dan luar ruangan ya, jangan hanya salah satunya saja.

Mengurangi Suhu Ruang

Demikian beberapa tips mengurangi suhu ruang pada bangunan ala Emporio Architect yang bisa Anda aplikasikan di rumah Anda. Sebenarnya ada banyak sekali cara untuk mendinginkan atau mengurangi suhu ruang pada bangunan, seperti tinggal di ruang bawah tanah atau ‘menimbun’ atap dengan tanah berisi rumput dan bunga seperti di Norwegia. Namun begitu, ke-7 tips di atas-lah yang dirasa lebih sesuai untuk diterapkan pada era modern sekarang ini. Bila Anda ingin menciptakan rumah yang sejuk, asri, adem dan nyaman, ikuti tips di atas dan gunakan jasa desain arsitek yang berpengalaman seperti Emporio Architect. Bersama Emporio Architect, miliki rumah eksklusif bernuansa villa di tengah kota.

Baca Juga:
DESAIN INTERIOR:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta
Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali
Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl. Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung
Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Antologi Collaboractive Space Tawangsari CT II, Gg. Gayamsari II No.9C, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta
Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India
Google Map Emporio Architect India

Ikuti Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6288809690854
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

          Chat