Jabodetabek : +6282146645837
  Luar Jabodetabek : +6282219788877

Desain Kantor Kekinian yang Membuat Karyawan Betah Bekerja

Desain Kantor Kekinian yang Membuat Karyawan Betah Bekerja
Dipublikasikan 02 Agustus 2019    Desain dan Konsep
Ditulis oleh: Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  

Perkembangan suatu negara selalu disertai dengan perkembangan idustri, baik industri pariwisata, industri perkebunan, industri perdagangan dan lain sebagainya. Bahkan sesungguhnya perkembangan suatu negara terjadi karena majunya segala sector industri. Oleh karena semakin banyaknya industri yang tumbuh dan berkembang maka permintaan akan bangunan berupa kantor untuk para karyawan pun semakin banyak.

Untuk membangun sebuah kantor, diperlukan kemampuan desain yang mumpuni, hal itu terjadi karena ruangan-ruangan yang nantinya dibangun haruslah fungsional. Selain itu desain kantor yang keren tentunnya akan membuat karyawan akan semakin betah.

Seperti yang kita ketahui bahwa lingkungan kantor yang nyaman dan asri juga akan meningkatkan semangat kerja dan produktifitas serta kreativitas dari karyawannya. Untuk itulah perlu diperhatikan desain yang seperti apa yang paling disukai oleh para pegawai kantoran, khususnya pegawai-pegawai yang bekerja di kantor Anda. Berikut akan kami uraikan satu per satu desain eksterior dan interir kantor yang membuat karyawan betah kerja:

Parkiran Luas
Harus kita akui bahwa sekarang setiap orang yang pergi kerja pasti memiliki kendaraannya sendiri. Bahkan jika perusahaan Anda merupakan perusahaan yang berskala Nasional atau bahkan Internasional, dan mempekerjakan karyawan dengan gaji yang tinggi, maka sudah otomatis karyawan-karyawan Anda akan menggunakan mobil pribadi sebagai alat transportasinya. Dengan begitu keberadaan parkiran yang luas menjadi sangat penting. Jika memungkinkan Anda disarankan untuk membuat lahan parkiran tambahan di bawah tanah/basement. Parkiran ini juga harus dilengkapi dengan security sebagai pengaman agar sesuatu yang buruk tidak terjadi.

Parkiran luas kantor jasa arsitek

Taman
Taman selalu menjadi tempat bagi pengunjung memperoleh kesan pertama saat berkunjung ke kantor Anda, karena keberadaan taman itu sendiri cenderung berada di halaman depan rumah. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan taman bisa dibuatkan di tengah, atap, belakang, atau bahkan di samping kantor Anda. Kerberadaan taman ini tidak hanya akan membuat pengunjung terkagum-kagum, tetapi lebih daripada itu akan membuat karyawan yang bekerja di kantor Anda betah, karena keasrian lingkungan yang alami dan menyejukkan.
Tanaman yang paling cocok untuk di tanam di taman adalah: bungenvil, Furcraea gigantea striata, Drasena Drako, Cemara Udang/Cemara Lau, Cemara Kipas, dan lain sebagainya. Disarankan juga untuk menanam bambu kuning di dinding tembok pembatas.

Konsep Ruang Terbuka
Selain kedua hal di atas yang paling penting jika Anda membangun kantor adalah pastikan bahwa Anda sudah memperhitungkan seberapa luas ruangan yang dibutuhkan dan pastilan konsep tata ruangnya sudah pas. Jaman sekarang, lagi gencar-gencarnya orang membangun kantor dengan desain ruangan terbuka. Konsep ruangan terbuka ini akan membuat karyawan nyaman, sebab tidak ada sekat karena perbedaan jabatan. Namun meskipun begitu, tetap diperlukan beberapa ruangan khusus, misalnya ruangan untuk olah raga, ruangan hiburan, ruangan untuk training karyawan baru, dapur, dan ruangan untuk bersantai.

Konsep ruang terbuka kantor jasa arsitek

Hiasan di Dinding
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah hiasan di dinding kantor Anda. Jika perusahaan Anda merupakan perusahaan yang bergerak di bidang bisnis kreatif maka desain warna dinding dan hiasannya haruslah lebih kreatif juga.

Hiasan dinding kantor jasa arsitek

Fasilitas Olahraga
Banyak perusahaan yang telah medesain kantornya sedemikian rupa, bahkan ada beberapa perusahaan yang telah menyediakan ruang khusus untuk olahraga, salah satunya adalah Bukalapak. Fasilitas olahraga yang ada di dalam kantor Bukalapak adalah mini gym dan game room. Fasilitas olahraga ini penting untuk menghilangkan kepenatan. Ide menyediakan fasilitas olahraga di kantor sangatlah kreatif, bahkan ide seperti itu sebelumnya tidak pernah terbayangkan.

Kantin
Jika di kantor Anda sekurang-kurangnya memiliki 100 karyawan maka Anda disarankan untuk menyiapkan kantin dengan menawarkan menu berbeda di setiap harinya. Selain menghemat waktu istirahat karyawan juga akan menghemat uang karyawan.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi.

Apabila Anda ada pertanyaan silahkan konsultasikan dengan kami.

BACA JUGA:
desain rumah MINIMALIS
desain rumah CLASSIC
desain rumah MODERN
desain rumah MEDITERAN
blog POPULER
26 September 2022  
DESAIN INTERIOR:
         
KONSULTASI DENGAN CS KAMI
Syahrul Dwi Andrian, Amd
Andrian
Dwi Pratiwi, S.Ars
Tiwi
I Gusti Agung Ayu Chandra Devi, S.Ars
Devi
Ida Ayu Wisma Anggaritha Pathni, S.Kom., MTA
Dayu
Aarles Sumarten, S.S.
Aarles

Telp. Jabodetabek:
+6282146645837

Telp. Luar Jabodetabek:
+6282219788877

QR Code WA Jabodetabek:
QR Code WA Luar Jabodetabek:
Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940

Google Map Emporio Architect Jakarta

Kantor Bali

PERUM Piakan Indah Mesari No. 18A, Jalan Piakan I, Batubulan, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582

Google Map Emporio Architect Bali

Kantor Bandung

Menara Asia Afrika Lantai 9 Regus Office No. 918, Jalan Asia Afrika No. 133-137, Bandung 40112

Google Map Emporio Architect Bandung

Kantor Yogyakarta

Jl. Sagan Kidul No.14, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

Google Map Emporio Architect Jogja

Kantor Surabaya

Pakuwon Center Lantai 23, Jl. Embong Malang 1-5, Surabaya, Jawa Timur 60261

Google Map Emporio Architect Surabaya

Kantor Semarang

Gedung Menara Suara Merdeka Lt. 11, Jalan Pandanaran No. 30, Pekunden, Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah 50241

Google Map Emporio Architect Semarang

Kantor Balikpapan

Panin Tower Floor 8th, Jl. Jendral Sudirman No.7, Balikpapan, Kalimantan Timur 76113

Google Map Emporio Architect Balikpapan

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek: +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek: +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama: +6281353353909
Kritik, Saran dan Pengaduan: +6282146847758
HR & Lowongan Pekerjaan: +6281236313868

Konsultasi: infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran & Kerja Sama: partnershipCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Lowongan Pekerjaan: hrdCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

Ikuti Kami