Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

Desain Kantor Kekinian yang Membuat Karyawan Betah Bekerja

Desain Kantor Kekinian yang Membuat Karyawan Betah Bekerja

  02 Agustus 2019
Oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Perkembangan suatu negara selalu disertai dengan perkembangan idustri, baik industri pariwisata, industri perkebunan, industri perdagangan dan lain sebagainya. Bahkan sesungguhnya perkembangan suatu negara terjadi karena majunya segala sector industri. Oleh karena semakin banyaknya industri yang tumbuh dan berkembang maka permintaan akan bangunan berupa kantor untuk para karyawan pun semakin banyak.

Untuk membangun sebuah kantor, diperlukan kemampuan desain yang mumpuni, hal itu terjadi karena ruangan-ruangan yang nantinya dibangun haruslah fungsional. Selain itu desain kantor yang keren tentunnya akan membuat karyawan akan semakin betah.

Seperti yang kita ketahui bahwa lingkungan kantor yang nyaman dan asri juga akan meningkatkan semangat kerja dan produktifitas serta kreativitas dari karyawannya. Untuk itulah perlu diperhatikan desain yang seperti apa yang paling disukai oleh para pegawai kantoran, khususnya pegawai-pegawai yang bekerja di kantor Anda. Berikut akan kami uraikan satu per satu desain eksterior dan interir kantor yang membuat karyawan betah kerja:

Parkiran Luas
Harus kita akui bahwa sekarang setiap orang yang pergi kerja pasti memiliki kendaraannya sendiri. Bahkan jika perusahaan Anda merupakan perusahaan yang berskala Nasional atau bahkan Internasional, dan mempekerjakan karyawan dengan gaji yang tinggi, maka sudah otomatis karyawan-karyawan Anda akan menggunakan mobil pribadi sebagai alat transportasinya. Dengan begitu keberadaan parkiran yang luas menjadi sangat penting. Jika memungkinkan Anda disarankan untuk membuat lahan parkiran tambahan di bawah tanah/basement. Parkiran ini juga harus dilengkapi dengan security sebagai pengaman agar sesuatu yang buruk tidak terjadi.

Parkiran luas kantor jasa arsitek

Taman
Taman selalu menjadi tempat bagi pengunjung memperoleh kesan pertama saat berkunjung ke kantor Anda, karena keberadaan taman itu sendiri cenderung berada di halaman depan rumah. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan taman bisa dibuatkan di tengah, atap, belakang, atau bahkan di samping kantor Anda. Kerberadaan taman ini tidak hanya akan membuat pengunjung terkagum-kagum, tetapi lebih daripada itu akan membuat karyawan yang bekerja di kantor Anda betah, karena keasrian lingkungan yang alami dan menyejukkan.
Tanaman yang paling cocok untuk di tanam di taman adalah: bungenvil, Furcraea gigantea striata, Drasena Drako, Cemara Udang/Cemara Lau, Cemara Kipas, dan lain sebagainya. Disarankan juga untuk menanam bambu kuning di dinding tembok pembatas.

Konsep Ruang Terbuka
Selain kedua hal di atas yang paling penting jika Anda membangun kantor adalah pastikan bahwa Anda sudah memperhitungkan seberapa luas ruangan yang dibutuhkan dan pastilan konsep tata ruangnya sudah pas. Jaman sekarang, lagi gencar-gencarnya orang membangun kantor dengan desain ruangan terbuka. Konsep ruangan terbuka ini akan membuat karyawan nyaman, sebab tidak ada sekat karena perbedaan jabatan. Namun meskipun begitu, tetap diperlukan beberapa ruangan khusus, misalnya ruangan untuk olah raga, ruangan hiburan, ruangan untuk training karyawan baru, dapur, dan ruangan untuk bersantai.

Konsep ruang terbuka kantor jasa arsitek

Hiasan di Dinding
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah hiasan di dinding kantor Anda. Jika perusahaan Anda merupakan perusahaan yang bergerak di bidang bisnis kreatif maka desain warna dinding dan hiasannya haruslah lebih kreatif juga.

Hiasan dinding kantor jasa arsitek

Fasilitas Olahraga
Banyak perusahaan yang telah medesain kantornya sedemikian rupa, bahkan ada beberapa perusahaan yang telah menyediakan ruang khusus untuk olahraga, salah satunya adalah Bukalapak. Fasilitas olahraga yang ada di dalam kantor Bukalapak adalah mini gym dan game room. Fasilitas olahraga ini penting untuk menghilangkan kepenatan. Ide menyediakan fasilitas olahraga di kantor sangatlah kreatif, bahkan ide seperti itu sebelumnya tidak pernah terbayangkan.

Kantin
Jika di kantor Anda sekurang-kurangnya memiliki 100 karyawan maka Anda disarankan untuk menyiapkan kantin dengan menawarkan menu berbeda di setiap harinya. Selain menghemat waktu istirahat karyawan juga akan menghemat uang karyawan.

Baca Juga:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta
Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali
Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl. Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung
Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Antologi Collaboractive Space Tawangsari CT II, Gg. Gayamsari II No.9C, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta
Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India
Google Map Emporio Architect India

Ikuti Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6288809690854
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

          Chat