Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

Inspirasi Desain Rumah Minimalis Modern Lantai 2

Inspirasi Desain Rumah Minimalis Modern Lantai 2

  15 Oktober 2018
Oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Saat hendak membangun rumah impian Anda mungkin seringkali muncul kebingungan hendak memulai dari mana. Apalagi bila lahan yang tersedia terbatas. Tapi Anda tak perlu khawatir karena terkait denah desain rumah minimalis modern keinginan konsumen pasti dapat terealisasi. Konsep utama hunian minimalis adalah simple tapi nyaman dan fungsional terkait organisasi ruangan. Bagi Anda yang berniat merancang hunian minimalis Anda dengan dua lantai, simak ulasan berikut.

Ide desain rumah minimalis modern

Ukuran lahan yang sempit kerap menjadi kesulitan bagi banyak orang untuk mewujudkan hunian idaman. Bila Anda mengalami masalah yang sama berarti sudah saatnya membuka pikiran agar tak terkungkung dalam perspektif yang negatif ini. Anda tetap dapat menyediakan rumah yang dapat mengakomodir seluruh kebutuhan penghuninya dengan membangun hunian minimalis dua lantai.

Pada lantai pertama diperuntukkan sebagai area publik, seperti ruang tamu dan ruang makan yang digabung dengan dapur. Pada  lantai kedua peruntukan ruangan lebih pada hal-hal yang bersifat pribadi, yaitu ruang keluarga dan kamar-kamar tidur untuk seluruh penghuni rumah. Inilah beberapa hal yang perlu menjadi perhatian Anda.

Desain interior

Yang harus dihindari dalam mendesain bagian dalam rumah adalah menempatkan sekat-sekat pemisah yang permanen karena membuat ruangan tampak sempit. Sebaiknya terapkan jendela-jendela dengan bingkai yang besar ditambah tirai berwarna cerah. Untuk dinging pilihlah warna-warna cerah atau pastel, dan untuk membuat tampilan ruangan lebih seimbang terapkan kusen berwarna gelap. Jangan memasang terlalu banyak hiasan pada dinding.

Interior Inspirasi Desain Rumah Minimalis Modern Lantai 2

Plafon dan lantai

Kesan lapang pada rumah minimalis dapat dicapai dengan memasang keramik yang berukuran lebar (60 cmX60 cm) atau alternatif lainnya adalah menerapkan lantai kayu. Meninggikan plafon adalah trik yang manjur untuk membuat ruangan tampak lega sekaligus menjaga sirkulasi udara tetap baik. Anda bisa memilih tangga melayang untuk menghemat ruangan, dan pada bagian bawahnya dapat ditambahkan kompartemen-kompartemen untuk menyimpan barang.

Furniture

Efisiensi ruangan pada desain rumah minimalis modern wajib diterapkan, misalnya ruangan keluarga dan ruang tamu menjadi satu. Dapur dengan ruang makan juga dapat disatukan untuk menghemat ruangan. Balkon mungil pada lantai dua dapat ditambahkan meja dan kursi yang mungil sehingga cocok menjadi tempat bersantai.

Furniture yang diterapkan pada ruang keluarga, misalnya lemari kaca sekaligus dapat berfungsi sebagai pembatas ruangan. Warna-warna lembut sangat disarankan untuk furniture rumah dengan warna yang senada dengan tone cat dinding. Jangan menempatkan terlalu banyak warna pada satu ruangan untuk menghindari kesan “berat” serta tabrakan warna.

Penerapan warna

Warna-warna monokrom tidak pernah keliru diterapkan pada hunian minimalis modern. Tak hanya membuat rumah Anda tampak indah, warna-warna tersebut juga memberikan kesan sebagai hunian yang trendi dan kekinian. Bagi penyuka sentuhan alami, terapkan dinding  luar dari batu yang bisa membuat rumah Anda tampak teduh sekaligus sejuk.

Rumah minimalis alami

Rumah-rumah di perkotaan idealnya memang ditambahkan beberapa unsur alami sebagai oase pribadi di tengah-tengah hiruk pikuk kehidupan perkotaan. Solusinya adalah menambahkan air mancur dari batu alam yang dibuat menempel pada dinding. Suara gemericik air di dalam rumah tentunya akan membantu Anda menjadi rileks setelah seharian menjalani rutinitas.

Inspirasi Desain Rumah Minimalis Modern Lantai 2 Alami

Menerapkan banyak jendela

Untuk menghindari pengap, jangan takut menerapkan jendela yang banyak. Selain dapat memaksimalkan pencahayaan dari sinar matahari, sirkulasi udara di bagian dalam hunian juga akan menjadi semakin sejuk. Suasana demikian ini akan mengalihkan perhatian orang dari ruangan yang sempit karena mereka tetap dapat beraktivitas secara nyaman.

Semoga bermanfaat!

Baca Juga:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta
Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali
Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl. Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung
Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Antologi Collaboractive Space Tawangsari CT II, Gg. Gayamsari II No.9C, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta
Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India
Google Map Emporio Architect India

Ikuti Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6288809690854
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

          Chat