Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

Siap Membangun Rumah? Ini Tips Memilih Pelaksana dan Pengawas Pekerjaan Pembangunan

Siap Membangun Rumah? Ini Tips Memilih Pelaksana dan Pengawas Pekerjaan Pembangunan

  05 Maret 2021
Oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Siap membangun rumah tinggal? Ingin pembangunan rumah tinggal Anda berjalan lancar tanpa hambatan? Mengharapkan hasil pembangunan rumah Anda memuaskan sesuai harapan? Semua itu bisa terjadi asalkan Anda pandai mengatur strategi dan meminimalisir kerugian. Karenanya bila Anda bukan seorang insinyur dan kurang paham mengenai ilmu arsitektur dan sipil, sebaiknya gunakan jasa pelaksana dan pengawas untuk pekerjaan pembangunan rumah Anda. Jangan asal pilih, perhatikan pelaksana dan pengawas yang Anda pekerjakan agar hasil kerjanya memuaskan. Karenanya Emporio Architect berbagi tips memilih pelaksana dan pengawas pekerjaan pembangunan. Yuk simak bersama!

Di artikel sebelumnya, Emporio Architect sudah berbagi cara penggunaan gambar desain untuk persiapan tender. Dengan melakukan tender, Anda bisa memilah dan menyeleksi beberapa kontraktor sekaligus hingga akhirnya menemukan kontraktor terbaik untuk dipekerjakan. Sebelum memilih ‘the best conctractor’ versi Anda, ada baiknya Anda ‘menyeleksi’ beberapa kandidat kontraktor dengan metode 5P (People, Process, Portfolio, Price and Past client) sebagai berikut.

  1. People – Lihat orang-orang yang terlibat dalam tim kontraktor

Membangun rumah adalah proses jangka panjang. Karenanya pastikan Anda tahu benar siapa yang akan Anda jadikan rekan. Kedepannya, orang-orang dalam tim kontraktor inilah yang akan Anda ajak ngobrol, diskusi mengenai permasalahan proyek, opsi terbaik yang bisa dipilih, dan lain sebagainya. Karenanya, carilah informasi menyeluruh mengenai calon rekan kontraktor, mulai dari siapa saja staffnya, bidang keunggulan, reputasi hingga keterampilan sosialnya.

Karena itu sebelum memilih kontraktor, ajak mereka berdiskusi, cari tahu apakah Anda merasa nyaman dan klop bekerjasama dengan kontraktor tersebut atau tidak. Bukannya berlebihan, ingatlah bahwa Anda akan terus bertemu dengan kontraktor tersebut dalam jangka waktu lama. Untuk itu, pastikan Anda sebagai pemilik proyek merasa nyaman dengan kontraktor terpilih karena merekalah yang akan menjadi mitra nyata selama proyek Anda berjalan.

  1. Process – Lihat proses kerja dan kontrak

Sebelum menyewa jasa kontraktor manapun, cari juga informasi menyenai proses kerjanya. Cari tahu apakah kontraktor tersebut memiliki sistem kerja tertentu yang bisa menghemat waktu, mengoptimalkan biaya, bertanggungjawab dan terjadwal, bekerja sesuai kontrak dan lainnya. Kontraktor yang baik idealnya juga selalu siap atas berbagai kemungkinan yang terjadi dimasa mendatang sehingga memiliki kontrak untuk penyelesaian sengketa. Cari tahu juga track record kontraktor yang bersangkutan, apakah dahulu pernah tersandung masalah dan lain sebagainya.

  1. Portfolio – Cek jam terbang dan hasil karyanya

Salah satu hal penting yang perlu Anda cek adalah portfolio/hasil karya dan juga jam terbang kontraktor yang bersangkutan. Dengan melihat portfolio, Anda bisa menilai apakah kontraktor tersebut mampu mengerjakan proyek agar hasil pembangunan mirip desain awal, apakah hasil pekerjaannya rapi dan berkualitas, spesifikasi proyek yang ditangani, dan lain sebagainya.

Jumlah proyek yang pernah dikerjakan juga menunjukkan seberapa baik reputasi kontraktor. Cek juga jam terbangnya, kapan kontraktor beroperasi, apakah memiliki kantor fisik dengan alamat, contact person dan website yang jelas, apakah terpercaya, dan banyak lagi. Setelahnya Anda bisa menentukan apakah hasil kerja suatu kontraktor cocok dengan selera Anda.

  1. Price – Cek harga dan sistem pembayaran

Tak kalah penting, Anda wajib mengetahui harga jasa yang ditawarkan serta sistem pembayaran yang berlaku. Jangan tergoda dengan harga murah! Ingat bahwa ada harga ada kualitas. Anda bisa mengemat uang dan menyewa kontraktor murah, tapi resiko pengerjaan yang buruk juga tinggi. Cek kualitas material yang digunakan dalam RAB dan apakah nilai jasa serta nilai barang yang ditawarkan sesuai dengan total biaya yang diajukan. Bijaklah dalam mengevaluasi dari segala sisi namun tetap sesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

  1. Past clients – Testimoni klien sebelumnya yang menggunakan jasa kontraktor tersebut

Terakhir, cek testimoni klien sebelumnya yang pernah menggunakan jasa kontraktor tersebut. Klien terdahulu berada di posisi yang sama seperti Anda sebagai pengguna jasa kontrakotr, karena itu mereka dapat lebih dipercaya, jujur dan detail dalam menilai kinerja kontraktor. Carilah di internet mengenai ulasan, review hingga testimoni para klien terdahulu dan lihat apakah kebanyakan dari mereka memuji atau mengeluhkan kinerja kontraktor.

Tips Memilih Pelaksana dan Pengawas Pekerjaan Pembangunan

Tak hanya kontraktor, Anda juga perlu memakai jasa pengawas dalam pekerjaan pembangunan rumah tinggal Anda. Sesuai namanya, jasa pengawas bertugas mengawasi seluruh proses pembangunan. Jasa pengawas bagaikan ‘tangan kanan’ Anda yang memastikan semua hal di proyek berjalan baik sesuai rencana (sesuai gambar bestek, sesuai RAB dan sesuai jadwal). Secara keseluruhan, pengawas proyek memantaualur pekerjaan pada pembangunan, melakukan inspeksi, dan memastikan semuanya tepat.

Berdasarkan penjelasan singkat di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa Anda butuh jasa pengawas agar hasil pembangunan sesuai rencana sehingga memuaskan Anda. Sayangnya, tak banyak yang tahu cara memilih jasa pengawas yang baik. Karena itulah Emporio Architect juga akan berbagi 4 tips memilih jasa pengawas untuk mengawasi pekerjaan pembangunan. Secara keseluruhan metode 5P sebelumnya bisa digunakan, namun ada hal-hal yang perlu digarisbawahi saat memilih jasa pengawas:

  1. Pastikan memiliki background pendidikan sipil dan/atau arsitektur

Pilih jasa pengawas yang berpengalaman, pernah menghandle dan mengawasi beberapa proyek serta memiliki background pendidikan sipil atau arsitektur. Pastikan juga jasa pengawas juga pernah beberapa kali menghandle proyek dengan tipe bangunan serupa (misal: rumah tinggal) dan mendapat feedback, testimoni, review atau ulasan positif dari klien terdahulu.

  1. Professional dan terpercaya

Selain itu, pastikan juga jasa pengawas yang akan Anda pilih merupakan jasa pengawas yang professional dan terpercaya dengan kantor fisik beralamat jelas. Lebih baik lagi bila perusahaan jasa pengawas ini memiliki reputasi yang baik, dikenal luas serta memiliki website serta contact person yang jelas. Cek juga harga, sistem pembayaran dan kontrak jasa pengawas tersebut.

  1. Mampu berkomunikasi dengan baik

Karena salah satu tugas pengawas adalah menjembatani komunikasi antara Anda dan jasa kontraktor sebagai pekerja di lapangan, maka cari jasa pengawas yang mampu berkomunikasi dengan baik. Tak hanya bisa berbahasa dan menyampaikan sesuatu dengan baik dan efektif agar nantinya tidak terjadi miskomunikasi antara Anda, jasa pengawas dan jasa kontraktor.

  1. Bisa membaca gambar bestek dan paham alur kerja

Terakhir, cari jasa pengawas berpengalaman dan professional dengan background pendidikan sipil atau arsitektur agar bisa membaca gambar bestek/gambar teknis dan paham alur kerja yang benar. Karenanya bila jasa arsitek yang Anda pakai memiliki fitur jasa pengawasan, lebih baik gunakan saja karena pengawas bawaan dari konsultan arsitek yang Anda pakai tentu lebih mampu membaca gambar bestek hasil desain arsitek di perusahaan tersebut.

Demikian tips memilih pelaksana dan pengawas pekerjaan pembangunan. Semoga artikel ini berguna untuk Anda, ya! Tambahan info lagi nih, Emporio Architect sebagai jasa pembuatan desain rumah juga memiliki jasa pengawasan. Hal ini akan memudahkan siapapun yang mencari perusahaaan dengan layanan jasa desain sekaligus jasa pengawasan yang professional, berpengalaman dan terpercaya. Bila Anda membutuhkan jasa desain atau jasa pengawasan, segera hubungi konsultan Emporio Architect.

Baca Juga:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta
Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali
Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl. Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung
Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Antologi Collaboractive Space Tawangsari CT II, Gg. Gayamsari II No.9C, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta
Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India
Google Map Emporio Architect India

Ikuti Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6288809690854
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

          Chat