Jabodetabek : +6282146645837
  Luar Jabodetabek : +6282219788877

Tips Memilih Pelaksana dan Pengawas Pekerjaan Pembangunan

Tips Memilih Pelaksana dan Pengawas Pekerjaan Pembangunan
Dipublikasikan 17 Januari 2022    Edukasi, Tips, dan Trik
Ditulis oleh: Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  

Siap membangun rumah tinggal? Ingin pembangunan rumah Anda berjalan lancar tanpa hambatan? Mengharapkan hasil pembangunan rumah yang sesuai harapan? Tenang, semua bisa terwujud asalkan Anda pandai mengatur strategi untuk meminimalisir kerugian. Karenanya bila Anda kurang paham mengenai ilmu arsitektur dan sipil, sebaiknya gunakan jasa pelaksana dan pengawas untuk pembangunan rumah Anda. Jangan asal pilih, perhatikan pelaksana dan pengawas yang Anda pekerjakan agar hasil kerjanya memuaskan. Sebab itu kali ini Emporio Architect berbagi tips memilih pelaksana dan pengawas untuk pekerjaan pembangunan. Yuk simak bersama!

Sebelumnya, Emporio Architect sudah berbagi cara penggunaan gambar desain untuk persiapan tender. Dengan melakukan tender, Anda bisa menyeleksi beberapa kontraktor hingga akhirnya menemukan kontraktor terbaik untuk dipekerjakan. Namun sebelum memilih ‘the best conctractor’ versi Anda, ada baiknya Anda ‘menyeleksi’ beberapa kandidat kontraktor dengan metode 5P (People, Process, Portfolio, Price and Past client) sebagai berikut.

1. People – Lihat orang-orang yang terlibat dalam tim kontraktor

Membangun rumah butuh waktu lama dan proses yang panjang. Karenanya pastikan Anda tahu benar siapa rekan Anda. Kedepannya, orang-orang di tim kontraktor itulah yang Anda ajak diskusi mengenai permasalahan proyek beserta opsi terbaik yang bisa dipilih. Oleh sebab itu, cari informasi menyeluruh mengenai calon rekan kontraktor, mulai dari siapa saja staffnya, bidang keunggulan, reputasi hingga keterampilan sosialnya.

Sebelum memilih kontraktor, ajak mereka berdiskusi. Cari tahu apakah Anda merasa nyaman dan klop untuk bekerjasama dengan mereka. Bukannya berlebihan, tapi merekalah yang akan terus Anda temui dalam jangka waktu lama. Untuk itu pastikan Anda sebagai pemilik proyek merasa nyaman dengan kontraktor terpilih karena merekalah akan menjadi mitra selama proyek berjalan.

2. Process – Lihat proses kerja dan kontrak

Sebelum menyewa jasa kontraktor manapun, cari informasi mengenai proses kerjanya. Cari tahu apakah kontraktor tersebut punya sistem kerja yang bisa menghemat waktu, mengoptimalkan biaya, bertanggungjawab dan terjadwal, bekerja sesuai kontrak dan lainnya. Kontraktor yang baik idealnya juga selalu siap atas berbagai kemungkinan yang terjadi dimasa mendatang sehingga memiliki kontrak untuk penyelesaian sengketa. Cari tahu juga track record kontraktor yang bersangkutan, apakah dahulu pernah tersandung masalah atau tidak, dan lain sebagainya.

3. Portfolio – Cek jam terbang dan hasil karyanya

Portfolio

portfolio

Salah satu hal penting yang perlu Anda cek adalah portfolio/hasil karya dan jam terbang kontraktor yang bersangkutan. Dari portfolio, Anda bisa menilai apakah kontraktor tersebut bisa mengerjakan proyek agar hasil pembangunan mirip desain awal atau tidak, apakah hasil pekerjaannya rapi dan berkualitas atau tidak, spesifikasi proyek yang ditangani, dan lain sebagainya.

Jumlah proyek yang pernah dikerjakan juga menunjukkan seberapa baik reputasi kontraktor. Cek juga kapan kontraktor pertama kali beroperasi, apakah punya kantor fisik dengan alamat, contact person dan website yang jelas, apakah staffnya bisa dipercaya, dan banyak lagi. Setelahnya Anda bisa menentukan apakah hasil kerja suatu kontraktor cocok dengan selera Anda.

4. Price – Cek harga dan sistem pembayaran

Tak kalah penting, Anda wajib mengetahui harga jasa yang ditawarkan tiap kontraktor serta sistem pembayaran yang berlaku. Jangan tergoda harga murah karena harga menentukan kualitas kerja. Cek jenis dan kualitas material yang digunakan dalam RAB dan apakah nilai jasa serta nilai barang yang ditawarkan sesuai dengan total biaya yang diajukan. Bijaklah dalam mengevaluasi segala sisi namun tetap sesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

5. Past clients – Testimoni klien sebelumnya yang menggunakan jasa kontraktor tersebut

Terakhir, cek testimoni klien sebelumnya yang pernah memakai jasa kontraktor tersebut. Klien terdahulu berada di posisi yang sama seperti Anda sebagai pengguna jasa kontraktor, karena itu mereka bisa lebih dipercaya, jujur dan detail dalam menilai kinerja kontraktor. Carilah di internet mengenai ulasan dan testimoni klien terdahulu dan lihat apakah kebanyakan dari mereka memuji atau mengeluhkan kinerja kontraktor.

Tips Memilih Pelaksana dan Pengawas Pekerjaan Pembangunan

Tak hanya kontraktor, Anda juga perlu memakai jasa pengawas dalam pekerjaan pembangunan rumah tinggal Anda. Sesuai namanya, jasa pengawas bertugas mengawasi seluruh proses pembangunan. Jasa pengawas bagaikan ‘tangan kanan’ Anda yang memastikan semua hal di proyek berjalan baik sesuai rencana (sesuai gambar bestek, sesuai RAB dan sesuai jadwal). Secara keseluruhan, pengawas proyek memantau alur pekerjaan pada pembangunan, melakukan inspeksi, dan memastikan semuanya tepat.

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa Anda butuh jasa pengawas agar hasil pembangunan sesuai keinginan, terutama bila Anda tak paham tentang pembangunan dan tak punya waktu untuk mengawasi proyek rumah. Sayangnya, tak banyak yang tahu cara memilih jasa pengawas yang baik. Karena itu Emporio Architect juga berbagi 4 tips memilih jasa pengawas untuk mengawasi pekerjaan pembangunan. Walau secara keseluruhan metode 5P sebelumnya bisa digunakan, namun ada hal-hal yang perlu digarisbawahi saat memilih jasa pengawas sebagai berikut.

1. Pastikan memiliki background pendidikan sipil dan/atau arsitektur

Pilih jasa pengawas yang berpengalaman, pernah menghandle dan mengawasi beberapa proyek serta punya background pendidikan teknik sipil atau arsitektur. Pastikan jasa pengawas juga sering menghandle proyek dengan tipe bangunan serupa (misal: rumah tinggal) dan mendapat feedback, testimoni, atau ulasan positif dari klien terdahulu.

2. Profesional dan terpercaya

Pastikan jasa pengawas yang Anda pilih merupakan jasa pengawas profesional dan terpercaya dengan kantor fisik beralamat jelas. Lebih baik lagi bila perusahaan jasa pengawas ini memiliki reputasi yang baik, dikenal luas serta memiliki website serta contact person yang jelas. Cek juga harga, sistem pembayaran, sistem kerja dan kontrak jasa pengawas tersebut.

3. Mampu berkomunikasi dengan baik

Karena salah satu tugas pengawas adalah menjembatani komunikasi antara Anda dan pekerja di lapangan, maka cari jasa pengawas yang mampu berkomunikasi dengan baik. Jasa pengawas harus bisa menyampaikan sesuatu dengan baik dan efektif agar tidak ada miskomunikasi diantara Anda, jasa pengawas dan juga jasa kontraktor.

4. Bisa membaca gambar bestek dan paham alur kerja

Terakhir, cari jasa pengawas berpengalaman dan profesional dengan background pendidikan sipil atau arsitektur agar bisa membaca gambar bestek/gambar teknis dan paham alur kerja yang benar. Karenanya bila jasa arsitek yang Anda pakai punya layanan jasa pengawas, lebih baik gunakan saja karena pengawas bawaan dari konsultan arsitek yang Anda pakai tentu lebih mampu membaca gambar bestek hasil desain arsitek di perusahaan tersebut.

membaca gambar

Demikian tips memilih pelaksana dan pengawas untuk pekerjaan pembangunan rumah. Bila Anda siap membangun rumah, maka Anda bisa mulai mencari pelaksana dan pengawas untuk pembangunan rumah Anda. Dan bila Anda menggunakan jasa Emporio Architect untuk merencanakan desain rumah, Anda juga bisa menggunakan jasa pengawas dari Emporio Architect. Hubungi customer service kami dan tim Emporio Architect siap melayani Anda sepenuh hati.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi.

Apabila Anda ada pertanyaan silahkan konsultasikan dengan kami.

BACA JUGA:
desain rumah MINIMALIS
desain rumah CLASSIC
desain rumah MODERN
desain rumah MEDITERAN
blog POPULER
26 September 2022  
DESAIN INTERIOR:
         
KONSULTASI DENGAN CS KAMI
Syahrul Dwi Andrian, Amd
Andrian
Dwi Pratiwi, S.Ars
Tiwi
I Gusti Agung Ayu Chandra Devi, S.Ars
Devi
Ida Ayu Wisma Anggaritha Pathni, S.Kom., MTA
Dayu
Aarles Sumarten, S.S.
Aarles

Telp. Jabodetabek:
+6282146645837

Telp. Luar Jabodetabek:
+6282219788877

QR Code WA Jabodetabek:
QR Code WA Luar Jabodetabek:
Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940

Google Map Emporio Architect Jakarta

Kantor Bali

PERUM Piakan Indah Mesari No. 18A, Jalan Piakan I, Batubulan, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582

Google Map Emporio Architect Bali

Kantor Bandung

Menara Asia Afrika Lantai 9 Regus Office No. 918, Jalan Asia Afrika No. 133-137, Bandung 40112

Google Map Emporio Architect Bandung

Kantor Yogyakarta

Jl. Sagan Kidul No.14, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

Google Map Emporio Architect Jogja

Kantor Surabaya

Pakuwon Center Lantai 23, Jl. Embong Malang 1-5, Surabaya, Jawa Timur 60261

Google Map Emporio Architect Surabaya

Kantor Semarang

Gedung Menara Suara Merdeka Lt. 11, Jalan Pandanaran No. 30, Pekunden, Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah 50241

Google Map Emporio Architect Semarang

Kantor Balikpapan

Panin Tower Floor 8th, Jl. Jendral Sudirman No.7, Balikpapan, Kalimantan Timur 76113

Google Map Emporio Architect Balikpapan

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek: +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek: +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama: +6281353353909
Kritik, Saran dan Pengaduan: +6282146847758
HR & Lowongan Pekerjaan: +6281236313868

Konsultasi: infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran & Kerja Sama: partnershipCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Lowongan Pekerjaan: hrdCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

Ikuti Kami