Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

Wujudkan Model Rumah Klasik

Wujudkan Model Rumah Klasik

  06 November 2018
Oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Desain rumah klasik merupakan gaya yang tidak lekang oleh waktu. Mewujudkan rumah impian dengan gaya klasik mungkin bukan perkara yang mudah. Kemungkinan besar jasa arsitek terbaik sangat diperlukan. Namun begitu untuk bisa mendapatkan rumah bergaya klasik, berikut ini beberapa tips yang direkomendasikan jasa desain rumah.

Luas lahan

Rumah bergaya klasik bisa dikatakan sebagai rumah yang megah. Desain rumah megah sendiri tidak bisa aplikasikan pada lahan yang kecil. Selain itu, rumah bergaya klasik juga harus memperhatikan bentuk lahan. Sebenarnya, gaya klasik tidak jauh – jauh dengan desain fasad rumah. Dengan begitu, dibandingkan dengan lahan yang memanjang ke belakang, rumah klasik lebih cocok untuk lahan yang melebar ke samping.

Walaupun tidak menemukan lahan yang melebar ke samping, tapi bisa diwujudkan dengan bagian muka yang cukup lebar. Dengan begitu, rumah klasik impian Anda akan nampak proposional.

Pilar dan struktur bangunan

Jika pada desain rumah biasanya, struktur bangunan digunakan untuk memperkokoh rumah. Sedangkan, untuk desain rumah klasik, struktur bangunan memiliki nilai estetika tersendiri. Kebanyakan, rumah klasik menonjolkan pilar dan kolom. Hal ini yang membuat rumah klasik nampak kokoh. Namun begitu, rumah klasik modern tidak memunculkan pilar di bagian depan rumah, pilar lebih ditonjolkan pada bagian interior rumah.

Ornamen

Menampilkan desain rumah klasik tidak terlepas dari ornamen yang merupakan elemen dekoratif dari gaya rumah ini. Walaupun dilengkapi dengan pilar, rumah klasik tidak akan menonjol tanpa adanya ornamen di dalamnya. Ukiran bisa ditemui di dinding dan pilar. Kebanyakan mahkota pilar memiliki ornamen di dalamnya.

Wujudkan Model Rumah Klasik

Warna rumah klasik

Warna memiliki peranan penting dalam desain rumah, terlebih untuk menonjolkan kesan klasik pada rumah. Pada dasarnya, rumah klasik menggunakan warna – warna terang, seperti putih dan ivory. Namun ada juga rumah klasik yang menggunakan warna earthy tone, seperti coklat, cream dan merah. Selain itu, ada juga rumah klasik dengan kesan gothic dengan menggunakan warna gelap, seperti hitam. Palet abu – abu terkadang juga diaplikasikan pada rumah klasik.

Lengkungan

Ciri utama dari desain rumah klasik adalah lengkungan. Bahkan hampir semua elemen memiliki bentuk yang melengkung. Biasanya, bentuk melengkung diaplikasikan pada pilar, jendela dan kubah bangunan. Ruangan dengan ornamen melengkung memang memberikan kesan klasik yang kuat. Namun, ruangan melengkung akan cukup sulit dalam penataan perabotan. Kebanyakan lahan luas dibutuhkan agar penataan bisa lebih mudah.

Elemen kayu

Desain rumah klasik juga tidak bisa terlepas dari elemen kayu. Pada umumnya, kayu yang digunakan mudah ditemukan pada kusen – kusen pintu dan jendela serta daun jendela dan pintu. Namun pada banyak jasa desain rumah yang menggeser keberadaan elemen kayu dan menggantinya dengan alumunium pada bagian kusen dan daun pintu atau jendela. Pasalnya, bahan tersebut dirasa cukup tahan lama dan mudah perawatan.

Walaupun sudah digantikan, elemen kayu juga masih terus dihadirkan untuk menonjolkan kesan klasik pada rumah impian Anda. Salah satunya adalah dengan menggunakan dekorasi dan furniture yang berbahan dasar kayu. Bisa juga menggunakan kayu untuk lantai rumah.

Wujudkan Model Rumah Klasik

Furniture

Untuk bisa menonjolkan kesan klasik pada desain rumah Anda, maka furniture juga memiliki peranan penting di dalamnya. Penggunaan furniture antik adalah pilihan terbaik untuk memberikan kesan klasik dan seleras dengan konsep rumah. Namun, Anda juga jangan ragu untuk menggunakan jasa desain rumah terbaik agar mendapatkan kesan rumah klasik yang diinginkan.

Bukan hanya furniture cantik, perabotan modern juga bisa digunakan. Bahkan saat ini banyak furniture modern yang memiliki desain klasik. Terlebih furniture klasik cukup mahal harganya.

 

Baca Juga:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta
Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali
Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl.Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung
Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Jl. Sadewa No.58E, Tegal Rejo, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta
Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India
Google Map Emporio Architect India

Ikuti Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6288809690854
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

      Chat