Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

Sudah Punya Lahan? Ini Cara Menyiapkan Data Topografi dan Luasan Lahan untuk Perencanan Desain Rumah

Sudah Punya Lahan? Ini Cara Menyiapkan Data Topografi dan Luasan Lahan untuk Perencanan Desain Rumah

  02 Februari 2021
Oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Ketika Anda menghubungi jasa arsitek professional untuk meminta dibuatkan desain rumah idaman, umumnya pihak arsitek akan meminta berbagai data awal seperti lokasi lahan, ukuran lahan, dan lain sebagainya agar perancangan desain bisa dilakukan dengan baik. Karenanya Anda perlu menyiapkan data topografi dan luasan lahan terlebih dahulu untuk perancanaan desain rumah.

Untuk mendapat data topografi lahan dan luasan lahan, maka Anda perlu melakukan survey topografi. Dengan melakukan survey topografi, Anda bisa mendapat data topografi seperti kontur tanah hingga keadaan fisik dan posisi suatu benda di permukaan tanah yang kemudian dipetakan. Untuk melakukan survey topografi, Anda bisa memakai jasa ahli/surveyor agar hasilnya lebih akurat.

Survey surveyor tudak bisa Anda lakukan sendiri jika tidak memiliki kualifikasi di bidang itu sehingga menyewa jasa ahli/surveyor lahan merupakan suatu kebutuhan. Walau demikian, sedikit banyaknya Anda juga perlu memahami metode pengukuran serta alat & bahan untuk menyiapkan data topografi dan luasan lahan secara garis besar.

Untuk melakukan survey surveyor, Anda memerlukan beberapa alat & bahan seperti: peta topografi, pita atau tali ukur, meteran, GPS, kamera, kompas, waterpass, total station, tripod, rambu ukur, jalon atau pole stick, theodolite, patok benchmark (BM) dan control point (CP). Sedangkan metode survey topografi ada berbagai macam, yaitu dengan pengukuran pengikatan, pemasangan BM, pengamatan azimuth matahari, pengukuran polygon, pengukuran waterpass, pengukuran detail situasi hingga pengukuran penampang melintang. Karena semakin canggihnya teknologi, kini survey topografi dan pengukuran luasan lahan juga bisa dilakukan dengan drone, fixed wing, multi-rotor dan LiDAR. Untuk mempermudah, sebaiknya Anda menyewa jasa pengukuran topografi lahan serta jasa tes sondir tanah yang terpercaya sehingga data yang didapatkan benar-benar akurat. 

Setelah melakukan survey, Anda akan mendapat data topografi berupa bentuk dan ketinggian kontur pada lahan hingga bentuk dan area lahan dalam bentuk peta dan digital. Melalui data tersebut, luasan lahan dapat diketahui dengan menghitungnya menggunakan rumus, menghitungnya berdasarkan luas tanah di sertifikat, menghitungnya dengan software AutoCAD, GPS Fields Area Measure, GPS Area Calculator Perimeter Land Measurement, Area Calculator hingga menggunakan Google Maps.

Secara sederhana, berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan data topografi dan luasan lahan untuk perencanaan desain rumah:

  • Miliki lahan yang sudah bersertifikat milik pribadi, legal dan sudah dibersihkan
  • Cari-cari referensi jasa survey lahan/jasa pengukuran topografi lahan/surveyor lahan
  • Konsultasi dengan beberapa jasa survey lahan/jasa pengukuran topografi lahan/surveyor lahan
  • Pilih salah satu jasa survey lahan/jasa pengukuran topografi lahan/surveyor lahan dan sepakati
  • Lakukan proses survey topografi dan pengukuran lahan dengan jasa yang dipilih
  • Data topografi dan luasan lahan pun didapat
  • Kini Anda siap menghubungi konsultan jasa arsitek untuk merancang desain rumah tingga

Demikian cara menyiapkan data topografi dan luasan lahan untuk perencanaan desain rumah. Setelah Anda menyelesaikan tahapan ini, maka Anda sudah selangkah lebih dekat untuk mewujudkan rumah idaman. Kini, Anda bisa menghubungi konsultan jasa arsitek professional seperti Emporio Architect untuk berkonsultasi mengenai desain rumah tinggal impian Anda bersama tim arsitek berpengalaman.

Baca Juga:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta
Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali
Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl. Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung
Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Antologi Collaboractive Space Tawangsari CT II, Gg. Gayamsari II No.9C, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta
Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India
Google Map Emporio Architect India

Ikuti Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6288809690854
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

          Chat