Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

Perawatan Rumah & Pencegahan Masalah: Tips Mencegah Penjamuran pada Dinding

Perawatan Rumah & Pencegahan Masalah: Tips Mencegah Penjamuran pada Dinding
  30 April 2021
Ditulis oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Semewah apapun suatu rumah, pasti terlihat jorok dan kotor bila dindingnya berjamur dan lembab. Tak hanya mengganggu pemandangan, rumah dengan dinding berjamur juga faktanya tak baik untuk kesehatan penghuninya. Sayang sekali kan bila rumah yang sudah susah payah Anda bangun lama-lama justru berkurang nilai dan kenyamanannya karena munculn jamur di dinding? Karenanya, jangan tunggu sampai jamur menyerang rumah Anda. Lakukan langkah pencegahan agar Anda tak menyesal nantinya. Karenanya Emporio Architect akan berbagi tips mencegah penjamuran pada dinding.

Dinding rumah yang sudah terserang jamur tentu lebih susah disembuhkan. Mengecat ulang dinding juga tak menjamin jamur akan hilang sepenuhnya, bukan? Karenanya lebih baik mencegah daripada mengobati. Berikut tips mencegah penjamuran pada dinding yang dirangkum oleh Emporio Architect.

Tips Mencegah Penjamuran pada Dinding

  1. Perbanyak bukaan berukuran besar

Agar dinding rumah tidak berjamur, maka Anda perlu menciptakan suasana rumah yang tidak lembab. Untuk itu, perbanyak bukaan berukuran besar di rumah Anda. Dengan begitu, rumah mendapat akses sinar matahari yang cukup sehingga dinding tak lembab dan tak akan berjamur.

  1. Buka tirai jendela di siang hari

Agar dinding rumah tidak berjamur, maka Anda tak hanya harus memperbanyak ventilasi berupa jendela atau bukaan kaca berukuran besar namun juga membuka tirainya di siang hari. Percuma saja bila rumah Anda memiliki banyak bukaan namun bagian dalamnya selalu gelap dan tertutup karena tirai jendela tak pernah dibuka, bukan?  Karenanya bila ingin rumah selalu terang, tak lembab dan lebih sehat, bukalah tirai jendela rumah Anda di pagi dan siang hari.

  1. Hindari menjemur pakaian di dalam rumah

Apakah Anda sering menjemur pakaian di dalam rumah? Jika ya, sebaiknya jangan ulangi hal itu lagi bila tak ingin dinding rumah Anda berjamur. Pasalnya, menjemur pakaian yang agak basah di dalam ruangan bisa mmembuat kelembapan di dalam ruangan tersebut jadi meningkat. Jika sudah begitu, jamur pasti mudah sekali hinggap dan tumbuh di dinding. Karenanya, biasakanlah menjemur pakaian di luar ruangan seperti teras, balkon, rooftop atau di halaman rumah.

  1. Beri pelapis dinding yang tahan lembab

Tahukan Anda, kualitas dan jenis pelapis dinding ternyata juga berpengaruh pada kemungkinan bisa tidaknya jamur tumbuh di dinding rumah, lho. Karenanya beri finishing dinding yang anti air agar lebih tahan lembab, misalnya seperti cat waterproof. Sekalipun Anda hendak mendekor interior rumah dengan wallpanel, padded wall atau wallpaper, tetap lapisi dinding dengan cat waterproof sebagai base agar dinding lebih tahan air dan tidak lembab.

  1. Periksa bagian luar rumah untuk cegah kebocoran

Tidak ada yang tahu kapan rumah jadi bocor. Karenanya, rajinlah memeriksa bagian luar rumah untuk mencegah kebocoran. Dengan rutin mengecek eksterior rumah, Anda jadi tahu kondisi atap, apakah bocor atau tidak sehingga bisa menangani segala hal dengan lebih sigap.

  1. Gunakan dehumidifier

Agar kondisi ruangan selalu terjaga, Anda juga bisa menggunakan dehumidifier. Nantinya alat tersebut berguna untuk menyedot udara dan mengatur kelembapan dalam ruangan agar tetap stabil, tidak terlalu lembab maupun terlalu kering. Tak hanya bagus untuk dinding, kondisi ruangan yang selalu terjaga juga baik untuk kesehatan penghuninya.

Tips Mencegah Penjamuran pada Dinding

Demikian tips mencegah penjamuran pada dinding. Sebelum jamur merusak dinding irumah Anda, cegahlah dengan mengikuti langkah-langkah di atas. Dan jangan lupa, rutinlah mengecek blog di website resmi hingga sosial media milik Emporio Architect untuk mendapat berbagai infomasi terbaru seputar desain dan konsep hingga tips dan trik arsitektur. Dan bila Anda membutuhkan jasa desain rumah yang eksklusif, hubungi Emporio Architect – salah satu biro arsitek terkenal di Indonesia.

Baca Juga:
DESAIN INTERIOR:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta
Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali
Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl. Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung
Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Antologi Collaboractive Space Tawangsari CT II, Gg. Gayamsari II No.9C, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta
Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India
Google Map Emporio Architect India

Ikuti Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6288809690854
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

          Chat