Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

Ini Tips dan Alternatif Material Pengganti Agar Lebih Hemat Biaya

Ini Tips dan Alternatif Material Pengganti Agar Lebih Hemat Biaya
  17 Maret 2021
Ditulis oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Punya gambar desain dan siap membangun rumah namun ingin pembangunan lebih hemat biaya? Tak usah khawatir, disini kami punya solusinya. Faktanya, banyak orang yang ragu memulai pembangunan rumah setelah melihat besarnya estimasi biaya pembangunan (RAB) dari konsultan atau kontraktor. Padahal, Anda bisa membangun rumah yang lebih low-budget jika mengetahui alternatif material pengganti untuk finishing rumah. Karenanya di artikel kali ini Emporio Architect akan membagikan tips mengenai alternatif material pengganti agar pembangunan lebih hemat biaya. Dibaca dan dicatat, ya!

A. Lantai

Saat pembangunan, material yang mudah dicari alternatif penggantinya adalah material finishing lantai. Berikut beberapa alternatif material pengganti untuk menutupi lantai bangunan.

1. Vinyl sebagai pengganti parket

Vinyl sebagai pengganti parket

Bila Anda ingin menghadirkan tampilan hangat dengan bahan kayu di lantai rumah Anda namun enggan mengeluarkan banyak biaya untuk membeli parket kayu, maka cobalah beralih ke vinyl bermotif kayu sebagai penggantinya. Tak hanya lebih murah, bahan vinyl ini juga lebih tahan lama, mudah dirawat dan dipasang serta punya banyak motif dengan berbagai pilihan warna.

2. Keramik bermotif sebagai pengganti marmer dan granit

Keramik bermotif sebagai pengganti marmer dan granit

Bagi Anda yang ingin menghadirkan material granit atau marmer pada lantai rumah namun ingin menghemat biaya, Anda bisa memakai keramik yang motifnya sebelas dua belas dengan marmer atau granit yang diinginkan. Namun tentu saja, kualitas serta kesan yang ditimbulkan oleh keramik bermotif marmer/granit pada ruangan pasti berbeda dengan lantai atau dinding yang difinishing dengan memakai granit atau marmer asli.

3. Paving sebagai pengganti andesit

Paving sebagai pengganti andesit

Berencana memakai andesit untuk lantai carport namun Anda ingin menghemat uang? Coba saja memakai paving sebagai alternatif material pengganti andesit. Dari ketahanan dan estetika memang akan berbeda jauh dengan lantai andesit, namun jika fokus Anda adalah harga yang lebih murah maka Anda bisa pertimbangkan penggunaan material paving pada lantai outdoor.

4. WPC sebagai pengganti kayu

WPC sebagai pengganti kayu

Punya kolam renang di rumah dan ingin membuat decking tapi tak ingin menghabiskan banyak uang untuk meng-install kayu ulin? Coba saja menggunakan WPC sebagai alternatif pengganti. Seperti namanya, WPC atau Wood Plastic Composite lebih tahan rayap, jamur, air maupun bahan kimia. Tak hanya itu, warna WPC lebih awet dan tak mudah mengembang/menyusut. Namun, decking WPC tentu akan tampil berbeda dengan decking kayu dari segi estetika, ramah lingkungan dan variasi. Karenanya, sesuaikan saja dengan kebutuhan serta budget Anda ya.

 

B. Dinding

Finishing dinding juga berperan penting dalam membentuk tampilan, suasana dan nuansa ruangan. Karenanya perhatikan pilihan material untuk finishing dinding rumah. Berikut beberapa alternatif material pengganti untuk menutupi bagian dinding bangunan.

1. Travertin sebagai pengganti marmer

Travertin sebagai pengganti marmer

Ingin menggunakan marmer pada interior bangunan tapi tidak memiliki cukup dana? Ganti saja dengan travertin! Dengan mengaplikasikan travertin sebagai pengganti marmer, Anda bisa menghemat banyak uang, interior bangunan pun tetap tampil berkelas dengan pilihan bahan berkualitas. Tak perlu memaksa menggunakan marmer jika memang budgetnya tidak cukup, ya.

2. Keramik bertekstur sebagai pengganti batu alam

Keramik bertekstur sebagai pengganti batu alam

Ingin menghadirkan batu alam pada dinding interior maupun eksterior rumah namun terbatas biaya? Tenang, Anda bisa menggunakan keramik bertekstur dengan tampilan menyerupai batu alam sebagai alternatif material penggnati batu alam asli. Dengan harga yang lebih murah, Anda bisa punya rumah dengan tampilan natural berhiaskan keramik batu alam yang tampak cantik.

3. WPC sebagai pengganti kayu

WPC sebagai pengganti kayu

Suka dengan rumah berfinishing kayu pada dinding ekterior, interior maupun pagarnya? Ingin mengaplikasikannya di rumah Anda namun terhalang dana? Coba saja beralih ke alternatif lain seperti WPC. WPC bisa digunakan sebagai finishing dinding eksterior, sebagai sun shading maupun pagar rumah. Dalam ruangan, WPC juga bisa menggantikan wall panel maupun partisi kayu. Dengan tampilan yang sebelas dua belas dengan kayu asli, harganya yang murah tentu sesuai untuk Anda yang budgetnya pas-pasan namun tetap menginginkan hunian tampil estetik.

4. Bata tempel sebagai pengganti dinding bata ekspos

Bata tempel sebagai pengganti dinding bata ekspos

Ingin mengekspos dinding agar tampilan bata merah terlihat? Gunakan saja bata tempel pada dinding. Daripada harus membongkar dinding demi mendapat looks bata merah ekspos, Anda bisa menempeli dinding yang ada dengan bata tempel. Dengan cara ini, Anda bisa mendapat rumah indah berdinding ekspos dengan biaya yang lebih terjangkau. Jika ingin lebih hemat lagi, Anda bisa menempelkan wall paper tebal bertekstur dengan tampilan menyerupai batu bata.

5. Menggunakan wall paper atau cat

Menggunakan wall paper atau cat

Menggunakan wall paper atau cat pada dinding bisa menjadi solusi paling mudah dan cepat bagi Anda yang ingin membangun rumah dengan biaya finishing interior yang lebih murah. Cukup dengan mengecat atau menempelkan wallpaper bermotif di interiir bangunan, tampilan interior bangunan Anda pun bisa jadi lebih enak dilihat dengan biaya yang cukup terjangkau.

 

C. Atap

Atap

Bagi Anda yang ingin membangun rumah dengan budget yang lebih sedikit, pertimbangkan juga pilihan material penutup atap atau genteng yang Anda gunakan. Karenanya bagi Anda yang ingin menghemat uang, cobalah mengganti bahan penutup atap yang tertera di gambar desain rumah Anda dengan bahan yang lebih murah. Contohnya, Anda bisa mengganti genteng berbahan beton atau keramik dengan genteng tanah liat. Perhatikanlah kualitas materialnya jika ingin rumah tampil mewah. Jangan sampai Anda mementingkan harga murah dan malah memakai genteng asbes, ya!

Demikian tips dan alternatif material pengganti agar lebih hemat biaya saat membangun rumah. Biaya membangun rumah memang tidaklah murah. Ingat, ada harga tentu ada kualitas. Karenanya bila Anda ingin menghemat biaya finishing saat pembangunan, perhatikan berbagai aspek seperti kualitas dan daya tahan sebelum menggantinya dengan material apapun yang lebih murah. Perlu jasa professional untuk merancang desain dan membuat gambar teknis rumah? Percayakan semuanya pada Emporio Architect. Bersama jasa konsultan Emporio Architect, wujudkan rumah yang nyaman, sehat dan indah.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Selain rutin membuat tulisan untuk blog Emporio Architect dan Emporio Interior tempatnya bekerja kini, Fairus juga beraktivitas sebagai content creator, content writer, arsitek dan interior desainer secara freelance. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi. Temui Fairus di akun Instagramnya: @fairusrizn
BACA JUGA:
Ketahui Dulu Masalah Umum dalam Proses Pembangunan Rumah dan Solusi Mengatasinya!
Ketahui Dulu Masalah Umum dalam Proses Pembangunan Rumah dan Solusi Mengatasinya!
  31 Maret 2021
Ini 5 Tips Pembangunan Bertahap Beserta Konsekuensinya yang Harus Anda Tahu!
Ini 5 Tips Pembangunan Bertahap Beserta Konsekuensinya yang Harus Anda Tahu!
  10 Maret 2021
Mengapa Anda Memilih Emporio Architect?
Mengapa Anda Memilih Emporio Architect?
  03 Mei 2014
DESAIN INTERIOR:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta
Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali
Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl. Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung
Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Antologi Collaboractive Space Tawangsari CT II, Gg. Gayamsari II No.9C, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta
Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India
Google Map Emporio Architect India

Ikuti Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6288809690854
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

           
Chat Konsultasi

  Chat Jabodetabek  

  Chat Luar Jabodetabek