Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

Intip Gaya Rumah Mediteran Tahun 1920an

Intip Gaya Rumah Mediteran Tahun 1920an

  07 November 2018
Oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Desain rumah mediteran cukup banyak diminati dan menjadi primadona dari tahun 1920an. Pasalnya, rumah model ini anggap megah dan bisa menampilkan sisi elegan. Walaupun sejatinya jasa desain rumah tidak menganjurkan model ini karena dianggap tidak pas untuk iklim di negara tropis. Namun, bagi Anda yang memang ingin menghadirkan desain rumah mediteran, tidak ada salahnya memahami desain rumah yang satu ini.

Tipe rumah mediteran

Desain rumah mediteran memang cukup banyak diaplikasikan di Indonesia, negara beriklim tropis. Gaya rumah mediteran sendiri dipopulerkan oleh bangunan yang ada di kawasan Mediterania. Rumah ini dibangun agar bisa bertahan pada kawasan yang memiliki intensitas angin yang tinggi. Ciri khusus, rumah mediteranian adalah strukturnya yang tinggi dan menonjol. Desain rumah mediteran lebih banyak dipengaruhi oleh budaya Eropa. Namun ada beberapa tipe gaya rumah mediterania, seperti berikut penjabarannya.

  1. Gaya Spanyol

Rumah mediteran yang menerapkan gaya Spanyol memiliki kesan yang lebih ramai. Rumah gaya yang satu ini lebih banyak menggunakan warna coklat kemerahan, kuning pucat dan juga warna cerah serta mural mozaic.

  1. Gaya Yunani

Pengaruh Yunani pada desain rumah mediteran lebih sederhana dengan furniture yang sederhana juga. Dinding dan juga lantai didominasi dengan warna putih. Selain itu, warna khas turquoise dan biru kobalt lebih banyak digunakan.

  1. Gaya Italia

Rumah mediteran dengan gaya Italia lebih banyak menggunakan warna earthy tone, seperti coklat, merah, jingga dan marun. Selain itu, gaya ini lebih banyak menggunakan material kayu yang cenderung berwarna coklat.

Intip Gaya Rumah Mediteran Tahun 1920an

Kharakteristik rumah mediteran

Beberapa desain rumah mediteran memang memiliki ciri khas tersendiri. Berikut ini beberapa ciri dari rumah mediteran yang bisa Anda aplikasan untuk style rumah Anda.

  1. Pilar dan kolom

Rumah mediteran terkenal akan strukturnya yang kokoh. Maka dari itu, tidak jarang rumah mediteran menggunakan pilir dan kolom megah. Pilar dan kolom megah bisa ditemukan di seluruh tempat, bahkan bisa dengan mudah ditemukan di sini kanan dan kiri jendela hingga pintu masuk rumah.

  1. Serambi atau portico

Selanjutnya, rumah mediteran selalu dilengkapi dengan serambi atau dikenal dengan nama portico. Biasanya serambi para rumah mediteran memiliki tiang penyangga di sisi kiri dan kanan pintu masuk rumah.

  1. Teras rumah mediteran

Desain rumah mediteran tidak terlepas dengan teras rumah. Bahkan, teras yang dimiliki memiliki ukuran yang luas dan bisa berada di depan dan belakang rumah. Selain itu, bagian teras banyak dilengkapi dengan taman rumah dan air mancur.

  1. Ornamen rumah mediteran

Keberadaan rumah mediteran bisa dikenali dengan ornamennya yang berbentuk lengkungan. Ornamen tersebut disebabkan karena pengaruh peradaaban Romawi. Bukan hanya lengkungan saja, rumah mediteran juga memiliki detail ornamen yang rumit. Jadi tidak ada dekorasi polos pada rumah mediteran.

  1. Atap rumah mediteran

Untuk style Yunani, rumah mediteran lebih banyak menggunakan atap datar. Sedangkan untuk gaya Spanyol dan Italia lebih banyak menggunakan atas jengki dan perisai. Namun begitu, atap rumah mediteran menggunakan bahan yang sama, yakni genteng dari tanah liat dengan warna coklat kemerahan.

  1. Dinding rumah mediteran

Karakter dari dinding desain rumah mediteran lebih banyak menggunakan bata tanah liat. Bahan tersebut memiliki kemampuan melindungi rumah dari sinar matahari, hujan dan panas. Namun ada juga yang menggunakan batu alam sebagai hiasan dinding rumah.

Intip Gaya Rumah Mediteran Tahun 1920an

 

Baca Juga:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta
Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali
Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl.Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung
Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Jl. Sadewa No.58E, Tegal Rejo, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta
Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India
Google Map Emporio Architect India

Ikuti Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6288809690854
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

      Chat