Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

Siap Membangun Rumah? Ini 5 Tips Pembangunan Bertahap Beserta Konsekuensinya yang Harus Anda Tahu!

Siap Membangun Rumah? Ini 5 Tips Pembangunan Bertahap Beserta Konsekuensinya yang Harus Anda Tahu!

  10 Maret 2021
Oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Ingin segera membangun rumah namun dana terbatas? Jika keterbatasan dana menjadi penghambat, maka membangun rumah secara bertahap bisa dijadikan solusi. Cara ini biasa disebut rumah tumbuh. Konsep rumah tumbuh biasanya diaplikasikan karena keterbatasan lahan, keterbatasan dana ataupun berjalan perlahan seiring bertambahnya jumlah anggota keluarga.

Rumah tumbuh bisa menjadi siasat jitu untuk Anda yang memiliki keterbatasan dana pembangunan. Umumnya, rumah tumbuh bisa dilakukan dengan menambah massa bangunan secara horizontal (membuat bangunan baru di sampingnya) maupun secara vertikal (membuat tingkat/lantai baru pada bangunan yang sudah ada). Bagi Anda yang ingin membangun rumah dengan konsep rumah tumbuh dan memulai pembangunan dalam beberapa tahap, maka perhatikan pembahasan Emporio Architect berikut mengenai tips pembangunan bertahap serta konsekuensinya.

  1. Sesuaikan tipe rumah tumbuh dengan ukuran lahan

Sebelum memulai pembangunan, pastikan Anda mengetahui ukuran lahan serta bentuk lahan yang akan dibangun. Bila Anda punya lahan kosong yang luas dan lapang, maka rumah tumbuh horizontal cocok untuk Anda. Rumah tumbuh horizontal memiliki keunggulan dalam hal privasi, kemudahan struktur dan konstruksi, dan lain sebagainya. Bila lahan yang dimiliki berukuran kecil atau sempit, maka rumah tumbuh vertikal akan lebih cocok dan lebih praktis untuk Anda.

  1. Pastikan struktur bangunan memadai

Untuk Anda yang memilih membangun tumah tumbuh tipe vertikal, maka konsekuensinya struktur bangunan awal harus direncanakan dengan baik. Perkuat pondasi bangunan agar ketika Anda menambah lantai/tingkat baru, maka struktur dan konstruksi bangunan pun tetap kokoh tanpa gangguan. Karenanya, struktur bangunan harus benar-benar diperhitungkan dari awal, mulai dari pondasi, kolom hingga balok penunjang. Tak hanya itu, desain rumah dengan atap datar cocok untuk pembangunan rumah tumbuh vertikal agar atap tidak perlu dibongkar.

  1. Buat anggaran biaya

Setelah membuat konsep rumah tumbuh yang diinginkan, Anda bisa mulai membuat anggaran biaya pembuatan desain dan pembangunannya. Karena sejak awal memiliki keterbatasan dana sehingga memilih metode rumah tumbuh, maka Anda harus extra teliti dan hati-hati dalam membuat anggaran biaya. Prioritaskan pembangunan fasilitas utama dan berkonsultasi dengan professional untuk mengetahui perkiraan biaya bangun, renovasi hingga biaya tenaga kerja.

  1. Jadwalkan waktu pembangunan beserta tahapannya

Membuat rumah tumbuh artinya di masa depan akan ada saat-saat dimana Anda dan keluarga merasa sedikit terusik dengan adanya pembangunan berkelanjutan dan pekerja konstruksi yang bersliweran di rumah Anda. Tak hanya itu, jika salah mengatur timing, pembangunan bertahap bisa sangat merepotkan. Karenanya jadwalkan waktu pembangunan beserta tahapnya dengan baik. Disarankan untuk memulai pembangunan saat musim penghujan berakhir agar Anda tidak usah memusingkan membengkaknya dana serta rembesan air. Utamakan membangun ruang utama seperti dapur, kamar mandi dan kamar tidur sebelum membangun ruangan lainnya.

  1. Pilih jasa desain dan jasa konstruksi yang sesuai

Merencanakan pembangunan rumah tumbuh bukan hal mudah yang bisa dilakukan sendiri oleh orang awam. Karenanya bagi Anda yang mementingkan kualitas serta kemudahan, gunakan saja jasa desain beserta jasa konstruksi yang sesuai sebelum memulai pembangunan rumah tinggal. Jasa desain seperti Emporio Architect bisa membantu Anda merencanakan desain hingga anggaran biaya rumah tumbuh sedangkan kemudian jasa konstruksi yang akan mengeksekusi pembangunan rumah tumbuh Anda sesuai dengan desain awal. Dengan memakai jasa desain dan jasa kontruksi yang professional, dijamin rumah tumbuh Anda bisa terealisasi dengan baik.

Demikian 5 tips pembangunan bertahap beserta konsukuensinya yang perlu diketahui bagi Anda yang hendak membangun rumah tapi memiliki keterbatasan dana. Bila Anda berencana membangun rumah tumbuh dan membutuhkan jasa desain terpercaya, hubungi jasa konsultan Emporio Architect. Bersama jasa desain rumah tinggal Emporio Architect – wujudkan hunian impian Anda dan keluarga.

Baca Juga:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta
Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali
Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl. Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung
Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Antologi Collaboractive Space Tawangsari CT II, Gg. Gayamsari II No.9C, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta
Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India
Google Map Emporio Architect India

Ikuti Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6288809690854
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

          Chat