Jabodetabek : +6282146645837
  Luar Jabodetabek : +6282219788877

Ini 5 Tips Pembangunan Bertahap Beserta Konsekuensinya yang Harus Anda Tahu!

Ini 5 Tips Pembangunan Bertahap Beserta Konsekuensinya yang Harus Anda Tahu!
Dipublikasikan 18 Januari 2022    Edukasi, Tips, dan Trik
Ditulis oleh: Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  

Tak sabar ingin bangun rumah namun dana terbatas? Jika keterbatasan dana menjadi penghambat Anda dalam wujudkan hunian impian, maka membangun rumah secara bertahap bisa menjadi solusi. Cara ini disebut rumah tumbuh. Konsep rumah tumbuh biasanya diaplikasikan karena keterbatasan keterbatasan dana atau pembangunan yang berjalan seiring bertambahnya jumlah anggota keluarga.

Rumah tumbuh bisa menjadi siasat jitu untuk Anda yang dana pembangunannya terbatas. Umumnya, rumah tumbuh dilakukan dengan menambah massa bangunan secara horizontal (membuat bangunan baru di sampingnya) maupun secara vertikal (membuat tingkat/lantai baru pada bangunan yang sudah ada). Bagi Anda yang ingin membangun dengan konsep rumah tumbuh dan memulai pembangunan dalam beberapa tahap, berikut ini tips pembangunan bertahap serta konsekuensinya ala Emporio.

1. Sesuaikan tipe rumah tumbuh dengan ukuran lahan

Sebelum memulai pembangunan, pastikan Anda tahu ukuran lahan serta bentuk lahan yang akan dibangun. Bila Anda punya lahan kosong yang lapang, maka rumah tumbuh horizontal cocok untuk Anda. Rumah tumbuh horizontal memiliki keunggulan dalam hal privasi, kemudahan struktur dan konstruksi, dan lain sebagainya. Namun bila lahan yang dimiliki berukuran kecil atau sempit, maka rumah tumbuh vertikal akan lebih cocok dan lebih praktis untuk Anda.

2. Pastikan struktur bangunan memadai

Untuk Anda yang memilih membangun rumah tumbuh tipe vertikal, maka konsekuensinya struktur bangunan awal harus direncanakan dengan baik. Perkuat pondasi bangunan agar saat menambah lantai/tingkatan baru, maka struktur dan konstruksi bangunan tetap kokoh dan aman. Karenanya, struktur bangunan harus diperhitungkan dengan teliti dari awal, mulai dari jenis pondasi, kolom hingga balok penunjangnya. Tak hanya itu, desain rumah dengan atap datar juga lebih cocok untuk pembangunan rumah tumbuh tipe vertikal agar atap bangunan sebelumnya tak perlu dibongkar.

3. Buat anggaran biaya

Setelah membuat konsep rumah tumbuh yang diinginkan serta cocok dengan luasan lahan dan kebutuhan keluarga, Anda bisa membuat anggaran biaya desain dan pembangunannya. Karena sejak awal memiliki keterbatasan dana, maka Anda harus ekstra teliti dan hati-hati dalam membuat anggaran biaya. Prioritaskan pembangunan fasilitas utama dan konsultasikan dengan profesional untuk mengetahui perkiraan biaya desain, pembangunan, renovasi hingga biaya tenaga kerja.

4. Jadwalkan waktu pembangunan beserta tahapannya

Membuat rumah tumbuh berarti Anda dan keluarga akan kembali terusik dengan pembangunan berkelanjutan dan pekerja konstruksi yang bersliweran di rumah Anda di masa mendatang. Tak hanya itu, jika salah mengatur timing, pembangunan bertahap bisa sangat merepotkan. Karenanya jadwalkan waktu pembangunan bertahap dengan baik. Disarankan untuk memulai pembangunan saat musim hujan berakhir agar Anda tak memusingkan rembesan air hingga bengkaknya dana.

5. Pilih jasa desain dan jasa konstruksi yang sesuai

Merencanakan pembangunan rumah tumbuh bukan hal mudah yang bisa dilakukan sendiri oleh orang awam. Karenanya bagi Anda yang mementingkan kualitas serta kemudahan, gunakan jasa desain, jasa pengawas beserta jasa konstruksi yang sesuai sebelum memulai pembangunan rumah tumbuh. Emporio Architect bisa membantu Anda merencanakan desain, anggaran biaya hingga pengawasan proses pembangunan. Sedangkan jasa kontruksi dibutuhkan untuk mengeksekusi pembangunan rumah tumbuh Anda sesuai dengan rencana awal. Dengan begitu, dijamin rumah tumbuh Anda bisa terealisasi dengan baik sesuai harapan.

Demikian 5 tips pembangunan bertahap beserta konsukuensinya yang perlu Anda ketahui bila ingin cepat-cepat membangun rumah namun dengan dana yang terbatas. Bila Anda berencana membangun rumah dan membutuhkan jasa arsitek profesional untuk membuat desainnya, hubungi Emporio Architect. Bersama Emporio Architect – wujudkan hunian impian Anda dan keluarga tercinta.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi.

Apabila Anda ada pertanyaan silahkan konsultasikan dengan kami.

BACA JUGA:
desain rumah MINIMALIS
desain rumah CLASSIC
desain rumah MODERN
desain rumah MEDITERAN
blog POPULER
DESAIN INTERIOR:
         
KONSULTASI DENGAN CS KAMI
Syahrul Dwi Andrian, Amd
Andrian
Dwi Pratiwi, S.Ars
Tiwi
I Gusti Agung Ayu Chandra Devi, S.Ars
Devi
Aarles Sumarten, S.S.
Arles

Telp. Jabodetabek:
+6282146645837

Telp. Luar Jabodetabek:
+6282219788877

QR Code WA Jabodetabek:
QR Code WA Luar Jabodetabek:
Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940

Google Map Emporio Architect Jakarta

Kantor Bali

PERUM Piakan Indah Mesari No. 18A, Jalan Piakan I, Batubulan, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582

Google Map Emporio Architect Bali

Kantor Bandung

Menara Asia Afrika Lantai 9 Regus Office No. 918, Jalan Asia Afrika No. 133-137, Bandung 40112

Google Map Emporio Architect Bandung

Kantor Yogyakarta

Jl. Sagan Kidul No.14, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

Google Map Emporio Architect Jogja

Kantor Surabaya

Pakuwon Center Lantai 23, Jl. Embong Malang 1-5, Surabaya, Jawa Timur 60261

Google Map Emporio Architect Surabaya

Kantor Semarang

Gedung Menara Suara Merdeka Lt. 11, Jalan Pandanaran No. 30, Pekunden, Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah 50241

Google Map Emporio Architect Semarang

Kantor Balikpapan

Panin Tower Floor 8th, Jl. Jendral Sudirman No.7, Balikpapan, Kalimantan Timur 76113

Google Map Emporio Architect Balikpapan

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek: +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek: +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama: +6281353353909
Kritik, Saran dan Pengaduan: +6282146847758
HR & Lowongan Pekerjaan: +6281236313868

Konsultasi: infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran & Kerja Sama: partnershipCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Lowongan Pekerjaan: hrdCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

Ikuti Kami