Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

Desain Rumah Minimalis - Karakteristik Utama Rumah Modern Minimalis

Karakteristik Utama Rumah Modern Minimalis

  23 November 2018
Ditulis oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Untuk anda yang ingin membangun sebuah rumah yang minimalis tapi memiliki sentuhan modern, berikut ini adalah beberapa karakteristik yang perlu anda perhatikan ketika membuat rumah minimalis modern ini.

Simplicity untuk bentuk dan fungsinya

Salah satu karakteristik utama dari sebuah rumah dengan gaya modern minimalis adalah simplicity pada bentuk dan juga fungsinya. Sebuah rumah dengan gaya modern minimalis tidak memiliki banyak detail pada bentuk bangunannya. Mereka biasanya menggunakan gaya geometri seperti bentuk kubus yang simple bahkan dengan menggunakan atap yang datar atau rata. Tapi hal ini belum banyak dilakukan di indonesia. Pasalnya karakter rumah dengan gaya minimalis modern yang murni tidak begitu cocok dengan kondisi alam di indonesia. Oleh karena itu kebanyakan rumah modern minimalis di indonesia masih menggunakan atap dengan bentuk trapesium dan juga limas seperti rumah-rumah pada umumnya.

Karakteristik Utama Rumah Modern Minimalis 1

Untuk anda yang ingin menggunakan karakteristik ini untuk membuat rumah minimalis anda, anda bisa mencoba membuat tampilan depan rumah anda menjadi lebih simple dengan penggunaan jendela-jendela yang minimalis, terbuat dari kaca tanpa kusen atau dengan desain-desain minimalis yang tidak banyak detail lainnya.

Bagian eksterior dengan tekstur yang kontinyu

Selain dilihat dari bentuknya, karakteristik utama dari sebuah rumah dengan gaya modern minimalis bisa dilihat dari tekstur eksterior yang kontinu. Pada dasarnya rumah-rumah di Indonesia sudah banyak menggunakan konsep ini, yaitu konsep permukaan dinding yang kontinyu yaitu menggunakan permukaan beton yang halus. Meski menggunakan tembok beton halus sudah cukup memenuhi konsep desain modern minimalis tapi konsep ini akan membuat rumah terlihat membosankan. Untuk memberikan daya tarik tapi tetap memiliki konsep minimalis yang kental. Coba anda gunakan pelapis seperti kayu-kayuan di bagian eksterior rumah anda atau menghiasinya dengan menggunakan kaca yang besar. Hal ini akan membantu memberikan konsep desain minimalis yang lebih kuat.

Konsep bersih, terbuka dan terang

Konsep ini merupakan konsep yang tidak boleh ketinggalan dari sebuah rumah modern minimalis. Sebuah rumah dengan konsep modern minimalis memang memiliki bentuk dan hiasan yang minimal, tapi bukan hanya itu. Ketika anda ingin membuat sebuah rumah dengan konsep desain minimalis pastikan rumah yang anda buat memiliki penerangan yang cukup. Penerangan yang besar dibutuhkan untuk menciptakan konsep yang bersih dan juga minimal. Untuk mendapatkan konsep terang ini salah satu hal yang bisa anda lakukan adalah membuat sebuah area terbuka di rumah anda atau dengan memberikan kaca besar di salah satu dinding rumah anda untuk membiarkan cahaya masuk dengan bebas. Cahaya natural yang masuk ke dalam ruangan akan membuat ruangan terlihat bersih, luas dan juga indah.

Karakteristik Utama Rumah Modern Minimalis 2

Penggunaan material dengan tekstur untuk faktor visual

Sebuah rumah minimalis yang modern dibuat dengan menggunakan perabotan yang minim tapi fungsional. Tapi jika anda membuatnya terlalu minimalis sebuah ruangan dapat menjadi ruangan yang membosankan. Oleh karena itu anda perlu strategi untuk mengatasinya. Salah satu strategi untuk mengatasi sebuah ruangan yang terlalu membosankan karena perabotannya terlalu minim adalah dengan menambahkan tekstur dari material yang anda gunakan.

Tekstur material yang paling banyak digunakan untuk rumah minimalis adalah tekstur kayu, anda bisa menggunakan kayu dengan warna natural atau kayu yang sudah di cat dengan warna lain untuk menghadirkan nuansa berbeda di ruangan anda. Kayu merupakan komponen yang banyak dipilih dalam sebuah rumah minimalis karena minimalis memiliki kaitan yang erat dengan konsep alami.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi.
Baca Juga:
DESAIN RUMAH TERBAIK:
DESAIN INTERIOR:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta

Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali

Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl. Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung

Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Antologi Collaboractive Space Tawangsari CT II, Gg. Gayamsari II No.9C, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta

Google Map Emporio Architect Jogja

Layanan Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, dan Bali, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6282297858081
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

Ikuti Kami
           
Chat Konsultasi