Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

Siap Merencanakan Desain Rumah? Ketahui Dulu 10 Prinsip Desain Emporio Architect yang Bisa Sulap Rumah Tinggal Jadi Bernuansa Villa

Siap Merencanakan Desain Rumah? Ketahui Dulu 10 Prinsip Desain Emporio Architect yang Bisa Sulap Rumah Tinggal Jadi Bernuansa Villa

  20 Februari 2021
Oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Dalam merencanakan dan membangun rumah, Anda pasti ingin rumah tinggal yang dibangun nantinya terasa nyaman serta bisa menjadi tempat beristirahat dan menghilangkan penat setelah beraktivitas seharian, bukan? Tak heran banyak orang berlomba membangun rumah mewah, berharap mendapat tempat untuk refreshing dan me-recharge energi sebagai alternatif karena tidak bisa pergi berlibur. Agar tidak terpenjara dalam rasa bosan dan penat yang semakin menumpuk tiap harinya, solusi terbaik adalah dengan membangun rumah tinggal bernuansa villa.

Gagasan tempat beristirahat yang nyaman bernuasa villa yang awalnya hanya bisa didapat dengan menginap di resort dan hotel kini dikemas dalam bentuk hunian rasa villa oleh salah satu firma arsitek ternama di Indonesia, yaitu Emporio Architect. Memiliki filososfi dan prinsip-prinsip desain tersendiri, Emporio Architect berhasil menciptakan kesan liburan ala villa tropis pada rumah tinggal di perkotaan. Hasilnya, Anda bisa merasakan suasana yang nyaman dan lega di tengah kota, layaknya sedang berlibur dan menginap di salah satu villa mewah yang berada di Bali atau Lombok.

Adapun 10 prinsip desain Emporio Architect yang mampu membawa suasana villa tropis ke dalam rumah tinggal adalah sebagai berikut.

  1. Bentuk bangunan dibuat menyerupai huruf L dengan banyak bukaan kaca berukuran lebar.
  2. Memastikan semua ruang utama dalam rumah mendapat sinar matahari dan penghawaan alami yang optimal dengan memperbanyak bukaan dan menghindari bangunan yang ‘gemuk’.
  3. Menghadirkan taman belakang dengan unsur air (swimming pool, fish pond, reflecting pool) yang memberi kesan tenang, unsur tanaman hijau yang membawa kesegaran tropis serta perkerasan berupa pool deck sebagai area bersantai dan berkumpul keluarga.
  4. Meminimalisir penggunaan sekat di dalam rumah sehingga rumah terasa lapang dan lega.
  5. Memaksimalkan bukaan kaca setinggi 2,4 m - 2,8 m, void serta sliding door/folding door untuk mengoptimalkan masuknya cahaya dan udara alami serta membuat rumah jadi lebih sehat.
  6. First impression rumah jadi lebih bagus dan terkesan lega karena minimnya sekat, banyaknya bukaan serta adanya suguhan view taman dan kolam renang yang bisa terlihat ketika penghuni baru memasuki pintu utama bangunan.
  7. Menghadirkan void dengan elemen hias seperti decorative wall hingga lampu-lampu cantik pada ruang komunal seperti ruang keluarga atau ruang makan untuk menambah nilai estetika.
  8. Mengupayakan adanya bukaan dan akses view taman belakang di tiap kamar tidur, terutama pada master bedroom, agar kesan liburan di villa semakin terasa.
  9. Master bedroom diletakkan paling jauh dari jalan (di bagian belakang rumah) untuk memberi privasi dan ketenangan sehingga penghuni merasakan efek relax dan healing.
  10. Sebisa mungkin pada master bedroom tersedia walk-in-closet, kamar mandi berisi bathtub serta bukaan yang memperlihatkan view taman untuk memberi kesan berlibur di villa tropis.

Tentu saja uraian di atas hanya sebagian kecil dari prinsip-prinsip desain Emporio Architect yang bisa membawa suasana villa ke dalam rumah tinggal. Dalam merancang project desain, arsitek di Emporio Architect akan mengaplikasikan berbagai prinsip desain, termasuk prinsip desain berdasarkan denah dan perletakan ruang, estetika, bukaan, maintenance, experience, levelling hingga materialnya.

Dengan menerapkan berbagai prinsip desain inilah Emporio Architect bisa menghasilkan karya desain yang eksklusif dan bernuansa villa tropis pada rumah tinggal. Tak heran desain hunian karya Emporio Architect pun diminati banyak orang dari Indonesia, Timor Leste, Malaysia, Myanmar, Nepal, India, Saudi Arabia, Brunei Darussalam, Senegal, Tanzania, Inggris hingga Swiss. Bila Anda penasaran apa saja prinsip desain Emporio Architect dan bagaimana prinsip tersebut bisa menyulap rumah jadi bernuansa villa, segera hubungi dan gunakan jasa konsultan Emporio Architect – arsitek professional.

Bila ingin melihat penjelasan mengenai beberapa tips dan prinsip desain Emporio Architect, Anda bisa klik link berikut https://www.emporioarchitect.com/blog/prinsip-perletakan-masa-bangunan-zoning-dan-perletakan-carport-dan-garasi

Baca Juga:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta
Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali
Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl. Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung
Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Antologi Collaboractive Space Tawangsari CT II, Gg. Gayamsari II No.9C, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta
Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India
Google Map Emporio Architect India

Ikuti Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6288809690854
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

          Chat