Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

Ingin Membuat Desain Rumah Minimalis? Perhatikan 7 Hal Penting Ini!

Ingin Membuat Desain Rumah Minimalis? Perhatikan 7 Hal Penting Ini!

  20 Oktober 2018
Oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Desain rumah minimalis sekarang sedang menjadi tren masyarakat, bukan hanya tingkat menengah namun juga menengah ke atas. Keunikan dan kelebihan yang banyak dimiliki rumah dengan ukuran mini membuat masyarakat tidak segan melirik dan menjadikan hunian idaman. Terlebih di jaman di mana lahan kosong semakin sulit di dapat seperti saat ini. Hanya saja, mendesain rumah dengan tipe minimalis bukan mudah; dibutuhkan bakat dan ketelitian yang tinggi. Bagi Anda yang tidak menguasai hal tersebut, jasa desain rumah terbaik bisa menjadi dewa penolong bagi Anda. Pada umumnya, ada tujuh hal yang menjadi titik tekan pada tipe rumah minimalis. Berikut ini ketujuh hal tersebut:

  1. Memahami Tema Desain

Hal yang pertama kali dipersiapkan saat membangun rumah minimalis adalah menentukan sekaligus memahami tema rumah. Tema ini sangat penting karena akan mempermudah Anda dalam memilih furniture sekaligus aksesoris yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu, adanya tema juga akan menghemat biaya maupun waktu pengerjaan, karena semua sudah terkonsep sebelumnya.

  1. Menyesuaikan Aktivitas Harian

Tidak hanya sebagai tempat istirahat, rumah juga digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas harian. Oleh karena itu, pada saat mendesain rumah, sesuaikan dengan aktivitas yang sering dilakukan. Jika banyak melakukan aktivitas di ruang tamu, perbesar ruang tersebut dan beri furniture pendukung yang menjamin kenyamanan.

  1. Memilih Furniture Fungsional

Keindahan sebuah rumah bukan terletak pada banyaknya atau mewahnya furniture yang ada di dalamnya. Rumah akan tampak indah jika furniture yang ada tertata dengan rapi. Oleh karena itu, tidak masalah mempunyai furniture sedikit dan sederhana, asalkan tertata dengan rapi dan mempunyai fungsi maksimal. Tidak hanya itu, tata letak furnture juga harus diperhatikan agar ruangan tampak luas meskipun sebenarnya mempunyai ukuran sempit.

  1. Memberikan Sentuhan Dekorasi

Untuk memberikan kesan hidup dalam rumah minimalis, Anda bisa memberikan sentuhan dekorasi seperti wallpaper di setiap sudut ruangan. Hanya saja yang perlu diperhatikan, pilhlah motif wallpaper yang tidak terlalu ramai agar ruangan tidak terkesan sempit. Selain itu, Anda juga bisa menempatkan lampu hias pada ruang tamu agar ruangan terkesan elegan dan mewah.

Ingin Membuat Desain Rumah Minimalis? Perhatikan 7 Hal Penting Ini! 1

  1. Memilih Warna yang Tepat

Suasana sebuah ruangan sangat ditentukan oleh pemilihan warna yang tepat. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih warna untuk rumah minimalis, salah satunya adalah disesuaikan dengan warna furniture dan tema ruangan. Tidak hanya itu, akan lebih fleksibel jika memilih warna-warna pastel yang kalem dan tidak memantulkan cahaya. Hal ini akan semakin membuat ruangan tampak elegan dan sejuk.

  1. Memperhatikan Pembagian Ruangan

Jika memungkinkan, buatlah ruangan yang multifungsi sehingga tidak memerlukan banyak partisi. Sebab, partisi memang dapat memunculkan kesan sempit pada ruangan. Namun, jika memang ada ruangan yang harus menggunakan partisi, buatlah partisi yang portabel. Sehingga, saat Anda membutuhkan ruang lebih luas, partisi tinggal diambil dan dialihkan.

Ingin Membuat Desain Rumah Minimalis? Perhatikan 7 Hal Penting Ini! 2

  1. Memperhatikan Pencahayaan Ruangan

Pencahayaan juga tidak kalah penting dalam rumah minimalis. Kesan mendalam akan semakin kuat berkat pencahayaan ini. Sebagai contoh, Anda bisa menerapkan lampu dengan pendar putih yang tidak menyilaukan pada ruang tamu dan keluarga. Atau, menerapkan lampu redup yang disorotkan pada salah satu sudut ruang kamar agar terkesan romantis.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, bisa jadi rumah minimalis yang Anda bangun jauh lebih menarik dan elegan dibandingkan dengan desain rumah mewah. Pastinya akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi Anda, bukan? Selamat mencoba!

Baca Juga:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta
Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali
Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl.Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung
Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Jl. Sadewa No.58E, Tegal Rejo, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta
Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India
Google Map Emporio Architect India

Ikuti Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6288809690854
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

      Chat