Jabodetabek : +6282146645837
  Luar Jabodetabek : +6282219788877

Tips Mencegah Rayap

Tips Mencegah Rayap
Dipublikasikan 21 Januari 2022    Edukasi, Tips, dan Trik
Ditulis oleh: Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  

Saat membangun rumah, Anda pasti ingin rumah tersebut senantiasa kokoh dan tahan lama, bukan? Sayangnya, tidak semua rumah bisa bertahan lama terlebih dengan berbagai serangan dari luar seperti iklim, bencana alam, hingga serbuan rayap. Dibanding serangga lainnya, serangan rayap pada rumah sangat menghawatirkan karena hewan tersebut bisa menghancurkan struktur rumah dan perabot dalam beberapa tahun tanpa terlacak di tahun-tahun awal. Karenanya untuk menyelamatkan rumah dari rayap, Emporio Architect membagikan tips mencegah rayap agar rumah kokoh dan awet.

Rumah adalah investasi yang mahal dan menghabiskan banyak uang, baik membeli maupun bangun baru. Karenanya Anda pasti tak ingin rumah yang sudah susah payah di bangun atau di beli malah rusak karena rayap, bukan? Untuk itu sebelum koloni rayap menyerbu struktur, kusen hingga perabot di rumah Anda, sebaiknya lakukan langkah-langkah pencegahan berikut ini.

Tips Mencegah Rayap

  1. Agar rayap tidak menyerang rumah Anda di masa mendatang, awali dengan menyingkirkan tunggul atau pohon mati yang terdapat di sekitar rumah. Cobalah berpatroli di halaman, samping dan belakang rumah untuk mengetahui apakah ada pohon mati atau tumpukan kayu yang bisa menjadi sarang rayap. Jika Anda punya penyimpanan kayu bakar, simpan agak jauh dari bangunan utama.
  2. Rutinlah mengecek kondisi kusen, perabot dan material kayu lainnya di rumah Anda untuk melihat apakah ada yang berlubang. Ketuk-ketuk kayu dan dengarkan suaranya untuk mengecek apakah kayu sudah keropong di dalam atau tidak untuk mengetahui serangan rayap.
  3. Untuk mencegah rayap datang ke rumah, mulailah dengan memakai kayu olahan berkualitas untuk membuat gazebo, perabot, kusen dan lainnya. Kayu olahan berkualitas tidak akan menarik minat koloni rayap untuk singgah di rumah Anda terlebih bila kayu sudah diawetkan.
  4. Rayap umumnya masuk ke rumah melalui kayu yang bersentuhan dengan tanah seperti pada kusen pintu, tiang atau balok penyangga dan decking. Karenanya rutinlah mengecek area-area ini secara teratur untuk mencari tanda kehadiran rayap. Singkirkan air yang menggenang dan beri bahan kimia anti rayap pada tanah yang berdekatan dengan kayu untuk mengusir rayap.
  5. Jika di rumah Anda ada taman dengan banyak tanaman di sekelilingnya, ada baiknya untuk tidak menempatkan mulsa di dekat bangunan utama. Pasalnya, mulsa membuat tanah menjadi lembab dan mencegah pertumbuhan kayu. Hal ini menjadi ‘undangan’ bagi koloni rayap untuk bersarang.
  6. Bila Anda ingin membuat rumah terasa lebih asri dengan banyak tanaman namun ingin menghindari rayap, sebaiknya buat area bebas tanaman, pohon, tanah dan sejenisnya sejauh 12-25 cm dari struktur terluar bangunan untuk mencegah koloni rayap bersarang di dekat rumah.
  7. Anda juga bisa memasang perisai logam antirayap di sepanjang pondasi rumah untuk mencegah serangan rayap. Gunakan perisai yang terbuat dari logam anti karat tanpa celah untuk mencegah rayap masuk ke/dari pondasi dan menyerang struktur bangunan rumah Anda.
  8. Untuk mencegah serangan rayap di masa mendatang, jaga agar rumah Anda tetap kering. Jangan biarkan ada genangan air dalam waktu lama sebab kelembaban bisa mengundang rayap. Anda juga bisa menjemur perabot kayu secara berkala di siang hari saat cerah untuk membasmi rayap kayu.
  9. Tutuplah celah yang ada di rumah terutama celah pada tembok, lantai, kusen, kabel, pipa dan lainnya. Lapisilah celah yang ada dengan kawat kasa maupun dengan dempul.
  10. Terakhir, lakukan pembasmian rayap secara berkala dengan menyemprot sekeliling rumah dengan pembasmi rayap seperti Taurus SC, Termidor SC atau produk yang mengandung termitisida/ insektisida Fipronil. Cairan yang mengandung racun ini bisa membasmi semut dan rayap.

tips mencegah rayap

Demikian tips mencegah rayap yang bisa Anda lakukan agar rumah terbebas dari serangan rayap. Membangun rumah membutuhkan banyak uang, tenaga dan waktu hingga akhirnya siap huni. Untuk itu rawatlah rumah sebaik mungkin agar tidak rusak karena berbagai faktor mulai dari iklim hingga rayap. Ikuti cara di atas bila Anda ingin rumah Anda bebas rayap. Bila Anda butuh jasa desain rumah, segera hubungi Emporio Architect. Bersama Emporio Architect, wujudkan hunian impian Anda.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi.

Apabila Anda ada pertanyaan silahkan konsultasikan dengan kami.

BACA JUGA:
25 Januari 2022  
desain rumah MINIMALIS
desain rumah CLASSIC
desain rumah MODERN
desain rumah MEDITERAN
blog POPULER
26 September 2022  
DESAIN INTERIOR:
         
KONSULTASI DENGAN CS KAMI
Syahrul Dwi Andrian, Amd
Andrian
Dwi Pratiwi, S.Ars
Tiwi
I Gusti Agung Ayu Chandra Devi, S.Ars
Devi
Ida Ayu Wisma Anggaritha Pathni, S.Kom., MTA
Dayu
Aarles Sumarten, S.S.
Aarles

Telp. Jabodetabek:
+6282146645837

Telp. Luar Jabodetabek:
+6282219788877

QR Code WA Jabodetabek:
QR Code WA Luar Jabodetabek:
Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940

Google Map Emporio Architect Jakarta

Kantor Bali

PERUM Piakan Indah Mesari No. 18A, Jalan Piakan I, Batubulan, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582

Google Map Emporio Architect Bali

Kantor Bandung

Menara Asia Afrika Lantai 9 Regus Office No. 918, Jalan Asia Afrika No. 133-137, Bandung 40112

Google Map Emporio Architect Bandung

Kantor Yogyakarta

Jl. Sagan Kidul No.14, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

Google Map Emporio Architect Jogja

Kantor Surabaya

Pakuwon Center Lantai 23, Jl. Embong Malang 1-5, Surabaya, Jawa Timur 60261

Google Map Emporio Architect Surabaya

Kantor Semarang

Gedung Menara Suara Merdeka Lt. 11, Jalan Pandanaran No. 30, Pekunden, Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah 50241

Google Map Emporio Architect Semarang

Kantor Balikpapan

Panin Tower Floor 8th, Jl. Jendral Sudirman No.7, Balikpapan, Kalimantan Timur 76113

Google Map Emporio Architect Balikpapan

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek: +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek: +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama: +6281353353909
Kritik, Saran dan Pengaduan: +6282146847758
HR & Lowongan Pekerjaan: +6281236313868

Konsultasi: infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran & Kerja Sama: partnershipCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Lowongan Pekerjaan: hrdCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

Ikuti Kami