Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

Tips Mencegah Rayap

Tips Mencegah Rayap
  20 April 2021
Ditulis oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Saat membangun rumah, Anda pasti ingin rumah Anda senantiasa kokoh dan awet, bukan? Namun tak bisa dipungkiri bahwa tidak semua rumah bisa bertahan lama terlebih dengan berbagai serangan. Selain iklin dan bencana alam, serangan yang patut diwaspadai adalah serbuan rayap. Dibandingkan serangga lainnya, serangan rayap pada rumah sangat menghawatirkan karena hewan tersebut bisa menghancurkan struktur dan perabot dalam beberapa tahun tanpa terlacak di tahun-tahun awal. Karenanya untuk menyelamatkan rumah dan perapot dari kerusakan akibat rayap, kali ini Emporio Architect akan membagikan tips mencegah rayap agar rumah senantiasa kokoh dan awet.

Rumah adalah investasi yang mahal dan menghabiskan banyak uang baik untuk membeli maupun untuk membangunnya. Karenanya Anda pasti tak ingin rumah yang sudah susah payah di bangun atau di beli malah rusak karena rayap, bukan? Untuk itu sebelum koloni rayap menyerbu struktur, kusen hingga semua perabot di rumah Anda, sebaiknya lakukan langkah-langkah pencegahan berikut ini.

Tips Mencegah Rayap

  1. Agar rayap tidak menyerang rumah Anda di masa mendatang, awali dengan menyingkirkan tunggul atau pohon mati yang terdapat di sekitar rumah. Cobalah berpatroli di halaman atau samping kiri kanan dan belakang rumah untuk mengetahui apakah ada pohon mati atau tumpukan kayu yang berpotensi menjadi sarang rayap di sekitar rumah. Jika Anda memiliki penyimpanan kayu bakar dan sejenisnya, simpan jauh-jauh dari bangunan utama.
  2. Rutinlah mengecek keadaan kusen, perabot dan material kayu lainnya di rumah Anda untuk melihat apakah ada yang berlubang. Ketuk-ketuk kayu dan dengarlkan suaranya untuk mengecek apakah kayu sudah keropong di dalam atau tidak untuk mengetahui serangan rayap.
  3. Untuk mencegah rayap datang ke rumah, mulailah dengan memakai kayu olahan berkualitas untuk membuat gazebo, perabot, bangunan atau apa saja. Kayu olahan berkualitas tidak akan menarik minat koloni rayap untuk singgah di rumah Anda terlebih bila kayu sudah diawetkan.
  4. Rayap umumnya masuk ke dalam rumah melalui kayu yang bersentuhan dengan tanah seperti pada kusen pintu, tiang atau balok penyangga dan decking. Karenanya rutinlah mengecek area-area ini secara teratur untuk mencari tanda hadirnya rayap. Singkirkan air yang menggenang dan beri bahan kimia anti rayap pada tanah yang dekat dengan kayu untuk mengusir rayap.
  5. Jika di rumah Anda terdapat taman dengan banyak tanaman di sekelilingnya, ada baiknya untuk tidak menempatkan mulsa di lokasi yang terlalu dekat dengan rumah (dekat bangunan utama). Pasalnya, mulsa membuat tanah menjadi lembab dan mencegah pertumbuhan kayu dimana hal ini menjadi ‘surat undangan’ bagi koloni rayap untuk datang ke rumah Anda.
  6. Sekalipun Anda ingin membuat rumah lebih asri dengan banyak tanaman, sebaiknya buatlah area bebas tanaman, pohon, tanah dan sejenisnya sepanjang 12-25 cm dari struktur terluar bangunan untuk mencegah koloni rayap berdekatan dengan rumah Anda.
  7. Anda bisa memasang perisai logam antirayap yang ditempatkan di sepanjang pondasi rumah untuk mencegah serangan rayap. Gunakanlah perisai yang terbuat dari logam anti karat tanpa celah untuk mencegah rayap masuk ke/dari pondasi dan menyerang struktur bangunan rumah.
  8. Untuk mencegah serangan rayap di masa mendatang, jagalah agar rumah Anda tetap kering. Jangan biarkan ada genangan air dalam waktu lama sebab kelembaban bisa mengundang rayap. Anda juga bisa menjemur perabot kayu secara berkala saat siang untuk membasmi rayap kayu.
  9. Anda perlu menutup celah yang ada di rumah terutama celah pada tembok, lantai, kusen, kabel, pipa dan lainnya. Untuk itu lapisilah celah yang ada dengan kawat kasa maupun dengan dempul.
  10. Terakhir, lakukanlah pembasmian rayap secara berkala dengan menyemprot sekeliling rumah dengan produk pembasmi rayap seperti Taurus SC, Termidor SC atau produk yang mengandung termitisida/insektisida Fipronil. Cairan ini memiliki racun yang bisa membasmi semut dan rayap.

tips mencegah rayap

Demikian tips mencegah rayap yang bisa Anda lakukan agar rumah terbebas dari serangan koloni rayap. Membangun rumah membutuhkan banyak usaha, uang, tenaga hingga waktu hingga akhirnya rumah bisa selesai dan siap huni. Untuk itu rawatlah rumah sebaik mungkin agar tidak rusak karena berbagai faktor mulai dari iklim hingga rayap. Karenanya, ikuti cara di atas bila Anda ingin rumah tetap awet dan bebas rayap. Baca artikel lainnya di blog Emporio Architect untuk mendapat informasi terbaru seputar desain dan konsep hingga tips dan trik arsitektur. Bila Anda butuh jasa desain rumah, segera hubungi Emporio Architect – salah satu biro arsitek terbaik dan berpengalaman di Indonesia.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi.
BACA JUGA:
Tips Mencegah Kebocoran
Tips Mencegah Kebocoran
  21 April 2021
Tips Merawat Lantai dan Dinding Kayu
Tips Merawat Lantai dan Dinding Kayu
  06 April 2021
Mengapa Anda Memilih Emporio Architect?
Mengapa Anda Memilih Emporio Architect?
  03 Mei 2014
DESAIN INTERIOR:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta

Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali

Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl. Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung

Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Antologi Collaboractive Space Tawangsari CT II, Gg. Gayamsari II No.9C, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta

Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India

Google Map Emporio Architect India

Layanan Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6282297858081
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

Ikuti Kami
           
Chat Konsultasi

  Chat Jabodetabek  

  Chat Luar Jabodetabek  

  Form Order