Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

Tips Merawat Batu Alam Outdoor

Tips Merawat Batu Alam Outdoor
  01 April 2021
Ditulis oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Rumah yang sudah selesai dibangun dan sudah siap huni tentu juga perlu dirawat secara berkala agar tampilan serta performanya selalu baik. Anda tentu tidak ingin rumah mewah yang sudah susah payah dibangun justru tampil buruk dalam beberapa tahun, bukan? Karenanya cegah masalah dan rawatlah interior maupun eksterior rumah Anda secara berkala agar rumah tampil megah dari tahun ke tahun. Karenanya di artikel kali ini Emporio Architect akan berbagi tips merawat batu alam outdoor bagi Anda yang di eksterior rumahnya terdapat batu alam. Simak baik-baik dan jangan lupa untuk diterapkan ya!

Saat hendak merawat material batu alam outdoor, Anda perlu memperhatikan beberapa hal seperti jenis kerusakan serta letak batu alam outdoor. Perawatan batu alam yang berlumut tentu berbeda dengan perawatan batu alam yang terkikis. Cara merawat batu alam yang letaknya tinggi tentu berbeda pula dengan cara merawat batu alam yang mudah dijangkau. Berikut ini tips merawat batu alam outdoor pada hunian berdasarkan jenis masalah yang dihadapi.

Batu Alam Outdoor

  • Perawatan batu alam yang terkisis

Batu alam outdoor seringkali terkikis karena pengaruh cuaca, iklim dan lainnya. Paparan sinar matahari, hujan, angin dan sebagainya dalam beberapa waktu bisa membuat batu alam terkikis hingga tingkat kekerasannya berkurang dan bentuknya pun lama-lama berbeda. Agar hal ini tidak terjadi, maka batu alam perlu diberi cairan pelapis atau coating secara rutin agar kuat.

  • Perawatan batu alam yang jamuran atau lumutan

Batu alam yang diletakkan di luar ruangan juga rawan jamuran atau lumutan akibat kelembaban tinggi dan air hujan, terutama pada batu alam di sekitar area kolam. Masalah seperti ini mudah diselesaikan dengan membersihkan batu alam menggunakan detergen dan disikat lembut lalu disemprot cairan pemusnah lumut. Setelahnya, Anda bisa memberi coating setelah batu kering.

Dalam cuaca yang ekstrem, batu alam outdoor yang sudah lama tidak dirawat bisa mengalami retak bahkan pecah karena erosi atau kelembaban tinggi yang dibiarkan tanpa perlindungan. Penting sekali merawat batu alam di luar ruangan. Berikut cara umum merawat batu alam agar kinclong seperti baru.

Batu Alam Outdoor

  1. Pertama-tama bersihkan batu alam yang mudah digapai menggunakan kain, spons atau sikat yang lembut. Bersihkan dengan gerakan memutar agar permukaan batu alam tidak tergores atau terkikis. Untuk batu alam yang letaknya tinggi dan susah digapai, bisa disemprot dengan selang air namun jangan terlalu keras.
  2. Jika ingin hasil yang lebih baik, maka bersihkan bagian batu alam yang kotor menggunakan air sabun atau detergen ber-pH netral atau air sabun yang dicampur sedikit ammonia dan sikat dengan lembut. Setelahnya, bilas batu alam menggunakan air biasa hingga bersih.
  3. Hilangkan lumut yang menempel pada batu alam dengan menyemprotkan cairan pemusnah lumut. Setelah kering, lapisi batu alam menggunakan coating sebanyak 3 lapis. Ada 2 jenis coating batu alam yang bisa dipilih, yaitu clear coating dan invisible water repellent. Clear coating membentuk lapisan film di permukaan batu alam yang menjadikannya tampak lebih indah, bersih, menonjolkan guratan batu dan menampilkan kesan basah. Sedangkan invisible water repellent tidak membuat lapisan film di atas permukaan batu, bersifat menolak air dan menonjolkan sifat alami batu alam. Simpelnya, clear coating membuat batu alam tampak glossy sedangkan invisible water repellent membuat batu alam tampil matte dan lebih natural. Pilihlah jenis coating yang sesuai selera Anda.
  4. Untuk batu alam yang terletak di lantai, tempatkan keset di dekat pintu masuk agar kotoran tidak langsung jatuh ke sela-sela batu alam, tapi tertampung di keset sehingga lebih mudah dibersihkan. Tak hanya itu, beri juga alas di bawah tiap perabot seperti tong sampah, pot tanaman dan lainnya agar tidak terjadi kontak langsung dengan batu alam yang bisa membuatnya lecet.

Demikian tips merawat batu alam outdoor. Cara tersebut bisa Anda aplikasikan bila pada eksterior rumah Anda terdapat batu alam yang diletakkan secara outdoor. Baca juga artikel Emporio Architect lainnya untuk melihat berbagai informasi terkini seputar hunian. Dan bila Anda membutuhkan jasa desain rumah, hubungi saja Emporio Architect – salah satu konsultan jasa arsitek terbaik di Indonesia.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Selain rutin membuat tulisan untuk blog Emporio Architect dan Emporio Interior tempatnya bekerja kini, Fairus juga beraktivitas sebagai content creator, content writer, arsitek dan interior desainer secara freelance. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi. Temui Fairus di akun Instagramnya: @fairusrizn
BACA JUGA:
Tips Merawat Lantai dan Dinding Marmer
Tips Merawat Lantai dan Dinding Marmer
  03 April 2021
Ketahui Dulu Masalah Umum dalam Proses Pembangunan Rumah dan Solusi Mengatasinya!
Ketahui Dulu Masalah Umum dalam Proses Pembangunan Rumah dan Solusi Mengatasinya!
  31 Maret 2021
Mengapa Anda Memilih Emporio Architect?
Mengapa Anda Memilih Emporio Architect?
  03 Mei 2014
DESAIN INTERIOR:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta
Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali
Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl. Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung
Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Antologi Collaboractive Space Tawangsari CT II, Gg. Gayamsari II No.9C, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta
Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India
Google Map Emporio Architect India

Ikuti Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6288809690854
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

           
Chat Konsultasi

  Chat Jabodetabek  

  Chat Luar Jabodetabek