Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

Megahnya Style Rumah Mediterania di Bali dan Ciri-Cirinya

Megahnya Style Rumah Mediterania di Bali dan Ciri-Cirinya

  06 Agustus 2019
Ditulis oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Pernahkah Anda melihat rumah dengan desain elegan, klasik, dan mewah? Jika pernah, bisa jadi rumah yang Anda lihat itu adalah rumah mediterania. Konsep desain rumah yang dibangun di Indonesia memang sebagain besar diadopsi dari gaya desain Eropa. Dalam konteksnya dengan rumah mediterania ini, gaya yang dipakai oleh bangsa Indonesia adalah gaya arsitektur Spanyol dan Italia.

Saat ini, banyak juga rumah yang menggabungkan unsur-unsur desain di daerahnya dengan salah satu negara di wilayah mediterania yang kemudian disebut Arsitektur Mediterania atau Neo-Mediterania, karena gabungan pengaruh budaya dari wilayah itu.

Di Indonesia, khususnya di Bali desain rumah mediterania menjadi salah satu desain yang paling diminati. Desain rumah mediterania memang sangat cocok untuk wilayah Bali, selain karena gaya hidup masyarakat yang cenderung mewah juga karena garis pantai yang hampir menjadi identitas pariwisata.

Kedua alasan di atas menjadi cikal bakal munculnya desain rumah mediterania. Titik lokasi yang paling banyak mengadopsi gaya rumah mediterinia ini adalah wilayah Canggu, Sminyak, Uluwatu, Gianyar, Ubud, Jimbaran, Nusa Dua, dan Sanur.

Ciri Khas Desain Arsitektur Mediterania:

Setiap model desain rumah pasti memiliki ciri khasnya masing-masing, tidak terkecuali pada desain rumah mediterania. Berikut adalah ciri-ciri rumah mediterania

Taman Luas
Rumah mediterania biasanya identik dengan kemewahan, maka tidak jarang di halaman belakang maupun halaman depan rumah dibuatkan taman yang indah. Untuk wilayah Bali biasanya setiap rumah hampir memiliki tanaman jepun atau kamboja. Selain untuk mempertegas kekhasan budaya Bali, kehadiran pohon jepun atau kamboja juga akan memberikan kesan asri dan sejuk.

Atap Genteng Berwarna Merah
Bentuk atap biasanya bermacam-macam, ada yang datar, perisai, dan melingkar, sedangkan warna atapnya adalah warna merah. Pemilihan warna merah ini sebenarnya merupakan imitasi dari gaya arsitektur Spanyol dan Meksiko. Genteng ini terbuat dari tanah liat, dan memiliki kelebihan yaitu tahan terhadap api, karena proses pembuatan genteng itu sendiri melalui pembakaran.

Atap merah desain rumah mediterania

Dinding
Umumnya material yang dipakai untuk kontruksi atau struktur dinding adalah batu bata yang terbuat dari tanah liat. Namun dewasa kini, tidak jarang juga yang menggunakan material yang teksturnya lebih keras, seperti misalnya batu bata yang terbuat dari batu pasir. Untuk warna dinding, biasanya menggunakan warga putih kekuning-kuningan. Pemilihan warna tersebut akan memberikan kesan menyatu dengan alam.

Teras Rumah Mediterania
Setiap rumah pasti memiliki teras, namun pada rumah mediterania terasnya berukuran lebih besar dan biasanya dilengkapi dengan kolam ataupun air mancur di sisinya. Di teras ini akan sangat elegan jika ditempatkan kursi yang dan meja yang cocok, hal tersebut akan membuat Anda serasa sedang berada di Villa. Untuk diketahui pada rumah mediterania keberadaan teras tidak hanya di bagian depan atau di bagian belakang rumah, tetapi juga di bagian tengah rumah.

Jendela
Desain jendela dan pintu pada rumah jenis mediterania terbilang unik dan mewah. Pintu biasanya berbentuk bersegi dan diatasnya melengkung seukuran setengah lingkaran. Jendelanya juga sama, dengan motif di bagian atasnya melengkung setengah lingkaran.

Jendela lengkug desain rumah mediterania

Ornamen Lengkung
Untuk ornamen, pada rumah mediterania biasanya berbentuk lengkung, namun demikian jika bangunan tersebut berada di Bali, tidak ada salahnya jika dipadukan unsur-unsur budaya Bali, misalnya ditempatkan lukisan-lukisan abstrak ataupun lukisan Brahmana. Begitu juga dengan furniturenya, buatlah furniture- furniture yang bergaya Bali namun tetap memberikan kesan minimalis pada desain interior rumah Anda.

Langit-Langit Tinggi
Langit-langit ruangan pada rumah mediterania biasanya berukuran tinggi, dengan dilengkapi dengan lampu-lampu yang indah. Langit-langit yang tinggi ini akan membuat ruangan terlihat lebih besar.

 

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Selain rutin membuat tulisan untuk blog Emporio Architect dan Emporio Interior tempatnya bekerja kini, Fairus juga beraktivitas sebagai content creator, content writer, arsitek dan interior desainer secara freelance. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi. Temui Fairus di akun Instagramnya: @fairusrizn
Baca Juga:
DESAIN RUMAH TERBAIK:
DESAIN INTERIOR:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta
Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali
Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl. Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung
Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Antologi Collaboractive Space Tawangsari CT II, Gg. Gayamsari II No.9C, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta
Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India
Google Map Emporio Architect India

Ikuti Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6288809690854
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

           
Chat Konsultasi

  Chat Jabodetabek  

  Chat Luar Jabodetabek