Jabodetabek : +6282146645837
  Luar Jabodetabek : +6282219788877

Fakta Seputar Pengertian, Jenis-Jenis Serta Cara Memilih Style Bangunan Ini Perlu Anda Ketahui!

Fakta Seputar Pengertian, Jenis-Jenis Serta Cara Memilih Style Bangunan Ini Perlu Anda Ketahui!
Dipublikasikan 07 Januari 2022    Edukasi, Tips, dan Trik
Ditulis oleh: Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  

Sudah menyiapkan data kebutuhan ruang? Jika sudah, maka langkah selanjutnya Anda perlu memilih style bangunan. Memilih style bangunan penting dilakukan untuk menentukan nuansa serta fasad bangunan nantinya. Karenanya artikel ini akan membahas fakta seputar pengertian, beberapa  jenis style yang tersedia di Emporio Architect serta cara memilih style bangunan yang cocok untuk Anda.

Arsitektur style Klasik

Arsitektur klasik merupakan style bangunan dan teknik mendesain yang mengacu pada zaman klasik Yunani, seperti yang digunakan di zaman Yunani kuno pada periode Kekaisaran Romawi. Arsitektur bergaya klasik umumnya identik dengan kesan mewah, elegan dan agung dengan langit - langit yang tinggi, pilar-pilar yang menjulang dan dominasi warna putih. Seiring berjalannya waktu, arsitektur klasik berkembang dengan berbagai turunan sehingga kini terdapat banyak variasi style klasik. Berikut beberapa contoh tampilan fasad desain rumah bergaya klasik di Emporio Architect.

  • Klasik Modern

klasik-modern

Karya desain Emporio Architect banyak memakai style klasik dengan sentuhan modern yang tampil anggun dan serba putih pada eskterior bangunannya. Dengan menggunakan atap limasan serta pemakaian material batu alam serta bentuk-bentuk geometris yang rapi, tercipta bangunan bergaya klasik modern yang cocok bagi Anda yang menyukai kesan mewah, mahal dan kekinian.

  • Klasik ala Yunani

klasik-yunani

Berbicara mengenai style klasik pada arsitektur, bangunan dengan banyak pilar menjulang lengkap dengan dinding sopi-sopi berbentuk segitiga pada atap jelas melambangkan gaya klasik ala Yunani. Dengan ornamen di beberapa bagian, style klasik ala Yunani sering dipakai pada beberapa desain rumah karya Emporio Architect karena dinilai mampu menunjukkan kesan megah dan berkelas.

  • Klasik Eropa dengan banyak jendela

klasik-eropa

Rumah tinggal bergaya klasik Eropa dengan banyak jendela faktanya cukup diminati belakangan ini. Dengan adanya deretan pilar, bukaan di badan bangunan serta penggunaan atap mansard yang memungkinkan kehadiran loteng berhiaskan jendela, desain rumah tinggal bergaya klasik Eropa ini muncul sebagai primadona baru karena kecantikan fasad serta tata ruangnya yang lebih efektif.

  • Klasik Mediteran

klasik-mediteran

Klasik mediteran adalah salah satu turunan style klasik yang cukup diminati. Dengan bentuk kusen melengkung dan tampilan yang lebih bersih dan minim ornamen, desain rumah tinggal bergaya klasik mediteran karya Emporio Architect ini dijamin bisa membuat hunian Anda tampil ciamik.

  • Klasik Vintage ala pedalaman Eropa

klasik-vintage

Bagi penggemar rumah klasik dengan elemen bebatuan pada eksteriornya, maka hunian bergaya klasik vintage ala pedalaman Eropa karya Emporio Architect ini mungkin cocok dengan selera Anda. Dengan adanya pilar, kusen melengkung serta material batu alam, desain rumah tinggal bergaya klasik vintage seakan membawa Anda menjelajah ke pedesaan cantik di pedalaman Eropa.

  • Klasik Elegan bak istana

klasik-elegan

Jika Anda menyukai rumah dengan tampilan yang mewah, manis dan feminin bak rumah barbie, maka desain rumah tinggal bergaya klasik elegan pada gambar diatas bisa dijadikan alternatif. Penggunaan warna-warna lembut pada eksterior, lengkap dengan pilar, lampu dinding dan railing besi ulir jelas membuat desain rumah bergaya klasik elegan ini tampil elegan bak istana.

Selain beberapa jenis style klasik di atas, faktanya terdapat banyak ragam style klasik lainnya. Tampilan fasad bergaya klasik pada desain rumah ini bisa diciptakan oleh tim arsitek sesuai permintaan klien.

klasik lainnya

klasik lainnya

klasik lainnya

Arsitektur style Modern

Arsitektur modern merujuk pada gaya arsitektur yang muncul di abad ke-20. Gaya arsitektur modern identik dengan bentuk-bentuk geometris, garis-garis tegas, penggunaan material alam dan pabrikan serta ekspos material dengan banyak bukaan. Arsitektur modern menunjukkan kebebasan dan kreativitas sehingga style ini sendiri tidak memiliki pakem yang jelas, yang akhirnya memunculkan variasi style modern. Berikut beberapa jenis desain rumah bergaya modern karya Emporio Architect.

  • Modern Minimalis

modern minimalis

Arsitektur bergaya modern minimalis sangat populer terutama di perumahan atau kota besar dimana lahan kosong yang berukuran besar cukup terbatas. Dengan atap pelana yang di dak beton, tampilan simple dengan banyak material kaca, batu alam dan grill kayu, desain rumah bergaya modern minimalis ini cocok bagi Anda yang punya lahan kecil dan ingin membangun rumah yang lebih low budget namun tetap tampil bergaya.

  • Modern Mewah

modern-mewah

Bangunan bergaya modern bisa dibuat tampil super mewah terlebih bila Anda punya cukup uang untuk membangun rumah besar di lahan yang luas. Dengan memadukan beberapa material seperti batu alam, grill kayu, baja dan kaca, rumah bergaya modern dengan 3-4 lantai pasti tampil lebih mewah, berkelas dan megah.

  • Modern Industrial

modern-industrial

Hunian bergaya modern industrial terlihat khas dengan eksposing berbagai macam material, mulai dari bata, beton, baja, kaca hingga kayu. Dengan eksposing material, rumah yang mengaplikasikan gaya modern industrial akan tampil lebih kekinian, raw, estetik, mewah dan hemat biaya finishing.

  • Modern megah dengan pilar

modern dengan pilar

Bila Anda merasa style modern mewah belum cukup megah, maka memilih style modern dengan pilar-pilar menjulang mungkin bisa dijadikan alternatif. Dengan menambahkan beberapa pilar yang menjulang hingga ke atap, disertai dengan penggunaan material batu alam, kayu, kaca, baja serta banyak bukaan, bangunan bergaya modern dengan pilar bisa membuat rumah tampil lebih megah.

  • Modern Klasik

modern-klasik

Bagi Anda yang menginginkan tampilan modern dengan nuansa elegan, cobalah pilih gaya modern klasik sebagai fasad hunian. Dengan pilihan warna yang lebih cerah dpminan putih, ditambah adanya railing dan lampu dinding model klasik, hunian bergaya modern klasik karya Emporio Architect dijamin membuat rumah tinggal bergaya modern terlihat lebih lembut dan menawan.

  • Modern Vintage ala pedesaan Eropa

modern vintage

Arsitektur bergaya modern juga bisa tampil lebih unik dengan sentuhan kesan vintage ala pedesaan Eropa. Dengan finishing bebatuan serta batu alam yang dipadukan dengan kayu, desain hunian bergaya modern vintage ala pedesaan Eropa ini membuat rumah bergaya modern tampil berbeda.

Sebenarnya masih ada banyak ragam style modern lainnya yang lahir dari kreativitas sang arsitek.

modern lainnya

modern lainnya

modern lainnya

Arsitektur style Villa Bali

Arsitektur villa Bali merujuk pada gaya arsitektur yang telah dimodifikasi dan beralkuturasi dengan nilai-nilai arsitektur tradisional Bali, lalu dibuat lebih kekinian dengan tampilan khas ala villa tropis di Bali. Ciri arsitektur style villa bali terlihat pada adanya bukaan kaca yang besar hingga ke plafon, penggunaan material alam, warna earthy-tone serta adanya ornamen Bali dan lampu dinding. Berikut beberapa model desain rumah tinggal bergaya villa Bali karya konsultan Emporio Architect.

  • Villa Bali Minimalis

villa bali minimalis

Arsitektur villa Bali yang digagas oleh Emporio Architect ini memiliki variasi style villa Bali minimalis yang simple dan lebih hemat biaya karena pemakaian batu alam seperti andesit, paras, palimanan dan lainnya yang minim ornamen, cocok bagi Anda yang suka tampilan simple dan hemat budget.

  • Villa Bali Modern

villa bali modern

Pada karya desain Emporio Architect terdapat variasi villa Bali modern yang merupakan versi lebih modern, lebih mewah dan kekinian dari style villa Bali. Seperti namanya, style villa Bali modern ini tampak seperti perpaduan gaya modern mewah dan villa Bali dengan atap limasan, penggunaan material alam dengan aksen dan ornamen yang membuat hunian bernuansa ala villa tropis di Bali.

  • Villa Bali Klasik

villa bali klasik

Walau tidak banyak, Emporio Architect juga memiliki variasi desain rumah bergaya villa Bali klasik. Didominasi warna netral bernuansa putih pada fasad dengan railing besi ulir, desain rumah tinggal bergaya villa Bali klasik ini cocok bagi Anda yang menyukai style villa Bali yang lebih elegan.

  • Villa Bali bernuansa megah dengan banyak pilar

villa bali megah

Salah satu daya tarik arsitektur villa Bali adalah keindahan fasad berkat adanya aksen, ornamen, permainan lampu, pilar besar dengan grill kayu serta atap limasan, yang membuat rumah tinggal bergaya villa Bali dengan pilar besar ini tampil lebih mewah dan megah dengan nuansa liburan.

  • Villa Bali bernuansa vintage dengan bebatuan

villa bali vintage

Ada pula style arsitektur villa Bali dengan beragam bebatuan pada eksteriornya yang memunculkan kesan vintage.  Dengan menggunakan berbagai jenis batu alam dengan beragam warna, fasad rumah tinggal dengan bebatuan karya Emporio Architect ini tampil unik dan vintage, cocok bagi Anda yang menginginkan desain hunian villa Bali dengan kesan yang lebih alami dan unik.

Selain model desain di atas, Emporio Architect masih memiliki beragam style villa Bali lainnya yang bisa dijadikan referensi desain.

villa bali lainnya

villa bali lainnya

villa bali lainnya

Arsitektur style Mediteran

Arsitektur Mediterania adalah gaya arsitektur yang dibawa oleh pendatang berkebangsaan Spanyol ke Amerika. Cukup sulit mengungkapkan asal gaya mediteran karena wilayah mediterania ini sendiri mencakup 3 benua yaitu Eropa, Afrika dan Asia Barat. Ciri khas style mediteran adalah dinding yang tebal, jendela berukuran kecil dengan kusen melengkung, penggunaan bahan alam, adanya tiang pada teras dan balkon disertai taman dan kolam hingga pilihan warna cerah yang netral. Berikut beberapa variasi model desain rumah tinggal bergaya Mediteran karya jasa konsultan Emporio Architect.

  • Mediteran mewah kaya ornamen

mediteran mewah

Arsitektur bergaya mediteran yang mewah kaya ornamen versi Emporio Architect menjadi salah satu opsi bagi mereka yang menyukai kesan megah dan berkelas ala istana selain gaya klasik. Dengan adanya pilar, ornamen dinding, chandelier, lampu dinding dan railing baja ulir, penggunaan material alam, kusen melengkung serta warna earthy-tone cerah pada eksterior, gaya mediteran mewah kaya ornamen ini jadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin menonjolkan kesan glamour.

  • Mediteran Klasik yang elegan

mediteran klasik

Bagi Anda yang menyukai kemewahan dan ke-ekslusif-an style mediteran namun menginginkan tampilan yang lebih elegan dan simple, maka gaya mediteran klasik ala Emporio Architect ini bisa diaplikasikan pada desain rumah tinggal. Dengan fasad yang lebih rapi dan simple dengan nuansa putih serta adanya lampu dinding model klasik, railing baja ulir serta kusen melengkung, gaya mediteran klasik yang elegan ini cocok sekali dijadikan style fasad pada rumah tinggal di perkotaan.

  • Mediteran Vintage dengan bebatuan

mediteran vintage

Bila Anda menyukai rumah yang tampil alami dengan bebatuan pada fasad dan bernuansa vintage layaknya rumah di pedalaman Eropa, maka desain hunian bergaya mediteran vintage dengan bebatuan pada eksteriornya serta adanya pilar di teras dan balkon ini bisa Anda jadikan inspirasi.

Emporio Architect sebenarnya memiliki banyak tipe Mediteran Tropis lain yang bisa dijadikan referensi desain. Berikut beberapa diantara.

mediteran lainnya

mediteran lainnya

mediteran lainnya

Arsitektur style lainnya

Selain arsitektur bergaya villa Bali, modern, klasik dan mediteran bernuansa tropis, Emporio Architect sebagai salah satu konsultan jasa arsitek professional dan terpercaya di Indonesia juga memiliki variasi gaya desain lainnya, yaitu arsitektur bergaya American, Scandinavian, Moroccan hingga Etnik, dimana masing-masing memiliki pesona berbeda. Berikut variasi arsitektur style lainnya di Emporio Architect.

  • American

american

Arsitektur bergaya Amerika versi Emporio Architect merujuk pada rumah tinggal di Amerika tipe Craftsman Bungalow. Dengan elemen kerajinan tangan seperti kayu, batu dan bata yang dominan berwarna putih serta atap berbentuk segitiga dengan banyak bukaan dan balkon, desain rumah tinggal bergaya Amerika ini jadi tampil manis, unik, elegan sekaligus mewah.

  • Moroccan

moroccan

Ada pula variasi gaya arsitektur Maroko atau Moroccan yang dipengaruhi budaya Islam dengan ciri khas penggunaan zallij, yaitu keramik mozaik berwarna cerah dengan motif bunga, tumbuhan serta pola geometris pada lantai, dinding hingga perabotnya. Rumah tinggal bergaya Moroccan karya Emporio Architect juga memiliki halaman atau rooftop terbuka berbentuk persegi, kusen dan pilar melengkung, lampu khas Maroko serta pilihan warna terracota layaknya dinding tanah khas rumah tradisional Maroko. Dengan mengaplikasikan gaya Moroccan, rumah tinggal Anda pun tampil beda dengan nuansa islami Maroko yang unik.

  • Scandinavian

scandinavian

Emporio Architect juga memiliki variasi desain rumah bergaya Scandinavian yang mengedepankan kesederhanaan serta sisi fungsional. Dengan tampilan yang minimalis, memiliki banyak bukaan berukuran lebar, eksterior dengan finishing material alam yang bergaris-garis tegas dan rapi, atap bersudut serta pilihan warna earthy-tone serupa alam sekitar, menjadikan desain rumah bergaya Scandinavian versi Emporio Architect tampil lebih estetik, mewah, eksklusif dan berkualitas tinggi.

  • Etnik

Selain itu, Emporio Architect juga memiliki style bangunan lain yaitu style Etnik khas Emporio Architect yang memadukan gaya arsitektur setempat dengan nuansa liburan tropis. Bisa disimpulkan, Emporio Architect menyanggupi apapun permintaan gaya desain yang Anda inginkan dan membuatnya tampil lebih eksklusif dengan nuansa tropis yang berkelas.

style lainnya

style lainnya

style lainnya

Kini setelah Anda mengetahui beragam style arsitektur yang ada di Emporio Architect, mungkin Anda jadi sedikit kebingungan saat memilih style bangunan yang akan digunakan pada rumah tinggal Anda. Jangan khawatir, Emporio Architect juga akan membagikan cool tips: bagaimana cara memilih style bangunan. Berikut cara memilih style bangunan untuk desain rumah idaman Anda.

1. Berdasarkan budget yang dimiliki

Salah satu cara aman dan mudah dalam memilih style bangunan adalah dengan menyesuaikannya dengan budget yang Anda miliki. Bangunan bergaya klasik dan mediteran umumnya membutuhkan biaya yang jauh lebih tinggi daripada bangunan bergaya modern, villa Bali atau style bangunan lainnya. Faktor penyebabnya adalah tingkat kerumitan dan jenis material yang digunakan.

Bangunan bergaya klasik dan mediteran umumnya menggunakan batu alam yang lebih premium seperti travertin, granit hingga marmer. Itulah yang membuat biaya membangun rumah bergaya klasik dan mediteran jadi jauh lebih tinggi dari style lainnya. Karenanya bagi Anda yang hendak membangun rumah yang lebih hemat biaya, cobalah pilih gaya modern atau villa Bali minimalis.

2. Berdasarkan selera, tampilan dan nuansa yang diinginkan

Anda bisa memilih style bangunan untuk desain rumah tinggal berdasarkan selera, tampilan dan nuansa yang diinginkan sehingga fasad rumah menunjukkan kepribadian Anda. Bangunan bergaya klasik cocok bagi yang menyukai kesan elegan, mewah dan menawan yang membuat penghuninya merasa bagai keluarga kerajaan, sedangkan gaya mediteran cocok bagi yang menyukai ornamen, kemegahan bak istana dan kesan mahal yang bisa membuat penghuni merasa bangga.

Di lain pihak, bangunan bergaya modern sangat cocok bagi Anda yang ingin tampil kekinian dengan kesan terbuka, bersih, rapi, simple dan mewah. Sedangkan bagi Anda yang ingin merasakan nuansa liburan setiap hari di villa tropis ala Bali yang nyaman dan tentram, gaya villa Bali bisa dijadikan pilihan. Untuk mereka yang ingin tampil unik, beda dan eksklusif, bangunan bergaya lain seperti American, Scandinavian, Morrocan atau Etnik bisa jadi solusi. Intinya, ekskpresikan saja diri Anda sebebas-bebasnya dan tuangkan sebagai style rumah Anda!

3. Berdasarkan peraturan setempat

Ada kalanya Anda membangun rumah dengan style tertentu mengikuti peraturan setempat. Faktanya, tak semua tempat membebaskan Anda berekspersi dan bereksperimen dengan tampilan fasad dan style rumah Anda. Tempat-tempat seperti daerah wisata budaya atau perumahan elit dengan tema tertentu kadang punya peraturan yang ketat mengenai style bangunan agar serupa.

Bila Anda hendak membangun rumah di perumahan bertema Eropa, maka style klasik atau mediteran bisa dijadikan pilihan. Lain halnya bila Anda membangun rumah di perumahan bertema modern, maka tampilan rumah harus bergaya modern. Seperti peribahasa, dimana tanah dipijak, disitu langit dijunjung. Hal ini penting agar Anda tidak terkena masalah dengan tetangga nantinya.

4. Berdasarkan kemudahan maintenance

Sama dengan budget, Anda bisa memilih style bangunan berdasarkan kemudahan maintenance. Dalam hal ini, bangunan bergaya modern dan Scandinavian memiliki biaya maintenance yang lebih rendah dibanding bangunan bergaya villa Bali, klasik, mediteran atau style lain. Mahal murahnya maintenance ditentukan berdasarkan kerumitan desain, ada tidaknya ornamen serta material yang digunakan pada finishing bangunannya.

Bangunan yang eksteriornya didominasi dengan kayu, batu paras, palimanan dan batu alam sejenis perlu dirawat secara khusus dan berkala agar fasad senantiasa bersih, bebas jamur, lumut, rayap dan lainnya. Sedangkan bangunan dengan terlalu banyak ornamen atau relief di dinding dan plafon akan membuat proses bersih-bersih lebih sulit. Itulah mengapa bangunan bergaya modern lebih mudah dalam maintenance karena dominasi kaca dan fasad yang simple. Bila Anda menginginkan gaya klasik, mediteran, villa Bali dan lainnya, pilihlah tipe minimalis agar maintenance lebih mudah.

Demikian fakta seputar pengertian, jenis style bangunan di Emporio Architect serta cara memilih style bangunan pada rumah tinggal yang cocok untuk Anda. Bila Anda sudah menentukan style bangunan idaman Anda, kini saatnya Anda merencanakan desain rumah idaman dan menghubungi Jasa Arsitek Profesional, yaitu Emporio Architect.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi.

Apabila Anda ada pertanyaan silahkan konsultasikan dengan kami.

BACA JUGA:
desain rumah MINIMALIS
desain rumah CLASSIC
desain rumah MODERN
desain rumah MEDITERAN
blog POPULER
DESAIN INTERIOR:
         
KONSULTASI DENGAN CS KAMI
Syahrul Dwi Andrian, Amd
Andrian
Dwi Pratiwi, S.Ars
Tiwi
I Gusti Agung Ayu Chandra Devi, S.Ars
Devi
Ida Ayu Wisma Anggaritha Pathni, S.Kom., MTA
Dayu
Aarles Sumarten, S.S.
Aarles

Telp. Jabodetabek:
+6282146645837

Telp. Luar Jabodetabek:
+6282219788877

QR Code WA Jabodetabek:
QR Code WA Luar Jabodetabek:
Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940

Google Map Emporio Architect Jakarta

Kantor Bali

PERUM Piakan Indah Mesari No. 18A, Jalan Piakan I, Batubulan, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582

Google Map Emporio Architect Bali

Kantor Bandung

Menara Asia Afrika Lantai 9 Regus Office No. 918, Jalan Asia Afrika No. 133-137, Bandung 40112

Google Map Emporio Architect Bandung

Kantor Yogyakarta

Jl. Sagan Kidul No.14, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

Google Map Emporio Architect Jogja

Kantor Surabaya

Pakuwon Center Lantai 23, Jl. Embong Malang 1-5, Surabaya, Jawa Timur 60261

Google Map Emporio Architect Surabaya

Kantor Semarang

Gedung Menara Suara Merdeka Lt. 11, Jalan Pandanaran No. 30, Pekunden, Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah 50241

Google Map Emporio Architect Semarang

Kantor Balikpapan

Panin Tower Floor 8th, Jl. Jendral Sudirman No.7, Balikpapan, Kalimantan Timur 76113

Google Map Emporio Architect Balikpapan

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek: +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek: +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama: +6281353353909
Kritik, Saran dan Pengaduan: +6282146847758
HR & Lowongan Pekerjaan: +6281236313868

Konsultasi: infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran & Kerja Sama: partnershipCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Lowongan Pekerjaan: hrdCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

Ikuti Kami