Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

Siap Merencanakan Desain Rumah? Fakta Seputar Pengertian, Jenis-Jenis Serta Cara Memilih Style Bangunan Ini Perlu Anda Ketahui!

Siap Merencanakan Desain Rumah? Fakta Seputar Pengertian, Jenis-Jenis Serta Cara Memilih Style Bangunan Ini Perlu Anda Ketahui!

  06 Februari 2021
Oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Setelah mempersiapkan data kebutuhan ruang untuk desain rumah, langkah selanjutnya bagi Anda yang sudah siap merencanakan desain rumah adalah memilih style bangunan. Memilih style bangunan sangat penting dilakukan karena menentukan nuansa serta fasad bangunan nantinya. Karenanya artikel kali ini akan membahas fakta seputar pengertian, beberapa jenis style yang tersedia di Emporio Architect serta cara memilih style bangunan yang cocok untuk Anda.

 

Arsitektur style Klasik

Arsitektur klasik merupakan style bangunan dan teknik mendesain yang mengacu pada zaman klasik Yunani, seperti yang digunakan di zaman Yunani kuno pada periode Kekaisaran Romawi. Arsitektur bergaya klasik umumnya identik dengan kesan mewah, elegan, agung dan bernilai tinggi dengan langit - langit yang tinggi, serba putih serta adanya pilar-pilar yang menjulang. Seiring berjalannya waktu, arsitektur klasik ini kemudian berkembang dengan berbagai turunan sehingga kini terdapat banyak variasi style klasik. Berikut beberapa tampilan fasad desain rumah bergaya klasik di Emporio Architect.

  • Klasik Modern

KLASIK MODERN

Karya desain Emporio Architect banyak memakai style klasik dengan sentuhan yang lebih modern yang tampil anggun serba putih pada eskterior bangunannya. Dengan menggunakan atap limasan serta pemakaian material batu alam dan bentuk-bentuk geometris yang rapi, terciptalah bangunan bergaya klasik modern yang cocok bagi Anda yang menyukai kesan mewah, mahal dan kekinian.

  • Klasik ala Yunani

KLASIK ALA YUNANI

Berbicara mengenai style klasik pada arsitektur, bangunan dengan banyak pilar menjulang lengkap dengan dinding sopi-sopi berbentuk segitiga pada atap jelas melambangkan gaya klasik ala Yunani. Dengan ornamen di beberapa bagian, style klasik ala Yunani sering dipakai pada beberapa desain rumah karya Emporio Architect karena dinilai mampu menunjukkan kesan megah dan berkelas.

  • Klasik Eropa dengan banyak jendela

KLASIK EROPA DENGAN BANYAK JENDELA

Rumah tinggal bergaya klasik Eropa dengan banyak jendela faktanya cukup diminati belakangan ini. Dengan adanya deretan pilar, bukaan di badan bangunan serta penggunaan atap mansard yang memungkinkan kehadiran loteng berhiaskan jendela, desain rumah tinggal bergaya klasik Eropa ini muncul sebagai primadona baru karena kecantikan fasad serta tata ruangnya yang lebih efektif.

  • Klasik Mediteran

KLASIK MEDITERAN

Klasik mediteran adalah salah satu turunan style klasik yang cukup diminati. Dengan bentuk kusen melengkung dan tampilan yang lebih bersih minim ornamen, desain rumah tinggal bergaya klasik mediteran karya Emporio Architect ini dijamin bisa membuat hunian Anda tampil ciamik.

  • Klasik Vintage ala pedalaman Eropa

KLASIK VINTAGE ALA PEDALAMAN EROPA

Bagi penggemar rumah klasik dengan elemen bebatuan pada eksteriornya, maka hunian bergaya klasik vintage ala pedaman Eropa karya Emporio Architect ini mungkin cocok dengan selera Anda. Dengan adanya pilar, kusen melengkung serta material batu alam, desain rumah tinggal bergaya klasik vintage seakan membawa Anda menjelajah ke pedesaan cantik di pedalaman Eropa.

  • Klasik Elegan bak istana

KLASIK ELEGAN BAK ISTANA

Jika Anda menyukai rumah dengan tampilan yang mewah, manis dan feminin bak istana ratu atau rumah barbie, maka desain rumah tinggal bergaya klasik elegan pada gambar diatas bisa dijadikan alternatif. Penggunaan warna-warna lembut pada eksterior, lengkap dengan pilar, lampu dinding dan railing besi ulir jelas membuat desain rumah bergaya klasik elegan ini tampil elegan bak istana.

Selain beberapa jenis style klasik di atas, faktanya masih terdapat banyak ragam style klasik lainnya. Tampilan fasad bergaya klasik pada desain rumah tinggal ini bisa diciptakan oleh tim arsitek sesuai permintaan klien. Bila ingin melihat variasi tampilan fasad hunian klasik lainnya karya jasa Emporio Architect, silakan klik link berikut https://www.emporioarchitect.com/desain-rumah/style/desain-style-classic-tropis

BAPAK GUSTI

IBU RESHA

BAPAK TJUSNANDAR

Arsitektur style Modern

Arsitektur modern merujuk pada gaya arsitektur yang muncul di abad ke-20. Gaya arsitektur modern ini identik dengan bentuk-bentuk geometris, garis-garis yang tegas, penggunaan material alam dan pabrikan serta ekspose material dengan banyak bukaan. Arsitektur modern menunjukkan kebebasan dan kreativitas sehingga style ini sendiri tidak memiliki pakem yang jelas, yang akhirnya memunculkan variasi style modern. Berikut beberapa jenis desain rumah bergaya modern karya Emporio Architect.

  • Modern Minimalis

MODERN MINIMALIS

Arsitektur bergaya modern minimalis faktanya cukup populer terutama di perumahan atau kota besar dimana lahan kosong yang berukuran besar cukup terbatas. Dengan atap pelana yang di dak beton, tampilan simple dengan banyak material kaca, batu alam dan grill kayu, desain rumah bergaya modern minimalis ini cocok bagi Anda yang punya lahan kecil dan ingin membangun rumah yang lebih low budget namun tetap tampil bergaya.

  • Modern mewah

MODERN MEWAH

Bangunan bergaya modern bisa dibuat tampil super mewah terlebih bila Anda punya cukup banyak uang untuk membangun rumah besar di lahan yang cukup luas. Dengan memadukan beberapa material seperti batu alam, grill kayu, baja dan kaca yang kemudian dipadukan dengan beberapa warna, rumah bergaya modern dengan 3-4 lantai pasti tampil lebih mewah, berkelas dan megah.

  • Modern Industrial

MODERN INDUSTRIAL

Hunian bergaya modern industrial terlihat khas dengan eksposing berbagai macam material, mulai dari bata, beton, baja, kaca hingga kayu. Dengan eksposing material, rumah yang mengaplikasikan gaya modern industrial akan tampil lebih kekinian, raw, estetik, mewah dan hemat biaya finishing.

  • Modern megah dengan pilar

MODERN MEGAH DENGAN PILAR

Bila Anda merasa style modern mewah belum cukup megah, maka memilih style modern dengan pilar-pilar menjulang mungkin bisa dijadikan alternatif. Dengan menambahkan beberapa pilar yang menjulang hingga ke atap, disertai dengan penggunaan material batu alam, kayu, kaca, baja serta banyak bukaan, bangunan bergaya modern dengan pilar bisa membuat rumah tampil lebih megah.

  • Modern Klasik

MODERN KLASIK

Bagi Anda yang menginginkan tampilan modern dengan nuansa elegan, maka cobalah pilih gaya modern klasik sebagai fasad hunian Anda. Dengan pilihan warna yang lebih cerah bernuansa putih, ditambah dengan adanya railing dan lampu dinding model klasik, hunian bergaya modern klasik karya Emporio Architect dijamin membuat rumah tinggal bergaya modern terlihat lebih lembut.

  • Modern Vintage ala pedesaan Eropa

MODERN VINTAGE ALA PEDESAAN EROPA

Arsitektur bergaya modern juga bisa tampil lebih unik dengan sentuhan kesan vintage ala pedesaan Eropa. Dengan finishing bebatuan serta batu alam yang dipadukan dengan kayu, desain hunian bergaya modern vintage ala pedesaan Eropa ini membuat rumah bergaya modern tampil berbeda.

Sebenarnya masih ada banyak ragam style modern lainnya yang lahir dari kreativitas sang arsitek. Untuk melihat variasi model fasad pada desain rumah bergaya modern karya Emporio Architect, klik link https://www.emporioarchitect.com/desain-rumah/style/desain-style-modern-tropis

BAPAK ALEX

IBU IRENE

BAPAK HERMAN

Arsitektur style Villa Bali

Arsitektur villa Bali merujuk pada gaya arsitektur yang telah dimodifikasi dan beralkuturasi dengan nilai-nilai arsitektur tradisional Bali yang dibuat lebih kekinian dengan tampilan khas ala villa tropis di Bali. Ciri arsitektur style villa bali ini terlihat pada adanya bukaan kaca yang besar hingga ke plafon, penggunaan material alam, warna earthy-tone serta adanya ornamen Bali dan lampu di dinding. Berikut beberapa model desain rumah tinggal bergaya villa Bali karya konsultan Emporio Architect.

  • Villa Bali Minimalis

VILLA BALI MINIMALIS

Arsitektur villa Bali yang digagas oleh Emporio Architect ini memiliki variasi style villa Bali minimalis yang simple dan lebih hemat biaya karena pemakaian batu alam seperti andesit, paras, palimanan dan lainnya yang minim ornamen, cocok bagi Anda yang suka tampilan simple dan hemat budget.

  • Villa Bali Modern

VILLA BALI MODERN

Pada karya desain Emporio Architect terdapat variasi villa Bali modern yang merupakan versi lebih modern, lebih mewah dan kekinian dari style villa Bali. Seperti namanya, style villa Bali modern ini tampak seperti perpaduan gaya modern mewah dan villa Bali dengan atap limasan, penggunaan material alam dengan aksen dan ornamen yang membuat hunian bernuansa ala villa tropis di Bali.

  • Villa Bali Klasik

VILLA BALI KLASIK

Walau tidak banyak, Emporio Architect juga memiliki variasi desain rumah bergaya villa Bali klasik. Didominasi warna netral bernuansa putih pada fasad dengan railing besi ulir, desain rumah tinggal bergaya villa Bali klasik ini cocok bagi Anda yang menyukai style villa Bali yang lebih elegan.

  • Villa Bali bernuansa megah dengan banyak pilar

VILLA BALI BERNUANSA MEGAH DENGAN BANYAK PILAR

Salah satu daya tarik arsitektur villa Bali adalah keindahan fasad berkat adanya aksen, ornamen, permainan lampu, pilar besar dengan grill kayu serta atap limasan, yang membuat rumah tinggal bergaya villa Bali dengan pilar besar ini tampil lebih mewah dan megah dengan nuansa liburan.

  • Villa Bali bernuansa vintage dengan bebatuan

VILLA BALI BERNUANSA VINTAGE DENGAN BEBATUAN

Ada pula style arsitektur villa Bali dengan beragam bebatuan pada eksteriornya yang memunculkan kesan vintage.  Dengan menggunakan berbagai jenis batu alam dengan beraham jenis dan warna, fasad rumah tinggal dengan bebatuan karya Emporio Architect ini tampil unik dan vintage, cocok bagi Anda yang menginginkan desain hunian villa Bali dengan kesan yang lebih alami dan berbeda.

Selain beberapa model desain di atas, Emporio Architect masih memiliki beragam style villa Bali lainnya yang bisa dijadikan referensi desain. Klik link untuk melihat variasi style Villa Bali lainnya https://www.emporioarchitect.com/desain-rumah/style/desain-style-villa-bali-modern-tropis

BAPAK ARIS PRIO

BAPAK ARKA

BAPAK HERI SUPRIANTO

Arsitektur style Mediteran

Arsitektur Mediterania adalah gaya arsitektur yang dibawa oleh pendatang berkebangsaan Spanyol ke Amerika. Cukup sulit mengungkapkan asal gaya mediteran karena wilayah mediterania ini sendiri mencakup 3 benua yaitu Eropa, Afrika dan Asia Barat. Ciri khas style mediteran adalah dinding yang tebal, jendela berukuran kecil denga kusen melengkung, penggunaan bahan alam, adanya tiang pada teras dan balkon disertai taman dan kolam hingga pilihan warna cerah yang netral. Berikut beberapa variasi model desain rumah tinggal bergaya Mediteran karya jasa konsultan Emporio Architect.

  • Mediteran mewah kaya ornamen

MEDITERAN MEWAH KAYA ORNAMEN

Arsitektur bergaya mediteran yang mewah kaya ornamen versi Emporio Architect menjadi salah satu opsi bagi mereka yang menyukai kesan megah dan berkelas ala istana selain gaya klasik. Dengan adanya pilar, ornamen dinding, chandelier, lampu dinding dan railing baja ulir, penggunaan material alam, kusen melengkung serta warna earthy-tone cerah pada eksterior, gaya mediteran mewah kaya ornamen ini jadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin menonjolkan kesan glamour.

  • Mediteran Klasik yang elegan

MEDITERAN KLASIK YANG ELEGAN

Bagi Anda yang menyukai kemewahan dan ke-ekslusif-an style mediteran namun menginginkan tampilan yang lebih elegan dan simple, maka gaya mediteran klasik ala Emporio Architect ini bisa diaplikasikan pada desain rumah tinggal. Dengan fasad yang lebih rapi dan simple dengan nuansa putih serta adanya lampu dinding model klasik, railing baja ulir serta kusen melengkung, gaya mediteran klasik yang elegan ini cocok sekali dijadikan style fasad pada rumah tinggal di perkotaan.

  • Mediteran Vintage dengan bebatuan

MEDITERAN VINTAGE DENGAN BEBATUAN

Bila Anda menyukai rumah yang tampil alami dengan bebatuan pada fasad dengan nuansa vintage layaknya rumah di pedalaman Eropa, maka desain hunian bergaya mediteran vintage dengan bebatuan pada eksteriornya serta adanya pilar di teras dan balkon ini bisa Anda jadikan inspirasi.

Untuk style mediteran ini sendiri, Emporio Architect sebenarnya memiliki banyak tipe Mediteran Tropis lain yang bisa dijadikan referensi desain. Klik link ini untuk melihat variasi style Mediteran lainnya https://www.emporioarchitect.com/desain-rumah/style/desain-style-mediterania-tropis

STYLE MEDITERAN

STYLE MEDITERAN

BAPAK HAIDAR

Arsitektur style lainnya

Selain arsitektur bergaya villa Bali, modern, klasik dan mediteran bernuansa tropis, Emporio Architect sebagai salah satu konsultan jasa arsitek professional dan terbaik di Indonesia juga memiliki variasi gaya desain lainnya, yaitu arsitektur bergaya American, Scandinavian, Moroccan hingga Etnik, dimana masing-masing memiliki pesona berbeda. Berikut variasi arsitektur style lainnya di Emporio Architect.

  • American

AMERICAN

Arsitektur bergaya Amerika versi Emporio Architect merujuk pada rumah tinggal di Amerika tipe Craftsman Bungalow. Dengan elemen kerajinan tangan seperti kayu, batu dan bata yang dominan berwarna putih serta atap berbentuk segitiga dengan banyak bukaan dan balkon, desain rumah tinggal bergaya Amerika ini jadi tampil manis, unik, elegan sekaligus mewah.

  • Moroccan

MOROCCAN

Ada pula variasi gaya arsitektur Maroko atau Moroccan yang dipengaruhi budaya Islam dengan ciri khas penggunaan zallij, yaitu keramik mozaik berwarna cerah dengan motif bunga, tumbuhan serta pola geometris pada lantai, dinding hingga perabotnya. Rumah tinggal bergaya Moroccan karya Emporio Architect juga memiliki halaman atau rooftop terbuka berbentuk persegi, memiliki kusen dan pilar melengkung, lampu khas Maroko serta pilihan warna terracota layaknya dinding tanah khas rumah tradisional Maroko. Bisa dibilang, dengan mengaplikasikan gaya Moroccan pada desain rumah Anda, maka rumah tinggal Anda pun tampil beda dengan nuansa islami Maroko yang unik.

  • Scandinavian

SCANDINAVIAN

Emporio Architect juga memiliki variasi desain rumah bergaya Scandinavian yang mengedepankan kesederhanaan serta sisi fungsional. Dengan tampilan yang minimalis, memiliki banyak bukaan berukuran lebar, eksterior dengan finishing material alam yang bergaris-garis tegas dan rapi, atap bersudut serta pilihan warna earthy-tone serupa alam sekitar menjadikan desain rumah bergaya Scandinavian versi Emporio Architect tampil lebih estetik, mewah, eksklusif dan berkualitas tinggi.

Emporio Architect juga memiliki style bangunan lain yaitu style Etnik khas Emporio Architect yang memadukan gaya arsitektur tradisional setempat dengan nuansa liburan tropis. Bisa disimpulkan, Emporio Architect bisa menyanggupi apapun permintaan gaya desain yang Anda inginkan dan membuatnya tampil lebih eksklusif. Untuk melihat bangunan bergaya Etnik dan gaya lainnya, klik link berikut ini https://www.emporioarchitect.com/desain-rumah/style/desain-style-lainnya

IBU MILA

IBU LINDA

BAPAK PONG GABY

Kini setelah Anda mengetahui beragam style arsitektur yang ada di Emporio Architect, mungkin Anda jadi sedikit kebingungan saat memilih style bangunan yang akan digunakan pada rumah tinggal Anda. Jangan khawatir karena Emporio Architect juga akan membagikan cool tips: bagaimana cara memilih style bangunan. Berikut cara memilih style bangunan untuk desain rumah tinggal impian Anda.

  1. Berdasarkan budget yang dimiliki

Salah satu cara aman dan mudah dalam memilih style bangunan adalah dengan menyesuaikannya dengan budget yang Anda miliki. Bangunan bergaya klasik dan mediteran umumnya membutuhkan biaya yang jauh lebih tinggi daripada bangunan bergaya modern, villa Bali hingga style bangunan lainnya. Faktor penyebabnya adalah tingkat kerumitan dan material finishing yang digunakan.

Bangunan bergaya klasik dan mediteran umumnya menggunakan batu alam yang lebih berkualitas seperti travertin, granit hingga marmer. Hal inilah yang membuat biaya membangun rumah bergaya klasik dan mediteran jadi jauh lebih tinggi dari style lainnya. Karenanya bagi Anda yang hendak membangun rumah yang lebih hemat biaya, sebaiknya memilih gaya modern atau villa Bali.

  1. Berdasarkan selera, tampilan dan nuansa yang diinginkan

Anda bisa memilih style bangunan untuk desain rumah tinggal berdasarkan selera, tampilan dan nuansa yang diinginkan sehingga fasad rumah menunjukkan kepribadian Anda. Bangunan bergaya klasik cocok bagi yang menyukai kesan elegan, mewah dan menawan yang membuat penghuninya merasa bak tinggal di istana sedangkan gaya mediteran cocok bagi Anda yang menyukai ornamen, kemegahan bak istana dan kesan mahal yang bisa membuat penghuni merasa pede dan bangga.

Di lain pihak, bangunan bergaya modern sangat cocok bagi Anda yang ingin tampil kekinian dengan kesan terbuka, bersih, rapi, simple dan mewah. Sedangkan bagi Anda yang ingin merasakan nuansa villa tropis ala Bali yang nyaman, tentram dan membuat penghuninya lebih relax minim stress, maka gaya vila Bali bisa dijadikan pilihan. Untuk mereka yang ingin tampil unik, beda dan eksklusif, maka bangunan bergaya lain seperti American, Scandinavian, Morrocan atau Etnik bisa jadi solusi. Intinya, ekskpresikan saja diri Anda sebebas-bebasnya dan tuangkan sebagai style rumah Anda!

  1. Berdasarkan peraturan setempat

Ada kalanya Anda membangun rumah dengan style tertentu berdasarkan peraturan setempat. Faktanya, tak semua tempat membebaskan Anda berekspersi dan bereksperimen dengan tampilan fasad dan style rumah Anda. Tempat-tempat seperti daerah wisata budaya atau perumahan elit dengan tema tertentu kadang punya peraturan yang ketat mengenai style bangunan agar seragam.

Bila Anda hendak membangun di perumahan bertema Eropa, maka style klasik atau mediteran bisa dijadikan pilihan. Lain halnya bila Anda membangun rumah di perumahan bertema modern, maka setidaknya tampilan rumah Anda harus bergaya modern. Seperti peribahasa, dimana tanah dipijak, disitu langit dijunjung. Hal ini penting agar Anda tidak terkena masalah dengan tetangga nantinya.

  1. Berdasarkan kemudahan maintenance

Sama dengan budget, Anda bisa memilih style bangunan berdasarkan kemudahan maintenance. Dalam hal ini, bangunan bergaya modern dan Scandinavian memiliki biaya maintenance yang lebih rendah dibanding bangunan bergaya villa Bali, klasik, mediteran atau style lain. Susah mudah serta mahal murahnya maintenance ditentukan berdasarkan kerumitan desain, ada tidaknya ornamen serta material bangunan yang digunakan pada finishing dan fasad bangunannya.

Bangunan yang eksteriornya didominasi dengan kayu, batu paras, palimanan dan batu alam sejenis perlu dirawat secara khusus dan berkala agar fasad senantiasa bersih, bebas jamur, lumut, rayap dan lainnya. Sedangkan bangunan dengan terlalu banyak ornamen atau relief di dinding dan plafon akan membuat proses bersih-bersih lebih sulit. Itulah mengapa bangunan bergaya modern lebih mudah dalam maintenance karena dominasi kaca dan fasad yang simple. Bila Anda menginginkan gaya klasik, mediteran, villa Bali dan lainnya, pilihlah tipe minimalis agar maintenance lebih mudah.

Demikian fakta seputar pengertian, beberapa jenis style yang tersedia di Emporio Architect serta cara memilih style bangunan pada rumah tinggal yang cocok untuk Anda. Bila akhirnya Anda sudah bisa menentukan style bangunan impian Anda, kini saatnya Anda bersiap membangun rumah idaman bersama salah satu konsultan jasa desain rumah tinggal terbaik di Indonesia, yaitu Emporio Architect.

Baca Juga:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta
Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali
Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl. Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung
Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Antologi Collaboractive Space Tawangsari CT II, Gg. Gayamsari II No.9C, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta
Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India
Google Map Emporio Architect India

Ikuti Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6288809690854
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

          Chat