Jabodetabek : +6282146645837
  Luar Jabodetabek : +6282219788877

Pahami Dulu Mengenai Bank Garansi untuk Pekerjaan Konstruksi

Pahami Dulu Mengenai Bank Garansi untuk Pekerjaan Konstruksi
Dipublikasikan 18 Januari 2022    Edukasi, Tips, dan Trik
Ditulis oleh: Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  

Sudah memilih kontraktor dan hendak menandatangi kontrak untuk memulai pembangunan rumah? Sebelum itu, coba pahami dulu mengenai Bank Garansi untuk pekerjaan konstruksi. Istilah ini mungkin pertama kali Anda dengar terutama bila Anda merupakan orang awam. Karenanya kali ini Emporio Architect berbagi informasi mengenai Bank Garansi baik pengertian, jenis hingga manfaatnya untuk pekerjaan pembangunan rumah. Penasaran? Berikut penjelasan mengenai Bank Garansi.

Pengertian Bank Garansi

Bank garansi bisa diartikan sebagai jaminan tertulis yang dikeluarkan oleh pihak bank selaku pemberi jaminan kepada nasabahnya yang menjadi pihak terjamin, sesuai dengan Pasal 1 Surat Keputusan Direksi Bank Indonesia Nomor:11/110/Kep/Dir/UPPB tentang pemberian jaminan oleh bank dan pemberian jaminan oleh Lembaga keuangan non-Bank. Istilah ‘Bank Garansi’ berasal dari Bahasa Belanda ‘Garantie’ yang artinya jaminan.

Dalam pelaksanaan Bank Garansi, ada 3 pihak yang terlibat, yaitu bank sebagai pihak penjamin, Anda atau owner proyek sebagai pihak penerima jaminan serta kontraktor sebagai pihak terjamin. Dalam hal ini, kontraktor sebagai pihak terjamin mengajukan permohonan jaminan kepada pihak bank. Bank sebagai pihak penjamin kemudian akan menerbitkan jaminan kepada nasabahnya, yaitu Anda. Anda sebagai pihak penerima jaminan kemudian akan menerima jaminan yang diberikan oleh bank sesuai isi perjanjian antara pihak penerima jaminan/kontraktor dengan pihak terjamin/Anda selaku nasabah.

Manfaat Bank Garansi

manfaat bank garansi

Tak banyak yang tahu, pasalnya Bank Garansi memiliki banyak manfaat terlebih bagi transaksi atau kerjasama bisnis dimana kedua belah pihak masih belum saling percaya sepenuhnya. Umumnya dalam kasus seperti ini, Bank Garansi digunakan untuk menekan kemungkinan kerugian yang terjadi dan menghilangkan kekhawatiran antara kedua belah pihak saat melangsungkan kerja sama.

Bagi bank sendiri, adanya layanan Bank Garansi tentu memudahkan aktivitas para nasabahnya saat bertransaksi atau menjalankan kerja sama bisnis. Di sisi lain, layanan ini bisa menghasilkan keuntungan bagi bank melalui biaya yang harus dibayar oleh nasabah serta jaminan yang diberikan.

Lain lagi bagi para pemegang jaminan, Bank Garansi ini bermanfaat sebagai pemberi keyakinan kepada pihak penerima jaminan (owner proyek) bahwa ia (kontraktor) akan menuntaskan kewajiban dari kerja sama tersebut sehingga pihak penerima jaminan tak ragu dan tidak mengalami kerugian kedepannya.

Jenis Bank Garansi serta Prosedur Pelaksanaannya

jenis bank garansi serta prosedur pelaksanaannya

Ada banyak jenis Bank Garansi yang bisa diterapkan dalam berbagai bidang. Dalam ranah konstruksi, jenis Bank Garansi yang bisa digunakan untuk mendukung pelaksanaan kontrak konstruksi adalah:

  1. Bank Garansi Tender (Bid Bond)

Merupakan Bank Garansi yang diberikan kepada pemilik proyek untuk kepentingan kontraktor yang akan mengikuti tender suatu proyek, sebagai syarat agar kontraktor dapat mengikuti tender.

  1. Bank Garansi Pelaksanaan (Performance Bond)

Merupakan Bank Garansi yang diberikan kepada pemilik proyek untuk kepentingan kontraktor guna menjamin pelaksanaan proyek oleh kontraktor yang bersangkutan.

  1. Bank Garansi Uang Muka (Advance Payment Bond)

Merupakan Bank Garansi yang diberikan kepada pemilik proyek untuk kepentingan kontraktor atas uang muka yang diterima oleh kontraktor yang bersangkutan.

  1. Bank Garansi Pemeliharaan (Maintenance Bond)

Merupakan Bank Garansi yang diberikan kepada pemilik proyek untuk kepentingan kontraktor guna menjamin pemeliharaan atas proyek yang diselesaikan oleh kontraktor yang bersangkutan.

Agar dapat menerapkan Bank Garansi, terlebih dahulu Anda dan kontraktor perlu menyepakati kontrak konstruksi. Berikut tahapan pelaksanaan kontrak konstruksi dengan jaminan bank garansi:

  1. Tahap Persiapan Pemilihan Penyedia Pekerjaan Konstruksi
  2. Tahap Pelaksanaan Pemilihan Penyedia Pekerjaan Konstruksi

Dalam tahap ini pihak kontraktor harus menyerahkan jaminan bank garansi tender.

  1. Tahap Penandatangan Kontrak

Di tahap ini pihak kontraktor harus menyerahkan jaminan bank garansi pelaksanaan.

  1. Tahap Pelaksanaan Kontrak

Dalam tahap ini pihak kontraktor harus menyerahkan jaminan bank garansi uang muka bila pihak kontraktor akan mengambil uang muka, dan menyerahkan jaminan bank garansi pemeliharaan apabila pihak kontraktor telah menyelesaikan pekerjaannya.

tahapan bank garansi

Demikian penjelasan mengenai Bank Garansi dalam ranah konstruksi. Bisa disimpulkan, penggunaan Bank Garansi ini sangat dibutuhkan untuk menumbuhkan kepercayaan para pelaku bisnis yang ingin menjalin transaksi atau kerja sama. Karenanya jika Anda hendak menjalin kerja sama bisnis atau menyewa jasa kontraktor, mintalah jaminan berupa Bank Garansi pada kontraktor yang bersangkutan.

Namun, Anda selaku pemilik proyek atau penerima Bank Garansi perlu memperhatikan beberapa hal sebelum menyetujui Bank Garansi, diantaranya:

  • Pastikan keaslian dan keabsahan Bank Garansi dengan cara menghubungi bank penerbit.
  • Periksa masa berlaku Bank Garansi sesuai dengan jangka waktu proyek.
  • Periksa dan pahami syarat-syarat klaim untuk memudahkan klaim Bank Garansi apabila diperlukan.

Setelah membaca tulisan ini, kini Anda tahu bahwa selain melakukan tender dan memilih sistem pembayaran, Anda juga perlu memperhatikan Bank Garansi sebelum mempekerjakan kontraktor. Untuk itu sebelum menandatangani kontrak konstruksi, ada baiknya Anda persyaratkan kontraktor untuk memberi Bank Garansi sebagai jaminan agar kontraktor melaksanakan tugas dan kewajibannya sampai selesai sehingga proyek Anda dikerjakan sesuai rencana, berfungsi sesuai kegunaannya serta dapat bertahan selama umur bangunannya.

Namun, penggunaan Bank Garansi cukup jarang dipakai pada proyek pembangunan rumah tinggal berskala kecil karena adanya beberapa kekurangan, seperti biaya yang lebih mahal dikarenakan rate Bank Garansi yang tinggi, keharusan untuk menjadi nasabah bank penerbit Bank Garansi hingga proses penerbitan Bank Garansi yang cukup rumit.

Tak hanya itu, kontraktor sebagai pihak terjamin juga perlu menyerahkan agunan berbentuk deposito atau tabungan kepada pihak bank selama masa berlaku Bank Garansi sebagai jaminan. Meski begitu, keberadaan Bank Garansi dapat melindungi Anda dari potensi kerugian bila kontraktor gagal menjalankan tugasnya (wanprestasi). Oleh sebab itu, Anda bisa menggunakan Bank Garansi bila dirasa membutuhkan proteksi yang lebih aman dan terjamin karena nyatanya penggunaan Bank Garansi bisa membuat kontraktor lebih bertanggungjawab & bersungguh-sungguh dalam mengerjakan tugasnya.

Sudah paham mengenai Bank Garansi tapi belum punya desain rumah untuk dibangun? Tenang, hubungi saja customer service Emporio Architect untuk mendapat layanan jasa arsitek profesional. Bersama Emporio Architect, wujudkan rumah impian dan upgrade kualitas hidup Anda sekeluarga.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi.

Apabila Anda ada pertanyaan silahkan konsultasikan dengan kami.

BACA JUGA:
desain rumah MINIMALIS
desain rumah CLASSIC
desain rumah MODERN
desain rumah MEDITERAN
blog POPULER
26 September 2022  
DESAIN INTERIOR:
         
KONSULTASI DENGAN CS KAMI
Syahrul Dwi Andrian, Amd
Andrian
Dwi Pratiwi, S.Ars
Tiwi
I Gusti Agung Ayu Chandra Devi, S.Ars
Devi
Ida Ayu Wisma Anggaritha Pathni, S.Kom., MTA
Dayu
Aarles Sumarten, S.S.
Aarles

Telp. Jabodetabek:
+6282146645837

Telp. Luar Jabodetabek:
+6282219788877

QR Code WA Jabodetabek:
QR Code WA Luar Jabodetabek:
Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940

Google Map Emporio Architect Jakarta

Kantor Bali

PERUM Piakan Indah Mesari No. 18A, Jalan Piakan I, Batubulan, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582

Google Map Emporio Architect Bali

Kantor Bandung

Menara Asia Afrika Lantai 9 Regus Office No. 918, Jalan Asia Afrika No. 133-137, Bandung 40112

Google Map Emporio Architect Bandung

Kantor Yogyakarta

Jl. Sagan Kidul No.14, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

Google Map Emporio Architect Jogja

Kantor Surabaya

Pakuwon Center Lantai 23, Jl. Embong Malang 1-5, Surabaya, Jawa Timur 60261

Google Map Emporio Architect Surabaya

Kantor Semarang

Gedung Menara Suara Merdeka Lt. 11, Jalan Pandanaran No. 30, Pekunden, Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah 50241

Google Map Emporio Architect Semarang

Kantor Balikpapan

Panin Tower Floor 8th, Jl. Jendral Sudirman No.7, Balikpapan, Kalimantan Timur 76113

Google Map Emporio Architect Balikpapan

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek: +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek: +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama: +6281353353909
Kritik, Saran dan Pengaduan: +6282146847758
HR & Lowongan Pekerjaan: +6281236313868

Konsultasi: infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran & Kerja Sama: partnershipCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Lowongan Pekerjaan: hrdCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

Ikuti Kami