Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

Ide Desain Rumah Mungil dan Minimalis untuk Lahan Terbatas dan Budget Minim

Ide Desain Rumah Mungil dan Minimalis untuk Lahan Terbatas dan Budget Minim

  01 Agustus 2019
Ditulis oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Memiliki rumah mungil dan minimalis adalah impian dari setiap orang. Apalagi bagi pasangan yang baru menikah. Hal ini dilatarbelakangi oleh beberapa alasan. Ada yang karena memang berkeinginan untuk memiliki rumah berukuran mungil dan minimalis, namun ada juga yang disebabkan luas lahan yang dimiliki sangat kecil, dan perkiraan budget yang minim. 

Namun demikian, untuk dapat membangun rumah minimalis yang nyaman dan elegan, dibutuhkan kemampuan mendesain yang mumpuni. Nah, untuk itulah artikel ini kami tulis.

Meskipun dalam artikel ini kami tidak bisa menjelaskan secara detail tentang ide desain rumah mungil dan minimalis, tetapi kami berharap agar artikel ini bisa menjadi bahan refrensi untuk kemudian dijadikan acuan dalam membangun rumah mungil dan minimalis.
Berikut adalah ciri-ciri desain rumah mungil dan minimalis untuk lahan terbatas dan budget minim yang menurut kami sesuai dengan trend masa kini:

1. Tembok Pembatas
Di jaman sekarang lahan untuk membangun rumah sudah sangat sempit. Jadi tidak terelakan, rumah-rumah dibangun dengan posisi menghimpit. Jika sudah begitu, maka kegaduhan yang terjadi di rumah tetangga bisa terdengar di rumah kita. Untuk itulah dibutuhkan tembok pembatas.

Membangun tembok pembatas haruslah dengan desain yang lebih kreatif, misalnya dengan menambahkan gambar di dindingnya. Selain itu bisa digantungkan pot bunga yang cocok, serta dipasangkan lampu yang sesuai. Ini dilakukan agar memperoleh kesan estetika.

2. Desain Taman dan Void
Rumah yang saling berhimpitian juga sering kali membuat penghuninya merasa sumpek. Oleh karena itu desain taman dan void merupakan jawaban atas persoalan tersebut. Selain untuk menghindari kesumpekan, keberadaan void juga dapat meningkatkan pencahayaan.

3. Teras dan Halaman
Teras merupakan tempat favorit bagi semua orang. Teras yang luas bisa digunakan sebagai tempat bersantai (khususnya pada malam hari). Pada malam hari langit angkasa lebih lapang jika diamati dari teras rumah. Untuk menambah kesan sempurna, keberadaan taman yang indah menjadi sangat perlu.

4. Ruang Tamu dan Keluarga
Ruang Tamu dan Keluarga adalah tempat bagi tamu atau pengunjung rumah menghabiskan waktu paling banyak. Jadi layout ruangan tamu dan keluarga harus ditata sedemikian rupa agar terlihat bernilai seni dan indah. Langit ruangan yang tinggi, jendela yang lebar, serta pencahayaan yang teratur menjadikan ruang tamu istimewa dan sempurna.

Ruang Tamu dan Keluarga Jasa Arsitek

5. Ruang Kerja
Di rumah kita bisa melakukan apa saja. Sekarang, tidak jarang rumah pun dijadikan sebagai tempat berkerja. Untuk dapat meningkatkan produktifitas serta melancarkan inspirasi diperlukan desain ruang kerja yang sempurna, misalnya pemilihan cat tembok yang tepat serta pencahayaan yang teratur. Untuk cat tembok, disarankan untuk memilih warna hidup, seperti hijau ataupun biru. Sedangkan untuk view, disarankan untuk menghadap ke tempat yang terbuka. Jika rumah di sawah, usahakan menghadap ke persawahan.

6. Kamar Tidur
Tempat istirahat yang paling nyaman adalah kamar tidur. Di ruang tidur inilah segala beban dan kelelahan akibat rutinitas sepanjang hari dirileksasikan. Jadi, sebisa mungkin agar desain kamar tidur bisa memberikan efek rileks yang maksimal. Tata ruang, view (jika memungkinkan), dan pencahayaan perlu diperhatikan. Penempatan lemari yang tepat biasanya memberikan kesan luas terhadap kamar tidur.

Kamar Tidur Desain Rumah Minimalis

7. Ruang Makan
Meja panjang berwarna coklat, di atasnya ditempatkan kaca yang seukuran dengan meja, lalu disandingkan dengan kursi sofa tinggi berwarna putih, membuat suasana ruang makan terlihat mewah. Apa lagi jika di langit ruang makan digantungkan sebuah lampu yang indah, maka akan menjadi sempurna.

8. Dapur
Rumornya, dapur merupakan surganya para wanita (istri). Di dapur inilah wanita biasanya memasak makanan untuk orang-orang yang mereka cintai. Dapur yang luas dan posisi rak/lemari perabotan yang tertata merupakan impian semua wanita.

9. Kamar Mandi
Kamar Mandi yang dilengkapi dengan marmer berwarna abu biasanya bagus, tetapi terkesan agak gelap, apa lagi jika dindingnya berwarna coklat. Untuk itulah, dibutuhkan pencahayaan yang baik. Kaca besar dan lebar yang menjadi pembatas antara area pemandian dengan fastafel yang menjadi tempat dandan atau sikat gigi diusahakan berwarna bening.

10. Ruang Terbuka di Atap
Banyak orang suka nongkrong di tempat terbuka. Di rumah pun, tidak menutup kemungkinan disediakan ruang dengan posisi terbuka. Ruangan dengan posisi terbuka ini paling cocok jika disediakan di atap rumah, dengan ukuran 4 × 4. Di tempat terbuka tersebut disediakan juga meja dan kursi.
Demikianlah ide desain rumah mungil dan minimalis yang menurut kami sangat cocok dengan lahan terbatas dan dengan budget minim. Semoga artikel ini bermanfaat.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi.
Baca Juga:
DESAIN RUMAH TERBAIK:
DESAIN INTERIOR:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta

Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali

Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl. Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung

Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Antologi Collaboractive Space Tawangsari CT II, Gg. Gayamsari II No.9C, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta

Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India

Google Map Emporio Architect India

Layanan Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6282297858081
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

Ikuti Kami
           
Chat Konsultasi

  Chat Jabodetabek  

  Chat Luar Jabodetabek  

  Form Order