Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

Tips Mencegah Kebocoran

Tips Mencegah Kebocoran
  21 April 2021
Ditulis oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Kata orang, hujan adalah berkah. Walau demikian, tak bisa dipungkiri kebanyakan orang merasa was-was saat musim penghujan tiba. Pasalnya, hujan dalam waktu lama dan intensitas yang tinggi bisa menyebabkan bencana besar seperti banjir hingga bencana kecil seperti kerusakan atau kebocoran rumah penduduk. Apakah Anda termasuk salah satu orang yang khawatir rumah kebocoran saat hujan tiba? Jika ya, maka kini saatnya Anda menyudahi kekhawatiran Anda dan segera bertindak! Karenanya kali ini Emporio Architect akan berbagi tips mencegah kebocoran air di rumah.

Pernah ga sih Anda merasa sudah susah payah membeli atau membangun rumah, namun jadi merasa super dongkol karena atap, plafon atau dinding rumah yang bocor saat hujan? Tidur pun rasanya jadi tidak nyenyak. Tak hanya itu, rumah yang bocor juga lama-kelamaan tampilannya pasti tak apik lagi berkat adanya jamur, lumut hingga bekas rembesan air yang terlihat mengering berwarna kecoklatan. Gak banget deh pokoknya! Untuk itu bila Anda baru saja membangun atau membeli rumah, lakukan upaya pencegahan agar rumah tak bocor. Berikut tips mencegah kebocoran yang bisa Anda terapkan.

Mencegah kebocoran rumah

  1. Hindari menanam pohon besar di dekat rumah

Untuk Anda yang menyukai tanaman dan ingin rumah terlihat asri, Anda boleh menanam tanaman hijau di pekarangan rumah namun hindari menanam pohon besar berukuran tinggi di dekat rumah Anda. Tanaman berukuran besar, tinggi dan rimbun seperti mangga, beringin, jambu, dan sejenisnya bisa membuat atap rumah Anda berlubang dan bocor akibat kejatuhan ranting dan buahnya. Jika Anda ingin menempatkan pohon di dekat bangunan, sebaiknya pilih jenis tanaman hijau yang lebih ‘aman’ seperti palem, tanaman hias, sesemakan dan lainnya.

  1. Rutin membersihkan dan mengecek kondisi atap rumah

Kebocoran yang terjadi di rumah umumnya disebabkan karena genteng yang pecah/bergeser. Karenanya ranjinlah membersihkan dan mengecek kondisi atap rumah Anda secara berkala. Hilangkan sampah daun, ranting hingga layangan yang umumnya ‘nyangkut’ di genteng rumah Anda. Jika tak dibersihkan, sampah yang menumpuk pada atap bisa menghambat jalannya aliran air hujan, menciptakan genangan air kemudian terjadilah kebocoran. Selain itu, Anda juga perlu mengganti genteng yang sudah jelek, rapuh atau retak agar air tidak merembes ke plafon.

  1. Perhatikan sudut kemiringan atap

Tahukah Anda, sudut kemiringan atap ternyata mempengaruh tingkat kebocoran rumah, lho. Untuk mencegah kebocoran, disarankan untuk membuat atap dengan kemiringan 30-45 derajat agar air hujan dapat mengalir ke bawah dengan lancar tanpa perlu ‘parkir’ disana-sini. Itulah sebabnya atap yang landai seperti atap datar lebih rawan bocor dibanding jenis atap lainnya.

  1. Memasang plastik di bawah atap

Ada kalanya Anda tak sadar bahwa atap rumah Anda sudah bocor. Tahu-tahu saja, plafon sudah bolong terkena rembesan air hujan dan berwarna kecoklatan bekas air yang mengering. Jika sudah begitu, interior rumah pasti tampak jelek sekali akibat jejak air di plafon. Untuk mencegah terjadinya hal ini, Anda bisa memasang plastik di bawah atap. Plastik ini berperan sebagai penghalang agar air tidak merembes ke dalam rumah ketika genteng rumah sudah bocor.

  1. Rutin memeriksa talang air dan kondisi dinding

Selain hujan atau angin kencang, salah satu biang kerok munculnya rembesan air pada rumah adalah karena adanya retak/kebocoran pada talang/pipa air. Jika dibiarkan, lama-kelamaan kebocoran pada pipa air bisa merembes ke dinding dan membuat tekstur dinding berubah, misalnya dengan kemunculan gelembung, lumut atau jamur pada dinding dan memudarnya warna cat. Untuk mengetahui apakah pipa air Anda bocor atau tidak, Anda bisa mendeteksinya dari meteran air. Meteran kelembapan atau kamera infra merah juga bisa Anda pakai untuk mendeteksi lokasi kebocoran pada dinding rumah Anda

  1. Menggunakan cat pelapis waterproof

Salah satu cara yang sudah diketahui banyak orang untuk mencegah kebocoran pada atap maupun dinding rumah adalah dengan melapisinya menggunakan cat waterproof. Dengan melapisi dinding terluar rumah dan plafon menggunakan cat waterproof dan memakai atap waterproof, rumah jadi lebih tahan air sehingga tidak mudah bocor. Imbangi pelapis waterproof ini dengan pemasangan material bangunan serta pengecatan yang tepat agar hasilnya optimal.

mencegah kebocoran rumah

Demikian tips mencegah kebocoran yang bisa Anda terapkan di rumah. Jangan sampai rumah yang menjadi tempat berlindung dan istirahat ini justru tak aman lagi dan membuat anggota keluarga Anda pusing tujuh keliling akibat kebocoran air di sana-sini.  Baca artikel lainnya di blog Emporio Architect untuk mendapat tips dan trik seputar arsitektur. Bila Anda butuh jasa desain rumah professional, hubungi saja Emporio Architect – salah satu kantor arsitek terbaik dan terpercaya di Indonesia.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi.
BACA JUGA:
Tips Mencegah Air Hujan Masuk ke Dalam Rumah Melalui Celah Pintu
Tips Mencegah Air Hujan Masuk ke Dalam Rumah Melalui Celah Pintu
  28 April 2021
Tips Mencegah Rayap
Tips Mencegah Rayap
  20 April 2021
Mengapa Anda Memilih Emporio Architect?
Mengapa Anda Memilih Emporio Architect?
  03 Mei 2014
DESAIN INTERIOR:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta

Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali

Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl. Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung

Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Antologi Collaboractive Space Tawangsari CT II, Gg. Gayamsari II No.9C, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta

Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India

Google Map Emporio Architect India

Layanan Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6282297858081
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

Ikuti Kami
           
Chat Konsultasi

  Chat Jabodetabek  

  Chat Luar Jabodetabek  

  Form Order