Jabodetabek : +6282146645837
  Luar Jabodetabek : +6282219788877

Tips Mencegah Kebocoran Atap Rumah

Tips Mencegah Kebocoran Atap Rumah
Dipublikasikan 22 Januari 2022    Edukasi, Tips, dan Trik
Ditulis oleh: Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  

Kata orang, hujan adalah berkah. Walau begitu, tak bisa dipungkiri kebanyakan orang merasa was-was saat musim hujan tiba. Pasalnya, hujan dengan intensitas tinggi dalam waktu lama bisa menyebabkan bencana seperti banjir hingga kerusakan rumah penduduk. Rumah pun juga rawan bocor saat hujan. Karenanya bila Anda khawatir rumah bocor tiap musim hujan tiba, coba ikuti tips mencegah kebocoran atap rumah ala Emporio Architect berikut ini.

Pernahkah Anda merasa dongkol karena atap, plafon atau dinding rumah yang bocor saat hujan? Jika sudah begtu, tidur pun jadi tidak nyenyak karena selalu waswas. Tak hanya itu, rumah yang bocor lama-kelamaan tampilannya juga tak apik karena jamur, lumut hingga bekas rembesan air yang berwarna kecoklatan. Gak banget deh pokoknya! Untuk itu lakukan upaya pencegahan agar rumah Anda tak bocor. Berikut tips mencegah kebocoran yang bisa Anda terapkan di rumah.

Mencegah kebocoran rumah

1. Hindari menanam pohon besar di dekat rumah

Untuk Anda yang ingin rumah tampak asri, Anda bisa meletakkan tanaman di pekarangan rumah, namun hindari menanam pohon besar berukuran tinggi di dekat bangunan. Tanaman yang besar, tinggi dan rimbun seperti mangga, beringin, jambu, dan sejenisnya bisa membuat atap rumah lubang dan bocor akibat kejatuhan ranting dan buahnya. Jika Anda ingin menempatkan pohon di dekat rumah, pilih tanaman yang lebih ‘aman’ seperti palem, tanaman hias hingga sesemakan.

2. Rutin membersihkan dan mengecek kondisi atap rumah

Kebocoran pada rumah umumnya disebabkan oleh genteng yang pecah/bergeser. Karenanya ranjinlah membersihkan dan mengecek kondisi atap rumah secara berkala. Hilangkan sampah daun, ranting hingga layangan yang ‘nyangkut’ di genteng rumah Anda. Jika tak dibersihkan, sampah yang menumpuk pada atap bisa menghambat jalannya aliran air hujan, menciptakan genangan air kemudian terjadilah kebocoran. Selain itu, Anda juga perlu mengganti genteng yang sudah jelek, rapuh atau retak agar air tidak merembes ke plafon dan masuk ke dalam rumah.

3. Perhatikan sudut kemiringan atap

Tahukah Anda, sudut kemiringan atap sangat mempengaruhi tingkat kebocoran rumah! Untuk mencegah kebocoran, disarankan membuat atap dengan kemiringan 30-45 derajat agar air hujan dapat mengalir ke bawah dengan lancar tanpa perlu ‘parkir’ disana-sini. Itulah sebabnya atap yang landai seperti atap datar rawan bocor dibanding jenis atap lainnya.

4. Memasang plastik di bawah atap

Ada kalanya Anda tak sadar jika atap rumah sudah bocor. Tahu-tahu saja, plafon sudah bolong terkena rembesan air hujan dan berwarna kecoklatan bekas air yang mengering. Jika sudah begitu, interior rumah pasti tampak jelek akibat jejak air di plafon. Untuk mencegah terjadinya hal ini, Anda bisa memasang plastik di bawah atap. Plastik ini berperan sebagai penghalang agar air tidak merembes ke dalam rumah ketika genteng sudah bocor.

5. Rutin memeriksa talang air dan kondisi dinding

Selain hujan atau angin kencang, salah satu biang kerok munculnya rembesan air pada rumah adalah keretakan/kebocoran talang/pipa air. Jika dibiarkan, lama-kelamaan kebocoran pada pipa air bisa merembes ke dinding dan membuat tekstur dinding berubah, misalnya dengan kemunculan gelembung, lumut atau jamur serta memudarnya warna cat. Untuk mengetahui apakah pipa air bocor atau tidak, Anda bisa mendeteksinya dari meteran air. Meteran kelembapan atau kamera infra merah juga bisa Anda pakai untuk mendeteksi lokasi kebocoran pada dinding rumah Anda

6. Menggunakan cat pelapis waterproof

Salah satu cara yang diketahui banyak orang untuk mencegah kebocoran pada atap dan dinding rumah adalah dengan melapisinya menggunakan cat waterproof. Dengan melapisi dinding terluar rumah dan plafon menggunakan cat waterproof dan memakai atap waterproof, rumah jadi lebih tahan air sehingga tidak mudah bocor. Imbangi pelapis waterproof ini dengan pemasangan material bangunan serta pengecatan yang tepat agar hasilnya optimal.

Walau begitu, cat waterproof pada atap datar tidak terlalu efektif. Karenanya untuk atap datar, selain memberi lapisan waterproof pada atap dan dinding, tambahkan juga kemiringan atap dan drainase/talang agar air hujan tidak menggenang lalu menyebabkan kebocoran.

mencegah kebocoran rumah

Demikian tips mencegah kebocoran yang bisa Anda terapkan di rumah. Jangan sampai rumah yang menjadi tempat berlindung dan istirahat ini justru membuat keluarga Anda merasa tak nyaman karena bocor disana-sini. Baca artikel lainnya di blog Emporio Architect untuk mendapat tips dan trik seputar arsitektur. Dan bila Anda butuh jasa desain rumah profesional, hubungi jasa Emporio Architect.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi.

Apabila Anda ada pertanyaan silahkan konsultasikan dengan kami.

BACA JUGA:
desain rumah MINIMALIS
desain rumah CLASSIC
desain rumah MODERN
desain rumah MEDITERAN
blog POPULER
DESAIN INTERIOR:
         
KONSULTASI DENGAN CS KAMI
Syahrul Dwi Andrian, Amd
Andrian
Dwi Pratiwi, S.Ars
Tiwi
I Gusti Agung Ayu Chandra Devi, S.Ars
Devi
Ida Ayu Wisma Anggaritha Pathni, S.Kom., MTA
Dayu
Aarles Sumarten, S.S.
Aarles

Telp. Jabodetabek:
+6282146645837

Telp. Luar Jabodetabek:
+6282219788877

QR Code WA Jabodetabek:
QR Code WA Luar Jabodetabek:
Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940

Google Map Emporio Architect Jakarta

Kantor Bali

PERUM Piakan Indah Mesari No. 18A, Jalan Piakan I, Batubulan, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582

Google Map Emporio Architect Bali

Kantor Bandung

Menara Asia Afrika Lantai 9 Regus Office No. 918, Jalan Asia Afrika No. 133-137, Bandung 40112

Google Map Emporio Architect Bandung

Kantor Yogyakarta

Jl. Sagan Kidul No.14, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

Google Map Emporio Architect Jogja

Kantor Surabaya

Pakuwon Center Lantai 23, Jl. Embong Malang 1-5, Surabaya, Jawa Timur 60261

Google Map Emporio Architect Surabaya

Kantor Semarang

Gedung Menara Suara Merdeka Lt. 11, Jalan Pandanaran No. 30, Pekunden, Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah 50241

Google Map Emporio Architect Semarang

Kantor Balikpapan

Panin Tower Floor 8th, Jl. Jendral Sudirman No.7, Balikpapan, Kalimantan Timur 76113

Google Map Emporio Architect Balikpapan

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek: +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek: +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama: +6281353353909
Kritik, Saran dan Pengaduan: +6282146847758
HR & Lowongan Pekerjaan: +6281236313868

Konsultasi: infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran & Kerja Sama: partnershipCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Lowongan Pekerjaan: hrdCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

Ikuti Kami