Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

Desain Rumah Mediteran untuk Menghadirkan Suasana yang Hangat

Desain Rumah Mediteran untuk Menghadirkan Suasana yang Hangat

  09 Agustus 2019
Oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Di Negara-negara yang terletak di perbatasan Laut Mediterania yang mempunyai cuaca cerah memang mempunyai gaya bangunan yang unik dan kita kenal dengan desain rumah mediteran. Contributor besar dari gaya arsitektur yang satu ini adalah Negara Yunani dan Italia serta sedikit ciri khas Spanyol modern. Simak ulasannya berikut ini:

Mengenal gaya desain rumah mediteran
Gaya Mediterania dapat terlihat jelas dari dinding eksterior plesterannya, serta atap miring yang bertutup plafon. Warna yang kerap diterapkan adalah warna netral seperti salmon, kuning, atau peach, tapi juga kadang putih total. Untuk mencerahkan suasana umumnya pada bagian genteng dipilih warna merah yang kontras dengan dominasi warna bangunan. Rumah berkonsep Mediterania umumnya maksimal hanya berlantai 2 dengan jendela-jendela besar. Tak lupa balkon yang ditempatkan pada atap miring dari garis atap sebagai tempat bersantai yang dirancang indah.

Desain rumah mediteran suasana hangat

Desain rumah mediteran juga kerap memasukkan unsur alam sebagai bagian dari rancangan bangunan. Tentu saja ini dipengaruhi oleh iklim di sekitar yang sejuk serta hangat sehingga atmosfer tersebut diupayakan untuk dibawa ke bagian beranda, interior halaman, balkon, dan sebagainya. Ciri yang tak pernah terlewatkan pada rumah Mediteran juga kolom dengan lengkungan tinggi yang konon dipengaruhi oleh era arsitektur kuno, yaitu Yunani neoklasisme, Renaisans Spanyol dan Italia. Untuk bangunan-bangunan modern tentu saja diterapkan berbagai penyesuaian.

Sebagai dekorasi banyak ditempatkan mural-mural dinding yang besar serta lukisan yang umumnya bertema pemandangan alam, lautan, serta kolam untuk membawa atmosfer lingkungan yang indah ke dalam ruangan. Untuk membuat ruangan lebih sejuk juga diterapkan warna-warna alam seperti abu-abu, hijau, biru, serta putih yang kerap diaplikasikan sebagai warna dasar bangunan.

Pilihan lainnya yang juga bisa Anda pertimbangkan adalah gaya Tuscan palet dengan warna-warna yang memberikan kesan warm, seperti kuning, terakota, oranye, emas, warna karat, warna labu, atau hijau seperti hutan tropis.Yang cukup unik pada desain rumah mediteran ini juga teknik pengecatannya yang tidak merata antara satu dinding dengan lainnya, atau dapat dikatakan tiap dindingnya mempunyai kepekatan dan ketebalan yang tidak sama..

Untuk rancangan taman beberapa desain yang dapat berpadu pas dengan konsep Mediteran adalah Taman Moor dengan gaya Spanyol atau Taman Italia yang berkesan formal lengkap dengan air mancur serta pagar. Beberapa unsur yang tak boleh Anda lewatkan adalah bunga-bunga yang eksotis, pohon-pohon palem besar, pakis berukuran serta komponen-komponen lanskap tropis yang lainnya.

Mengingat atmosfer lingkungan di Negara-negara tersebut hampir sama dengan tanah air kita konsep bangunan ini juga cocok diaplikasikan di Indonesia.

Baca Juga:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta
Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali
Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl.Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung
Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Jl. Sadewa No.58E, Tegal Rejo, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta
Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India
Google Map Emporio Architect India

Ikuti Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6288809690854
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

      Chat