Jabodetabek : +6282146645837
  Luar Jabodetabek : +6282219788877

Pahami Dulu Mengenai Tender hingga Penggunaan Gambar Desain Untuk Persiapan Tender

Pahami Dulu Mengenai Tender hingga Penggunaan Gambar Desain Untuk Persiapan Tender
Dipublikasikan 15 Januari 2022    Edukasi, Tips, dan Trik
Ditulis oleh: Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  

Siap membangun rumah? Jika gambar desain rumah Anda sudah selesai 100%, kini saatnya Anda mulai bersiap-siap membangun rumah. Pada tahap ini, yang perlu dilakukan segera setelah mendapatkan paket gambar desain teknis dari konsultan arsitek adalah memulai proses tender. Apa itu tender? Apa saja yang harus disiapkan sebelum memulai proses tender? Dan bagaimana tata cara memulai tender? Untuk menjawab pernyataan tersebut, baca artikel dari Emporio Architect berikut ini.

Pengertian Tender

Menurut Perpres No. 16 Tahun 2018, tender adalah metode pemilihan untuk mendapatkan penyedia barang/pekerjaan konstruksi/jasa lainnya. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tender adalah tawaran untuk mengajukan harga, memborong pekerjaan, atau menyediakan barang. Aktivitas tender ini melibatkan dua pihak dimana Anda berperan sebagai penyelenggara sedangkan pihak satunya sebagai vendor atau penyedia barang/jasa.

Secara sederhana, tender pembangunan rumah tinggal hampir mirip dengan lelang. Bedanya, Anda sebagai penyelenggara yang menawarkan RAB pembangunan ke beberapa kontraktor. Kemudian, beberapa kontraktor nantinya mengajukan proposal rancangan anggaran biaya serta sistem kerja untuk Anda nilai dan Anda pilih. Esensi tender adalah membuat kontraktor ‘berlomba’ mengajukan harga termurah dengan kualitas terbaik. Dengan begitu, Anda bisa memilih kontraktor berdasarkan pertimbangan harga dan kualitas kerjanya.

Persiapan Sebelum Memulai Tender

Dari penjelasan di atas, bisa diketahui bahwa sebenarnya proses tender ini memiliki banyak manfaat bagi Anda sebagai penyelenggara. Tak hanya meningkatkan keefektifan dan memudahkan Anda dalam mengetahui fitur/spek yang ditawarkan tiap kontraktor, tender juga bersifat transparan dan terbuka. Dalam prakteknya ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum memulai tender seperti berikut.

1. Memiliki gambar desain lengkap dan rancangan anggaran biaya

Sebelum memulai tender, Anda wajib memiliki gambar desain lengkap dan rancangan anggaran biaya. Gambar teknis ini diperlukan dalam pembuatan rancangan anggaran biaya. Kemudian, rancangan anggaran biaya pembangunan inilah yang digunakan sebagai acuan bagi kandidat kontraktor untuk menyusun proposal biaya pembangunan dan lain sebagainya. Dengan kata lain, Anda harus memiliki gambar desain teknis agar bisa memulai tender.

2. Memiliki cukup modal/dana

Selain gambar teknis dan RAB, Anda perlu menyiapkan modal atau dana untuk pembangunan, mulai dari biaya kontraktor, biaya pengawas, biaya pembelian material dan lain sebagainya.

3. Mencari beberapa kandidat kontraktor

Sebelum memulai tender, sebaiknya Anda mencari beberapa kandidat kontraktor terlebih dahulu. Cari informasi kontraktor berkualitas dengan melihat portfolio hasil konstruksi sebagai referensi.

Persiapan Tender

Penggunaan Gambar Desain untuk Persiapan Tender

Seperti yang telah dijelaskan, untuk melakukan tender ada beberapa hal yang perlu disiapkan.  Salah satunya, Anda perlu memiliki gambar desain dan rancangan anggaran biaya. Dalam hal ini, gambar teknis merupakan kunci untuk memulai proses tender. Faktanya, sulit merancang RAB pembangunan yang akurat jika tidak ada gambar teknis yang dijadikan patokan. Tanpa adanya RAB, proses tender pun tak bisa dilakukan. Mengapa demikian? Seberapa penting gambar desain dan RAB untuk tender?

Kebanyakan orang awam mengabaikan pentingnya gambar desain dan RAB serta memilih memakai jasa tukang untuk membangun rumah karena dianggap lebih murah. Padahal, gambar desain berperan penting sebagai pedoman agar pembangunan tidak melenceng dan dikerjakan sesuai rencana. Sama halnya dengan gambar kerja, RAB bertujuan untuk mengetahui estimasi biaya yang dibutuhkan saat pembangunan, mengontrol pengeluaran per item pekerjaan, mencegah keterlambatan atau penghentian pekerjaan dan meminimalisir pemborosan biaya pembangunan. Tanpa gambar teknis dan RAB, biaya pembangunan bisa membengkak, proyek molor dan hasilnya pun mengecewakan.

Tak heran orang cerdas memilih memakai jasa arsitek untuk mendapat gambar teknis sebagai acuan kerja bagi jasa kontraktor atau tukang saat membangun rumah. Pemilihan kontraktor pun dilakukan dengan proses tender untuk mendapat kontraktor terbaik. Agar bisa melakukan tender, diperlukan gambar teknis serta RAB yang dirancang dan dihitung oleh arsitek. Dengan begitu proses serta hasil pembangunan akan lebih sempurna dan memuaskan.

Demikian pengertian tender, persiapan sebelum memulai tender hingga penggunaan gambar desain untuk persiapan tender. Kini setelah memahami pentingnya gambar desain teknis serta RAB untuk memulai tender, Anda bisa menyewa jasa arsitek professional dengan produk desain lengkap berupa gambar teknis hingga RAB seperti Emporio Architect. Dengan begitu, Anda tak kesulitan saat memulai pembangunan termasuk saat hendak memulai proses tender karena semuanya sudah tersedia. Tunggu apalagi? Hubungi customer care kami untuk konsultasi dan booking jasa Emporio Architect.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi.

Apabila Anda ada pertanyaan silahkan konsultasikan dengan kami.

BACA JUGA:
desain rumah MINIMALIS
desain rumah CLASSIC
desain rumah MODERN
desain rumah MEDITERAN
blog POPULER
26 September 2022  
DESAIN INTERIOR:
         
KONSULTASI DENGAN CS KAMI
Syahrul Dwi Andrian, Amd
Andrian
Dwi Pratiwi, S.Ars
Tiwi
I Gusti Agung Ayu Chandra Devi, S.Ars
Devi
Ida Ayu Wisma Anggaritha Pathni, S.Kom., MTA
Dayu
Aarles Sumarten, S.S.
Aarles

Telp. Jabodetabek:
+6282146645837

Telp. Luar Jabodetabek:
+6282219788877

QR Code WA Jabodetabek:
QR Code WA Luar Jabodetabek:
Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940

Google Map Emporio Architect Jakarta

Kantor Bali

PERUM Piakan Indah Mesari No. 18A, Jalan Piakan I, Batubulan, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582

Google Map Emporio Architect Bali

Kantor Bandung

Menara Asia Afrika Lantai 9 Regus Office No. 918, Jalan Asia Afrika No. 133-137, Bandung 40112

Google Map Emporio Architect Bandung

Kantor Yogyakarta

Jl. Sagan Kidul No.14, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

Google Map Emporio Architect Jogja

Kantor Surabaya

Pakuwon Center Lantai 23, Jl. Embong Malang 1-5, Surabaya, Jawa Timur 60261

Google Map Emporio Architect Surabaya

Kantor Semarang

Gedung Menara Suara Merdeka Lt. 11, Jalan Pandanaran No. 30, Pekunden, Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah 50241

Google Map Emporio Architect Semarang

Kantor Balikpapan

Panin Tower Floor 8th, Jl. Jendral Sudirman No.7, Balikpapan, Kalimantan Timur 76113

Google Map Emporio Architect Balikpapan

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek: +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek: +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama: +6281353353909
Kritik, Saran dan Pengaduan: +6282146847758
HR & Lowongan Pekerjaan: +6281236313868

Konsultasi: infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran & Kerja Sama: partnershipCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Lowongan Pekerjaan: hrdCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

Ikuti Kami