Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

Inspirasi Vertikal Garden Untuk Lahan Sempit di Perkotaan

Inspirasi Vertikal Garden Untuk Lahan Sempit di Perkotaan

  13 Agustus 2019
Ditulis oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Selamat berjumpa kembali, kali ini kita akan mengulas tentang taman vertikal atau lebih dikenal dengan sebutan vertical garden. Apa sih vertical garden itu? Kira-kira begitulah pertanyaan yang ada dalam pikiran para pembaca.

Nah, sesuai namanya taman vertikal adalah sebuah taman yang didesain dalam bentuk vertikal. Intinya bahwa taman vertikal merupakan kebalikan dari taman horizontal yang sering kita jumpai selama ini. Jika taman horizontal kerap kali membutuhkan lahan yang luas, taman vertikal malah tidak membutuhkannya. Itulah mengapa taman vertikal ini sangat cocok diterapkan di daerah perkotaan dengan lahan yang sempit. Desain taman vertikal ini muncul guna mengatasi persoalan kekurangan lahan.

Jadi, untuk Anda yang saat ini sedang kebingungan karena memiliki lahan yang sempit sementara Anda merupakan pecinta suasana rumah yang alami dan sejuk, bersyukurlah sebab taman vertikal adalah jawaban atas keluhan Anda tersebut.

Taman vertikal memiliki fungsi sebagai berikut: 1) Mengurangi polusi udara. 2) Meningatkan kualitas oksigen. 3) Membuat rumah, gedung perkantoran, hotel jadi lebih indah. 4) Meningkatkan kualitas lingkungan perkotaan yang sehat, indah dan nyaman; dan 5) Menjadi solusi dalam membuat taman di lahan terbatas. 6) Membuat ruangan lebih sejuk dan artistik.

Untuk diketahui bahwa, vertical garden dapat dibuat dengan cara-cara yang lebih kreatif, misalnya menggantungkan pot-pot pada dinding, menempelkan tanaman hias pada pagar, menaruh pot di atap, dan menempel kantong tanaman pada dinding.

Desain rumah vertikal garden

Sebelum,membuat taman vertikal di rumah Anda, ada baiknya terlebih dahulu Anda mencari tahu tentang jenis tanaman yang cocok untuk ditempatkan di taman vertikal Anda. Berdasarkan pengamatan dan riset kecil yang telah di lakukan ada beberapa tanaman yang sangat pas untuk taman vertikal Anda, seperti misalnya: Soapwort, Lipstick Plant (Aeschynantus Radicans), Kuping Gajah (Anthurium Crystalium), Hosta, Sirih Merah, Lili paris (Chlorophytum comosum), Begonia, dan masih banyak lagi.
Selain memilih tanaman yang cocok, penentuan tempat dan desain yang tepat juga sangat penting, yaitu guna bisa memberikan hasil yang lebih maksimal. Berikut adalah tips membuat vertical garden yang sangat disarankan:

Pilih Jenis Tanaman yang Sesuai dengan Model Rumah Anda
Setelah mengetahui jenis tanaman yang bisa ditempatkan di taman Anda, selanjutnya adalah menyesuaikannya dengan model rumah Anda. Jika rumah Anda didesain dengan atap terbuka atau rata maka Anda bisa membuat taman dengan menempatkan pot di atap, dan membiarkan tanaman menjalar ke bawah. Tanaman yang cocok untuk desain vertical garden seperti ini adalah Ivy (Hedera helix), karena merupakan tanaman yang menjalar. Namun jika rumah Anda disesain dengan model atap limasan, maka pot tanaman Ivy (Hedera helix) bisa langsung ditempatkan di samping tembok pembatas. Untuk diketahui tanaman ini memiliki efek iritasi terhadap kulit, oleh sebab itu disarankan untuk dijauhkan dari jangkauan anak-anak.

Menggantung Pot Pada Dinding
Sebelum pot digantungkan pada dinding, terlebih dahulu dibuatklan frame. Pembuatan frame ini harus lebih mengutamakan model dan kualitasnya. Disarankan untuk membuat frame yang sesuai dengan ukuran dinding. Pot yang telah digantung di dinding ini harus lebih sering diperhatikan karena tanahnya cepat mengalami kekeringan.

Menggunakan Kantong Tanaman
Menggunakan pot pada taman vertikal memang bagus, tetapi lebih bagus lagi jika menggunakan kantong tanaman. Dibandingkan dengan menggunakan pot yang cenderung boros, kantong tanaman hadir dengan harga yang terjangkau. Selain itu bentuknya juga lebih bagus.

Membuat Kerangka Bertingkat
Kerangka ini berfungsi untuk menempatkan tanaman yang yang telah disiapkan. Bentuk kerangka yang palin disarankan adalah kerangkan bertingkat. Bila perlu dengan model yang bervariasi. Kerangkan bertingkat ini bisa ditempatkan di mana saja. Bisa di luar rumah bisa juga di dalam rumah.
Demikian ulasan mengenai “Inspirasi Vertikal Garden Untuk Lahan Sempit di Perkotaan” semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih dan selamat mencoba.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi.
Baca Juga:
DESAIN RUMAH TERBAIK:
DESAIN INTERIOR:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta

Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali

Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl. Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung

Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Antologi Collaboractive Space Tawangsari CT II, Gg. Gayamsari II No.9C, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta

Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India

Google Map Emporio Architect India

Layanan Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6282297858081
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

Ikuti Kami
           
Chat Konsultasi

  Chat Jabodetabek  

  Chat Luar Jabodetabek  

  Form Order