Jabodetabek : +6282146645837
  Luar Jabodetabek : +6282219788877

Ketahui Pentingnya Tes Sondir untuk Menentukan Jenis dan Ukuran Struktur

Ketahui Pentingnya Tes Sondir untuk Menentukan Jenis dan Ukuran Struktur
Dipublikasikan 04 Januari 2022    Edukasi, Tips, dan Trik
Ditulis oleh: Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  

Sudah mengurus legalitas lahan serta memiliki data lengkap terkait lokasi, bentuk, luas dan topografi lahan? Jika sudah, maka selangkah lagi Anda bisa memulai proses desain bersama arsitek. Selamat! Kini, Anda hanya perlu melakukan tes sondir yang penting dilakukan agar bangunan rumah tinggal kokoh dan aman. Tapi sebelum itu, tahukah Anda apa itu tes sondir dan apa kegunaannya?

Kami tahu, Anda pasti ingin memiliki rumah yang tak hanya indah dan nyaman, tapi juga kokoh dan aman. Tapi, tak banyak yang tahu bahwa kekokohan dan keamanan bangunan tidak ditentukan dari besaran bangunan, ketinggian gerbang hingga keberadaan CCTV dan pos satpam, tapi dari jenis dan ukuran struktur bangunan. Lalu apa hubungannya dengan tes sondir?

Dalam hal ini, kecocokan antara kondisi tanah dengan pilihan pondasi yang digunakan pada bangunan-lah yang menentukan apakah suatu bangunan bisa disebut kokoh dan aman atau tidak. Karenanya untuk mengetahui kondisi dan jenis tanah, perlu dilakukan tes sondir terlebih dahulu agar arsitek dan tim struktur bisa menentukan jenis pondasi bangunan yang sesuai.

Pengertian Tes Sondir

Saat berencana mendirikan sebuah bangunan, pertama-tama diperlukan tes untuk mengetahui daya dukung tanah dan posisi kedalaman lapisan tanah keras sebagai patokan untuk menentukan jenis pondasi bangunan.  Tes inilah yang disebut tes sondir.  Tes sondir dilakukan jika bangunan yang akan dibangun merupakan bangunan bertingkat, namun bukan tergolong ke dalam high rise building.

tes sondir

Manfaat Tes Sondir

1. Lolos pembuatan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB)

Bila Anda berencana membangun rumah atau bangunan bertingkat, maka Anda wajib melakukan tes sondir karena tes sondir masuk dalam syarat wajib pembuatan IMB bagi bangunan bertingkat.

Jika bangunan yang hendak dibangun memiliki jumlah tingkat lebih dari 2 dan kurang dari 10, maka tes sondir perlu dilakukan. Sedangkan bila bangunan yang dibangun punya lebih dari 10 tingkat (high rise building) maka lakukan tes boring alih-alih tes sondir.

2. Mengetahui daya dukung tanah dan kedalaman lapisan tanah keras

tes sondir

Tes sondir dilakukan untuk mengetahui daya dukung tanah dan posisi kedalaman lapisan tanah keras. Tiap area tanah pada lahan bisa memiliki jenis atau karakteristik tanah yang berbeda, pun posisi kedalaman lapisan tanah kerasnya juga bisa jadi berbeda pula. Karenanya perlu dilakukan tes sondir menggunakan alat sondir yang dioperasikan oleh ahli sipil agar hasilnya akurat.

Untuk lahan seluas 200 m2, diperlukan 3x tes sondir di titik berbeda sebagai sampling. Sedangkan untuk lahan seluas lebih dari 200 m2, diperlukan 3x tes sondir atau lebih dan dianjurkan agar tes dilakukan sejumlah angka ganjil (5, 7, 9 dan seterusnya). Tes sondir sebaiknya dilakukan di titik-titik yang berjauhan agar mendapat data kondisi dan daya dukung tanah yang lebih akurat.

3. Menentukan jenis pondasi yang cocok

Setelah melakukan tes sondir, akan didapat data berisi jenis, karakteristik hingga posisi kedalaman lapisan tanah keras pada lahan. Data tersebut kemudian diberikan pada konsultan arsitek handal seperti Emporio Architect agar arsitek serta ahli struktur bisa menghitung dan merancang desain rumah yang struktur dan konstruksi bangunannya cocok dengan kondisi lahan. Dengan begitu, bangunan pun jadi lebih kuat, aman dan efektif karena jenis pondasi hingga ukuran strukturnya sesuai dengan fungsi bangunan serta karakter tanah pada lahan.

tes sondir

tes sondir

Sebagai bayangan, pondasi telapak dipilih untuk bangunan bertingkat 2 hingga 4 yang berdiri di atas tanah lunak dengan kedalaman kurang dari 3 meter. Bila Anda ingin memiliki rumah super kokoh, maka pondasi tiang pancang bisa dijadikan pilihan. Selain kedua pondasi itu, ada beberapa jenis pondasi lainnya seperti pondasi bored pile, pondasi batu kali dan lain sebagainya. Agar jenis pondasi sesuai, pastikan Anda melakukan tes sondir terlebih dahulu sebelum memesan desain. Setelahnya, percayakan pada arsitek dan tim struktur untuk memutuskan jenis pondasi apa yang cocok untuk struktur bangunan dan kondisi tanah agar hunian Anda lebih kokoh dan aman.

Setelah membaca penjelasan di atas, kini Anda menyadari pentingnya tes sondir untuk menentukan jenis dan ukuran struktur bangunan, bukan? Walau dana yang dikeluarkan untuk melakukan tes sondir memang tak sedikit, namun sangat worth it dan wajib dilakukan mengingat tes sondir ini penting demi kelancaran proses desain dan keamanan keluarga Anda nantinya.

Demikian penjelasan mengenai pentingnya melakukan tes sondir untuk menentukan jenis dan ukuran struktur demi keamanan dan kekokohan bangunan. Setelah melakukan tes sondir, kini Anda siap menghubungi Jasa Arsitek Profesional seperti Emporio Architect untuk merencanakan desain rumah.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi.

Apabila Anda ada pertanyaan silahkan konsultasikan dengan kami.

BACA JUGA:
desain rumah MINIMALIS
desain rumah CLASSIC
desain rumah MODERN
desain rumah MEDITERAN
blog POPULER
DESAIN INTERIOR:
         
KONSULTASI DENGAN CS KAMI
Syahrul Dwi Andrian, Amd
Andrian
Dwi Pratiwi, S.Ars
Tiwi
I Gusti Agung Ayu Chandra Devi, S.Ars
Devi
Ida Ayu Wisma Anggaritha Pathni, S.Kom., MTA
Dayu
Aarles Sumarten, S.S.
Aarles

Telp. Jabodetabek:
+6282146645837

Telp. Luar Jabodetabek:
+6282219788877

QR Code WA Jabodetabek:
QR Code WA Luar Jabodetabek:
Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940

Google Map Emporio Architect Jakarta

Kantor Bali

PERUM Piakan Indah Mesari No. 18A, Jalan Piakan I, Batubulan, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582

Google Map Emporio Architect Bali

Kantor Bandung

Menara Asia Afrika Lantai 9 Regus Office No. 918, Jalan Asia Afrika No. 133-137, Bandung 40112

Google Map Emporio Architect Bandung

Kantor Yogyakarta

Jl. Sagan Kidul No.14, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

Google Map Emporio Architect Jogja

Kantor Surabaya

Pakuwon Center Lantai 23, Jl. Embong Malang 1-5, Surabaya, Jawa Timur 60261

Google Map Emporio Architect Surabaya

Kantor Semarang

Gedung Menara Suara Merdeka Lt. 11, Jalan Pandanaran No. 30, Pekunden, Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah 50241

Google Map Emporio Architect Semarang

Kantor Balikpapan

Panin Tower Floor 8th, Jl. Jendral Sudirman No.7, Balikpapan, Kalimantan Timur 76113

Google Map Emporio Architect Balikpapan

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek: +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek: +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama: +6281353353909
Kritik, Saran dan Pengaduan: +6282146847758
HR & Lowongan Pekerjaan: +6281236313868

Konsultasi: infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran & Kerja Sama: partnershipCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Lowongan Pekerjaan: hrdCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

Ikuti Kami