Jabodetabek : +6282146645837
  Luar Jabodetabek : +6282219788877

Ketahui Pentingnya Tes Sondir untuk Menentukan Jenis dan Ukuran Struktur

Ketahui Pentingnya Tes Sondir untuk Menentukan Jenis dan Ukuran Struktur
04 Januari 2022    Edukasi, Tips, dan Trik
Ditulis oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Sudah mengurus legalitas lahan serta memiliki data lengkap terkait lokasi, bentuk, luas dan topografi lahan? Jika sudah, maka selangkah lagi Anda bisa memulai proses desain bersama arsitek. Selamat! Kini, Anda hanya perlu melakukan tes sondir yang penting dilakukan agar bangunan rumah tinggal kokoh dan aman. Tapi sebelum itu, tahukah Anda apa itu tes sondir dan apa kegunaannya?

Kami tahu, Anda pasti ingin memiliki rumah yang tak hanya indah dan nyaman, tapi juga kokoh dan aman. Tapi, tak banyak yang tahu bahwa kekokohan dan keamanan bangunan tidak ditentukan dari besaran bangunan, ketinggian gerbang hingga keberadaan CCTV dan pos satpam, tapi dari jenis dan ukuran struktur bangunan. Lalu apa hubungannya dengan tes sondir?

Dalam hal ini, kecocokan antara kondisi tanah dengan pilihan pondasi yang digunakan pada bangunan-lah yang menentukan apakah suatu bangunan bisa disebut kokoh dan aman atau tidak. Karenanya untuk mengetahui kondisi dan jenis tanah, perlu dilakukan tes sondir terlebih dahulu agar arsitek dan tim struktur bisa menentukan jenis pondasi bangunan yang sesuai.

Pengertian Tes Sondir

Saat berencana mendirikan sebuah bangunan, pertama-tama diperlukan tes untuk mengetahui daya dukung tanah dan posisi kedalaman lapisan tanah keras sebagai patokan untuk menentukan jenis pondasi bangunan.  Tes inilah yang disebut tes sondir.  Tes sondir dilakukan jika bangunan yang akan dibangun merupakan bangunan bertingkat, namun bukan tergolong ke dalam high rise building.

tes sondir

Manfaat Tes Sondir

1. Lolos pembuatan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB)

Bila Anda berencana membangun rumah atau bangunan bertingkat, maka Anda wajib melakukan tes sondir karena tes sondir masuk dalam syarat wajib pembuatan IMB bagi bangunan bertingkat.

Jika bangunan yang hendak dibangun memiliki jumlah tingkat lebih dari 2 dan kurang dari 10, maka tes sondir perlu dilakukan. Sedangkan bila bangunan yang dibangun punya lebih dari 10 tingkat (high rise building) maka lakukan tes boring alih-alih tes sondir.

2. Mengetahui daya dukung tanah dan kedalaman lapisan tanah keras

tes sondir

Tes sondir dilakukan untuk mengetahui daya dukung tanah dan posisi kedalaman lapisan tanah keras. Tiap area tanah pada lahan bisa memiliki jenis atau karakteristik tanah yang berbeda, pun posisi kedalaman lapisan tanah kerasnya juga bisa jadi berbeda pula. Karenanya perlu dilakukan tes sondir menggunakan alat sondir yang dioperasikan oleh ahli sipil agar hasilnya akurat.

Untuk lahan seluas 200 m2, diperlukan 3x tes sondir di titik berbeda sebagai sampling. Sedangkan untuk lahan seluas lebih dari 200 m2, diperlukan 3x tes sondir atau lebih dan dianjurkan agar tes dilakukan sejumlah angka ganjil (5, 7, 9 dan seterusnya). Tes sondir sebaiknya dilakukan di titik-titik yang berjauhan agar mendapat data kondisi dan daya dukung tanah yang lebih akurat.

3. Menentukan jenis pondasi yang cocok

Setelah melakukan tes sondir, akan didapat data berisi jenis, karakteristik hingga posisi kedalaman lapisan tanah keras pada lahan. Data tersebut kemudian diberikan pada konsultan arsitek handal seperti Emporio Architect agar arsitek serta ahli struktur bisa menghitung dan merancang desain rumah yang struktur dan konstruksi bangunannya cocok dengan kondisi lahan. Dengan begitu, bangunan pun jadi lebih kuat, aman dan efektif karena jenis pondasi hingga ukuran strukturnya sesuai dengan fungsi bangunan serta karakter tanah pada lahan.

tes sondir

tes sondir

Sebagai bayangan, pondasi telapak dipilih untuk bangunan bertingkat 2 hingga 4 yang berdiri di atas tanah lunak dengan kedalaman kurang dari 3 meter. Bila Anda ingin memiliki rumah super kokoh, maka pondasi tiang pancang bisa dijadikan pilihan. Selain kedua pondasi itu, ada beberapa jenis pondasi lainnya seperti pondasi bored pile, pondasi batu kali dan lain sebagainya. Agar jenis pondasi sesuai, pastikan Anda melakukan tes sondir terlebih dahulu sebelum memesan desain. Setelahnya, percayakan pada arsitek dan tim struktur untuk memutuskan jenis pondasi apa yang cocok untuk struktur bangunan dan kondisi tanah agar hunian Anda lebih kokoh dan aman.

Setelah membaca penjelasan di atas, kini Anda menyadari pentingnya tes sondir untuk menentukan jenis dan ukuran struktur bangunan, bukan? Walau dana yang dikeluarkan untuk melakukan tes sondir memang tak sedikit, namun sangat worth it dan wajib dilakukan mengingat tes sondir ini penting demi kelancaran proses desain dan keamanan keluarga Anda nantinya.

Demikian penjelasan mengenai pentingnya melakukan tes sondir untuk menentukan jenis dan ukuran struktur demi keamanan dan kekokohan bangunan. Setelah melakukan tes sondir, kini Anda siap menghubungi Jasa Arsitek Profesional seperti Emporio Architect untuk merencanakan desain rumah.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi.
BACA JUGA:
21 Januari 2022  
25 Januari 2022  
blog POPULER
kegiatan TERBARU
desain PILIHAN
360 VR
DESAIN RUMAH TERBAIK:
DESAIN INTERIOR:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

QR Code WA Jabodetabek:
QR Code WA Luar Jabodetabek:
Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta

Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

PERUM Piakan Indah Mesari No. 18A, Jalan Piakan I, Batubulan, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80238
Jasa Arsitek Bali

Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Lt. 01 Greko Creative Hub, Jl.Ahmad Yani No.136, Malabar, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40262
Jasa Arsitek Bandung

Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Jl. E1 No.08, Kledokan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Jasa Arsitek Yogyakarta

Google Map Emporio Architect Jogja

Layanan Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, dan Bali, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek: +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek: +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama: +6282145535172
Kritik, Saran dan Pengaduan: +6282146847758
Lowongan Pekerjaan: +6281236811006

Konsultasi: infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran & Kerja Sama: partnershipCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Lowongan Pekerjaan: hrdCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

Ikuti Kami
           
  Konsultasi & Order
Free Konsultasi & Online Meeting
Mohon Sabar Antri

    WA Jabodetabek    

    WA Luar Jabodetabek    

QR Code WA
Jabodetabek:
QR Code WA
Luar Jabodetabek:
  Membagikan

      Bagikan ke Whatsapp    

      Bagikan ke Facebook    

      Bagikan ke Twitter    

      Bagikan ke Linkedin    

      Bagikan ke Telegram    

  Ikuti Kami
  Video & 360 VR