Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

Perbedaan Rumah Modern, Minimalis dan Kontemporer

Perbedaan Rumah Modern, Minimalis dan Kontemporer

  23 November 2018
Oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Ada banyak konsep desain rumah yang bisa anda gunakan untuk membangun rumah anda. Diantara banyak konsep desain ini ada 3 jenis konsep desain rumah yang cukup membingungkan dan sulit untuk dibedakan. Ketiganya ini bahkan sering muncul secara bersamaan sebagai salah satu konsep baru hasil persilangan. Apa saja? Mari kita simak ulasannya berikut ini.

Konsep desain rumah modern

Konsep desain rumah modern merupakan konsep desain yang mendahului munculnya konsep desain minimalis dan juga konsep desain kontemporer. Konsep desain ini muncul pada abad pertengahan yang digunakan untuk menggantikan konsep desain tradisional dan juga klasik. Konsep desain ini dibedakan dengan banyaknya penggunaan material baru dalam dekorasi. Salah satunya adalah penggunaan bahan plastik, vinyl dan bahan-bahan lainnya yang ditemukan di masa modern sebagai salah satu penemuan. Selain itu konsep rumah modern juga sering kali dikaitkan dengan penggunaan bahan-bahan metal sebagai salah satu bagian dalam konsep desainnya.

Perbedaan Rumah Modern, Minimalis dan Kontemporer 1

Untuk penataan dan pemilihan perabotan sesungguhnya tidak jauh berbeda dengan konsep desain minimalis dimana penggunaan dekorasi dalam konsep desain rumah modern ini juga digunakan. Fungsional dan bentuk merupakan salah satu yang menonjol di dalamnya.

Konsep desain rumah minimalis

Konsep desain minimalis merupakan konsep desain yang didahului oleh konsep desain modern. Hal itulah yang menyebabkan konsep desain ini menjadi salah satu konsep desain yang bisa dibilang sulit dibedakan. Mulai dari pemilihan produk dari fungsi dan juga dari bentuknya hingga dari penggunaan dekorasi yang diminimalisir.

Perbedaan Rumah Modern, Minimalis dan Kontemporer 2

Lalu apa bedanya konsep desain rumah minimalis dengan modern? Perbedaannya adalah dari tujuan awal dibangunnya konsep desain minimalis ini. Konsep desain rumah minimalis merupakan konsep desain yang dibuat untuk menyederhanakan pembangunan sebuah rumah sehingga tidak begitu banyak detail dan dapat menyingkat waktu pembangunan. Bukan hanya itu pembangunan rumah minimalis juga menjadi salah satu cara untuk menyelesaikan masalah lahan yang sempit supaya tetap dapat membangun rumah yang nyaman. Inilah yang membedakan keduanya. Hal ini jugalah yang menyebabkan konsep rumah minimalis cenderung memiliki ruang terbuka supaya udara dan cahaya dapat keluar masuk dengan bebas sehingga rumah menjadi terasa lebih nyaman.

Konsep desain rumah kontemporer

Untuk konsep rumah kontemporer ini sesungguhnya bisa dibilang lebih cocok sebagai trend dibanding dengan konsep desain. Konsep ini muncul dari keberadaan rumah minimalis yang selalu memasukkan aspek alami di dalamnya. Aspek alami yang biasa digunakan dalam rumah minimalis adalah batuan atau kayu. Sedangkan konsep rumah dengan kayu merupakan konsep yang berkaitan erat dengan rumah-rumah tradisional. Hal inilah yang kemudian MeMUnculkan rumah dengan konsep komtemporer yaitu rumah modern dengan gaya minimalis yang memiliki sedikit paduan konsep tradisional sehingga menciptakan tren konsep desain rumah baru yang tentu saja menarik dan menghasilkan rumah yang nyaman.

Perbedaan Rumah Modern, Minimalis dan Kontemporer 3

Apapun konsep desain yang anda ingin gunakan di rumah anda, satu hal yang penting adalah konsistensi dalam pembangunannya. Banyak orang yang awalnya ingin membangun rumah dengan gaya minimalis tapi kemudian beralih konsep karena ada benturan ketika proses pembangunannya. Oleh karena itu penggunaan jasa arsitek rumah memang sangat penting jika anda ingin membangun rumah dengan konsep yang sukses. Selain menjaga konsistensi konsep rumah, menggunakan jasa arsitek untuk membuat rumah anda juga penting dalam melakukan konsultasi bagaimana membuat rumah dengan konsep yang tepat untuk keluarga dan juga untuk kondisi alam daerah anda.

Baca Juga:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta
Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali
Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl.Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung
Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Jl. Sadewa No.58E, Tegal Rejo, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta
Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India
Google Map Emporio Architect India

Ikuti Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6288809690854
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

      Chat