Jabodetabek : +6282146645837
  Luar Jabodetabek : +6282219788877

Tips Mencegah Air Hujan Masuk ke Dalam Rumah Melalui Celah Pintu

Tips Mencegah Air Hujan Masuk ke Dalam Rumah Melalui Celah Pintu
Dipublikasikan 22 Januari 2022    Edukasi, Tips, dan Trik
Ditulis oleh: Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  

Pernahkah rumah Anda kemasukan air saat hujan lebat? Masuknya air ke dalam rumah melalui celah pintu jelas membuat Anda sekeluarga merasa kesal dan repot saat membersihkannya, entah karena sistem plumbing yang bermasalah maupun karena lokasi rumah yang rawan banjir. Tak hanya repot membersihkan air yang masuk ke dalam rumah, bekas airnya juga bisa merusak dinding, kusen hingga perabot rumah. Sebab itu bagi Anda yang tinggal di daerah rawan banjir, lakukan langkah pencegahan agar di masa mendatang air hujan tak masuk ke dalam rumah melalui celah pintu. Karenanya Emporio Architect akan membagikan tips mencegah air hujan masuk ke dalam rumah melalui celah pintu.

Sebenarnya, ada berbagai cara untuk mencegah rumah kebanjiran. Namun, ada cara tersendiri untuk mencegah air hujan agar secara spesifik tidak masuk ke dalam rumah melalui celah pintu. Berikut ini beberapa tips mencegah air hujan masuk ke dalam rumah. Yuk simak baik-baik artikel lengkapnya!

mencegah air hujan masuk ke dalam rumah1. 

1. Menyisipkan kain pada celah jendela dan pintu

Cara paling simple yang bisa dilakukan orang awam hingga anak kecil sekalipun adalah dengan menyisipkan kain pada celah jendela dan pintu. Dengan begitu, air hujan pun otomatis akan diserap oleh kain sebelum masuk ke dalam rumah. Cara ini kurang optimal namun mudah diaplikasikan.

2. Menempatkan triplek di pintu untuk menghalau air

Cara lain yang cukup sederhana, Anda bisa menempatkan triplek di pintu untuk menghalau air. Bila ingin lebih kuat lagi, misalnya untuk menghalau banjir, Anda bisa memberi penahan seperti besi di bagian kiri-kanan triplek yang disekrup ke kusen pintu. Sedangkan celah-celahnya bisa diisi atau diutup dengan lelehan lilin malam atau karet agar air tidak merembes masuk ke dalam rumah.

3. Mengeruk tanah atau meninggikan levelling lantai

Bila rumah Anda lebih rendah dari jalan utama, bukan tidak mungkin rumah jadi sering kebanjiran atau kemasukan air saat hujan. Karena itu Anda bisa coba menghalangi jalannya air agar tidak masuk ke dalam rumah melalui celah pintu dengan mengeruk tanah atau meninggikan levelling lantai di depan pagar atau di depan pintu. Dengan mengeruk tanah dan menempatkannya di depan rumah, tanah jadi berfungsi bagai tanggul karung pasir yang memblokir dan menyerap air hujan. Dengan begitu, air tidak masuk ke dalam rumah. Anda juga bisa menaikkan levelling lantai di depan pintu agar air tidak bisa masuk ke dalam rumah melalui celah-celahnya.

4. Memberi sealer untuk menutup celah pintu

Bila ingin rumah Anda anti air dan terlihat lebih rapi tanpa adanya tumpukan tanah di depan rumah atau triplek di pintu, Anda bisa memberi sealer untuk menutup celah pintu. Sealer bisa ditempelkan di bagian bawah pintu untuk menutupi celah pintu. Dengan adanya sealer untuk menutupi celah pintu, rumah Anda jadi lebih terlindung dari angin, air hujan, serangga hingga debu.

5. Menggunakan kerai bambu/terpal dan kusen aluminium

Saat hujan angin/hujan badai, ada kalanya air hujan masuk ke dalam rumah sesuai arah angin. Untuk mengatasinya, Anda bisa memasang kerai dari bambu, terpal atau plastik yang bisa digulung kembali untuk meminimalkan cipratan air hujan dari samping. Anda juga bisa menggunakan kusen jendela dan pintu yang berbahan aluminium atau UPVC yang lebih kedap air dan tahan lama.

6. Memasang floodgate pada pagar atau pintu rumah

Jika Anda tak hanya ingin mencegah air hujan masuk ke dalam rumah melalui celah-celah pintu tapi juga ingin berjaga-jaga agar rumah tidak kebanjiran, Anda bisa memasang floodgate pada pagar atau pintu rumah Anda. Gerbang jenis ini awalnya digunakan pada tanggul atau sungai, yang kemudian dimodifikasi agar bisa digunakan di tiap-tiap gerbang atau pintu rumah untuk menghalau masuknya air banjir ke dalam rumah. Bila Anda tinggal di daerah rawan banjir dan memiliki budget lebih, disarankan memasang floodgate untuk melindungi rumah Anda dari kebanjiran.

mencegah air hujan masuk ke dalam rumah

Demikian tips mencegah air hujan masuk ke dalam rumah melalui celah pintu ala Emporio Architect. Bila Anda tak ingin bagian dalam rumah jadi kotor, berantakan dan rusak akibat kemasukan air, maka lakukan langkah pencegahan dengan mengikuti tips di atas. Dengan begitu, Anda bisa meminimalkan bahkan menghilangkan resiko kerusakan akibat air. Dan bila Anda butuh jasa desain rumah eksklusif, hubungi Emporio Architect. Bersama Emporio Architect, miliki rumah yang nyaman, aman & mewah.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi.

Apabila Anda ada pertanyaan silahkan konsultasikan dengan kami.

BACA JUGA:
desain rumah MINIMALIS
desain rumah CLASSIC
desain rumah MODERN
desain rumah MEDITERAN
blog POPULER
DESAIN INTERIOR:
         
KONSULTASI DENGAN CS KAMI
Syahrul Dwi Andrian, Amd
Andrian
Dwi Pratiwi, S.Ars
Tiwi
I Gusti Agung Ayu Chandra Devi, S.Ars
Devi
Aarles Sumarten, S.S.
Arles

Telp. Jabodetabek:
+6282146645837

Telp. Luar Jabodetabek:
+6282219788877

QR Code WA Jabodetabek:
QR Code WA Luar Jabodetabek:
Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940

Google Map Emporio Architect Jakarta

Kantor Bali

PERUM Piakan Indah Mesari No. 18A, Jalan Piakan I, Batubulan, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582

Google Map Emporio Architect Bali

Kantor Bandung

Menara Asia Afrika Lantai 9 Regus Office No. 918, Jalan Asia Afrika No. 133-137, Bandung 40112

Google Map Emporio Architect Bandung

Kantor Yogyakarta

Jl. Sagan Kidul No.14, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

Google Map Emporio Architect Jogja

Kantor Surabaya

Pakuwon Center Lantai 23, Jl. Embong Malang 1-5, Surabaya, Jawa Timur 60261

Google Map Emporio Architect Surabaya

Kantor Semarang

Gedung Menara Suara Merdeka Lt. 11, Jalan Pandanaran No. 30, Pekunden, Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah 50241

Google Map Emporio Architect Semarang

Kantor Balikpapan

Panin Tower Floor 8th, Jl. Jendral Sudirman No.7, Balikpapan, Kalimantan Timur 76113

Google Map Emporio Architect Balikpapan

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek: +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek: +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama: +6281353353909
Kritik, Saran dan Pengaduan: +6282146847758
HR & Lowongan Pekerjaan: +6281236313868

Konsultasi: infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran & Kerja Sama: partnershipCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Lowongan Pekerjaan: hrdCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

Ikuti Kami