Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

5 Kiat Memilih Gorden Rumah Minimalis

5 Kiat Memilih Gorden Rumah Minimalis

  13 November 2018
Ditulis oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Dalam desain rumah minimalis, pemilihan gorden juga penting dilakukan. Jendela rumah tentu saja tak hanya memerlukan desain yang menarik dan elegan, tetapi juga berguna untuk menghalangi masuknya panas matahari yang melewati sela-sela kacanya. Saat ini ada berbagai macam pilihan gorden yang ada di pasaran. Selain itu, Anda juga akan dimanjakan dengan pilihan desain dan model yang cantik dan unik yang ada di pasaran.

Kiat Memilih Gorden

Saat membeli gorden untuk rumah minimalis, hal pertama yang mungkin dipertimbangkan calon konsumen adalah harga dan bahan. Padahal keduanya terkadang tidak selalu sejalan. Untuk menentukan gorden sesuai keinginan, Anda harus melihat berbagai macam alternatif seperti keunggulan dan bahan, trend dan motif yang saat ini sedang berkembang.

Selain hal di atas, Anda juga bisa menanyakan tentang penawaran diskon oleh penjual, sehingga selain memperoleh barang sesuai keinginan Anda juga tak merasa dirugikan. Berikut beberapa kiat memilih gorden untuk menghiasi desain rumah minimalis Anda agar semakin cantik :

  1. Tentukan Tempat Grosir

Mempunyai rekanan berbagai toko peralatan rumah tangga memiliki peranan yang sangat penting dalam hal ini. Saat hendak membeli sebuah gorden, usahakan untuk menghubungi, tetangga, sahabat, atau teman untuk mencari informasi toko penjualan gorden di lingkungan rumah Anda. Jadi, di samping menghemat biaya cara ini juga dibutuhkan untuk mempermudah Anda mendapatkan langganan.

Jika sudah menemukan langganan, setidaknya Anda memiliki 2 toko penjualan atau tempat grosir gorden, sehingga yang harus dilakukan ialah membandingkan harga yang ditawarkan. Dalam hal ini, Anda perlu mencari berbagai referensi, seperti mencari informasi di internet ataupun menanyakannya kepada teman atau kerabat. Sehingga Anda tak akan tertipu oleh bahan yang serupa dengan harga berbeda.

  1. Menentukan Desain

Untuk memilih desain, Anda juga harus melihat konsep yang diterapkan pada rumah maupun jendela rumah Anda. Biasanya, penggunaan jendela saat ini didesain dengan gaya minimalis sehingga cocok dihias menggunakan model gorden apa saja. Pemilihan model gorden standar seperti saat ini yang banyak beredar di pasaran dapat menjadi pilihan. Akan tetapi, jika Anda ingin berkreasi sedikit maka bisa memesan desain gorden yang berbeda. Umumnya distributor hanya menawarkan gorden yang desainnya umum, sementara untuk desain gorden yang unik menurut permintaan konsumen harus dipesan lebih dulu.

5 Kiat Memilih Gorden Rumah Minimalis 1

  1. Memilih Motif

Memilih motif gorden biasanya sangat berkaitan dengan selera para penghuni rumah. Jadi, jika pemilik rumahnya cenderung lebih santai, bisa memakai warna dan motif apa saja. Akan tetapi, jika penghuninya terkesan lebih serius, maka pilihan warna yang dominan dan netral bisa menjadi alternatif.

5 Kiat Memilih Gorden Rumah Minimalis 2

  1. Mengamati Bahan/Motif Kain

Mengamati bahan gorden ini penting sekali untuk menunjang tingkat kenyamanan dalam rumah. Selain itu, bahan gorden biasanya yang bisa menyerap panas. Kain yang dipakai tidak dapat membiaskan cahaya yang masuk saat siang hari. Hal tersebut juga penting sekali untuk tingkat keawetan gorden supaya warnanya tak mudah memudar. Maka dari itu, Anda harus memilih bahan gorden yang bisa menyerap panas sekaligus memerlukan bahan yang tak terlalu berat, agar mempermudah pencucian dan bongkar pasang.

  1. Menyesuaikan Warna

Penyesuaian warna ini tergantung dari selera konsumen. Akan tetapi, hal tersebut dapat berpengaruh dengan konsep ruangan di rumah yang ingin dihias menggunakan gorden tersebut. Misalnya untuk pemakaian gorden pada ruang tamu, Anda perlu menyediakan warna tertentu yang lebih menarik atau bisa sedikit memainkan warna gorden. Umumnya gorden yang diterapkan di ruang tamu dipilih warna yang terkesan netral agar bisa menyesuaikan furniture maupun dinding di sekitarnya. Namun hal tersebut tak selalu digunakan sebab biasanya orang yang kreatif cenderung gemar memainkan warna sesuai karakter dari penghuni rumah itu sendiri.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Selain rutin membuat tulisan untuk blog Emporio Architect dan Emporio Interior tempatnya bekerja kini, Fairus juga beraktivitas sebagai content creator, content writer, arsitek dan interior desainer secara freelance. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi. Temui Fairus di akun Instagramnya: @fairusrizn
Baca Juga:
DESAIN RUMAH TERBAIK:
DESAIN INTERIOR:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta
Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali
Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl. Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung
Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Antologi Collaboractive Space Tawangsari CT II, Gg. Gayamsari II No.9C, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta
Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India
Google Map Emporio Architect India

Ikuti Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6288809690854
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

           
Chat Konsultasi

  Chat Jabodetabek  

  Chat Luar Jabodetabek