Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

Desain Rumah Minimalis - Tips Merawat Dinding Eksterior Rumah Minimalis

Tips Merawat Dinding Eksterior Rumah Minimalis

  13 November 2018
Ditulis oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Selain memperhatikan desain rumah minimalis, perawatan merupakan faktor terpenting yang juga harus diperhatikan. Melakukan perawatan dinding eksterior pada rumah minimalis sangat penting dilakukan supaya rumah tetap terjaga dan terlindungi keindahannya. Rumah yang memiliki dinding eksterior tidak menarik bisa memberikan kesan yang kurang baik pada penghuninya. Namun sebaliknya,jika rumah yang cat dindingnya selalu terawat tentu saja memberikan kesan positif bagi para pengunjung yang datang bertamu ke rumah Anda.

Tips Merawat Dinding Eksterior Rumah Minimalis Agar Lebih Awet

Merawat dinding eksterior rumah memang membutuhkan trik-trik tertentu supaya batuan dan cat terlihat tahan lama dan mengkilau. Paparan cahaya matahari bisa merusak kondisi pada cat rumah dengan mudah. Tak hanya itu saja, kondisi lembab bisa memudahkan munculnya jamur sehingga bisa mengelupas cat pada dinding rumah. Di bawah ini ada beberapa cara merawat dinding rumah minimalis supaya lebih tahan lama :

  1. Pilih Cat Rumah Berkualitas

Rumah minimalis dengan dinding yang berkualitas bisa dihasilkan dari cat dinding yang juga berkualitas. Sebaiknya pilih cat dinding yang tahan paparan cuaca ekstrim dan tahan lama. Cat pada interior dan eksterior rumah memang berbeda. Pada cat bagian interior rumah biasanya lebih direkomendasikan cat berwarna minimalis dan ramah lingkungan. Sedangkan pada bagian eksterior rumah umumnya cat dinding yang dipilih memiliki karakter lebih kuat daripada bagian interiornya. Cat dinding berkualitas biasanya lebih tahan lama dan tidak mengelupas meskipun digunakan selama 4 tahun.

Tips Merawat Dinding Eksterior Rumah Minimalis 1

  1. Cat Dinding Rumah yang Cerah

Untuk mengaplikasikan cat dinding eksterior rumah, pilihlah warna cat yang cerah. Pemilihan warna cat pada desain rumah minimalis sangat baik,khususnya pada dinding eksterior karena mempunyai pigmen lebih sedikit. Cat dinding berwarna cerah juga tak mudah pudar, karenanya Anda tak perlu repot lagi melakukan pengecatan ulang pada dinding rumah Anda. Adapun beberapa pilihan warna yang direkomendasikan ialah warna hijau, cokelat, dan lainnya.

  1. Memakai Batuan Alam

Bila Anda bosan melihat susunan batu bata dengan lapisan semen dan cat, maka Anda bisa mengaplikasikan batuan alam untuk dijadikan dinding eksterior pada rumah minimalis. Adapun keunggulan yang bisa didapat dari pemakaian batu alam adalah sangat mudah dibersihkan walau hanya dengan menggunakan air saja. Jika terkena kotoran maka cukup disikat dengan menggunakan sabun dan dibilas memakai air. Keunggulan seperti ini sangat cocok dijadikan rekomendasi untuk eksterior rumah Anda.

Tips Merawat Dinding Eksterior Rumah Minimalis 2

  1. Penggunaan semen yang berkualitas

Untuk lebih memudahkan dalam perawatan secara berkala serta terhindar dari perbaikan yang membutuhkan biaya yang sangat besar maka lebih baik pergunakan semen berkualitas sebagai bahan perekatnya. Banyak sekali rekomendasi penggunaan semen yang bagus dan Anda tinggal memilih mana yang cocok untuk dijadikan sebagai perekat. Hal yang paling penting adalah komposisi mencampurkan semen dengan air ditambah pasir. Karena pencampuran merupakan hal terpenting yang harus diperhatikan, meskipun Anda menggunakan semen berkualitas.

Bagi Anda yang memilih material batu alam pada teras rumah, penting sekali melakukan perawatan yang tepat pada batu alam. Apalagi batu alam mempunyai tekstur yang kasar dan tidak rata, sehingga bisa menjadi tempat paling ideal bagi debu maupun kotoran. Di samping lebih mudah berdebu, desain rumah minimalis dengan batu alam juga bisa membuatnya lebih mudah berlumut apabila tidak dilakukan perawatan dengan baik. Anda juga bisa melapisi bagian permukaan batu alam menggunakan coating khusus supaya terlihat tetap cantik.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi.
Baca Juga:
DESAIN RUMAH TERBAIK:
DESAIN INTERIOR:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta

Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali

Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl. Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung

Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Antologi Collaboractive Space Tawangsari CT II, Gg. Gayamsari II No.9C, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta

Google Map Emporio Architect Jogja

Layanan Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, dan Bali, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6282297858081
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

Ikuti Kami
           
Chat Konsultasi