Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

Desain Rumah Modern Sekaligus Berdaya Guna

Desain Rumah Modern Sekaligus Berdaya Guna

  08 Agustus 2019
Ditulis oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Tak berbeda dengan dunia fashion yang pada jangka-jangka waktu tertentu mempunyai trend tersendiri, demikian halnya dalam bidang arsitektur. Rancangan atau desain rumah modern semakin banyak dipilih karena dianggap tak ketinggalan zaman dan trendy. Selain itu konsep rumah modern juga mempunyai kelebihan tersendiri, yaitu tetap tampak gaya walaupun dengan desain yang simple, praktis, dan efektif. Dalam menentukan bentuk rumah, ukuran rumah, serta material bangunan yang digunakan akan lebih mengacu pada fungsi.

Mengenal desain rumah modern
Bila dilihat sekilas tentu saja konsep rumah modern mempunyai pembeda bila dibandingkan dengan hunian-hunian tradisional, baik pada segi gaya arsitektur, detail, serta penempatan fungsi. Menerapkan konsep modern dalam bidang arsitektur akan membuat hunian Anda simple dan kompak khas gaya hidup masyarakat masa kini, bersih, serta fungsional dan berdaya guna. Prinsip tersebut diperlihatkan oleh rancangan yang jujur, minim ornament, serta sederhana.

Pada konsep rumah modern bila suatu desain semakin fungsional, jujur, dan terang, artinya rancangan tersebut lebih memberikan arti. Maksudnya adalah ide dasar bangunan terlihat dari material, struktur, serta geometri secara terang-benderang dan bukan ditampakkan oleh detail hiasan atau ornamentasi. Unsur utama pada konsep tersebut adalah geometri yang diaplikasikan sebagai bentuk rumah. Konsep modern ini sendiri mulai populer selama sekitar setengah abad, yaitu mulai tahun 20-an hingga 60-an.

Konsep rumah modern berdaya guna

Kemajuan teknologi sedikit banyak juga berdampak pada perkembangan arsitektur tipe ini, antara lain dengan kemunculan bahan-bahan bangunan yang diolah dengan teknologi modern sehingga menunjang arsitektur tersebut. Arsitektur modern lebih banyak mengambil bentuk-bentuk yang rasional, kaku, dan umumnya kotak-kotak yang tampak massif. Ornament-ornament penghias yang umum diterapkan pada gaya arsitektur sebelumnya juga jarang ditemui pada desain rumah modern ini.

Karakter desain rumah modern
Material bangunan modern banyak diterapkan pada bangunan dengan konsep masa kini ini, seperti beton, kaca, serta struktur besi. Bentuk-bentuk yang dinilai kokoh juga lebih banyak diterapkan serta penutup bangunan yang berupa material hasil pabrikasi. Rumah-rumah modern juga mulai mempertimbangkan mendirikan bangunan yang sehat dan nyaman bagi penghuninya, salah satunya dengan menyediakan banyak bukaan yang berfungsi sebagai peredaran udara.

karakter desain rumah modern

Sebagai pengganti dari ornament atau dekorasi untuk membuat rumah terlihat lebih artistik sebagaimana pada gaya-gaya yang populer sebelum jenis bangunan ini, penempatan tumbuhan-tumbuhan hias lebih disukai. Alam menjadi unsur utama yang penting pada bangunan jenis ini, karena berfungsi sebagai sumber kesehatan lingkungan sekitar serta bagi kenyamanan penghuinya.

Bukan mustahil menerapkan konsep desain rumah modern pada bangunan berciri minimalis dengan luas lahan yang terbatas karena rumah minimalis juga mempunyai prinsip yang sama. Pada lahan yang terbatas itu desainer harus mampu menempatkan ruangan-ruangan secara efektif dan smart agar kebutuhan seluruh penghuninya bisa terpenuhi.

 

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Selain rutin membuat tulisan untuk blog Emporio Architect dan Emporio Interior tempatnya bekerja kini, Fairus juga beraktivitas sebagai content creator, content writer, arsitek dan interior desainer secara freelance. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi. Temui Fairus di akun Instagramnya: @fairusrizn
Baca Juga:
DESAIN RUMAH TERBAIK:
DESAIN INTERIOR:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta
Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali
Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl. Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung
Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Antologi Collaboractive Space Tawangsari CT II, Gg. Gayamsari II No.9C, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta
Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India
Google Map Emporio Architect India

Ikuti Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6288809690854
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

           
Chat Konsultasi

  Chat Jabodetabek  

  Chat Luar Jabodetabek