Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

Cara Desainer Minimalis Mendesain Interior Rumah

Cara Desainer Minimalis Mendesain Interior Rumah

  23 November 2018
Oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Minimalis merupakan sebuah konsep desain. Bisa diaplikasikan di konsep rumah, desain grafis, konsep desain, seni dan masih banyak lagi yang lainnya. Dalam artikel ini akan diungkapkan bagaimana seorang desainer minimalis membuat rumah memiliki interior yang minim, simple tapi tetap nyaman huni.

Hindari penumpukan, bersihkan bagian permukaan

Konsep minimalis merupakan konsep yang digunakan untuk membuat sebuah ruangan menjadi simple. Salah satu cara untuk menyederhanakan tampilan rumah adalah dengan mengurangi detailnya. Penumpukan barang seperti buku, kertas atau bahkan kardus-kardus merupakan salah satu hal yang menambahkan detail pada ruangan. Oleh karena itu ambil kardus anda, ambil buku dan kertas yang menumpuk di atas meja anda dan simpan di tempat yang tertutup.

Cara Desainer Minimalis Mendesain Interior Rumah 1

Selain menyimpan di gudang anda juga bisa menggunakan tempat penyimpanan yang tertutup. Misalnya membuat lemari penyimpanan atau lemari rahasia untuk buku dan kertas anda. Hal ini akan sangat membantu menyederhanakan ruangan anda, sekaligus membuatnya terlihat rapi dan juga bersih.

Buat shade warna natural

Salah satu cara utama yang dilakukan oleh para desainer minimalis adalah menghias rumah dengan warna natural. Warna natural merupakan warna yang sangat cocok sebagai dasar rumah minimalis. Warna natural membawa kesan bersih, fresh dan juga menimbulkan kesan lembut dan ketenangan. Akan tetapi menggunakan warna dasar yang natural bukan berarti anda harus memilih warna-warna yang membosankan. Anda bisa bermain-main dengan warna lain sebagai undertone untuk membuat highlight di ruangan anda agar terasa lebih playfull. Misalnya anda menggunakan cat warna putih dan menggunakan warna undertone kuning untuk membuat sebuah ruangan terasa lebih hangat.

Cara Desainer Minimalis Mendesain Interior Rumah

Jika anda MeMUtuskan untuk menggunakan warna-warna yang solid. Carilah warna-warna yang cocok dengan warna natural seperti wrna hijau, warna biru, tan, coklat dan warna-warna lainnya yang seanda dan membuat warna natural menjadi lebih indah dan nyaman.

Kualitas diatas kuantitas

Seusai dengan desain minimal dimana “Less is More”, maka menggunakan terlalu banyak perabot bukan merupakan pilihan yang baik untuk mendesain rumah anda dengan gaya minimalis. Sebaliknya, pilihlah perabotan-perabotan yang memiliki kualitas supaya dapat diinvestasikan untuk kebutuhan masa depan. Biasanya rumah minimalis merupakan rumah yang memiliki perabotan yang minim dari jumlah dan segi desain tapi memiliki fungsi yang besar. Misalnya anda ingin membuat ruang tidur anda menjadi sebuah ruang tidur dengan konsep minimalis. Perabot yang paling penting untuk diperhatikan adalah tempat tidur. Anda bisa membuat tempat tidur anda sebagai tempat tidur sekaligus lemari penyimpanan baju dan peralatan lainnya sehingga lebih bermanfaat.

Filosofi One in one out

Salah satu cara yang dilakukan oleh para minimalis ketika mendesain rumah adalah mempertahankan komposisi dari sebuah ruangan. Setiap orang yang memiliki konsep minimalis memiliki konsep filosofi one in, one out. Artinya, ketika anda memasukkan 1 benda ke dalam ruangan atau ke dalam rumah anda, maka wajib bagi anda untuk membuang 1 benda yang tidak berguna. Hal ini merupakan salah satu hal yang penting dilakukan untuk mengurangi dan mencegah penumpukan benda-benda tidak berguna di dalam rumah anda.

Bermain dengan tekstur

Cara terakhir yang dilakukan oleh para penggiat desain minimalis adalah bermain dengan tekstur. Lebih banyak orang yang bermain dengan tekstur dan mempertahankan warna-warna yang mirip dalam sebuah ruangan untuk menghasilkan konsep minimalis yang lebih kuat. Contohnya adalah dengan menggunakan warna yang mirip pada sofa dan juga bantal anda tapi keduanya memiliki tekstur yang berbeda untuk memberikan variasi dan kenyamanan di ruangan.

Baca Juga:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta
Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali
Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl. Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung
Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Antologi Collaboractive Space Tawangsari CT II, Gg. Gayamsari II No.9C, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta
Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India
Google Map Emporio Architect India

Ikuti Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6288809690854
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

          Chat