Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

Tips Membuat Desain Rumah Minimalis Untuk Menciptakan Rumah Yang Nyaman

Tips Membuat Desain Rumah Minimalis Untuk Menciptakan Rumah Yang Nyaman

  22 November 2018
Oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Mau desain rumah minimalis Anda mampu menghasilkan rumah minimalis yang berfungsi secara maksimal di tempat yang minimalis? Pastikan desain tersebut juga dapat membuat Anda yang bertempat tinggal di sana merasakan kenyamanan dan tidak membuat Anda bosan. Jika Anda ingin tahu caranya, berikut ini beberapa tips untuk mendapatkan rumah minimalis yang menarik, nyaman, dan terlihat elegan.

Maksimalkan Penggunaan Ruangan

Rumah minimalis artinya rumah yang berukuran tidak terlalu luas dan lebar dengan penempatan furniture atau perabotan lainnya di setiap sudut ruangan. Buatlah desain yang memaksimalkan penggunaan ruangan hingga barang-barang mampu tertata dengan sangat rapi. Sehingga, pada rumah minimalis hanya terdapat barang-barang yang masih digunakan dan berharga. Sedangkan barang yang sudah tidak digunakan perlu dipindahkan ke tempat yang tidak mempersempit rumah.

Bagaimana cara memaksimalkan penggunaan ruangan? Anda perlu menyiasati pada bagian dinding ruangan. Dinding yang terlihat polos dan kosong bisa Anda tempatkan sebuah rak dinding untuk menampung berbagai macam barang berukuran kecil serta sedang. Hal ini bisa memaksimalkan penggunaan ruangan tanpa harus menyimpan barang saat rumah minimalis terlalu kecil menampung berbagai macam barang.

Gunakan Paduan Warna Yang Cocok

Warna juga menjadi penentu penampilan yang cantik dan rapi. Cat ruangan rumah minimalis sesuai dengan keinginan Anda. Ada baiknya juga Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu untuk warna yang cocok dengan keadaan dan juga furniture di rumah. Hindari warna-warna terlalu terang seperti abu-abu, putih, dan warna kayu. Padukan dengan warna-warna sederhana agar tampilan rumah tidak terlihat mencolok atau berlebihan.

Tips Membuat Desain Rumah Minimalis Untuk Menciptakan Rumah Yang Nyaman 1

Temukan Furniture Unik

Menempati rumah minimalis artinya Anda harus menghemat tempat untuk bisa bergerak atau menaruh perabotan lainnya. Itu sebabnya, rumah minimalis selalu dipadukan dengan furniture-furniture unik seperti furniture multifungsi. Furniture tersebut mampu menempatkan berbagai macam barang dengan fungsi yang berbeda-beda. Meskipun begitu, dalam penggunaan pada setiap perabotan tidak mengganggu perabotan lainnya.

Tips Membuat Desain Rumah Minimalis Untuk Menciptakan Rumah Yang Nyaman 2

Selain furniture multifungsi, furniture unik lainnya adalah berbagai macam perabotan atau pajangan yang memiliki bentuk minimalis serta sederhana. Saat ini sudah banyak yang menjual furniture unik tersebut untuk dipajang di tempat-tempat yang tepat.

Perhatikan Sirkulasi Udara Dan Pencahayaan

Rumah yang nyaman dan menyenangkan adalah rumah yang memiliki sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik. Jika sirkulasi udara tidak diperhatikan dari awal desain rumah minimalis maka, rumah minimalis tersebut tidak berhasil memberikan kenyamanan untuk ditinggali. Perhatikan posisi terbitnya matahari dan masuknya cahaya ke dalam rumah minimalis. Apabila rumah Anda menghadap langsung ke arah terbit matahari maka, rumah yang nyaman berhasil terwujud.

Tempat sirkulasi udara juga sangat dibutuhkan. Pastikan sirkulasi udara rumah minimalis Anda berfungsi dengan tepat dan menjauhkan ruangan dari bau yang tidak sedap.

Bersihkan Rumah Setiap Saat

Hal terpenting dari terciptanya rumah yang nyaman dan bersih adalah rajin dalam membersihkan setiap sudut ruangan. Memiliki rumah minimalis pastinya tidak akan menghabiskan tenaga yang terlalu banyak. Akan tetapi, tingkat membersihkannya juga tidak terlalu mudah. Barang-barang yang diletakkan dalam jarak yang berdekatan harus membuat Anda berhati-hati agar barang-barang tersebut tidak tercecer berjauhan.

Lebih baik menggunakan vacuum cleaner untuk memudahkan Anda dalam membersihkan setiap sisi perabotan dan sudut ruangan.

Desain rumah minimalis juga harus memperhatikan penampilan dan kemudahan dalam membuat suasana menjadi nyaman. Sehingga, Anda bisa menghilangkan kepenatan dari aktivitas.

Baca Juga:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta
Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali
Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl.Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung
Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Jl. Sadewa No.58E, Tegal Rejo, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta
Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India
Google Map Emporio Architect India

Ikuti Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6288809690854
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

      Chat