Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

Desain Rumah Minimalis - Trend Rumah Minimalis Kesayangan Keluarga

Trend Rumah Minimalis Kesayangan Keluarga

  25 Oktober 2018
Ditulis oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Desain rumah minimalis memang menjadi primadona tersendiri saat ini. Desainnya yang sederhana dan modern memang memberikan kesan simpel, fleksibel dan cocok untuk lahan sempit. Dengan berkembangnya jaman, tren rumah minimalis selalu mengalami perubahan. Namun ada juga desain rumah modern dan minimalis yang tidak pernah ketinggalan jaman dan selalu menjadi favorite, seperti berikut ini.

Model fasad dengan sentuhan warna monokrom

Salah satu tren rumah minimalis saat ini adalah model fasad dengan sentuhan warna monokromatis. Sebenarnya, desain rumah minimalis ini sudah ada dari beberapa tahun ini. Namun tetap saja, selalu menjadi favorite para keluarga. Terlebih lagi dengan ciri khasnya warna yang digunakan juga simpel.

Pada dasarnya, warna – warna monokrom yang digunakan untuk model rumah ini tidak hanya pada bagian dinding saja, melainkan juga pada kusen pintu dan jendela hingga daun pintu dan jendela. Tidak jarang pula, jasa desain rumah akan merekomendasikan penggunaan batu alam dengan kombinasi warna gelap dan terang sebagai ornamen agar tidak kaku.

Model split level

Desain rumah minimalis split level memang cukup terkenal belakangan ini. Pasalnya, rumah minimalis yang satu ini bukan hanya memberikan keindahan saja, melainkan juga membuat penataan ruangan lebih maksimal. Terlebih lagi, model yang satu ini memang pas untuk lahan yang terbatas.

Konsep rumah split level sendiri memang menjadi tren desain rumah minimalis karena berhubungan langsung dengan teknik konstruksi. Kebanyakan konsep ini menonjolkan perbedaan ketinggian lantai agar membuat ruangan nampak lebih besar dan lapang.

Rumah minimalis dengan dominasi kaca

Tren desain rumah modern dan minimalis saat ini adalah rumah dengan sentuhan full height window hampir pada seluruh dinding dan fasadnya. Penggunaan kaca bening pada rumah minimalis ini bisa memberikan kesan rumah yang megah dan mewah. Bukan hanya itu saja, jika dilihat dari luar akan nampak stylish, modern dan simpel.

Bahkan, jasa arsitek mengatakan bahwa penggunaan full height window akan memberikan kesan rumah yang eco friendly. Pasalnya, sinar matahari pagi bisa masuk dengan mudah ke dalam rumah. Bukan hanya itu saja, kesan pengap, lembab dan tidak nyaman tidak ditemukan dalam rumah yang satu ini.

Trend Rumah Minimalis Kesayangan Keluarga 2

Finishing kayu untuk rumah minimalis

Sentuhan kayu pada desain desain rumah minimalis memang cukup menjadi primadona saat ini. Kayu yang digunakan biasanya akan dicat dengan warna senada pada konsep rumah. Tidak jarang pula, warna asli kayu dipertahankan. Kebanyakan kayu yang digunakan hanya berupa lembaran saja tanpa memiliki ukiran, seperti prinsip rumah minimalis tidak banyak menggunakan ukiran.

Kebanyakan ornamen dan finishing kayu pada rumah minimalis hanya digunakan pada beberapa bagian saja. Mulai dari pintu garasi, shading jendela, rangka kanopi, railing balkon hingga anak tangga dan handrailnya.s

Trend Rumah Minimalis Kesayangan Keluarga 1

Ornamen batu alam pada rumah minimalis

Prinsip rumah minimalis memang tidak banyak detail dan ornamen. Oleh karena itu, penggunaan batu alam bisa menjadi pilihan untuk desain rumah modern dengan kesan tradisional. Batu alam yang digunakan hanya melapis bagian dinding luar rumah saja. Selain itu, batu alam juga bisa digunakan untuk melapisi pilar teras, pagar atau lantai teras.

Penggunaan batu alam masih menampilkan kesederhanaan. Pasalnya, batu alam yang digunakan tidak memiliki corak yang rumit. Kebanyakan batu alam dengan permukaan beralur seragam menjadi pilihan. Menggunakan batu alam juga memiliki ketahanan yang tinggi. Sehingga warna dan kekuatannya akan sangat awet.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi.
Baca Juga:
DESAIN RUMAH TERBAIK:
DESAIN INTERIOR:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta

Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali

Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl. Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung

Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Antologi Collaboractive Space Tawangsari CT II, Gg. Gayamsari II No.9C, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta

Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India

Google Map Emporio Architect India

Layanan Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6282297858081
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

Ikuti Kami
           
Chat Konsultasi

  Chat Jabodetabek  

  Chat Luar Jabodetabek  

  Form Order