Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

Ide Desain Rumah Mewah untuk Anda

Ide Desain Rumah Mewah untuk Anda

  03 Maret 2021
Oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Siapa sih yang tak ingin tinggal di rumah mewah? Rasanya tidak ada orang yang tak ingin mempunyai rumah mewah dengan lahan yang luas terlebih bila fasilitasnya lengkap. Alasannya tentu saja sebagai pertanda atas tingginya status sosial. Tak hanya itu, memiliki rumah mewah juga menjadi bentuk penghargaan pada diri sendiri dan keluarga dengan meningkatkan kualitas serta kenyamanan hidup.

Desain Rumah Mewah Bapak Pieter

Secara umum orang awam menganggap desain rumah mewah atau rumah yang dikatakan mewah adalah hunian bertingkat yang lega dengan banyak bukaan, dibangun di atas lahan yang luas, memiliki fasilitas hiburan serta memiliki tampilan eksterior dan interior yang terlihat glamor dan berkelas. Apakah Anda juga bercita-cita memiliki rumah mewah seperti demikian? Simak ulasan berikut tentang ide desain rumah mewah di seluruh belahan dunia dan pilih mana yang sesuai dengan selera Anda.

Inspirasi Desain Rumah Mewah

Desain Rumah Mewah Bapak Ahmad

Tiap orang di berbagai belahan dunia tentu punya standar ‘rumah mewah’ versi mereka sendiri. Hal itu tentu membuat sebagian orang bertanya-tanya, sebenarnya apa saja sih yang harus ada pada sebuah rumah agar diakui sebagai rumah mewah? Karenanya pada tulisan ini Emproio Architect akan merangkum beberapa ide desain rumah mewah yang bisa memperluas wawasan Anda.

Memiliki banyak lantai

Memiliki banyak lantai

Gambaran paling sederhana dari rumah mewah adalah rumah yang memiliki banyak lantai. Rumah mewah yang memiliki 2 atau 3 lantai tentu terlihat lebih megah dibanding rumah mewah 1 lantai. Tak hanya pada lantai atau tingkat bangunan, rumah bertingkat dengan permainan levelling dan kontur lahan juga akan terlihat lebih dinamis dan megah terutama jika lahannya tak terlalu luas. Permainan bidang vertikal seperti pilar/kolom menjulang juga memperkuat kesan mewah pada desain rumah.

Interior mewah dengan kesan lapang

Interior mewah dengan kesan lapang

Kesamaan antara desain rumah yang satu dengan desain rumah yang lainnya adalah kesan lega dan lapang serta kemewahan interiornya. Dengan adanya void dan banyak bukaan kaca berukuran besar, adanya chandelier atau lampu pendant yang menghias void serta penerapan open plan yang minim sekat, sebuah desain rumah pun bisa tampil lebih mewah dengan kesan lapang dan lega.

Halaman belakang dengan kolam renang, gazebo hingga paviliun

Halaman belakang dengan kolam renang, gazebo hingga paviliun

Hunian yang memiliki halaman belakang dengan kolam renang dan gazebo juga tergolong ke dalam rumah mewah. Keberadaan halaman luas berhias tanaman, kolam renang, kolam ikan hingga gazebo berarti rumah mewah dibangun di atas lahan berukuran luas. Jika merasa hal itu belum cukup mewah, cobalah membangun paviliun pada halaman belakang dengan akses view se-maksimal mungkin.

Menggunakan material batu alam dan perabot kelas atas

Untuk membuat desain rumah mewah, gunakanlah material batu alam yang berkualitas seperti granit, travertin, marmer dan batu alam lainnya pada eksterior dan interior bangunan. Setelahnya, isi interior dengan perabot kelas atas yang mahal dan bergaya. Dan voila, rumah pun jadi tampil lebih mewah.

Punya banyak ‘wow factor

Punya banyak ‘wow factor’

Adanya banyak wow factor pada desain rumah mampu membuat desain rumah tersebut jadi lebih mewah, eksklusif dan berkualitas. Mulai dari decorative wall, patung, air mancur, chandelier kristal, permainan lampu, tanaman indoor hingga lukisan terkenal atau bersejarah, semua itu bisa menjadi wow factor yang meningkatkan value suatu desain rumah mewah.

Dilengkapi dengan berbagai fasilitas hiburan

Dilengkapi dengan berbagai fasilitas hiburan

Semua orang pasti ingin mempunyai rumah mewah dengan fasilitas lengkap dan lahan yang luas untuk dijadikan taman dan kolam. Karena itu rumah yang benar-benar mewah umumnya tak sekedar berhalaman luas, namun juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas hiburan seperti home theatre atau bioskop, ruang karaoke, roof garden, perpustakaan, ruang belajar atau ruang kerja pribadi, ruang spa, bar, studio musik, ruang gym hingga ruang bermain billiard, poker, basket, golf, dan lain sebagainya. Tak perlu memiliki semua fasilitas hiburan tersebut, cukup hadirkan 2-3 saja agar penghuni rumah merasa super nyaman dan betah di rumah mewah.

Adanya alat transportasi yang berkelas

Adanya alat transportasi yang berkelas

Rumah mewah tentu membutuhkan alat transportasi yang mewah dan berkelas pula. Karenanya rumah mewah tak hanya memiliki tangga putar dengan finishing yang estetik sebagai alat transportasi vertikal karena umumnya peran ini digantikan dengan eskalator atau elevator/lift. Tak hanya itu, desain rumah mewah milik orang kaya biasanya juga difasilitasi dengan garasi semi gallery supercar untuk memamerkan koleksi mobil mewah dan helipad untuk memarkir helikopter. Mewah sekali ya!

Desain rumah mewah yang canggih dan sistematis

Dengan menginstall berbagai teknologi canggih dan membuat hunian menjadi smart house, Anda bisa memiliki rumah mewah seperti di film barat. Dengan melibatkan kontrol dan otomasi pencahayaan, sistem pendingin atau pemanas ruangan yang pintar, ventilasi otomatis, CCTV dan sentuhan teknologi terkini lainnya pada desain rumah, Anda bisa memiliki desain rumah mewah berbasis teknologi pintar yang membuat lingkungan hidup Anda di rumah jadi lebih simple, dinamis, aman dan nyaman. Terlebih bila teknologi yang ada di rumah sudah terhubung dengan HP, maka Anda bisa mengawasi serta mematikan atau menghidupkan lampu dan berbagai teknologi yang ada di rumah dari luar. Amazing, bukan? Dengan begitu rumah tak hanya canggih dan pintar, tapi hemat energi dan ramah lingkungan.

Benteng abad pertengahan

Sah-sah saja jika Anda mengadopsi gaya abad pertengahan pada bangunan mewah dengan beberapa penyesuaian. Kelebihan dari gaya ini adalah keberadaan kaca lengkung yang membawa suasana romantis. Selain itu gaya ini umumnya mengaplikasikan pintu-pintu besar beraksen kayu. Untuk menghadirkan atmosfer yang hangat dan terang Anda bisa mengaplikasikan warna krem pada dinding.

Rumah yang banyak menerapkan kayu dan kaca

Rumah yang banyak menerapkan kayu dan kaca

Penggunaan unsur kayu dan kaca yang dominan serta denah lantai yang terbuka adalah karakter bangunan minimalis modern. Walaupun beberapa orang mungkin kurang nyaman dengan rumah yang tampak transparan demikian namun tak dapat dipungkiri bahwa bangunan tersebut terlihat sangat elegan. Apalagi dengan aksen kayu berwarna putih yang terlihat menonjol di antara unsur kaca.

Panel kaca yang hemat energi

Penggunaan banyak unsur kaca memberi keunggulan bagi Anda sebagai pemilik rumah yaitu dapat menghemat energi. Alasannya tentu saja karena kaca memberi banyak akses bagi cahaya matahari untuk menerangi rumah sehingga penggunaan listrik dapat dibatasi. Sebagai pemanis Anda bisa menerapkan pagar berbahan kayu, frame pada dinding hingga balkon yang juga dengan material kayu.

Gaya Asia

Gaya Asia

Desain rumah mewah yang dapat diterapkan pada bangunan mewah yang minimalis adalah gaya Asia yang cantik. Karakter bangunan mewah akan langsung terasa pada balkon, pilar, serta aksen yang unik pada atap. Menggunakan list bercat hitam pada tepian atap akan memberikan tampilan unik karena kekontrasannya yang menyolok dengan warna dinding bangunan. Pada ruang tamunya Anda bisa memilih desain minimalis dengan nuansa asia yang serasi dengan konsep rumah secara keseluruhan.

Bangunan mewah bergaya Eropa

Gaya Eropa juga sering disebut Victorian yang kerap dijumpai di kawasan pinggiran Eropa umumnya dibangun di lahan yang cukup luas serta mempunyai banyak ruangan. Paduan dinding batu serta warna-warna netral umumnya mendominasi rumah model ini. Untuk membuat bangunan lebih terang dengan sirkulasi udara yang bagus, Anda bisa menerapkan lebih banyak bukaan kaca.

Rumah mewah bergaya klasik modern

Rumah mewah bergaya klasik modern

Ingin punya rumah dengan tampilan klasik yang lebih kekinian? Coba aplikasikan style klasik modern. Mengusung tampilan hunian ala Eropa dengan adanya jendela pada atap dan dominasi warna cerah, desain rumah bergaya klasik modern ini tampil lebih mewah, estetik, unik sekaligus fungsional dan lebih efisien dalam penggunaan lahan karena bagian bawah atap bisa dijadikan ruangan serupa loteng. Rumah mewah yang demikian jadi punya ‘nilai plus’ baik dalam segi tampilan, efektivitas tata ruang, nilai jual hingga experience penghuni rumah karena bisa mencoba kamar loteng mewah ala Eropa.

Nuansa lega ala villa dengan gaya Villa Bali Modern

Nuansa lega ala villa dengan gaya Villa Bali Modern

Rumah bergaya villa Bali modern cukup umum dijadikan style desain rumah mewah. Penggunaan batu alam berwarna cerah seperti Paras Jogja yang dipadukan dengan elemen modern seperti travertin, baja, kaca dan lain sebagainya membuat fasad bangunan tampil megah dengan adanya pilar. Dengan banyaknya bukaan kaca, minim sekat, adanya void, artwork disana-sini serta taman belakang yang luas, kesan lega ala villa bisa dirasakan pada rumah mewah bergaya villa Bali modern yang satu ini.

Makin kekinian dengan gaya modern industrial

Makin kekinian dengan gaya modern industrial

Jika Anda ingin memiliki rumah mewah yang lebih kekinian, gunakan gaya modern industrial pada eksterior dan interiornya. Dengan mengeskpos material yang digunakan, Anda tak hanya menghemat biaya finishing namun juga membuat desain rumah mewah terlihat estetik dengan tampilan raw.

Desain Rumah Mewah Ibu Hapsari

Nah, semoga ulasan tentang desain rumah mewah di atas dapat menginspirasi Anda. Jika Anda butuh inpirasi desain rumah mewah lainnya, cobalah mengakses desain rumah untuk mendapatkan lebih banyak ide desain rumah mewah dan eksklusif ala Emporio Architect. Dan bila Anda butuh jasa desain rumah mewah, hubungi saja konsultan jasa arsitek Emporio Architect.

Baca Juga:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta
Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali
Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl. Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung
Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Antologi Collaboractive Space Tawangsari CT II, Gg. Gayamsari II No.9C, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta
Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India
Google Map Emporio Architect India

Ikuti Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6288809690854
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

          Chat