Jabodetabek : +6282146645837
  Luar Jabodetabek : +6282219788877

Desain Rumah yang Cocok untuk Daerah Iklim Sejuk atau Dingin

Desain Rumah yang Cocok untuk Daerah Iklim Sejuk atau Dingin
Dipublikasikan 02 Agustus 2019    Desain dan Konsep
Ditulis oleh: Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  

Bagi Anda yang tinggal di daerah pegunungan yang cenderung mengalami cuaca sejuk atau pun dingin, perlu Anda ketahui bahwa persoalan itu dapat terselesaikan dengan cara mendesain rumah yang cocok untuk daerah tersebut. Daerah sejuk biasanya bersuhu : 11,1 Celsius -17,1 Celsius, dan berada di ketinggian 1.500 - 2.500 meter dari permukaan laut. Sore hari hingga pagi hari adalah saat-saat yang paling dingin di daerah tersebut.

Desain rumah yang cocok untuk daerah yang beriklim sejuk adalah rumah bertipe minimalis modern, dan menggunakan material dasar kayu sebagai arsitekturnya. Rumah minimalis modern tentunya akan lebih membuat Anda nyaman daripada tipe rumah yang hanya sebatas rumah biasa. Jika dipandang dari sudut minimalis tentunya ide kreatif dari bahan dasar serta konsep desain yang modern sangat dibutuhkan demi kenyamanan penghuni di dalamnya.

Dalam desain arsitektur minimalis modern, arsitektur atau desain bangunan hanya menggunakan kebutuhan yang paling mendasar. Rumah minimalis dalam arsitektur menekankan pada hal-hal yang bersifat esensial dan fungsional. Meskipun begitu bukan berarti desain rumah yang bermaterial kayu tidak memperhatikan tampilan warna.

Interior desain rumah iklim Sejuk atau Dingin

Warna yang dominan pada rumah kayu biasanya terdiri dari warna-warna alam seperti abu-abu, coklat kayu dengan kecenderungan gelap tapi lembut. Tujuan pemilihan gaya rumah yang didesain khusus ini adalah untuk tetap menjaga fitur asli dengan menambahkan beberapa pembaharuan.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa material dasar yang mendominasi dalam pembangunan rumah minimalis modern yang cocok untuk daerah pegunungan yang cenderung sejuk dan dingin adalah material kayu. Material kayu ini berguna untuk menahan atmosfer dingin.

Desain kamar tidur pada rumah jenis ini harus mengedepankan kehangatan pada ruangan. Untuk itu jangan menggunakan desain system open space, tetapi menggunakan system tertutup. Pada kamar tidur sebaiknya hanya dibuatkan satu jendela besar di setiap kamar tidur, itupun harus di lengkapi dengan kain gorden yang lebih tebal. Jika memang memungkinkan, setiap kamar tidur harus dilengkapi dengan kamar mandi. Seperti biasa, material dasar pada kamar tidur tetap menggunakan bahan dasar kayu, baik itu lantai maupun dinding. Sedangkan pada kamar mandi, karena mustahil menggunakan kayu, jadi harus menggunakan material campuran semen dan pasir serta dilengkapi dengan keramik.

Desain bedroom interior desain rumah iklim sejuk atau dingin

Untuk memaksimalkan kehangatan dalam ruangan, sangat tepat jika ditambahkan pemanas ruangan portable (room heater), karena akan menaikkan suhu ruangan di sekitar pemanas tersebut sehingga suhu dingin yang Anda rasakan sebelumnya akan menjadi hangat dan Anda tidak akan menggigil. Atau jika Anda menyukai pemanas ruangan yang alami maka Anda bisa menggunakan perapian kayu. Perapian kayu ini sagat cocok bagi kamar khusus untuk pasangan suami isteri, karena terkesan lebih romantis. Selain itu untuk membuat raungan tetap hangat, gunakan panel-panel kayu yang tebal seperti kayu jati atau kayu merbau.

Area dapur pada rumah jenis ini biasanya berada satu ruangan dengan ruangan makan dan ruang tamu. Pada ruangan tersebut ditempatklan meja panjang dan kursi sebagai tempat makan. Di sisi yang lain ditempatkan beberapa kursi sofa yang berwarna abu-abu mudah, dilengkapi satu meja kecil, itu digunakan untuk bersantai dengan keluarga atau pun dengan tamu.

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya bahwa desain rumah minimalis modern untuk daerah beriklim sejuk harus dengan desain sistem tertutup, guna menghindari udara dingin masuk terlalu banyak.

 

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi.

Apabila Anda ada pertanyaan silahkan konsultasikan dengan kami.

BACA JUGA:
desain rumah MINIMALIS
desain rumah CLASSIC
desain rumah MODERN
desain rumah MEDITERAN
blog POPULER
DESAIN INTERIOR:
         
KONSULTASI DENGAN CS KAMI
Syahrul Dwi Andrian, Amd
Andrian
Dwi Pratiwi, S.Ars
Tiwi
I Gusti Agung Ayu Chandra Devi, S.Ars
Devi
Ida Ayu Wisma Anggaritha Pathni, S.Kom., MTA
Dayu
Aarles Sumarten, S.S.
Aarles

Telp. Jabodetabek:
+6282146645837

Telp. Luar Jabodetabek:
+6282219788877

QR Code WA Jabodetabek:
QR Code WA Luar Jabodetabek:
Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940

Google Map Emporio Architect Jakarta

Kantor Bali

PERUM Piakan Indah Mesari No. 18A, Jalan Piakan I, Batubulan, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582

Google Map Emporio Architect Bali

Kantor Bandung

Menara Asia Afrika Lantai 9 Regus Office No. 918, Jalan Asia Afrika No. 133-137, Bandung 40112

Google Map Emporio Architect Bandung

Kantor Yogyakarta

Jl. Sagan Kidul No.14, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

Google Map Emporio Architect Jogja

Kantor Surabaya

Pakuwon Center Lantai 23, Jl. Embong Malang 1-5, Surabaya, Jawa Timur 60261

Google Map Emporio Architect Surabaya

Kantor Semarang

Gedung Menara Suara Merdeka Lt. 11, Jalan Pandanaran No. 30, Pekunden, Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah 50241

Google Map Emporio Architect Semarang

Kantor Balikpapan

Panin Tower Floor 8th, Jl. Jendral Sudirman No.7, Balikpapan, Kalimantan Timur 76113

Google Map Emporio Architect Balikpapan

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek: +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek: +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama: +6281353353909
Kritik, Saran dan Pengaduan: +6282146847758
HR & Lowongan Pekerjaan: +6281236313868

Konsultasi: infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran & Kerja Sama: partnershipCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Lowongan Pekerjaan: hrdCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

Ikuti Kami