Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

10 Pilihan Jenis Atap yang Digunakan di Emporio Architect (Part 2 / 2)

10 Pilihan Jenis Atap yang Digunakan di Emporio Architect (Part 2 / 2)

  16 Desember 2019
Oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Telah kita lihat 5 pilihan jenis atap yang digunakan di Emporio Architect di artikel pertama. Berikut adalah lanjutan artikel mengenai pilihan bentuk atau jenis atap yang digunakan di Emporio Architect.                 

6. Atap Sandar

Jenis atap sandar

Desain rumah bergaya modern tropis milik Ibu Suzan di Jakarta ini memiliki bangunan seluas 229 m2 yang berdiri di lahan berukuran 17 x 15 meter. Jenis atap yang digunakan pada desain rumah ini merupakan atap sandar atau atap miring. Atap miring atau atap sandar merupakan jenis atap berbentuk sebuah bidang miring dengan bagian tepi atasnya menempel pada dinding bangunan, dimana salah satu sisi dinding lebih tinggi dari dinding lainnya. Atap jenis ini dapat ditemui pada bangunan bergaya modern maupun minimalis. Keunggulan atap sandar adalah proses pengerjaan lebih singkat karena konstuksi yang sederhana, hemat biaya, serta meningkatkan nilai estetika bangunan.

7. Atap Kubah

Jenis atap kubah

Desain masjid bergaya klasik tropis milik Bapak Nasrul di Cikarang ini memiliki bangunan seluas 394 m2 yang berdiri di lahan berukuran 13,4 x 17,2 meter. Jenis atap yang digunakan pada desain bangunan ini merupakan atap kubah. Berdasarkan daftar istilah KBBI, atap kubah adalah atap yang melengkung setengah bulatan. Awalnya atap kubah ditemukan pada pondok-pondok primitif dan makam. Seiring berjalannya waktu, atap kubah mulai digunakan pada bangunan peribadatan seperti gereja, masjid, kuil. Kini, atap kubah dapat digunakan pada berbagai bangunan seperti rumah, stadion, kantor, dll. Keunggulan atap kubah adalah mampu memberikan kesan keberlimpahan, agung, megah, mewah dan lapang pada bangunan. Di Indonesia sendiri, atap kubah umumnya dapat ditemukan pada masjid atau rumah bergaya klasik. Atap kubah juga digunakan pada stadion tertutup, contohnya adalah pada Astrodome, Skydome dan Millennium Dome. Bangunan terkenal lainnya yang menggunakan atap kubah adalah Masjid Biru, Basilica Santo Petrus, Taj Mahal, dan masih banyak lagi.

8. Atap Menara

Jenis atap menara

Desain gereja Capela Curacao De Jesus di Timor Leste bergaya modern tropis ini memiliki bangunan seluas 1190 m2 yang berdiri di lahan berukuran 60 x 45 meter. Jenis atap yang digunakan pada desain bangunan ini merupakan atap menara. Di Indonesia, atap menara merupakan jenis atap yang umum ditemui pada menara masjid maupun menara gereja. Atap menara biasanya berupa 4 bidang miring atau lebih, yang saling bertemu di satu titik pada bagian atas dengan puncak yang cukup tinggi sehingga terlihat lancip. Atap jenis ini dapat digunakan pada rumah maupun bangunan lainnya seperti tempat ibadah, hotel, dan lain sebagainya.

9. Atap Bonnet

Jenis atap bonnet

Desain hotel Arlindo di Puncak Bogor bergaya Villa Bali Tropis ini memiliki bangunan seluas 5000 m2 yang berdiri di lahan berukuran 200 x 40 meter. Jenis atap yang digunakan pada desain bangunan ini merupakan atap bonnet. Berdasarkan daftar istilah KBBI, atap bonnet atau yang dikenal dengan atap Joglo merupakan atap rumah berbentuk limas terpancung yang biasanya terdapat di Jawa. Atap Bonnet merupakan kebalikan dari atap mansard. Atap ini berbentuk trapesium dan curam di bagian puncak lalu landai di bagian tepi. Atap jenis ini dapat ditemui pada bangunan dengan nuansa etnis di Jawa.

10. Atap Tumpang

Jenis atap tumpang

Desain villa bergaya Villa Bali Tropis milik Bapak Anto di Singaraja ini memiliki bangunan seluas 461 m2 yang berdiri di lahan berukuran 50 x 22 meter. Jenis atap yang digunakan pada desain bangunan ini merupakan atap tumpang. Atap tumpang merupakan atap yang bersusun semakin ke atas semakin kecil dengan tingkat paling atas berbentuk limas. Orang awam mengenal model atap ini sebagai atap wantilan. Atap tumpang adalah arsitektur Hindu. Di Indonesia, bentuk atap ini tak hanya ditemukan pada bangunan suci Hindu, tapi juga pada bangunan suci lainnya seperti Masjid dan bisa dipakai juga sebagai atap rumah dan villa.

Baca Juga:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta
Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali
Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl.Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung
Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Jl. Sadewa No.58E, Tegal Rejo, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta
Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India
Google Map Emporio Architect India

Ikuti Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6288809690854
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

      Chat