Jabodetabek : +6282146645837
  Luar Jabodetabek : +6282219788877

10 Pilihan Jenis Atap yang Digunakan di Emporio Architect (Part 2 / 2)

10 Pilihan Jenis Atap yang Digunakan di Emporio Architect (Part 2 / 2)
Dipublikasikan 16 Desember 2019    Desain dan Konsep
Ditulis oleh: Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  

Telah kita lihat 5 pilihan jenis atap yang digunakan di Emporio Architect di artikel pertama. Berikut adalah lanjutan artikel mengenai pilihan bentuk atau jenis atap yang digunakan di Emporio Architect.                 

6. Atap Sandar

Jenis atap sandar

Desain rumah bergaya modern tropis milik Ibu Suzan di Jakarta ini memiliki bangunan seluas 229 m2 yang berdiri di lahan berukuran 17 x 15 meter. Jenis atap yang digunakan pada desain rumah ini merupakan atap sandar atau atap miring. Atap miring atau atap sandar merupakan jenis atap berbentuk sebuah bidang miring dengan bagian tepi atasnya menempel pada dinding bangunan, dimana salah satu sisi dinding lebih tinggi dari dinding lainnya. Atap jenis ini dapat ditemui pada bangunan bergaya modern maupun minimalis. Keunggulan atap sandar adalah proses pengerjaan lebih singkat karena konstuksi yang sederhana, hemat biaya, serta meningkatkan nilai estetika bangunan.

7. Atap Kubah

Jenis atap kubah

Desain masjid bergaya klasik tropis milik Bapak Nasrul di Cikarang ini memiliki bangunan seluas 394 m2 yang berdiri di lahan berukuran 13,4 x 17,2 meter. Jenis atap yang digunakan pada desain bangunan ini merupakan atap kubah. Berdasarkan daftar istilah KBBI, atap kubah adalah atap yang melengkung setengah bulatan. Awalnya atap kubah ditemukan pada pondok-pondok primitif dan makam. Seiring berjalannya waktu, atap kubah mulai digunakan pada bangunan peribadatan seperti gereja, masjid, kuil. Kini, atap kubah dapat digunakan pada berbagai bangunan seperti rumah, stadion, kantor, dll. Keunggulan atap kubah adalah mampu memberikan kesan keberlimpahan, agung, megah, mewah dan lapang pada bangunan. Di Indonesia sendiri, atap kubah umumnya dapat ditemukan pada masjid atau rumah bergaya klasik. Atap kubah juga digunakan pada stadion tertutup, contohnya adalah pada Astrodome, Skydome dan Millennium Dome. Bangunan terkenal lainnya yang menggunakan atap kubah adalah Masjid Biru, Basilica Santo Petrus, Taj Mahal, dan masih banyak lagi.

8. Atap Menara

Jenis atap menara

Desain gereja Capela Curacao De Jesus di Timor Leste bergaya modern tropis ini memiliki bangunan seluas 1190 m2 yang berdiri di lahan berukuran 60 x 45 meter. Jenis atap yang digunakan pada desain bangunan ini merupakan atap menara. Di Indonesia, atap menara merupakan jenis atap yang umum ditemui pada menara masjid maupun menara gereja. Atap menara biasanya berupa 4 bidang miring atau lebih, yang saling bertemu di satu titik pada bagian atas dengan puncak yang cukup tinggi sehingga terlihat lancip. Atap jenis ini dapat digunakan pada rumah maupun bangunan lainnya seperti tempat ibadah, hotel, dan lain sebagainya.

9. Atap Bonnet

Jenis atap bonnet

Desain hotel Arlindo di Puncak Bogor bergaya Villa Bali Tropis ini memiliki bangunan seluas 5000 m2 yang berdiri di lahan berukuran 200 x 40 meter. Jenis atap yang digunakan pada desain bangunan ini merupakan atap bonnet. Berdasarkan daftar istilah KBBI, atap bonnet atau yang dikenal dengan atap Joglo merupakan atap rumah berbentuk limas terpancung yang biasanya terdapat di Jawa. Atap Bonnet merupakan kebalikan dari atap mansard. Atap ini berbentuk trapesium dan curam di bagian puncak lalu landai di bagian tepi. Atap jenis ini dapat ditemui pada bangunan dengan nuansa etnis di Jawa.

10. Atap Tumpang

Jenis atap tumpang

Desain villa bergaya Villa Bali Tropis milik Bapak Anto di Singaraja ini memiliki bangunan seluas 461 m2 yang berdiri di lahan berukuran 50 x 22 meter. Jenis atap yang digunakan pada desain bangunan ini merupakan atap tumpang. Atap tumpang merupakan atap yang bersusun semakin ke atas semakin kecil dengan tingkat paling atas berbentuk limas. Orang awam mengenal model atap ini sebagai atap wantilan. Atap tumpang adalah arsitektur Hindu. Di Indonesia, bentuk atap ini tak hanya ditemukan pada bangunan suci Hindu, tapi juga pada bangunan suci lainnya seperti Masjid dan bisa dipakai juga sebagai atap rumah dan villa.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi.

Apabila Anda ada pertanyaan silahkan konsultasikan dengan kami.

BACA JUGA:
21 Januari 2022  
25 Januari 2022  
desain rumah MINIMALIS
desain rumah CLASSIC
desain rumah MODERN
desain rumah MEDITERAN
blog POPULER
26 September 2022  
DESAIN INTERIOR:
         
KONSULTASI DENGAN CS KAMI
Syahrul Dwi Andrian, Amd
Andrian
Dwi Pratiwi, S.Ars
Tiwi
I Gusti Agung Ayu Chandra Devi, S.Ars
Devi
Ida Ayu Wisma Anggaritha Pathni, S.Kom., MTA
Dayu
Aarles Sumarten, S.S.
Aarles

Telp. Jabodetabek:
+6282146645837

Telp. Luar Jabodetabek:
+6282219788877

QR Code WA Jabodetabek:
QR Code WA Luar Jabodetabek:
Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940

Google Map Emporio Architect Jakarta

Kantor Bali

PERUM Piakan Indah Mesari No. 18A, Jalan Piakan I, Batubulan, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582

Google Map Emporio Architect Bali

Kantor Bandung

Menara Asia Afrika Lantai 9 Regus Office No. 918, Jalan Asia Afrika No. 133-137, Bandung 40112

Google Map Emporio Architect Bandung

Kantor Yogyakarta

Jl. Sagan Kidul No.14, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

Google Map Emporio Architect Jogja

Kantor Surabaya

Pakuwon Center Lantai 23, Jl. Embong Malang 1-5, Surabaya, Jawa Timur 60261

Google Map Emporio Architect Surabaya

Kantor Semarang

Gedung Menara Suara Merdeka Lt. 11, Jalan Pandanaran No. 30, Pekunden, Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah 50241

Google Map Emporio Architect Semarang

Kantor Balikpapan

Panin Tower Floor 8th, Jl. Jendral Sudirman No.7, Balikpapan, Kalimantan Timur 76113

Google Map Emporio Architect Balikpapan

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek: +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek: +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama: +6281353353909
Kritik, Saran dan Pengaduan: +6282146847758
HR & Lowongan Pekerjaan: +6281236313868

Konsultasi: infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran & Kerja Sama: partnershipCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Lowongan Pekerjaan: hrdCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

Ikuti Kami