Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

Jasa Arsitek Beberkan 5 Alasan Pandemi Jadi Waktu Terbaik untuk Bangun Rumah. Apa Saja?

Jasa Arsitek Beberkan 5 Alasan Pandemi Jadi Waktu Terbaik untuk Bangun Rumah. Apa Saja?
  23 Juli 2021
Ditulis oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Pandemi COVID-19 di Indonesia yang sudah berlangsung 1.5 tahun membawa banyak ketidakpastian, baik dari segi kesehatan hingga perekonomian. Salah satu akibatnya, banyak orang yang terkesan takut mengeluarkan uang untuk membangun rumah dan lebih memilih menyimpannya hingga kondisi kembali membaik.

Padahal, pandemi dan resesi justru bisa jadi waktu terbaik untuk berinvestasi dan membangun rumah asalkan sudah punya cukup tabungan. Kali ini Emporio Architect sebagai jasa arsitek akan beberkan 5 alasan pandemi jadi waktu terbaik untuk membangun rumah. Apa saja? Berikut ulasannya!

1. Banyak diskon dan promo

banyak diskon dan promo

Pandemi berkepanjangan membuat sebagian orang ‘melepas’ aset demi bertahan hidup. Tak jarang, banyak properti hingga lahan dijual lebih murah. Hal ini tentu dianggap sebagai diskon dan promo menarik bagi Anda yang sudah lama berencana membeli lahan dan membangun rumah.

Bagaimana tidak, banyak developer serta agen property yang menjual property mereka dengan harga yang cukup miring. Mengutip data Bank Indonesia, Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) di tahun 2020 turun -1,68% dibandingkan kuartal 4 tahun 2019 yang turun -1,77%.

Tak hanya itu, harga bahan bangunan, tukang dan kontraktor juga lebih bersahabat dikala pandemi. Walau tak beda jauh, namun hal ini tentu lebih baik dibandingkan jika Anda membangun rumah saat harga kembali normal, bukan?

2. Keringanan dari pemerintah

Perekonomian yang melambat tentu membuat para pelaku industri memberi berbagai kemudahan, termasuk adanya keringanan dari pemerintah.

Bantuan pemerintah berupa stimulus,tawaran dan dukungan pembayaran property dari bank, mulai dari DP 0% dan lainnya tentu berguna bagi Anda yang berencana membeli dan membangun rumah.

Selain itu, pemerintah juga mempermudah birokrasi dan pengurusan izin bagi Anda yang hendak membeli tanah maupun membangun rumah. Dengan demikian, pengurusan berkas untuk membeli rumah jadi hingga membangun rumah dari nol pun jadi lebih mudah dan cepat.

3. Mendapat pelayanan terbaik

mendapat pelayanan terbaik

Banyaknya perusahaan yang ‘tumbang’ dikala pandemi tentu membuat perusahaan yang tersisa makin berlomba menarik klien/costumer demi bisa bertahan. Selain memberi tawaran yang menarik, banyak perusahaan yang meningkatkan pelayanan agar tak kalah dengan ‘saingan’.

Artinya, jika Anda berencana membangun rumah dikala pandemi, Anda akan diservice dengan lebih baik oleh jasa arsitek yang Anda sewa maupun oleh kontraktor yang Anda pekerjakan. Dengan begitu membangun rumah saat pandemi jadi lebih menguntungkan karena dengan harga yang sama atau malah lebih murah, Anda bisa mendapat penawaran dan pelayanan yang jauh lebih baik.

4. Alokasi dana lebih hemat

Adanya berbagai aturan selama pandemi seperti pembatasan kegiatan masyarakat hingga work from home tentu membuat semua orang termasuk Anda jadi lebih hemat. Bagaimana tidak? Dana sekian juta yang dahulu dialokasikan untuk hangout atau liburan kini jadi ‘nganggur’ di rekening.

Daripada duit Anda menganggur dan tergerus inflasi, akan jauh lebih bijak bila Anda mengalokasikan dana tersebut untuk membeli lahan, menyewa jasa arsitek dan membangun rumah. Dengan begitu saat pandemi berakhir, Anda sudah punya rumah baru bernuansa villa ala Emporio Architect.

Bahkan jika nanti rumah baru Anda sudah selesai dibangun dan pandemi COVID-19 belum berakhir, Anda tetap bisa liburan di rumah berkat adanya suasana villa pada rumah tinggal. Cihuy banget kan!

5. Nantinya akan lebih mahal

Sudah jadi pengetahuan umum bahwa harga properti akan makin mahal tiap tahunnya. Walau data Bank Indonesia sebelumnya menunjukkan penurunan harga properti di tahun 2020 akibat pandemi, namun Hasil Survei Harga Properti Residensial (SHPR) mengindikasikan penjualan properti residensial tumbuh 13,95% pada triwulan I 2021.

Peningkatan harga properti sebanyak 34,54% di tahun 2021 dibanding capaian tahun sebelumnya mengindikasikan bahwa harga properti akan terus merangkak naik dan jadi lebih mahal nantinya. Terlebih work from home dan study from home membuat masyarakat sadar pentingnya rumah.

Artinya, permintaan akan hunian nantinya akan bertambah dan harga property jadi meroket. Dengan begitu, pandemi jadi waktu terbaik untuk membeli properti dan membangun rumah mumpung saat ini harga sedang melambat, banyak subsidi hingga diskon sana-sini.

 jasa arsitek

Memang tak banyak perbedaan antara membangun rumah nanti atau sekarang saat pandemi. Namun selagi kondisi finansial mencukupi, akan jauh lebih baik dan bijak bila Anda mulai menyewa jasa arsitek & merencanakan pembangunan rumah secepatnya tanpa nanti-nanti. Terlebih kenaikan harga property di masa depan akan sangat mengutungkan sebagai alat investasi.

Karenanya Emporio Architect sebagai jasa arsitek hadir di Indonesia untuk menemani langkah sukses Anda mambangun rumah impian bernuansa villa di kala pandemi. Tunggu apalagi, segera hubungi costumer care kami untuk mendapat konsultasi gratis & membooking jasa arsitek di Emporio Architect.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi.
BACA JUGA:
5 Ide Rumah Tropis Adem dan Nyaman ala Jasa Arsitek Rumah Tropis - Emporio Architect
5 Ide Rumah Tropis Adem dan Nyaman ala Jasa Arsitek Rumah Tropis - Emporio Architect
  23 Juli 2021
Ini 5 Rahasia Jasa Arsitek Rumah Minimalis dalam Mendesain Rumah Milenial Kekinian Bergaya Modern-Minimalis
Ini 5 Rahasia Jasa Arsitek Rumah Minimalis dalam Mendesain Rumah Milenial Kekinian Bergaya Modern-Minimalis
  17 Juli 2021
Mengapa Anda Memilih Emporio Architect?
Mengapa Anda Memilih Emporio Architect?
  03 Mei 2014
DESAIN INTERIOR:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta
Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali
Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl. Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung
Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Antologi Collaboractive Space Tawangsari CT II, Gg. Gayamsari II No.9C, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta
Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India
Google Map Emporio Architect India

Ikuti Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6282297858081
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

           
Chat Konsultasi

  Chat Jabodetabek  

  Chat Luar Jabodetabek