Jabodetabek : +6282146645837
  Luar Jabodetabek : +6282219788877

Jasa Arsitek Beberkan 5 Alasan Pandemi Jadi Waktu Tepat untuk Bangun Rumah. Apa Saja?

Jasa Arsitek Beberkan 5 Alasan Pandemi Jadi Waktu Tepat untuk Bangun Rumah. Apa Saja?
Dipublikasikan 23 Juli 2021    Desain dan Konsep
Ditulis oleh: Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  

Pandemi COVID-19 di Indonesia yang sudah berlangsung 1.5 tahun membawa banyak ketidakpastian, baik dari segi kesehatan hingga perekonomian. Salah satu akibatnya, banyak orang yang terkesan takut mengeluarkan uang untuk membangun rumah dan lebih memilih menyimpannya hingga kondisi kembali membaik.

Padahal, pandemi dan resesi justru bisa jadi waktu terbaik untuk berinvestasi dan membangun rumah asalkan sudah punya cukup tabungan. Kali ini Emporio Architect sebagai jasa arsitek akan beberkan 5 alasan pandemi jadi waktu terbaik untuk membangun rumah. Apa saja? Berikut ulasannya!

1. Banyak diskon dan promo

banyak diskon dan promo

Pandemi berkepanjangan membuat sebagian orang ‘melepas’ aset demi bertahan hidup. Tak jarang, banyak properti hingga lahan dijual lebih murah. Hal ini tentu dianggap sebagai diskon dan promo menarik bagi Anda yang sudah lama berencana membeli lahan dan membangun rumah.

Bagaimana tidak, banyak developer serta agen property yang menjual property mereka dengan harga yang cukup miring. Mengutip data Bank Indonesia, Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) di tahun 2020 turun -1,68% dibandingkan kuartal 4 tahun 2019 yang turun -1,77%.

Tak hanya itu, harga bahan bangunan, tukang dan kontraktor juga lebih bersahabat dikala pandemi. Walau tak beda jauh, namun hal ini tentu lebih baik dibandingkan jika Anda membangun rumah saat harga kembali normal, bukan?

2. Keringanan dari pemerintah

Perekonomian yang melambat tentu membuat para pelaku industri memberi berbagai kemudahan, termasuk adanya keringanan dari pemerintah.

Bantuan pemerintah berupa stimulus,tawaran dan dukungan pembayaran property dari bank, mulai dari DP 0% dan lainnya tentu berguna bagi Anda yang berencana membeli dan membangun rumah.

Selain itu, pemerintah juga mempermudah birokrasi dan pengurusan izin bagi Anda yang hendak membeli tanah maupun membangun rumah. Dengan demikian, pengurusan berkas untuk membeli rumah jadi hingga membangun rumah dari nol pun jadi lebih mudah dan cepat.

3. Mendapat pelayanan terbaik

mendapat pelayanan terbaik

Banyaknya perusahaan yang ‘tumbang’ dikala pandemi tentu membuat perusahaan yang tersisa makin berlomba menarik klien/costumer demi bisa bertahan. Selain memberi tawaran yang menarik, banyak perusahaan yang meningkatkan pelayanan agar tak kalah dengan ‘saingan’.

Artinya, jika Anda berencana membangun rumah dikala pandemi, Anda akan diservice dengan lebih baik oleh jasa arsitek yang Anda sewa maupun oleh kontraktor yang Anda pekerjakan. Dengan begitu membangun rumah saat pandemi jadi lebih menguntungkan karena dengan harga yang sama atau malah lebih murah, Anda bisa mendapat penawaran dan pelayanan yang jauh lebih baik.

4. Alokasi dana lebih hemat

Adanya berbagai aturan selama pandemi seperti pembatasan kegiatan masyarakat hingga work from home tentu membuat semua orang termasuk Anda jadi lebih hemat. Bagaimana tidak? Dana sekian juta yang dahulu dialokasikan untuk hangout atau liburan kini jadi ‘nganggur’ di rekening.

Daripada duit Anda menganggur dan tergerus inflasi, akan jauh lebih bijak bila Anda mengalokasikan dana tersebut untuk membeli lahan, menyewa jasa arsitek dan membangun rumah. Dengan begitu saat pandemi berakhir, Anda sudah punya rumah baru bernuansa villa ala Emporio Architect.

Bahkan jika nanti rumah baru Anda sudah selesai dibangun dan pandemi COVID-19 belum berakhir, Anda tetap bisa liburan di rumah berkat adanya suasana villa pada rumah tinggal. Cihuy banget kan!

5. Nantinya akan lebih mahal

Sudah jadi pengetahuan umum bahwa harga properti akan makin mahal tiap tahunnya. Walau data Bank Indonesia sebelumnya menunjukkan penurunan harga properti di tahun 2020 akibat pandemi, namun Hasil Survei Harga Properti Residensial (SHPR) mengindikasikan penjualan properti residensial tumbuh 13,95% pada triwulan I 2021.

Peningkatan harga properti sebanyak 34,54% di tahun 2021 dibanding capaian tahun sebelumnya mengindikasikan bahwa harga properti akan terus merangkak naik dan jadi lebih mahal nantinya. Terlebih work from home dan study from home membuat masyarakat sadar pentingnya rumah.

Artinya, permintaan akan hunian nantinya akan bertambah dan harga property jadi meroket. Dengan begitu, pandemi jadi waktu terbaik untuk membeli properti dan membangun rumah mumpung saat ini harga sedang melambat, banyak subsidi hingga diskon sana-sini.

 jasa arsitek

Memang tak banyak perbedaan antara membangun rumah nanti atau sekarang saat pandemi. Namun selagi kondisi finansial mencukupi, akan jauh lebih baik dan bijak bila Anda mulai menyewa jasa arsitek & merencanakan pembangunan rumah secepatnya tanpa nanti-nanti. Terlebih kenaikan harga property di masa depan akan sangat mengutungkan sebagai alat investasi.

Karenanya Emporio Architect sebagai jasa arsitek hadir di Indonesia untuk menemani langkah sukses Anda mambangun rumah impian bernuansa villa di kala pandemi. Tunggu apalagi, segera hubungi costumer care kami untuk mendapat konsultasi gratis & membooking jasa arsitek di Emporio Architect.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi.

Apabila Anda ada pertanyaan silahkan konsultasikan dengan kami.

BACA JUGA:
desain rumah MINIMALIS
desain rumah CLASSIC
desain rumah MODERN
desain rumah MEDITERAN
blog POPULER
DESAIN INTERIOR:
         
KONSULTASI DENGAN CS KAMI
Syahrul Dwi Andrian, Amd
Andrian
Dwi Pratiwi, S.Ars
Tiwi
I Gusti Agung Ayu Chandra Devi, S.Ars
Devi
Ida Ayu Wisma Anggaritha Pathni, S.Kom., MTA
Dayu
Aarles Sumarten, S.S.
Aarles

Telp. Jabodetabek:
+6282146645837

Telp. Luar Jabodetabek:
+6282219788877

QR Code WA Jabodetabek:
QR Code WA Luar Jabodetabek:
Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940

Google Map Emporio Architect Jakarta

Kantor Bali

PERUM Piakan Indah Mesari No. 18A, Jalan Piakan I, Batubulan, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582

Google Map Emporio Architect Bali

Kantor Bandung

Menara Asia Afrika Lantai 9 Regus Office No. 918, Jalan Asia Afrika No. 133-137, Bandung 40112

Google Map Emporio Architect Bandung

Kantor Yogyakarta

Jl. Sagan Kidul No.14, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

Google Map Emporio Architect Jogja

Kantor Surabaya

Pakuwon Center Lantai 23, Jl. Embong Malang 1-5, Surabaya, Jawa Timur 60261

Google Map Emporio Architect Surabaya

Kantor Semarang

Gedung Menara Suara Merdeka Lt. 11, Jalan Pandanaran No. 30, Pekunden, Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah 50241

Google Map Emporio Architect Semarang

Kantor Balikpapan

Panin Tower Floor 8th, Jl. Jendral Sudirman No.7, Balikpapan, Kalimantan Timur 76113

Google Map Emporio Architect Balikpapan

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek: +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek: +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama: +6281353353909
Kritik, Saran dan Pengaduan: +6282146847758
HR & Lowongan Pekerjaan: +6281236313868

Konsultasi: infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran & Kerja Sama: partnershipCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Lowongan Pekerjaan: hrdCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

Ikuti Kami