Jabodetabek : +6282146645837
  Luar Jabodetabek : +6282219788877

Bertingkat atau Tidak, Manakah Desain Rumah Pilihan Anda?

Bertingkat atau Tidak, Manakah Desain Rumah Pilihan Anda?
24 Agustus 2021    Desain dan Konsep
Ditulis oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  

Selain biaya, lahan dan sebagainya, umumnya salah satu yang dipertimbangan saat hendak membangun rumah adalah menentukan tipenya, yaitu antara rumah bertingkat atau tidak. Pilihan ini tentu sangat bergantung pada biaya yang dimiliki, luasan lahan yang ada serta kebutuhan penghuninya.

Baik rumah satu lantai atau dua lantai, nyatanya keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Karenanya jika Anda bingung menentukan antara membangun rumah bertingkat atau tidak, lebih baik pertimbangkan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Berikut Emporio Architect akan uraikan kelebihan dan kekurangan rumah 1 lantai dan rumah 2 lantai. Dengan begitu Anda bisa tentukan tipe rumah idaman Anda sebelum membuat desain rumah terbaik.

A. Rumah 1 lantai (tidak bertingkat)

rumah 1 lantai

  • Perawatan yang lebih mudah

Salah satu kelebihan rumah 1 lantai adalah kemudahan perawatan atau maintenance. Dibanding dengan rumah bertingkat, rumah 1 lantai tentu akan lebih mudah dibersihkan, disapu, dipel bahkan jauh lebih mudah saat Anda hendak mengelap kaca atau mengangkat jemuran.

  • Lebih mudah dirancang

Dari sudut mata arsitek dan kontraktor, rumah satu lantai lebih mudah dirancang dan dibangun. Tak hanya itu, umumnya biaya pembangunan rumah 1 lantai juga tidak sebesar rumah 2 lantai dengan ‘spek’ dan besaran yang sama.

  • Cenderung lebih aman

Bila di rumah Anda terdapat lansia atau anak kecil, maka rumah 1 lantai bisa jadi pilihan yang baik karena cenderung lebih aman. Absennya tangga dan tingkat lantai tentu meminimimalkan resiko jatuh dan cedera bagi lansia dan anak kecil. Rumah 1 lantai juga dinilai lebih aman karena akan lebih mudah dievakuasi saat terjadi kebakaran.

  • Mahal saat dibangun

mahal saat dibangun

Meski begitu, rumah satu lantai juga memiliki beberapa kekurangan. Ada kalanya pembangunan rumah 1 lantai menghabiskan lebih banyak biaya dibanding rumah banyak lantai, tergantung luasan lahan, kondisi lahan serta desain rumahnya.

Contohnya saja, rumah satu lantai yang dibangun di tapak miring berukuran yang luas dan terletak di dekat sungai atau tebing akan menghabiskan lebih banyak biaya untuk membangun pondasi yang kuat, terlebih bila terdapat kolam renang dan basement.

Tak hanya itu, rumah satu lantai juga membutuhkan lebih banyak material untuk pondasi, atap, jendela dan sebagainya. Terlebih bila rumah 1 lantai yang hendak dibangun memiliki banyak jendela dan bukaan kaca berukuran besar.

  • Privasi lebih sedikit

Rumah satu lantai membuat privasi tiap penghuni serta privasi antar-ruangan jadi lebih terbatas karena ruangan yang satu bisa terlihat dari ruangan yang lain.

Dengan begitu tentu akan sulit mendapatkan ruang privasi bagi tiap penghuni, kecuali jika lahan berukuran luas sehingga rumah terdiri dari banyak massa yang dibatasi dengan banyak tanaman seperti di villa.

B. Rumah 2 lantai (bertingkat)

rumah 2 lantai

  • Privasi lebih terjaga

Sama halnya dengan apartemen di atas atau penthouse, rumah bertingkan akan memudahkan Anda dalam memisahan ruang publik dengan ruang pribadi. Dengan begitu tiap penghuni bisa memiliki ruang privasi sendiri tanpa khawatir gangguan dari luar seperti diintip dan sebagainya.

  • Banyak bukaan dengan view

Rumah bertingkat dengan banyak bukaan tentu memungkinkan terjadinya sirkulasi udara alami yang lebh lancar. Tak hanya itu, rumah bertingkat dengan bantak bukaan juga memudahkan tiap ruangan mendapat pencahayaan alami yang lebih baik serta akses view dan balkon tersendiri.

  • Desain bervariasi

desain bervariasi

Rumah bertingkat juga memungkinkan arsitek untuk membuat desain rumah yang lebih variatif. Tak hanya membuat desain rumah bervariasi dalam segi fasad, tapi juga segi tata ruang, leveling, model tangga dan lain sebagainya. Hal ini tentu membuat rumah jadi lebih dinamis.

  • Kebisingan lebih tinggi

Sayangnya, rumah dua lantai umumnya memiliki tingkat kebisingan yang lebih tinggi. Penghuni rumah di lantai bawah akan sering terganggu dengan suara langkah kaki penghuni di lantai atas. Meski begitu, proses perancangan dan konstruksi yang baik bisa menghilangkan kekurangan ini dengan resiko biaya pembangunan yang lebih tinggi.

  • Risiko kecelakaan

Seperti yang tertulis sebelumnya, rumah dua lantai dilengkapi dengan tangga serta perbedaan ketinggian antar lantai yang meningkatkan resiko kecelakaan. Tangga tentunya cukup berbahaya terlebih bila terdapat lansia maupun anak kecil di rumah. Meski begitu rumah dua lantai juga cenderung lebih aman dari pencurian ketimbang rumah satu lantai terlebih bila terdapat CCTV.

desain rumah terbaik pilihan

Demikian kelebihan dan kekurangan rumah bertingkat dan yang tidak. Setelah membaca tulisan di atas, kini Anda jadi paham kelebihan dan kekurangan antara rumah satu dan lantai dan dua lantai, bukan? Dengan begitu kini Anda bisa memilih tipe rumah idaman Anda serta menyesuaikannya dengan kondisi dan kebutuhan keluarga Anda.

Jadi, rumah tipe apa yang Anda inginkan? Rumah satu lantai ataukah rumah bertingkat? Apapun pilihan Anda, ingatlah untuk memakai jasa Emporio Architect untuk merancang desain rumah impian Anda. Untuk konsultasi gratis dan booking jasa arsitek, segera hubungi costumer care kami sekarang juga! Emporio Architect, wujudkan desain rumah terbaik hanya untuk Anda.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi.

Apabila Anda ada pertanyaan silahkan konsultasikan dengan kami.

BACA JUGA:
21 Januari 2022  
25 Januari 2022  
desain rumah MINIMALIS
desain rumah CLASSIC
desain rumah MODERN
desain rumah MEDITERAN
blog POPULER
26 September 2022  
DESAIN INTERIOR:
         
KONSULTASI DENGAN CS KAMI
Syahrul Dwi Andrian, Amd
Andrian
Dwi Pratiwi, S.Ars
Tiwi
I Gusti Agung Ayu Chandra Devi, S.Ars
Devi
Ida Ayu Wisma Anggaritha Pathni, S.Kom., MTA
Dayu
Aarles Sumarten, S.S.
Aarles

Telp. Jabodetabek:
+6282146645837

Telp. Luar Jabodetabek:
+6282219788877

QR Code WA Jabodetabek:
QR Code WA Luar Jabodetabek:
Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940

Google Map Emporio Architect Jakarta

Kantor Bali

PERUM Piakan Indah Mesari No. 18A, Jalan Piakan I, Batubulan, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582

Google Map Emporio Architect Bali

Kantor Bandung

Menara Asia Afrika Lantai 9 Regus Office No. 918, Jalan Asia Afrika No. 133-137, Bandung 40112

Google Map Emporio Architect Bandung

Kantor Yogyakarta

Jl. Sagan Kidul No.14, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

Google Map Emporio Architect Jogja

Kantor Surabaya

Pakuwon Center Lantai 23, Jl. Embong Malang 1-5, Surabaya, Jawa Timur 60261

Google Map Emporio Architect Surabaya

Kantor Semarang

Gedung Menara Suara Merdeka Lt. 11, Jalan Pandanaran No. 30, Pekunden, Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah 50241

Google Map Emporio Architect Semarang

Kantor Balikpapan

Panin Tower Floor 8th, Jl. Jendral Sudirman No.7, Balikpapan, Kalimantan Timur 76113

Google Map Emporio Architect Balikpapan

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek: +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek: +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama: +6281353353909
Kritik, Saran dan Pengaduan: +6282146847758
HR & Lowongan Pekerjaan: +6281236313868

Konsultasi: infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran & Kerja Sama: partnershipCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Lowongan Pekerjaan: hrdCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

Ikuti Kami