Konsultasi Jabodetabek : +62 821-4664-5837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +62 822-1978-8877

Tips Mengatur Pencahayaan Dalam Rumah Ala Emporio Architect

Tips Mengatur Pencahayaan Dalam Rumah Ala Emporio Architect

  20 Desember 2019
Oleh Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Pencahayaan memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang kenyamanan beraktivitas baik di dalam maupun diluar rumah. Selain itu pencahyaan juga mampu memberikan keindahan serta mempengaruhi suasana ruang sesuai kesan yang ingin ditampilkan. Namun kerap kali pengaturan pencahayaan disepelekan bahkan cenderung di abaikan.

Terdapat dua jenis pencahayaan yang dapat dimanfaatkan dalam rumah yaitu pencahayaan alami yang diperoleh dari cahaya matahari, dan pencahayaan buatan yang dihasilkan dari lampu maupun lilin. Pencahayaan buatan yang dibutuhkan setiap ruangan dalam sebuah rumah tentunya berbeda, dikarenakan fungsi dan kesan yang ingin ditampilkan berbeda-beda. Adapun perbedaan pencahayaan buatan pada setiap ruangan adalah sebagai berikut:

1. Pencahayaan di Teras

Desain Rumah Bapak Yoenanda di Aceh

Pencahayaan pada teras bertujuan memberikan keamanan pada rumah. Tempatkan general lighting pada bagian depan teras, sedangkan sudut teras dapat menggunakan pencahayaan setempat berupa lampu dinding.

Desain Interior Rumah Ibu Poppy di Jakarta Selatan

Gunakan warna cahaya putih untuk menampilkan hijaunya tanaman hias didepan teras, guna memberikan keindahan teras yang juga dapat dinikmati penglihatan.

2. Pencahayaan di Ruang Tamu

Desain Interior Rumah Bapak Heri Agung di Blora, Jawa Tengah

Untuk pencahayaan di dalam ruang tamu dipengaruhi oleh luasan ruangan dan furniture yang ada. Jika ruangan luas maka memungkinkan dilakukan pembagian area, dimana area focal point menggunakan pencahayaan sentral (general lighting). Pilihlah pencahayaan dengan intesitas yang sedang guna menciptakan kesan hangat dalam ruangan.

Desain Interior Rumah Ibu Adityan di Kalimantan Timur

Sedangkan pada ruang tamu yang tidak terlalu luas, arahkan pencahayaan ke dinding maupun plafond karena pantulannya akan memberikan kesan ruang yang lebih luas. Pencahayaan juga dapat dimainkan dengan lampu dinding yang menyorot kearah dekorasi ruang tamu.

3. Pencahayaan di Dapur

Kelangsungan aktivitas memasak pada dapur membutuhkan pencahayaan yang terpusat dengan intensitas yang maksimal. Tempatkan task lighting berupa lampu sorot atau halogen pada bagian bawah kabinet dapur yang mengarah langsung ke area kerja. Sedangkan untuk area island table gunakan lampu gantung tepat diatasnya.

Desain Interior Rumah Ibu Veny di Jakarta Timur

4. Pencahayaan di Ruang Makan

Untuk ruang makan cukup menggunakan lampu gantung atau chandelier yang menghasilkan pencahayaan sentral di atas meja. Atur ketinggian lampu sesuai kesan yang ingin ditampilkan.

Desain Interior Rumah Ibu Poppy di Jakarta Selatan

5. Pencahayaan di Kamar Tidur

Desain Rumah Ibu Susan di Tangerang

Pencahayaan central dengan warna cahaya kuning cocok digunakan pada kamar tidur untuk memberikan kesan rileks, dan nyaman. Pastikan bohlam lampu terlindungi sempurna di dalam rumah lampu, atau bisa menggunakan downlight maupun lampu strip pada plafon untuk menghindari efek silau. Akan lebih baik jika memasang dimmer untuk mengatur intensitas pencahayaan agar dapat disesuaikan dengan aktivitas.

Desain Interior Rumah Ibu Veny di Jakarta Timur

Pencahayaan dekoratif juga dapat ditambahkan seperti lampu strip pada back drop headbed yang mampu memberikan kesan hangat dengan cahaya berwarna kekuningan. Serta pada bagian bawah tempat tidur juga dapat ditambahkan lampu yang dapat memberi efek dramatis pada area ini.

6. Pencahayaan di Kamar Mandi

Desain Kamar Mandi Rumah Mr. Neeraj di Kathmandu, Nepal

Untuk kamar mandi diperlukan pencahayaan direct pada plafon yang dapat menerangi seluruh bagian ruangan ini. Pasang side lighting di bagian atas kedua sisi cermin pada area kering guna menciptakan bayangan yang menghalangi refleksi cahaya yang sebenarnya.

Baca Juga:
Kini Giliran Anda untuk Membahagiakan Keluarga dengan merencanakan Desain Rumah yang Sehat, Aman, Indah & Nyaman
KONSULTASI DENGAN CS KAMI

Konsultasi Jabodetabek

Konsultasi Luar Jabodetabek

Form Order

Alamat Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940
Jasa Arsitek Jakarta
Google Map Emporio Architect Jakarta

Alamat Kantor Bali

Jl. Tukad Unda VIII No.8A, Panjer, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali 80234
Jasa Arsitek Bali
Google Map Emporio Architect Bali

Alamat Kantor Bandung

Jl. Pasir Huni Raya No.05 RT 01 RW 09, Kelurahan Regol, Kecamatan Ancol, Kota Bandung, Jawa Barat 40254
Jasa Arsitek Bandung
Google Map Emporio Architect Bandung

Alamat Kantor Yogyakarta

Antologi Collaboractive Space Tawangsari CT II, Gg. Gayamsari II No.9C, Karang Wuni, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581
Jasa Arsitek Yogyakarta
Google Map Emporio Architect Jogja

Alamat Kantor India

World Trade Centre, Lantai 22, Brigade Gateway Campus Unit no 2201, No26/ 1, Dr.RajKumar Road, Malleswaram(W) Bangalore 560055
Architect in Bangalore - India
Google Map Emporio Architect India

Ikuti Kami

Emporio Architect adalah Perusahaan Jasa Arsitek yang berkantor di Jakarta, Bandung, Jogja, Bali dan India, cakupan pelayanan seluruh Dunia, bisa 100% online.

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek : +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek : +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama : +6288809690854
Kritik, Saran dan Pengaduan : +6282146847758

Konsultasi : infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran : penawaranCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

          Chat