Jabodetabek : +6282146645837
  Luar Jabodetabek : +6282219788877

Tips Mendesain Rumah Dengan Lahan Terbatas

Tips Mendesain Rumah Dengan Lahan Terbatas
Dipublikasikan 01 Oktober 2022    Edukasi, Tips, dan Trik
Ditulis oleh: Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  

Dengan begitu cepatnya kenaikan harga lahan di berbagai daerah di Indonesia, kita akan semakin sulit untuk memiliki lahan yang sesuai dengan luasan yang kita harapkan dengan terbatasnya dana yang dimiliki. Kita pun harus memanfaatkan lahan yang ada semaximal mungkin sesuai kebutuhan kita. Berikut ini kami mencoba memberikan masukan bagi Anda yang menginginkan desain rumah yang efektif dan efisien untuk lahan terbatas (100 - 150 m2)

Prioritaskan Ruang-Ruang yang Paling Penting bagi Anda

Prioritas setiap orang sangat mungkin berbeda-beda, namun sebuah rumah secara default adalah diprioritaskan sebagai tempat beristirahat, tempat tinggal, tempat berteduh, tempat berlindung, tempat membangun dan menumbuhkan keluarga. Karena itu, berikut ini ruang-ruang yang sebaiknya diprioritaskan pada sebuah rumah:

a. Kamar tidur

Kamar tidur adalah sebuah kewajiban bagi rumah sebagai tempat beristirahat, minimal ada 2 kamar tidur untuk keluarga Anda yang terdiri dari 1 kamar master sebagai kamar Suami-Istri dan sisanya sebagai kamar anak atau kamar cadangan, atau jika budget Anda mencukupi, 3 kamar lebih baik sehingga masih bisa menampung Kakek-nenek atau kerabat jika kebetulan berkunjung ke rumah Anda. Dengan luas lahan 100-150m2, tentunya lebih ideal jika Anda berencana untuk membangun 4 kamar (untuk type 2 Lantai) dengan ukuran kamar tidak terlalu besar atau kisaran 3x3 m s/d 4x4 m. Sehingga Anda dapat memiliki 1 kamar tambahan untuk pembantu.

Kamar tidur rumah di lahan terbatas

4 Kamar akan membuat Anda lebih leluasa menerima kerabat atau keluarga, dan masih bisa untuk kamar pembantu yang seukuran dengan kamar yang lain. Mengapa membuat kamar pembantu dengan ukuran yang sama dengan ukuran kamar yang lain? Untuk rumah type 120m2 kebawah sebaiknya tidak membuat ruang pembantu khusus yang ukurannya sengaja dikecil-kecilkan (mainstreamnya begitu). Future valuenya adalah ketika Anda memiliki 2-3 anak dan saat anak-anak Anda beranjak dewasa dan tidak memerlukan pembantu lagi, mereka dapat menggunakan kamar tersebut dan memisahkan diri dari kamar orang tua, Anda juga dapat menggunakan ruangan tersebut sebagai ruang kerja/ruang serbaguna karena ukurannya masih mencukupi. Tapi, ini kembali kepada rencana hidup Anda, berapa jumlah kamar harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

b. Area Kamar Mandi menyatu dengan Toilet
Kamar mandi dan toilet adalah kewajiban bagi rumah sebagai tempat tinggal, karena tanpa kamar mandi dan toilet, Anda tentunya akan kesulitan. Kamar mandi dapat menyatu dengan kamar toilet untuk menghemat space dan sistem sanitary. Untuk mengurangi cipratan Anda dapat menggunakan shower box berukuran 90x90 disebelah toilet dan westafel Anda, atau membuat sekat kaca diantara shower dengan toilet. Jumlah kamar mandi dan toilet di lahan yang terbatas minimal 1 dan idealnya ada 2-3 kamar mandi & toilet. Anda dapat membedakan toilet umum/untuk tamu, pembantu dengan kamar mandi khusus penghuni.

Kamar mandi rumah di lahan terbatas

c. Area Kamar Tamu menyatu dengan Kamar Keluarga
Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan dengan menyatukan kamar tamu dengan kamar keluarga, dengan tanpa sekat, maka lantai dan plafond akan menyambung dan memberi kesan ruangan yang lebih luas. Meski dengan lahan kecil, Anda masih merasakan kelegaan dan keleluasaan dalam bergerak di ruangan tamu dan keluarga. Untuk sedikit memisahkan Anda dapat memberikan sekat non permanen seperti dari pernak pernik hiasan kayu. Jika lahan sangat terbatas dan Anda tidak terlalu sering mendatangkan tamu, Anda dapat menggunakan kamar tamu sekaligus menjadi living room kemudian menyatu dengan ruang makan dan dapur.

Kamar tamu rumah di lahan terbatas

d. Area Dapur menyatu dengan Ruang Makan

Dengan ruang dapur dan ruang makan menyatu maka juga menghasilkan ruangan yang lebih luas, bahkan dapat lebih luas lagi ketika ruang makan dengan ruang keluarga tidak diberikan sekat alias menyatu, maka rumah Anda akan terlihat cukup luas. Manuver Anda akan lebih lancar, dan memberikan suasana "all together" bagi Anda dan keluarga Anda. Saat Ibu memasak di dapur, Ayah membaca koran di ruang tamu, Anak-anak menonton TV di ruang keluarga. Jika keluarga Anda menyukai kebersamaan, maka konsep ini sangat bagus digunakan dalam konsep rumah Anda sehingga semua anggota keluarga dapat berinteraksi sembari mengerjakan hal masing-masing.

Ruang makan dan dapur rumah di lahan terbatas

e. Carport menyatu dengan taman depan

Garasi mungkin belum menjadi kebutuhan mutlak Anda, Anda masih dapat menggunakan carport untuk mendapatkan garden yang lebih luas ketika mobil Anda tidak di rumah. Carport yang menyatu dengan halaman depan tentu membuat kesan yang lebih luas. Namun perlu dicatat, Anda akan mengurangi perlindungan mobil Anda dari hujan, debu dan sinar matahari. Jika Anda menggunakan carport, sebaiknya gunakan selimut penutup untuk mobil Anda.

Taman sekaligus carport rumah di lahan terbatas

Sekian beberapa prioritas ruang yang menjadi masukan kami ketika Anda memiliki lahan terbatas.

Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars
PENULIS
Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars  
Fairus atau yang akrab dipanggil Riris adalah lulusan Jurusan Arsitektur Universitas Udayana tahun 2019 yang tumbuh besar di Bali. Sedari kecil ia menaruh minat pada buku dan tulisan serta aktif menulis sejak masa sekolah. Setelah lulus dari jurusan arsitektur, Fairus masih menekuni hobi tersebut dan menulis artikel mengenai arsitektur dan interior. Di waktu luang, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi.

Apabila Anda ada pertanyaan silahkan konsultasikan dengan kami.

BACA JUGA:
desain rumah MINIMALIS
desain rumah CLASSIC
desain rumah MODERN
desain rumah MEDITERAN
blog POPULER
26 September 2022  
DESAIN INTERIOR:
         
KONSULTASI DENGAN CS KAMI
Syahrul Dwi Andrian, Amd
Andrian
Dwi Pratiwi, S.Ars
Tiwi
I Gusti Agung Ayu Chandra Devi, S.Ars
Devi
Ida Ayu Wisma Anggaritha Pathni, S.Kom., MTA
Dayu
Aarles Sumarten, S.S.
Aarles

Telp. Jabodetabek:
+6282146645837

Telp. Luar Jabodetabek:
+6282219788877

QR Code WA Jabodetabek:
QR Code WA Luar Jabodetabek:
Kantor Jakarta

DBS Bank Tower Lantai 28, Ciputra World, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5 Jakarta 12940

Google Map Emporio Architect Jakarta

Kantor Bali

PERUM Piakan Indah Mesari No. 18A, Jalan Piakan I, Batubulan, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582

Google Map Emporio Architect Bali

Kantor Bandung

Menara Asia Afrika Lantai 9 Regus Office No. 918, Jalan Asia Afrika No. 133-137, Bandung 40112

Google Map Emporio Architect Bandung

Kantor Yogyakarta

Jl. Sagan Kidul No.14, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

Google Map Emporio Architect Jogja

Kantor Surabaya

Pakuwon Center Lantai 23, Jl. Embong Malang 1-5, Surabaya, Jawa Timur 60261

Google Map Emporio Architect Surabaya

Kantor Semarang

Gedung Menara Suara Merdeka Lt. 11, Jalan Pandanaran No. 30, Pekunden, Semarang Tengah, Semarang, Jawa Tengah 50241

Google Map Emporio Architect Semarang

Kantor Balikpapan

Panin Tower Floor 8th, Jl. Jendral Sudirman No.7, Balikpapan, Kalimantan Timur 76113

Google Map Emporio Architect Balikpapan

Hubungi Kami
Konsultasi Jabodetabek: +6282146645837
Konsultasi Luar Jabodetabek: +6282219788877
Penawaran dan Kerja Sama: +6281353353909
Kritik, Saran dan Pengaduan: +6282146847758
HR & Lowongan Pekerjaan: +6281236313868

Konsultasi: infoCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Penawaran & Kerja Sama: partnershipCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com
Lowongan Pekerjaan: hrdCHARACTER SEQUENCE@emporioarchitect.com

Ikuti Kami